Yuk Ngetrip ke Pulau Sempu Malang Jawa Timur

0

Biaya Open Trip ke Pulau Sempu Malang Jawa Timur

Pulau Sempu Malang
Instagram by @pulausempu

Pulau Sempu Malang – Berwisata ke pantai memang menjadi salah satu aktivitas favorit para wisatawan dalam menghabiskan waktu luang maupun waktu libur. Sudah menjadi hal biasa ketika hendak menemukan pantai, kita melakukan perjalanan ke pesisir. Namun, bagaimana jika keberadaan pantai adalah di tengah-tengah pulau? Di Kabupaten terbesar ketiga di Pulau Jawa ini, ada satu tempat wisata unik. Dijamin, Anda bakal enggan beranjak dari tempat tersebut. Kabupaten Malang mempunyai satu pulau yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau tersebut merupakan tempat wisata sekaligus cagar alam. Ya. Wisata Pulau Sempu di Malang.

Pulau Sempu memiliki luas sekitar 877 hektar. Luas tersebut terisi penuh oleh pepohonan khas hutan tropis. Pulau Sempu Segaran Anak ini tumbuh dan berkembang di bawah pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau sering disebut dengan BKSDA Provinsi Jawa Timur dan dikelola langsung oleh Departemen Kehutanan Indonesia. Keseluruhan isi Pulau Sempu adalah pasir putih. Sebenarnya, tempat tersebut tidaklah secara resmi dibuka sebagai tempat wisata. Anda harus mempunyai izin khusus untuk dapat melakukan aktivitas khusus di dalam pulau.

Pulau Sempu Malang Selatan
Instagram by @pulausempu

Ada banyak keindahan yang disuguhkan ketika Anda berada di tempat ini. Ada pantai pasir panjang. Pantai ini juga merupakan pantai berpasir putih dengan banyak bukit kecil di sepanjang depan pantai. Ada pula Pantai Waru-waru. Pantai ini juga memiliki pasir putih bersih dengan batang-batang pohon yang menjuntai ke tepi pantai. Di tempat inilah, banyak wisatawan memanfaatkannya sebagai latar foto. Anda bisa menaiki kapal untuk berkeliling dari Pantai Waru-waru ini. Wisata selanjutnya adalah Telaga Lele. Telaga lele ini bisa ditempuh sekitar 2 jam setelah Anda tiba di Pulau Sempu. Telaga ini memiliki air yang jernih. Jika dilihat secara seksama, tidak ada satu ikan lele pun yang mendiami telaga ini. Hanya ikan-ikan gabus saja yang berukuran agak besar. Anda bisa mengambil air di tempat ini untuk dimasak ketika Anda kehabisan bekal makanan dan minuman. Setelah melewati Telaga Lele, Anda akan sampai pada sebuah tempat dengan padang rumput luas. Inilah Telaga Asat. Asat, dalam bahasa Jawa berarti kering, tidak berair. Memang benar, tempat ini dahulunya adalah sebuah telaga. Anda bisa melihat batang-batang pohon kering yang khas, tumbang sebagai peninggalan Telaga Asat. Selain itu, Anda bisa mengunjungi pantai-pantai lain yang terdapat di pulau ini. Masih ada Pantai Kembar dan Pantai Tiger Cave yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk bisa mencapai kesemua tempat wisata yang ada, Anda harus berjalan kaki. Sudah terdapat petunjuk maupun jalan setapak sebagai karpet merah yang akan menyambut Anda dan mengantar sampai lokasi tujuan.

Kunjungi :  7 Tempat Makan Paling Enak di Jogja Harga Mahasiswa

Tempat wisata yang paling banyak diburu di Pantai Pulau Sempu Malang adalah Pantai di dalam pulau. Mungkin saja lebih condong ke wisata danau. Namun, bentuknya sangat mirip dengan pantai. Wisata Pulau Sempu Sendang Biru yang berada jauh di tengah pulau inipun mempunyai pasir putih. Pasir putihnya berbentuk miring dan air yang ada di tempat tersebut berwarna bening hingga biru seperti di pantai. Di belakang tempat tersebut, berdiri megah batu-batu yang menghalang persis seperti di pesisir pada biasanya. Di samping itu, air yang terdapat di Laguna ini adalah air asin. Banyak orang menyebut tempat eksotis ini dengan Laguna Segara anakan. Segara adalah laut atau samudera. Sedangkan anakan adalah anak atau bisa diartikan sesuatu yang lebih kecil. Jadi intinya, Laguna ini merupakan laut yang terpisah dari pesisir pantai dan terhalang oleh batu-batuan karang. Meski terlihat kecil, Laguna ini ternyata memiliki luas hampir 4 hektar. Anda bisa sepuasnya berfoto dan beraktivitas di pantai tersembunyi ini. Bila Anda tidak datang bersama kelompok lain, akan terasa sekali, suasana pribadi yang nyaman di tempat ini. Anda bisa melakukan banyak aktivitas seperti di pantai. Bermain pasir, berbasah-basahan dengan air, berenang, dan lain sebagainya. Akan tetapi ketika Anda berkunjung ke Pulau Sempu dengan mengikuti paket wisata atau open trip Pulau Sempu, Anda akan melihat banyak sekali tenda-tenda berjejeran di pasir putihnya yang cukup luas. Terlebih ketika Anda datang pada musim liburan. Memang tidak ada penginapan. Jalan satu-satunya ketika Anda hendak bermalam adalah dengan mendirikan tenda atau berkemah.

Wisata Pulau Sempu Malang
Instagram by @pulausempu

Pulau Sempu ini cocok bagi Anda pemilik jiwa petualang. Untuk bisa mencapai lokasi Laguna, Anda ditantang untuk melewati jalur treking yang cukup jauh lagi sulit. Waktu yang dibutuhkan agar bisa tiba di pantai dalam pulau tersebut maksimal adalah 3 jam dengan menembus lebatnya hutan tropis serta di beberapa wilayah akan Anda temui jalan yang curam. Rasa lega dan puas akan Anda dapati setelah warna biru air Laguna terpampang di depan mata.

Kunjungi :  18 Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur Terhits

Seperti tempat wisata pada umumnya, ada saja cerita misteri yang melingkupi kawasan ini. Konon, pada beberapa waktu lalu, ada wisatawan yang tersesat dalam waktu lama. Kabarnya, mereka sudah berusaha mencari jalan keluar dengan menyusuri kembali jalan setapak yang sekiranya berlawanan arah dengan lokasi wisata. Namun pada akhirnya, justru mereka tersesat semakin jauh. Setelah mereka ditemukan oleh tim pencari, rupanya penyebab kejadian tersebut hanya satu hal. Mereka mengambil sesuatu dari pulau tersebut, entah berupa batu kerikil dan semacamnya. Akhirnya ketika mereka ingat akan apa yang sudah dilakukan, segeralah mereka membuang kembali apa yang sudah dibawa sejak keberangkatan. Walhasil, mereka bisa menemukan jalan pulang. Pada akhirnya, misteri Pulau Sempu Malang angker pun terungkap. Semua kejadian yang tidak menyenangkan adalah kesalahan dari manusia sendiri. Alam akan bertindak sesuai dengan apa yang diberikan oleh manusia. Walau tidak menutup kemungkinan, makhluk-makhluk yang tidak kasat mata turut serta dalam kejadian tersebut. Tetapi, tetap saja kembali kepada kita sebagai pengunjung khususnya, untuk selalu menjaga sikap dan memegang teguh kode etik sebagai pecinta alam sejati.

Serba-Serbi Biaya Wisata Pulau Sempu

Wisata Pulau Sempu di Malang
Instagram by @pulausempu

Mendengar cerita keindahannya saja, pasti Anda sudah mulai tergelitik untuk segera merangkul tas besar dan membuka pintu rumah untuk segera memulai perjalanan. Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih terkait ongkos yang harus Anda keluarkan untuk berekreasi ke Pulau Sempu. Biaya ke Pulau Sempu Malang Jawa Timur ini cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 500.000 an saja. Namun biaya tersebut baru terhitung mulai dari biaya masuk, kapal, pemandu, serta perbekalan yang harus Anda bawa. Ada banyak paket wisata Pulau Sempu yang bisa Anda temukan di Internet. Rata-rata, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp. 250.000 an untuk satu malam. Biaya tersebut sudah termasuk biaya makan.

Kunjungi :  Rumah Kamera Magelang, Wisata Sensasi "Galeri Seni"

Harga tiket masuk Pulau Sempu berkisar Rp. 40.000. Biaya terebut sudah include biaya masuk ke Pantai Sendang Biru. Di pantai inilah Anda akan berlayar melewati Selat Sempu menuju Pulau Sempu. Untuk biaya penyeberangan, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 100.000. Jika Anda mengikuti paket open trip, Anda hanya perlu membayar biaya seperti yang sudah disebutkan di atas pada awal pembayaran saja. Bila Anda melakukan perjalanan pribadi dan membutuhkan bantuan guide, Anda perlu mengeluarkan biaya lagi sekitar Rp. 70.000 hingga Rp. 100.000 per satu orang pemandu.

Wisata Pulau Sempu Malang Selatan
Instagram by @pulausempu

Selain biaya-biaya di atas, ada lagi keperluan yang harus Anda persiapkan ketika Anda hendak menginap, yaitu menyewa perlengkapan berkemah seperti menyewa tenda dan perlengkapan penunjang lainnya, seperti sleeping bag. Anda juga harus mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang mencukupi selama berkemah, sebab tidak akan dijumpai warung makan di sekitar pulau, apalagi selama perjalanan menyusuri hutan.

Seperti telah diutarakan di atas, cara ke Pulau Sempu adalah dengan masuk terlebih dahulu ke kawasan Pantai Sendang Biru. Pulau Sendang Biru dan Pulau Sempu berada dalam satu wilayah administratif yaitu Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Beberapa waktu lalu, santer terdengar kabar bahwa obyek wisata Malang ini akan ditutup. Hal ini disebabkan, banyaknya sampah yang berserakan di sekitar lokasi perkemahan dan jalur treking. Pulau Sempu ditutup sementara kemungkinan besar adalah dalam rangka pembersihan masal oleh pihak pengelola. Sebagai agenda liburan di musim liburan depan, masih ada tiga tempat rekomendasi bagi Anda di Kabupaten Malang. Ketiga tempat tersebut juga merupakan tempat wisata alam. Pantai Batu Bengkung dengan batu karangnya yang khas, Sumber Maron, dan Pantai Goa Cina.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */