Surganya Wisata Indonesia

Kisah Misteri Taman Rekreasi Situ Gintung Ciputat

0
Kisah Misteri Taman Rekreasi Situ Gintung Ciputat
Nilai Artikel Ini

Kisah Misteri Taman Rekreasi Situ Gintung Ciputat. Pernahkan Anda mendengar tentang kisah misteri yang ada di Situ Gintung? Seperti yang kita ketahui, mungki beberpa dari Anda masih ingat tentang tragedi musibah jebolnya tanggul Situ Gintung. Hal tersebutpun dikait-kaitkan dengan mistis yang ada di sana. Sebenarnya seperti apakah kisah misteri Situ Gintung tersebut?

Wisata Pulau Situ Gintung
Instagram by @durrotulgholiyah

Situ Gintung merupakan salah satu tempat rekreasi berupa danau buatan. Taman Rekreasi Situ Gintung tersebut terletak di Ciputat Timur, tangerang Selatan, Banten. Lokasi tepatnya yaitu berada di barat Jakarta. Danau kecil Situ Gintung mepunyai beberapa fungsi lainnya selain menjadi taman rekreasi seperti sebagai tadah air hujan. Kemudian danau ini juga dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian di sekitar wilayah.

Situ Gintung pada tahun 1933 dibangun oleh Belanda untuk digunakan sebagai wadah pengairan lahan pertanian kala itu. Dahulu, luas dari danau Situ Gintung sekitar 33 hektar. Namun semakin lama danau tersebut semakin menyusut hingga sekarang hanya mencapai 21 hektar. Sedangkan lahan bekas danau di sekitarnya menjadi lahan yang sangat subur.

Dnau tersebut biasanya digunakan sebagai taman rekreasi. Di sana, Anda juga bisa menjumpai beberapa fasilitas yang menunjang keindahan Situ gintung seperti adanya outbound. Taman wisata pulau situ gintung ciputat outbound tersebut menjadi salah satu faforit di banten. Adapun alamat situ gintung outbound sama seperti lamat Situ gintung tersebut karena memang masih dalam satu kawasan.

Taman Rekreasi Situ Gintung Ciputat
Instagram by @tamanwisatapulausitugintung

Adapun karena indahnya emandangan di Situ gintung kemudian membuat para pebisnis melirik kesempatan yang ada di sana. Beberpaa restoran situ gintung ciputat pun didirikan untuk semakin meramaikan wisata Situ gintung. Selain itu, kolam renang situ gintung saat ini juga semakin ramai dikunjungi.

Kunjungi :  Pesona Taman Wisata Bendungan Waduk Selorejo Malang

Untuk menikmati area taman Situ Gintung, Anda tidak perlu megeluarkan banyak biaya. Tidak seperti beberapa taman lainnya taman potret tangerang, danau Situ gintung terkenal dengan ramah biaya yaitu hanya 5 ribu rupiah untuk sekali masuk ke wisata tersebut.

Namun demikian, beberapa fasilitas di area wisata Dananu Situ Gintung tidaklah free. Karena fasilitas tersebut merupakan tambahan dan daya tarik bagi para pengunjung seperti halnya banana boats. Para pengunjung diharuskan untuk membayar lagi ketika ingin menikmati wahana air tersebut. Adapun tiketnya adalah 50 ribu per trip atau per jam. Tariff tersebut juga mungkin bisa Anda temui di beberapa lokasi alinnya seperti Marcopolo Waterpark Serpong yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Selanjutnya, Situ Gintung tidak hanya terkenal sebagai lokasi wisata. Namun juga danau ini terkenal dengan hal-hal mistisnya. Apakah mitos yng sangat terkenal tersebut? Adapun sebagian besar masyarakat meyakini adanya buaya putih jelmaan di Situ Gintung.

Taman Rekreasi
Insatgram by @tamanwisatapulausitugintung

Mistis adanya buaya putih di Situ Gintung sudah tersohor. Konon katanya, buaya tersebut merupakan jelmaan dari seorang nenek penjaga Situ Gintung. Terkadang, mungkin Anda pernah mendengar orang hilang atau tenggelam di dalam danau Situ Gintung. Beberapa orang percaya bahwa mereka telah menjadi tumbal buaya putih di Situ Gintung.

Cerita mistis selanjutnya adalah adanya pulau kecil di tengah danau yang terkadang terlihat dan kadang tidak. Mistis tersebutpun dipercaya jika seseorang melihat pulau kecil tersebut, maka dia akan menjadi terhipnotis dan berenang ke tengah danau. Hingga akhirnya orang tersebut akan tenggelam dan menjadi tumbal Situ Gintung.

Satu lagi cerita mistis dari Situ Gintung yang dipercaya nyata oleh beberapa orang yaitu adanya wanita tua penghuni waduk. Beberapa orang percaya bahwa wanita tua tersebut adalah perwujudan asli dari siluman buaya putih yang kadang menampakkan diri. Wanita tua tersebu berambut panjang yang berwarna putih.

Kunjungi :  16 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Hal mistis pun dikaitkan kembali dengan tragedi Situ Gintung saat ini. Ya, baru saja kemarin rasanya musibah yang menewaskan 100 orang terjadi. Jebolnya tanggul Situ Gintung memang menyisakan banyak misteri. Pasalnya, kejadian tersebut sangat tiba-tiba. Waduk situ gintung jebol sekitar 30m. Akibatnya, sekitar 2,1 juta kubik air pun tergelontor membanjiri permukiman yang ada di bawahnya.

Danau situ gintung sekarang hanyalah sisa-sisa dari jebolnya tanggul. Namun, tragedi tersebut tetap dipercaya adanya hal-hal gaib yang kut campur di dalamnya. Beberapa hari sebelum tragedy tersebut datang, para penduduk menyaksikan adanya pusaran air di tengan danau. Kemudian, ketika subuh tiba terdengarlah suara dentuman yang sangat besar pada saat hujan deras.

Adapun sebelumnya, beberapa pemancing yang berada di Danau Situ Gintung seperti melihat adanya cahaya yang sangat terang di tengah danau. Cahaya tersebut menampakkan seorang wnita yang sangat cantik. Selama ini, wanita tersebut dikenal sebagai sebutan Nyi Mas Melati. Mereka percaya bahwa kemunculan dari Nyi Mas Melati merupakan pertanda adanya bencana di Situ Gintung.

Di daerah sekitar situ gintung, beberapa orang mengeluhkan munculnya ribuan tikus secara tiba-tiba. Sebagian percaya bahwa kemunculan tikus tersebut adalah pertanda bahwa akan terjadi bencana di Situ Gintung. Namun sayangnya, para penduduk tidak menyadari hal tersebut.

Selain itu, tiba-tiba saja, setelah adanya bencana jebolnya tanggul Situ Gintung, para masyarakat menemukan ikan patin yang sangat besar di pinggiran bekas danau. Kejadian ini dianggap aneh karena dipercaya ikan raksasa penghuni situ gintung ditangkap. Adapun berat dari ikan tersebut adalah sekitar 45kg. sungguh luar biasa. Namun, benarkah ikan patin tersebut merupakan bagian dari mistis Situ Gintung?

Kunjungi :  Suasana Hotel Kledung Pass Temanggung yang Asri

Adanya bencana Situ gintung yang terjadi membuat tempat ini justru semakin ramai dikunjungi oleh orang. Mereka ingin melihat sisa-sisa tragedy jebolnya tanggul danau situ ginting. Bahkan, tempat wisata daerah Tangerang yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda percaya dengan kisah mistis di balik danau Situ Gintung? Naun di luar hal tersebut, bencana jebolnya Situ Gintung memang harus menjadi perhatian semua kalangan. Upaya pelestarian dan pemeliharaan semua situs haruslah benar-benar dilakukan. Karena, keselamatan manusia lebih berharga dibandingkan apapun.

Wisata Ciputat
Instagram by @gatetjuliardi

Sehingga, hal ini diperlukan adanya evalusai dari berbagai pihak agar melakukan perencanaan dan pemeliharaan terhadap bangunan-bangunan yang sudha ttua agar tetap kuat dan kokoh. Nah sekarang, apakah menurut Anda Situs Gintung menjadi suatu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi? Atau mengingatkan Anda pada hal mistis? Atau justru mengingatkan Anda pada keprihatinan?

Nyatanya sekarang ini berbagai elemen masyarakat justru semakin ramai mengunjungi Situ Gintung hanya sekedar untuk melihat bencana tersebut. Seperti halnya ketika seseorang mendapatkan promo ocean park bsd sehingga orang berbondong-bondong untuk melihat pemandangan.

Demikianlah artikel terkait tentang Kisah Misteri Taman Rekreasi Situ Gintung Ciputat. Anda bisa memastikan langsung mistis yang ada di situ Gintung tersebut. Namun, kehati-hatian dalam menjaga kelestarian dan pemeliharan semua lokasi dan banguna menjadi kunci utama keselamatan para warganya. Bagaimana menurut Anda saat ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */