Spot Puncak Becici Bantul Cocok untuk Fotografi

0

Jalan Menuju Lokasi Sunset Puncak Becici Bantul

Puncak Becici
Instagram by @ardiansyah.mh

Puncak Becici Bantul – Jingga di langit Yogyakarta menyisakan tetes kenangan ketika senja, mentari dengan keindahannya menjadikan pemandangan mewah jika disaksikan. Senja dan keindahan matahari terbit akan terus terlihat di hari-hari yang cerah dalam dua waktu, namun manusia seolah tidak pernah puas untuk selalu menyaksikan keindahannya. Menyinggung wisata alam Bantul memang tidak pernah ada habisnya,tempat wisata yang menyuguhkan keindahan dari ketinggian, maupun eloknya pantai membuat pengunjung merasa tidak ingin beranjak dari tempatnya.

Tempat terbaik dari salah satu tempat wisata di Mangunan adalah wisata alam Puncak Becici Dlingo Jogja. Tempat dimana bisa menyaksikan panorama pergantian waktu siang menuju terbenamnya matahari akan terlihat begitu romantis di mata Anda. Di tambah lagi dengan udara khas dataran tinggi serta kesejukan yang di hasilkan oksigen jejeran hutan pinus yang berbaris tegap rapi menambah suasana syahdu di sana.

Malam di Bukit Becici
Instagram by @faisal.nh

Wisata ini mungkin tidak asing lagi di kalangan traveler muda ataupun fotografer, pasalnya tempat wisata satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat istimewa dengan keindahan matahari terbenamnya. Akan menjadikan momen berharga jika menikmati lukisan alam dari Tuhan yang begitu cantik sembari melihat jejeran pohon pinus bersama sang kekasih. Pemandangan asri nya pedesaan pun terlihat dari atas bukit, sekaligus melengkapi panorama indah Yogyakarta.

Jika sudah mendatangi hutan pinus di Mangunan, jangan salah persepsi kalau hutan pinus hanya ada di Imogiri saja, wisata Puncak Becici pun juga memilikinya.

Lokasi dan rute menuju Puncak Becici Mangunan

Alamat wisata Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung muthuk, Kecamatan Dlingo, Bantul Yogyakarta. Akses menuju wisata Puncak Becici terbilang mudah, keberadaan nya tidak berjarak jauh dari kebun buah Mangunan. Jika berangkat dari Terminal Giwangan, butuh waktu 30 menit saja untuk sampai di lokasi. Wilayah Puncak Becici ini masih termasuk dalam RPH Mangunan ( Resort Pengelolaan Hutan) wilayah kerja provinsi Yogyakarta.

Kunjungi :  22 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Jalan menuju Puncak Becici sebenarnya bisa Anda lewati beberapa jalur, jika Anda dari kota Yogyakarta, Anda melaju ke arah Imogiri timur terus saja hingga sampai di pertigaan pasar Imogiri. Lalu Anda mengambil arah kiri tepatnya ke arah Kebun Buah Mangunan, Anda harus berhati-hati melewati jalur ini, mengingat jalan yang dilalui berkelok-kelok dan menanjak. Setelah sampai ke arah hutan pinus Mangunan, terdapat plang yang menunjukan arah ke Puncak Becici.

Anda juga bisa menuju Puncak Becici melalui Piyungan, dengan rute ikuti jalan hingga tiba di perempatan Patuk. Jalannya cenderung mudah, meski harus melewati kelokan dan tanjakan yang cukup tajam di sekitar Bukit Bintang. Dari perempatan Patuk belok ke kanan dan terus saja hingga tiba di Hutan Pinus Sumidoro. Demikianlah kira-kira arah Puncak Becici Wonosari.

Dengan melewati Rute Puncak Becici Gunungkidul ini, Sejuk angin sepoi-sepoi pun menemani asyiknya perjalanan dan membuat suasana semakin menyenangkan. Melewati jalur ini, Kendaraan umum semacam bus juga bisa menuju lokasi Puncak Becici.

Anda akan ditintun untuk jalan menuju Puncak Becici melalui plang atau tanda yang telah di sediakan. Perjalanan menuju lokasinya pun harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit, namun jangan khawatir, di sepanjang jalan setapak terdapat tempat duduk dari batang pohon pinus yang disusun untuk beristirahat sejenak, ditemani udara bersih dan sejuk mungkin akan membuat Anda mengurangi rasa lelah.

Harga tiket masuk dan jam buka wisata Puncak Becici

Tempat wisata ini dibuka setiap hari, jadi Anda bisa berkunjung kapan saja tanpa menunggu weekend datang. Tiket masuk Puncak Becici tidak perlu mengeluarkan biaya,biaya gratis. Hanya saja pengunjung dikenai biaya parkir sebesar Rp. 3000 untuk roda dua, dan Rp.10.000,- untuk roda empat. Murah meriah bukan? Anda hanya merogoh kocek dua ribu rupiah untuk bisa menaiki gardu kecil di atas pohon untuk menikmati ketinggian atau sekedar berfoto ria.

Kunjungi :  39 List Air Terjun di Bali yang Wajib Dijelajah Backpaker

Menikmati sunset Puncak Becici

puncak-becici-dlingo-bantul
by instagram @qordhowix

Keindahan Kota Yogyakarta dan sekitarnya terlihat begitu indah dilihat dari lokasi Pucak Becici Mangunan, terlebih di waktu senja, sore hari ketika mentari mulai terbenam di ufuk barat. Terlihat indah dan menawan senja sore serta secercah jingga dengan di latar belakangi gagahnya Gunung Merapi dan gunung Merbabu akan terlihat menakjubkan ketika tidak ada kabut menghalangi.

Namun Anda harus sedikit tahu tentang terbentuknya nama bukit ini, kata becici yang jarang terdengar di telinga ternyata mempunyai makna dan sejarah sendiri. Kata tersebut konon berasal dari gabungan kata “ambeg” yang bermakna berdiam diri dan suci. Kabarnya dahulu putra pendiri Desa Muntuk melakukan pertapaan di bukit sebelah barat hutan pinus dan dimakamkan di bukit yang sama ketika meninggal dunia. Karena itu terdapat sebuah petilasan menyerupai makam di Puncak Becici tersebut.

Di lihat dari arah barat, Anda akan melihat luasnya pantai selatan dari atas puncak, dan megahnya pegunungan Menoreh. Lalu ada beberapa gazebo kecil sederhana yang terbuat dari kayu, berguna untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin bersantai sejenak. Terdapat juga rumah pohon layaknya gardu pandang berguna untuk dijadikan spot foto yang bagus bagi pengunjung.

Puncak Becici Jogja
Instagram by @ranindutdfp

Jangan khawatir jika Anda kehabisan spot foto apik di puncak ini, karena pengelola wisata setempat juga menyediakan beberapa ayunan di sela pohon pinus yang bisa digunakan untuk berfoto maupun bersantai di ayunan. Di temani angin sejuk khas pegunungan akan membuat suasana menjadi asyik nan syahdu.

Untuk menikmati sunset tentunya Anda bersiap bermalam di area wisata, namun untuk mengantisipasi ketika tidak ada penginapan, Anda bisa melakukan camping ceria bersama teman-teman dengan mendirikan tenda di atas Puncak Becici. Banyak cara untuk menikmati wisata ini, mungkin setelah camping ceria, Anda bisa bersantai ria dengan ber hammock di sela pohon pinus sambil menyeduh teh di pagi hari.

Kunjungi :  9 Tempat Makan Enak Murah di Surabaya yang Romantis

Pemandangan di pagi hari pun tidak kalah begitu menawan, kabut akan mebentuk seperti potongan kapas yang menutupi sebagian pemandangan di bawah sana.

Selain wisata Puncak Becici Mangunan Jogja, masih banyak sekali tempat wisata alam Bantul lainnya yang mungkin belum Anda kunjnungi. Nah, untuk tempat wisata Kebun Buah Mangunan sendiri juga berada di Kecamatan Dlingo, Bantul. Untuk Anda yang ingin berdestinasi di wisata Hutan Pinus Mangunan ini juga satu arah dengan kebun buah Mangunan. Jadi ketika Anda sudah berada di Dlingo, bisa Anda bekunjung ke dua wisata sekaligus. Oh ya, tempat yang sangat rekomendasi untuk Anda yang ingin melihat gurun pasir, sangatlah mungkin untuk menikmati keindahan gurun pasir di negeri sendiri, karena di Indonesia terdapat kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya, bagi Anda yang penasaran, Anda bisa langsung mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo, wisata ini terletak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */