Surganya Wisata Indonesia

River Tubing di Sumber Maron Malang yang Murah Meriah

0
River Tubing di Sumber Maron Malang yang Murah Meriah
Nilai Artikel Ini

Jalan Menuju Lokasi Wisata Sumber Maron Malang

Jalan Menuju Lokasi Wisata Sumber Maron Malang
Instagram by @visitmalang.id

Sumber Maron Malang – Hai, bagaimana kabar liburan Anda? Sudahkah survive tempat yang baru atau masih tempat yang itu-itu saja? Daripada bingung, kita akan suguhkan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, teman maupun pasangan. Wisata Sumber Maron dan Sumber Sirah, tetapi kali ini kita akan memberikan ulasan lebih dalam tentang Sumber Maron. Wisata Sumber Maron Malang merupakan salah satu wisata edukasi di Malang yang keberadaannya mulai dilirik oleh wisatawan, karena keunikan yang ada mampu menambah hasrat berlibur Anda. Nilai pendidikan yang ada didapat dari keberadaan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) yang berada diarea Sumber Maron.

Asal Usul Sumber Maron

Asal Usul Sumber Maron
Instagram by @1000zaman.view

Sumber Maron merupakan sebuah sumber mata air nan jernih yang didalamnya terdapat air terjun kecil setinggi 5 sampai 6 meter dengan kemiringan mencapai 60 derajat yang diberi nama Grojogan Sewu. Inilah yang menjadi salah satu keunikan Sumber Maron, nama Sumber Maron sendiri berasal dari dua suku kata yaitu sumber dan maron, sumber berarti mata air sedangkan maron berarti suatu alat yang digunakan untuk memasak nasi. Ada pula yang mengatakan maron berasal dari aliran air yang terus mengalir membentuk suatu kolam yang kini menjadi Sumber Maron. Begitulah asal usul Sumber Maron secara umum.

Lokasi Sumber Maron

Lokasi Sumber Maron yang strategis juga menjadi salah satu alasan mengapa wisata ini harus dikunjungi. Wisata ini terletak di Dusun Adiluwih Desa Karangsoko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Karena letaknya yang berdekatan dengan perbatasan Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Kepanjen maka warga sekitar juga sering menyebutnya Sumber Maron Gondanglegi. Jalan menuju Sumber Maron Gondanglegi Malang memang berkelok-kelok dan menanjak tapi hal itu terbayarkan saat sudah sampai lokasi, karena pemandangan yang disajikan akan menyihir pandangan Anda. Hijaunya alam dengan suasana khas pedesaan yang ada akan membuat lelah perjalanan seakan sirna begitu saja. Wahana yang disajikanpun akan membuat waktu Anda di Sumber Maron menjadi semakin bermakna, wahana yang dapat dinikmati adalah river tubing, flying fox dan terapi ikan.

Kunjungi :  Pantai Watu Karung Pacitan yang Cocok untuk Peselancar

Ada dua pintu untuk memasuki air terjun Sumber Maron Malang, sebenarnya kedua pintu tersebut saling berkaitan dimana pintu 1 akan membawa kita kepenampungan air yang biasa digunakan untuk berendam, berenang atau hanya sekedar membasahi diri, sedangkan pintu 2 akan mengantarkan kita ke Air Terjun Grojogan Sewu. Di sini Anda bisa menikmati segarnya air yang mengalir seakan membawa beban Anda hilang terbawa derasnya air yang mengalir.

Tiket Masuk Sumber Maron

Tiket Masuk Sumber Maron
Instagram by @diazhasanhutomo

Keindahan yang ada dapat Anda nikmati hanya dengan Rp. 3.000,00 saja, murah bukan? Tiket tersebut belum termasuk wahana dan parkir kendaraan. Untuk roda dua sebesar Rp. 2.000,00 dan roda empat sebesar Rp. 5.000,00. Dan untuk wahana river tubing hanya dikenakan Rp. 10.000,00 per orang, flying fox sebesar Rp. 10.000,00 per orang, dan terapi ikan sebesar Rp. 15.000,00. Hal tersebut menjadikan wisata ini menjadi idola baru di Malang.

Misteri Sumber Maron

Misteri Sumber Maron
Instagram by @maskur_effendi

Dibalik semua keunikan dan keindahan yang ada, Sumber Maron memiliki kisah mistis yang diceritakan secara turun temurun yang terkenal dengan sebutan misteri Sumber Maron Waterfall. Disebut misteri karena sampai sekarang keberadaannya belum dapat dipastikan secara rasional, dimana pada jaman dahulu ada seorang puteri yang bertapa untuk mencapai kesempurnaan hidup dan di tengah pertapaannya dia berhasil mengalahkan hawa nafsu supiyahnya sendiri (berupa kecantikan, jatuh cinta). Dari gejolak nafsu tersebut kemudian diwujudkan menjadi patrem (keris kecil) yang kemudian ditanam dibawah pohon beringin pemandian Sumber Maron. Bermula dari penanaman patren tersebut, hingga saat ini banyak orang yang mencoba untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut. Hingga menimbulkan banyak mitos yang berkembang.

Mitos Sumber Maron

Mitos Sumber Maron
Instagram by @elegantzone

Salah satu mitos Sumber Maron yang paling sering terjadi adalah penampakan ular di Sumber Maron. Mitos tersebut dibenarkan oleh salah satu orang pintar yang ada di Malang bernama Ki Susmono, pernah suatu kali beliau mendapatkan pasien yang mengaku mendapatkan gangguan setelah pulang dari Sumber Maron. Menurut penuturan pasien yaitu Yosi hal itu terjadi saat dia pergi ke Sumber Maron dengan pacarnya, dia berangkat sebelum senja, sesampainya di sumber air mereka langsung menuju tempat pemandian untuk membasahi diri karena perjalanan yang dilalui membuat mereka berkeringat. Tak disangka senjapun tiba dan mereka masih berendam mengikuti aliran air yang ada.

Kunjungi :  Ramainya Camping di Pantai Ngetun Tepus Gunung Kidul

Hingga beberapa saat dilihatnya pohon beringin disisi pemandian yang tampak indah dan bermaksud untuk menggapainya. Tak ada rasa takut untuk terus berenang hingga mereka di bawah pohon beringin. Sambil terus bercengkrama ternyata Yosi mengaku telah buang air kecil dipohon beringin tadi sambil tertawa lepas, hal itu tak diindahkan karena mungkin dia pikir hal itu biasa dilakukan ditempat wisata. Ternyata perkiraan itu salah, setibanya di pemandian tiba-tiba mereka disambangi ular emas yang mulai berenang mendekati keduanya dan tanpa pikir panjang mereka berenang ke tepian dan beranjak pergi dari tempat tersebut.

Sesampainya di rumah Yosi merasakan hal aneh, dia tidak bisa bergerak dimana seluruh tubuhnya kaku hanya matanya saja yang dapat berkomunikasi. Karena khawatir keluarga membawanya ke Ki Susmono. Dari keterangan yang didapat tubuh Yosi dililit oleh belut emas raksasa yang merupakan jelmaan khodam dari pusaka patrem yang tertanam di pohon beringin. Dia merasa terusik dengan kelakuan Yosi maka dari itu dia mengganggunya. Sejak saat itu hampir tak ada orang yang berani melakukan hal itu lagi. Begitulah sekilas mitos yang ada di Sumber Maron, hal itu wajar adanya karena segala sesuatu yang tidak sepantasnya dilakukan sejatinya tak harus dilakukan. Mungkin itu pesan moral yang kita dapatkan.

Selain wisata Sumber Maron Malang kita juga akan sedikit menginformasikan wisata di Malang yang harus masuk list berlibur Anda. Diantaranya adalah Pantai Kondang Merak, pantai ini terletak di pesisir Selatan Pulau Jawa terletak di Desa Sumberbeng, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini menyajikan keindahan batu karang yang kokoh terkena deburan obak yang tenang serta hamparan pasir putih yang akan membuat Anda betah untuk bermain di sepanjang bibir pantai.

Kunjungi :  Curug Benowo, Destinasi Membawa Effect Penyegaran Aroma Alami

Pantai yang tak kalah indahnya adalah Pantai Goa Cina yang berada di Dusun Tumpak Awo, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di sini bukan hanya pantai yang terhampar indah tapi juga terdapat gunung, air terjun, perbukitan dan pantai yang indah tentunya. Semua kenikmatan alam yang ada masih belum lengkap tanpa adanya sumber mata air yang jernih, salah satu yang harus dikunjungi adalah Coban Sewu atau Coban Tumpak Sewu yang merupakan air terjun dengan pemandangan yang asri, berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Have fun guys….

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */