Surganya Wisata Indonesia

Spot Hits Wisata Alam Ranto Canyon Brebes

0
Spot Hits Wisata Alam Ranto Canyon Brebes
Nilai Artikel Ini

Ranto Canyon Brebes – Keindahan Kabupaten Brebes ini memang tidak ada habis – habisnya. Salah satu kabupaten di ujung Jawa Tengah ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Bila Anda sedang berkunjung atau hanya sekedar lewat di Brebes, tidak ada salahnya Anda untuk sekalian berwisata. Hal tersebut tidak ada salahnya sebab wisata di Brebes akan menjadi suatu kenangan liburan yang indah. Meskipun kota ini berada di pesisir pantai utara, akan tetapi keindahan alamnya yang lain juga sangat indah.

Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas dan Sejarah Ranto Canyon Brebes

Berbatasan dengan dengan pegunungan di tengah Pulau Jawa, Brebes menjadi salah satu kota yang bisa dibilang sempurna sebagai tempat berwisata. Bagaimana tidak? Di sisi utara Anda akan menjumpai indahnya pantai utara, sedangkan di sisi selatan Anda akan bertemu dengan deretan dataran tinggi yang sejuk dan hijau. Salah satu objek wisata di Brebes yang patut Anda kunjungi adalah Ranto Canyon. Objek wisata satu ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata air di Brebes. Selain itu, tempat yang merupakan sungai alam ini juga tidak kalah indah dengan objek wisata air lainnya di Brebes seperti Curug Putri Brebes.

Lokasi Ranto Canyon Brebes

Alamat Ranto Canyon di Brebes sendiri tepatnya berada di Desa Windusari, sebuah desa di Kecamatan Salem dan masih masuk wilayah administratif Kabupaten Brebes. Untuk menuju kesana, diperlukan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam dari pusat pemerintahan Kabupaten Brebes. Untuk menuju kesana, Rute Ranto Canyon Winduasri yang akan Anda lalui tidak terlalu sulit karena papan petunjuk jalan sudah terlihat jelas selama perjalanan.

Kunjungi :  Curug Pengantin Banyumas yang Tersembunyi dan Mistis
sal usul Ranto Canyon
Instagram by @ranto_canyon

Lokasi wisata Ranto Canyon Kabupaten Brebes Jawa Tengah 52275 ini juga tidak begitu membingungkan karena banyaknya petunjuk yang ada. Jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang sangat ramah. Atau Anda bisa saja menggunakan GPS untuk membantu Anda mencari rute terbaik menuju kesana.

Setelah sampai di lokasi parkir, untuk menuju lokasi ini Anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu. Tidak cukup jauh memang, hanya sekitar 200 meter saja. Meski demikian, jalanan untuk menuju kesana cukup terjal, jadi Anda harus sangat berhati – hati dalam melangkah dan mengambil pijakan yang tepat. Akan tetapi meskipun demikian, Anda tetap akan dibantu pemandu yang akan menuntun Anda memilih jalur. Selain itu, untuk menuruni tebing agar mencapai dasar sungai ini, Anda akan menggunakan alat bantu berupa tali yang bisa Anda jadikan pegangan agar tidak terjatuh. Atau jika Anda sudah tidak bisa menahan rasa penasaran Anda bagaimana indahnya dasar sungai ini, silahkan Anda bisa melihat gambar Ranto Canyon Brebes yang tersedia di internet atau sosial media.

Harga Tiket Masuk Ranto Canyon

Harga Tiket Masuk Ranto Canyon
Instagram by @ranto_canyon

Untuk bisa bermain dan menikmati indahnya Curug Ranto Canyon Kabupaten Brebes Jawa Tengah Indonesia ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 30.000 rupiah per orang saja. Harga tersebut terbilang murah karena sudah termasuk pemandu yang akan menemani Anda dan memandu Anda untuk menyusuri objek wisata ini dari jalur mulai hingga ujung, semuanya all in. Oleh karena itu, objek wisata ini sangat terkenal dan selalu ramai oleh para anak muda baik remaja maupun dewasa yang menyukai tantangan.

Fasilitas Ranto Canyon

Fasilitas Ranto Canyon
Instagram by @ranto_canyon

Setelah Anda membayar biaya masuk yang sudah ditentukan. Anda dapat dengan leluasa menikmati keindahan alam disini. Selama bermain dan menikmati Ranto Canyon, Anda akan dikenakan pelampung dan helm keselamatan. Hal tersebut dilakukan karena beberapa titik di tempat ini adalah air yang begitu dalam. Pemasangan pelampung hanya sebagai antisipasi saja supaya Anda tidak tenggelam selama menikmati panorama yang telah disuguhkan tempat ini. Alat – alat tersebut memang sengaja dipasang agar tetap menjaga kesalamatan Anda selama berwisata di Ranto Canyon ini.

Kunjungi :  47 Tempat Wisata di Sukabumi yang Mempesona Wisatawan

Di Ranto Canyon, Anda juga bisa bermain arung jeram atau rafting bersama rombongan wisata Anda. Aliran sungai sepanjang kurang lebih 769 meter ini akan membuat adrenalin Anda tertantang, ditambah lagi dengan arus sungai yang membuat liburan Anda makin seru saja. Selama menikmati serunya arung jeram, Anda juga akan disuguhkan pemandangan indah di kanan kiri sungai. Anda bisa menikmati keindahan ini dalam waktu yang lama, bisa hingga 3 jam. Semua tergantung bagaimana pemandu mengarahkan Anda.

Pemandangan indah di Ranto Canyon ini terdiri dari tebing – tebing yang berbaris indah dan terselimuti oleh tumbuhan dan lumut hijau. Tebing tersebut bisa dibilang cukup tinggi karena tingginya sendiri mencapai 10 – 20 meter. Bisa dibilang, matahari seakan tersembunyi dan tertutup tebing dan tumbuhan selama Anda disini. Selain menikmati keindahan alamnya, sebaiknya selama liburan di sini jangan lupa untuk mengambil foto Ranto Canyon Brebes Jawa Tengah yang bisa Anda simpan sebagai kenangan yang tak terlupakan.

Sejarah Ranto Canyon Salem Brebes

Sejarah Ranto Canyon Salem Brebes
Instagram by @ranto_canyon

Objek wisata ini sendiri berada di daerah yang kental akan sejarahnya, yaitu Kecamatan Salem. Daerah ini terkenal karena dahulu merupakan tempat pelarian bagi korban peperangan kerajaan Pajajaran ketika itu. Prajurit perang tersebut tidak semuanya pulang kembali ke Jawa Barat, akan tetapi ada yang memilih untuk menetap di kawasan ini. Oleh karena itu, mayoritas penduduk disana menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa sehari – hari.

Sementara itu, asal usul Ranto Canyon sendiri baru ada akhir – akhir ini. Dahulu warga sekitar menganggap tempat ini sebagai kawasan yang angker. Karena keangkerannya tersebut, warga sekitar tidak berani untuk menyusuri tempat ini. Kala itu warga sudah menyebut tempat ini dengan sebutan “ranto”. Setelah adanya tim yang menjelajahi tempat ini, baru lah warga sekitar berani untuk menyusuri lokasi ini. Tim penelusur tersebut menamainya dengan sebutan baru yaitu Ranto Canyon karena sebelumnya tempat ini dikenal dengan Leuwih Ranto. Sebutan tersebut diambil karena tempat ini hampir mirip dengan objek wisata Green Canyon yang berada di Pangandaran Jawa Barat. Bahkan beberapa orang ada yang menyebut bahwa objek wisata ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat sana. Sungguh luar biasa ya keindahan Indonesia ini.

Kunjungi :  Wisata Menyejukkan Air Terjun Roro Kuning Nganjuk Jatim

Meskipun memiliki keindahan yang sangat luar biasa, objek wisata ini bisa saja menjadi berbahaya ketika musim hujan. Hal tersebut karena arus sungai yang bisa menjadi sangat kencang dan membahayakan bagi para wisatawan. Pada akhir 2016 bahkan salah seorang wisatawan dikabarkan meninggal dunia akibat terseret arus sungai yang sangat deras dikarenakan debit air yang meningkat karena hujan deras yang datang tiba – tiba. Pada dasar itulah koordinator SAR Brebes sempat meminta pihak pengelola agar Ranto Canyon ditutup sementara.

Intinya, bagi Anda para wisatawan harus tetap hati – hati dan menjaga keselamatan ketika berwisata. Terutama di objek wisata alam seperti Ranto Canyon ini. Pastikan ketika Anda sedang berlibur kesini, cuacanya mendukung untuk aktivitas luar ruang. Karena apabila cuacanya buruk, dapat membahayakan bagi diri Anda beserta rombongan. Keep safety, dan selamat berlibur !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */