Obyek Wisata Alam Situ Gede Tasikmalaya Jabar

0

Situ Gede Tasikmalaya – Anda pernah mengunjungi waduk atau danau? Tidak perlu jauh-jauh datang ke Sumatera Utara untuk mengunjungi Danau Toba, di Provinsi Jawa Barat, ada satu tempat wisata bertemakan air yang cukup terkenal dengan cerita sejarahnya yang berkembang hingga beberapa tempat di Jawa Barat. Uniknya, cerita tersebut saling berkaitan dengan rentetan cerita yang unik dan menarik. Inilah objek wisata Situ Gede Tasikmalaya 2017.

Tidak diragukan lagi, kabupaten yang menyimpan banyak wisata danau ini, memiliki pesona tersendiri. Anda yang ingin berwisata dengan menaiki kapal namun tidak ingin jauh-jauh pergi ke pantai, Situ Gede Tasikmalaya wikipedia inilah tempatnya. Tasikmalaya kini sedang berbenah dan gencar mempromosikan beberapa tempat sebagai wisata andalan. Beberapa tempat wisata yang sedang digarap oleh pemerintah diantaranya Pantai Cipatujah dan dua curug yang sedang mulai populer yaitu Curug Dengdeng dan Curug Sawer Mandalamekar. Tempat wisata di Tasikmalaya tersebut mempunyai view dan keindahan masing-masing.

Sejarah, Lokasi dan Fasilitas di Situ Gede Tasikmalaya Jawa Barat

Menikmati Keindahan Situ Gede
Instagram by @adi.ricardo7

Dalam bahasa Sunda, Situ berarti danau, sedangkan Gede memiliki makna besar atau luas, jadi memang pada kenyataannya, Situ Gede ini mempunyai wilayah yang amat luas, yaitu sekitar 47 hektar dan kedalaman hingga 6 meter. Pernah terjadi tragedi Situ Gede Tasikmalaya beberapa tahun lalu dimana ada seorang pengunjung yang tercebur ke dalam air tatkala memancing ke tengah danau. Kemungkinan besar, wisatawan tersebut berada di atas sampan di atas kedalaman air 6 meter tersebut dan tidak bisa berenang. Peristiwa tersebut merupakan pelajaran berharga bagi siapa saja untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan himbauan dari tempat wisata setempat.

Ada banyak sudut yang bisa pengunjung nikmati ketika berada di Situ Gede Tasikmalaya terbaru ini. Ada beberapa fasilitas yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai seperti :

Gazebo Situ Gede

Gazebo
Instagram by @aroelharani11

Ada banyak gazebo yang disediakan oleh pengelola. Gazebo-gazebo tersebut berada di atas air yang dilengkapi dengan meja dan kursi sebagai tempat bersantai. Anda bisa memejamkan mata sejenak sembari merasakan kesunyian dan ketenangan obyek wisata ini. Bersantai seperti ini hanya dapat Anda lakukan ketika hari biasa, sebab disaat musim liburan, cukup banyak pengunjung yang berekreasi di tempat ini. Selain bersantai, Anda juga dapat menikmati menu makanan yang disediakan oleh warung-warung makan yang berjualan di sekitar lokasi. Tentu saja dengan menu istimewa karena menu utama yang disediakan adalah olahan ikan.

Kunjungi :  11 Tempat Wisata di Jakarta Utara Selain Mall

Ada gazebo yang letaknya agak menjorok ke tengah danau, sehingga Anda seolah-olah berada di atas kapal. Anda bisa mengabadikan kenangan Anda berkunjung ke tempat ini melalui jepretan foto maupun video,bahkan, ada yang memanfaatkan tempat tersebut sebagai latar foto untuk pasangan yang akan menikah atau prewedding.

Taman Situ Gede

Taman
Instagram by @ikayphotography

Meskipun masih mengusung konsep alami, namun taman ini sangat nyaman ditempati. Ada tempat-tempat duduk di bawah pohon yang dibuat sedemikian rupa, sehingga pas dijadikan tempat untuk berfoto. Tempat ini benar-benar masih alami. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan kesejukan udara ketika berada di area wisata.

Pulau Kecil di Tengah Danau

Pulau Kecil di Tengah Danau
Instagram by @ahmadabdulrachman

Salah satu daya tarik Situ Gede adalah adanya pulau kecil seluas 1 hektar yang berada di tengah danau. Di dalam pulau tersebut, terdapat 3 buah makam yang konon menjadi asal mula Situ Gede Tasikmalaya. Tempat tersebut adalah tempat dimakamkannya Eyang Prabudilaya beserta satu pengikutnya yakni Jayakerta serta satu makam lagi adalah istri Jayakerta yang konon pandai bernyanyi atau dalam istilah Jawa sering disebut nyinden.

Di samping beberapa fasilitas tersebut, masih ada beberapa fasilitas penunjang lainnya yang bisa pengunjung nikmati diantaranya Mushola, kamar mandi, jogging track, dan perahu. Anda bisa melihat-lihat keseluruhan Situ Gede dengan memanfaatkan fasilitas perahu yang ada.

Lokasi Situ Gede Tasikmalaya

Danau ini berada di dua kabupaten, karena wilayahnya yang luas, Situ Gede berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Mangkubumi. Anda tidak akan menemui kesultan ketika akan berwisata ke danau ini, sebab jarak tempuh jika Anda sedang berada di Kota Tasikmalaya hanya sekitar 30 menit perjalanan. Anda dapat mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor, serta dapat juga menaiki transportasi umum yang tersedia. Banyak sekali danau dengan nama yang sama. Jangan salah tempat, jika Anda sedang berada di kabupaten atau Kota Tasikmalaya, berarti Situ Gede yang dimaksud adalah Situ Gede Tasikmalaya. Jangan sampai, Anda sudah dekat dengan lokasi namun kemudian mencari rute menuju wisata Situ Gede yang berada jauh di luar kota.

Kunjungi :  21 Tempat Nongkrong Enak di Bekasi Malam Hari

Sejarah Situ Gede Tasikmalaya

Sejarah Situ Gede Tasikmalaya
Instagram by @agamrvt

Seperti yang sudah sedikit diulas pada paragraf sebelumnya bahwa keberadaan Situ Gede ini erat kaitannya dengan makam yang berada di pulau kecil di tengah danau. Ada cerita yang melegenda di kalangan masyarakat. Eyang Prabudilaya dipercaya sebagai seorang tokoh Islam pada zaman dahulu. Tokoh keturunan wali ini gemar melakukan ritual dengan pergi ke tempat yang jauh dalam waktu yang cukup lama. Semasa hidup, Eyang ini mempunyai dua orang istri. Istri pertama bernama Sekar Karembong dan istri kedua bernama Sembahdalem.

Ketika Eyang Prabudilaya melakukan ritual matigeni, kedua istri merasa kebingungan sebab sang suami tak kunjung pulang. Mereka berdua akhirnya sepakat untuk mencari bersama-sama dimana Eyang berada. Ketika sang suami ditemukan, mereka membawa sang suami ke sebuah tempat dan kemudian dibunuh dengan tangan mereka sendiri. Keluarlah darah merah dengan deras dari tubuh sang suami. Mengetahui pemimpinnya dibunuh, pengikutnya dengan setia membawa jenazah Eyang Prabudilaya untuk dimakamkan. Namun, bukan di tempat tersebut, melainkan jauh di tanah seberang dengan perjalanan berhari-hari berjalan kaki. Pengikutnya tersebut membawa jenazah dengan menggunakan bambu yang diikat dengan kain sarung. Perjalanan yang ditempuh dengan melewati banyak daerah, rupanya meninggalkan nama bagi wilayah tersebut. Hingga akhirnya, sampailah mereka di sebuah pulau dan memakamkan Eyang Prabudilaya. Tidak diketahui secara pasti, apa alasan kedua pengikutnya menyemayamkan Eyang di pulau Situ Gede. Hingga kini, misteri Situ Gede Tasikmalaya Jawa Barat tersebut belum terpecahkan.

Lokasi Situ Gede Tasikmalaya
Instagram by @emin_moehaemin_noer

Cerita tersebut mengalir dari mulut ke mulut warga sekitar dan dipercaya kebenarannya hingga sekarang. Berkat legenda tersebut, muncul mitos Situ Gede Tasikmalaya Jabar yang santer terdengar oleh pengunjung. Semua kembali kepada Anda, mempercayai sebuah mitos bisa menjadi sebuah sugesti bahwa kepercayaan tersebut bakal terjadi. Namun jika Anda tidak percaya, bisa saja hal tersebut tidak terjadi. Siapa yang tahu, yang pasti, dimanapun tempatnya, Anda harus menjaga sikap dan berhati-hati. Mitos pertama adalah pasangan bukan suami istri yang datang ke tempat ini, akan mengalami kisah cinta yang pahit dengan berakhirnya hubungan. Mitos kedua adalah adanya adanya makhluk gaib yang menjadi penunggu tempat ini. Makhluk tersebut adalah kakek-kakek tua dengan jenggot panjang yang akan mengganggu orang-orang yang datang ke tempat ini dengan tujuan tidak baik.

Kunjungi :  Keliling di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali Jateng

Saking terkenalnya mitos ini, sampai-sampai Situ Gede ini pernah disambangi salah satu program televisi swasta yang bergelut dengan dunia gaib, yaitu Mister Tukul Jalan-jalan. Mister Tukul Situ Gede Tasikmalaya ini ingin membuktikan keberadaan hantu penunggu Situ. Setelah masuk televisi melalui acara tersebut, wisata Situ Gede ini semakin banyak dikenal oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Anda suka dengan tantangan? Jangan lupa kunjungi Situ Gede pada hari libur Anda selanjutnya. Tempat ini tidak hanya menyuguhkan wisata alam saja, bagi Anda pemeluk agama Islam, Situ Gede bisa dijadikan objek wisata religi dengan berziarah ke makam-makam yang ada. Selain itu, Anda juga dapat belajar banyak sejarah tentang tempat wisata ini. Penjelasan di atas hanya sebagai pemanasan awal agar Anda ingin segera turut serta meramaikan Situ Gede Tasikmalaya. Semoga saja, Situ Gede semakin diperhatikan keberadaannya dan memberikan fasilitas yang semakin lengkap.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */