Intip Sisi Tersembunyi dari Sumber Sirah Malang

0

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Sumber Sirah Malang

Wisata Sumber Sirah Malang
Instagram by @
syahriyal_arked137

Sumber Sirah Malang – Kita masih akan membahas lebih lagi tentang wisata di Malang. Selain keanekaragaman wisata buatannya, Malang juga terkenal dengan keindahan alamnya yang kini mulai dijadikan destinasi wisata yang pastinya akan membuat Anda ingin kembali dan terus kembali ke Malang. Apa sajakah itu? Yang pertama ada Waduk Selorejo yang terletak di Ngantan, di sini kita akan disambut dengan bangkai pesawat terbang dan jembatan gantung yang pastinya akan membuat adrenalin Anda bergejolak. Dengan langit, awan, pepohonan hijau dan jembatan yang cahayanya terpantul di waduk membuat suasana menjadi syahdu dan haru biru. Tak hanya sebatas itu waduk selorejo diapit oleh 4 gunung yaitu Gunung Kelut, Gunung Kawi, Gunung Arjuna dan Gunung Anjasmoro. Keserasian alam yang tak perlu dipertanyakan lagi kenikmatannya.

Selain menikmati gunung ada juga pantai yang tersembunyi diantara bukit dan perkebunan warga, terletak di pesisir selatan Pulau Jawa dan lebih tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pantai ini dikenal dengan Pantai Clungup. Ada satu lagi pantai yang akan menggoda hasrat fotografi Anda, pantai 3 Warna, dinamakan 3 warna karena pantai ini jika dilihat sekilas maka akan terlihat memiliki 3 warna yaitu kemerahan, biru tua dan biru muda. Biasa digunakan untuk snorkeling karena alam bawah lautnya yang mempesona. Pantai ini terletak di pedukuhan Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Wah kalau sudah bicara sumber daya alam di Indonesia gak akan ada habisnya, khususnya sumber air yang ada.

Sekilas tentang Sumber Maron dan Sumber Sirah

Sekilas tentang Sumber Maron dan Sumber Sirah
Instagram by @wong_njeblesh

Di Malang sendiri terdapat sumber mata air yang dijadikan destinasi wisata Malang untuk dikunjungi sewaktu liburan. Di antara sumber mata air yang ada dua di antaranya yang terkenal adalah Sumber Sirah dan Sumber Maron, letaknya yang cukup dekat membuat tempat ini dapat dijangkau sekaligus dalam satu waktu, jarak antara Sumber Sirah dan sumber meron kurang lebih 8 km. Jika kita dari stasiun kota lama maka akan lebih dekat menuju Sumber Sirah yang hanya berjarak 30 km dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 35 menit untuk sampai Sumber Sirah. Jalan menuju Sumber Sirah ini cukup sepi dengan ciri khas berkelok-kelok dan naik turun. Hal itu akan menambah nikmat sepanjang perjalanan. Sumber Sirah sendiri merupakan suatu mata air yang membentuk sebuah kolam yang dibatasi oleh beton.

Kunjungi :  21 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!

Jalur Menuju Sumber Sirah

Jalur Menuju Sumber Sirah
Instagram by @exploremalangku

Jalur yang mudah dilalui untuk mencapai lokasi bisa lewat Pasar Gadang yang dilanjutkan ke arah Bululawang, sesampainya di pertigaan Pabrik Gula Krebet lurus terus sekitar 4 km sampai PT. Du Pant Pioneer lurus melewati dua pertigaan yang kemudian belok kanan melewati pertigaan kedua (Jalan Sunan Ampel) dari situ sudah ada petunjuk arah atau bisa bertanya ke warga sekitar. Bagi para traveller yang membawa kendaraan roda empat harus parkir di perumahan warga karena lahan parkir yang ada tidak mencukupi untuk roda empat, dan setelah parkir harus berjalan kurang lebih 200 meter untuk mencapai lokasi dengan kondisi jalan berpaving, cukup dekat dan terjangkau. Jadi dengan kata lain lebih enak kalau menggunakan kendaraan roda dua dan demi kenyamanan saat perjalanan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Karena tidak ada kendaraan umum yang melewati wisata tersebut dan minimnya petunjuk arah, hal itu yang masih menjadi PR bagi pengelola. Tetapi tidak usah khawatir, wisata Sumber Sirah dijamin keindahannya tak akan menipu Anda. Letaknya yang berada diantara hutan dan pegunungan akan menghibur Anda selama perjalanan.

Alamat Sumber Sirah

Alamat Sumber Sirah sendiri berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Ciri khas dari wisata Sumber Sirah Malang adalah airnya yang jernih dan segar. Biasanya pengunjung yang datang akan langsung berenang atau snorkeling, pemandangan bawah air yang tersaji mampu menyihir bagi siapapun yang melihatnya karena pesona yang dimiliki Sumber Sirah juga disebut Pantai Sumber Sirah karena tempatnya yang indah dan mengalami pasang surut seperti layaknya pantai pada umumnya.

Keindahan dari Sumber Sirah

Keindahan dari Sumber Sirah
Instagram by @nuritamardani

Ada gangga di dasar kolam yang hidup dengan bantuan pasir hitam dihiasi batuan kecil dan tempat hidup ikan kecil. Inilah yang menjadi pemandangan indah saat snorkeling nanti. Keberadaan tumbuhan air yang masih alami ini diharapkan mampu dijaga oleh pengunjung agar generasi selanjutnya mampu menikmatinya atau bahkan malah bisa membuatnya lebih hidup kembali.Tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat, cukup datang saja ke mata air Sumber Sirah. Disebut sebagai mata air Sumber Sirah karena air yang ada sangat jernih dan menjadi sumber kehidupan untuk warga disekitar Sumber Sirah. Dimana biasanya dimanfaatkan untuk pengairan ke sawah-sawah warga.

Kunjungi :  Keindahan Wisata Alam di Gantole Wonogiri

Selain berenang dan snorkeling, Anda juga bisa melakukan tubing di sini, ada lintasan khusus yang digunakan sebagai area tubing. Anda tidak usah khawatir karena akan ada staf khusus yang akan membantu Anda selama tubing berlangsung. Dan pastinya bagi pemburu fotografi, Anda patut mencoba underwater photograpy disini. Untuk fotografi sendiri tak hanya itu, tapi di timur Sumber Sirah ada agrowisata kebun jeruk tepatnya di Selorejo dan hamparan kebun tebu dan kelapa di selatannya.

Peraturan di Sumber Sirah

Peraturan di Sumber Sirah
Instagram by @rizkcyd

Ada sedikit caution bagi yang ingin berenang di pemandian Sumber Sirah, dimana bagi para pengunjung yang belum mahir berenang diharap tidak coba-coba untuk berenang kecuali dengan menggunakan pelampung atau ban untuk safety. Dan bagi para perenang handal tidak boleh melompat karena akan mengakibatkan keruh. Perlunya himbauan itu karena kedalaman Sumber Sirah mencapai 1,5 meter dan gangga yang ada rapuh dan mudah patah. Dan saat musim penghujan jalan yang ada sedikit licin jadi bagi pengunjung harap lebih berhati-hati. Hendaklah kita bijak dalam menjaga kelestarian alam dengan memperhatikan peringatan yang ada, seperti tidak mencoret batu, merusak taman, dan keanehan lain yang harusnya tidak terjadi.

Harga tiket Sumber Sirah

Harga tiket Sumber Sirah
Instagram by @jejakfoto

Melupakan tentang himbauan, tiket masuk Sumber Sirah Malang ini adalah Rp. 1.000,00, dengan parkir roda dua Rp. 2.000,00, parkir roda empat Rp. 5.000,00, Kamar Mandi Rp. 1.00,00 dan mandi dikenakan biaya Rp.2.000,00. Satu lagi untuk sewa ban Rp. 3.000,00 untuk anak-anak dan Rp. 5.000,00 untuk orang dewasa. Sangat terjangkau untuk seukuran tempat yang indah nan permai.

Fasilitas yang tersedia di Sumber Sirah

Fasilitas yang tersedia di Sumber Sirah
Instagram by @repost_mlg

Fasilitas yang ditawarkan juga memadai, mulai dari parkir untuk motor dan mobil, kamar mandi, beberapa warung makan, kaos untuk berenang, kolam pemandian dan lintasan tubing. Semoga informasi ini bermanfaat, and enjoy it.

Kunjungi :  Relaxasi Pikiran ke Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */