Asal Usul, Homestay dan Aktivitas Seru Pulau Tabuhan Banyuwangi

0

Pulau Tabuhan Banyuwangi – Salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang menjadi surganya para snorkeler dan diver adalah Pulau Tabuhan. Pulau ini berjarak kurang lebih dua puluh kilometer dari pusat kota Banyuwangi, Jawa Timur. Pulau Tabuhan memiliki luas lima hektar. Kecil memang. Namun di sinilah Anda bisa menemukan harta karun di tempat mungil ini. Harta karun? Ya. Pantai tabuhan menyimpan beraneka ragam kekayaan hayati di dalamnya. Lokasinya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Asal Usul Pulau Tabuhan Banyuwangi

Ada asal-usul mengapa pulau ini dinamakan Pulau Tabuhan. Sebab, angin laut yang berhembus pada sekitar pulau ini lumayan kencang. Sehingga jika didengarkan dengan seksama, angin yang bergerak akan terdengar mendesis di telinga. Tabuhan berasal dari kata tabuh yang memiliki arti sama dengan memukul. Namun, kata tabuh di sini cenderung pada pukulan terhadap alat musik. Karena suara angin itulah, pulau ini dinamakan Pulau Tabuhan. Yaitu pulau yang terdapat bunyi-bunyian atau tabuhan.

Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi
by instagram @isunbanyuwangi

Berlokasi tak jauh dari Pulau Tabuhan ini, Anda bisa mengunjungi Pulau Menjangan. Kebanyakan para wisatawan mengunjungi Pulau Tabuhan dan Menjangan ini dalam satu paket wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi. Selain pulau Menjangan, Anda bisa datang ke Pantai Bangsring Underwater yang lokasinya berdekatan. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Tabuhan dari Pantai Bangsring hanya sekitar lima belas menit. Destinasi wisata lainnya yang patut Anda coba datangi, jika Anda seorang petualang adalah Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo. Jadi dalam satu jalur ke Pulau Tabuhan snorkeling, Anda bisa mendapatkan beragam pengalaman dengan aktivitas yang berbeda-beda.

Letak Pulau Tabuhan Wongsorejo Banyuwangi yang berada pada dua puluh kilometer dari kota Banyuwangi, membuat para pengunjung harus mencapai Pulau Tabuhan dengan kapal laut. Biaya yang relatif mahal akan terasa ringan jika Anda datang serombongan bersama teman-teman Anda.

Kunjungi :  Sejarah dan Rute Jalan Menuju Pantai Nampu Wonogiri
Pulau Tabuhan Banyuwangi
by instagram @azeriarabionda

Banyak agen wisata di Banyuwangi yang menyediakan paket wisata ke Pulau Tabuhan. Biaya ke Pulau Tabuhan Banyuwangi ini bermacam-macam. Apalagi jika Anda menginginkan tambahan fasilitas.

Anda bisa mencapai wisata ini dengan melalui akses ke Pulau Tabuhan Banyuwangi kemudian transit terlebih dahulu di Pantai Kampe dan Pantai Bangsring Underwater atau disingkat Bunder.

Peta Pulau Tabuhan Banyuwangi

Biaya menyewa kapal sebesar Rp. 500.000 dalam sekali pulang pergi dengan maksimal penumpang sebanyak 10 orang. Tetapi ada pula yang mengatakan muatan satu kapal adalah 12 orang. Hal ini tergantung dari kesepakatan yang dibuat antara nakoda kapal dengan penumpang. Satu-satunya fasilitas ketika Anda akan menaiki kapal adalah jaket pelampung. Bila ingin bersnorkeling di Pulau Tabuhan Anda dapat menyewa alatnya lengkap satu set dengan harga Rp. 30.000. Biaya tersebut belum termasuk sepatu katak. Untuk mendapatkan sepatu katak, Anda dikenakan lagi biaya tersendiri yakni mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000. Biaya ini sudah include tiket masuk Pulau Tabuhan Banyuwangi yakni Rp. 2.500.

Homestay di Pulau Tabuhan Banyuwangi Jawa Timur

Bagi Anda yang berminat menginap di Pulau Tabuhan, Anda disediakan dua pilihan. Yakni mendirikan tenda langsung di tepi pulau, atau menginap di homestay terdekat yang berada tak jauh dari pulau. Jika Anda hendak bercamping, Anda harus memperhatikan tempat-tempat yang sekiranya jauh dari jangkauan ombak. Namun bila Anda hendak memilih homestay, ada banyak sekali pilihan homestay yang bisa ditempati.

  • Manyar Garden Hotel
Manyar Gorden Hotel
by instagram @manyar_garden_hotel

Hotel ini terletak kurang lebih 16 kilometer dari Pulau Tabuhan. Tarif yang dikenakan per malam adalah mulai dari Rp. 300.000 an.

  • Mimpi Resort Menjangan
Mimpi Resort Menjangan
by instagram @nemo_zero

Hotel ini berjarak 16.5 kilometer dari Pulau Tabuhan dengan tarif yang dikenakan per malam adalah mulai dari satu juta rupiah.

  • Panorama Homestay
Kunjungi :  Spot Foto Kekinian di Pantai Ketawang Purworejo
Panorama Homestay Banyuwangi
by tripadvisor

Hotel ini berada pada jangkauan 10.5 kilometer dari Pulau Tabuhan. Tarif yang dikenakan per malam adalah mulai dari Rp. 150.000 an.

  • Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi
by instagram @argo_aris
by instagram @argo_aris

Hotel ini terletak kurang lebih 17 kilometer dari Pulau Tabuhan. Tarif yang dikenakan per malam adalah mulai dari Rp. 300.000 an.

Dan masih banyak lagi penginapan yang bisa Anda temukan di sekitar Banyuwangi.

Aktivitas Seru di Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan ini termasuk pulau yang masih alami. Tidak banyak fasilitas yang disediakan. Hanya ada satu tempat berjualan makanan yang jika tidak dibuka, maka tempat ini menjadi satu-satunya tempat yang bisa Anda jadikan tempat berlindung dan beristirahat. Aktifitas seru yang bisa dilakukan di pulau ini seperti :

  • Snorkeling
Snorkeling di Pulau Tabuhan
by instagram @m.bahrul854

Ombak di lokasi Pulau Tabuhan bwi sebelah utara agak tenang, biasanya pengunjung melakukan snorkeling di daerah ini. Air yang berwarna hijau kebiru-biruan serta jernih ini akan semakin menggoda Anda untuk segera terjun ke air dan menikmati asyiknya bercengkerama dengan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di perairan ini. Banyak pula jenis terumbu karang dan hewan-hewan laut yang tampak. Anda bisa juga melakukan diving di tempat ini. Asalkan ada instruktur yang mendampingi Anda.

  • Berjalan Mengelilingi Pulau
Pesisir Pantai Tabuhan
by instagram @fadliansyahrmdn

Anda tidak akan menghabiskan waktu lama untuk sekedar berjalan-jalan mengelilingi pulau nan kecil ini. Selain menyusuri pantai dengan pasirnya yang berwarna putih, Anda bisa menikmati keragaman hewan dan tumbuh-tumbuhan yang berada di tengah pulau. Tidak ada salahnya, mencoba mengeksplore apa saja yang ada di Pulau Tabuhan. Anda akan menjumpai burung Maleo di tempat ini.

  • Mengambil foto
Foto Pulau Tabuhan Banyuwangi
by instagram @yunidodo

Sayang sekali jika Anda berada di Tabuhan tanpa mengabadikan kegiatan Anda di sini. Banyak tempat menarik yang bisa Anda gunakan sebagai latar untuk berfoto, seperti sisa-sisa bangunan. Jika Anda berfoto di tempat ini terutama dari atas, seolah-olah Anda akan terlihat berfoto di atas batu di lautan luas. Padahal Anda berada di tepi pantai. Tempat selanjutnya adalah Ayunan. Dalam satu ayunan terdapat dua tempat duduk. Anda bisa berfoto bersama teman Anda di sini.

  • Kitesurfing dan windsurfing
Kunjungi :  70+ Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Dicari

Pernah mendengar kedua aktivitas tersebut bukan? Salah satu tempat yang pas bagi Anda penggemar olahraga ini adalah Pulau Tabuhan. Angin yang mengudara cukup kencang cocok untuk digunakan sebagai surfing dengan parasut dan papan selancar dengan layar (windsurfing).

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */