Surganya Wisata Indonesia

Pulau Kecil yang Eksotis di Pulau Panjang Jepara

0

Pulau Panjang Jepara – Masih dengan pesona wisata di Jepara, banyak hal yang ditawarkan disini. Bukan sekedar tempat untuk berlibur, tetapi juga menawarkan sumber daya alam yang dimiliki serta kebudayaan yang masih menjadi ciri khas masing-masing daerah yang ada. Seperti halnya acara Lomban yang diselenggarakan di Pantai Kartini tiap tanggal 8 Syawal. Pantai Kartini sendiri merupakan pantai yang menjadi tujuan utama wisatawan saat mengunjungi Jepara. Pasir putihnya yang menawan, ditambah dengan banyaknya wahana yang ditawarkan, membuat pantai ini menjadi incaran turis. Disini juga terdapat Kura-kura Ocean Park yang menjadi penanda dari Pantai Kartini, disini disediakan banyak informasi tentang flora dan fauna didalam laut, sudah pasti sangat baik untuk anak bisa datang kesini karena nilai edukasinya yang tinggi.

Bukan hanya Pantai Kartini saja yang menawarkan nilai edukasi, tetapi juga Jepara Ocean Park. Wahana air yang satu ini mengadaptasi gaya Timur Tengah dengan berbagai wahana yang ditawarkan. JOP terletak di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, dan tahukah kamu, JOP ini merupakan wahana air termegah di Indonesia. Selain wahana air disini juga banyak pohon rindang yang membuat susana menjadi sejuk dan nikmat, ditengah-tengahnya terdapat bangunan kubah yang megah dan kokoh. Dari kemegahan tersebut terdapat segudang fasilitas yang bisa dinikmati. Lokasinya sendiri kurang lebih 2 km dari Pantai Kartini.

Penginapan dan Lokasi Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah
Instagram by @explorepulaupanjang

Masih dengan keindahan airnya, masih ada satu spot wisata lagi yang menjadi andalan Jepara dan menjadi wisata yang digandrungi banyak wisatawan asing. Tempat tersebut adalah Karimunjawa, sebuah pulau kecil yang masih berada dibagian kepulauan di Jepara. Keindahan pasir putihnya yang lembut dan letaknya ditengah laut membuat wisata ini menjadi unik. Selain sebagai wisata bahari, tempat ini juga dijadikan sebagai Taman Nasional, karena banyaknya hewan yang ada disekitar pulau. Mulai dari rusa, kera, burung, ikan dan masih banyak macam lagi ada disini. Anda penasaran? Silahkan datang langsung untuk mengetahuinya.

Tiket Masuk, Fasilitas dan Penginapan Wisata Pulau Panjang Jepara 2017

Tiket Masuk, Fasilitas dan Penginapan Wisata Pulau Panjang Jepara 2017
Instagram by @explorepulaupanjang

Pulau Panjang merupakan sebuah pulau dengan pasir putih yang dikelilingi laut dangkal dengan air yang jernih. Pantai Pulau Panjang Jepara Kartini ini masuk kelurahan Ujung Batu, Kecamatan jepara, Kabupaten Jepara. Bisa dikatakan bahwa pulau ini masih perawan, karena masih sedikit wisatawan yang berkunjung dan keberadaan hutannya yang masih terjaga. Luas pulau ini 19 Ha dengan ketinggian pulau 0 sampai 45 mdpl. Kedalaman perairan 10 sampai 20 m dan tidak memiliki air permukaan atau biasa disebut tubuh air seperti rawa, danau, sungai, dan kolam. Walaupun begitu, Pulau Panjang mempunyai sumber air berupa sumur yang memiliki rasa agak payau. Sumur ini dinamakan air barokah. Dan keberadaan Pulau Panjang ini ditandai dengan dibangunnya sebuah mercusuar di bagian Barat pulau.

Kunjungi :  Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Status Pulau Panjang merupakan kawasan hutan kota yang dijadikan tempat perkembangbiakan alami satwa darat dan laut. Pulau Panjang sendiri milik Pemkab Jepara, tetapi dulu pernah dikontrakkan kepada pihak swasta selama 30 tahun dari tahun 1987. Pada tahun 1858 Pulau Panjang mengalami kerusakan serius akibat pencurian terumbu karang dan penebangan hutan mangrove, tak hanya sebatas itu, sedimentasi dari gelontoran lumpur hulu sungai juga menjadi salah satu alsan kerusakan Pulau Panjang, yang dulunya seluas 70 Ha, kini hanya 30 Ha. Sangat disayangkan sekali, begitulah sejarah Pulau Panjang Jepara.

Walaupun begitu, kita patut bersyukur karena disini masih banyak terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang bisa dijadikan alasan untuk menjaganya. Lokasi Pulau Panjang Jepara map berada ditengah Pulau Panjang terdapat hutan tropis dengan ciri khas pohonnya yang besar, diantara pohon yang banyak terdapat dipulau ini adalah pohon randu, dadap, asam jawa, bahkan ada pohon pinus yang berumur puluhan tahun. Disekeliling hutan terdapat tumbuhan perdu dan rumput yang membuat hutan terasa semakin penuh dan rimbun. Diantara hutan tersebut terdapat sebuah makam yang biasanya dikunjungi oleh warga, baik yang dari warga sekitar maupun luar daerah.

Makam di Pulau Panjang 2016 tersebut merupakan makam Syeh Abu Bakar yang merupakan orang pertama yang datang dan membuka Pulau Panjang sehingga sejarah Pulau Panjang berawal dari kedatangan beliau. Saat bulan Muharram tiba,banyak orang yang datang untuk ziarah. Untuk mencapai lokasi bisa berasal dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan dengan jarak 2,5 km ke arah barat. Bahkan acara yang ada kini bisa ditonton melalui makan Pulau Panjang Jepara Youtube.

Pulau Panjang Jepara
Instagram by @explorepulaupanjang

Udara Pulau Panjang saat pagi hari akan sangat segar dan sejuk, dengan delombangnya yang kecil dan dikelilingi laut dangkal, akan sangat aman dan cocok digunakan untuk berenang, diving, mandi, snokeling bahkan untuk bermain kano. Aktifitas tersebut dilegalkan karena kedalamannya hanya sekitar 1,5 m sampai 2,5 m sehingga sangat aman untuk melakukan aktifitas. Keberadaan pohon tinggi dan semak belukar dijadikan tempat favorite burung laut untuk berkembang biak.

Kunjungi :  12 Tempat Nongkrong di Jakarta Timur yang Bikin Lupa Waktu

Selain kegiatan diatas, bagi Anda yang menyukai hal yang membuat keringat bercucuran, Anda bisa treking disini, menikmati kesejukan yang ada. Berjalan sepanjang pulau, melewati hutan, menerjang semak belukar dan melihat bagaimana satwa hidup dengan bebas tanpa adanya paksaan. Tidak usah khawatir karena Anda tidak akan menerobos hutan begitu saja. Sudah ada jalan yang berupa paving block dengan lebar 1 m akan memudahkan Anda selama perjalanan.

Yang lebih menyenangkan lagi, disini diperbolehkan mendirikan tenda atau camping, dengan catatan jika ingin membuat api unggun harus ditanah, tidak diperbolehkan didekat semak karena dikhawatirkan akan terjadi kebakaran. Tahukan kalian? Kejernihan air di Pulau Panjang bisa dibuktikan, jika Anda melihat dari atas pantai kedalam laut, Anda akan langsung melihat ikan yang berenang tanpa harus masuk atau berenang kedalamnya. Sungguh indah bukan?

Tidak ada mitos Pulau Panjang Jepara city ini hanya hawa yang kadang menusuk saat malam tiba karena mungkin juga disebabkan tidak adanya penghuni. Pulau Panjang ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, hanya ada 8 orang saja yang ada di pulau ini, 5 diantaranya merupakan penjaga mercusuar yang bertugas secara bergiliran, 2 merupakan penjaga makam dan semuanya laki-laki. Hanya ada 1 wanita yang dari dulu memang sudah tinggal disini. Oleh karena itu, bisa dikatakan Pulau Panjang merupakan pantai tak berpenghuni.

Tiket masuk dan Fasilitas Pulau Panjang

Tiket masuk dan Fasilitas Pulau Panjang
Instagram by @explorepulaupanjang

Untuk menikmati keindahan yang ada, kita hanya diharuskan membayar Rp. 3.000,00 untuk satu orang. Dan untuk mencapai lokasi jika berasal dari Pantai Kartini perlu membayar Rp. 13.000,00 untuk satu orang, jika dari Pantai Bandengan membayar Rp. 15.000,00 dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Bagi yang menyukai satu kapal untuk satu keluarga atau sendiri bisa menyewa dengan harga mulai dari Rp. 100.000,00 sampai Rp. 200.000,00. Dan satu kali kunjungan hanya untuk 1 jam saja. Kecuali jika ingin menginap maka keesokan harinya akan dijemput. Karena harga diatas merupakan harga pulang pergi. Sehingga dapat dikatakan bahwa biaya ke Pulau Panjang Jepara sangat terjangkau.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Subang Terbaik untuk Anda dan Keluarga

Fasilitas yang tersedia mulai dari mushola didekat makam, makam Syeh Abu Bakar, sumur air barokah, tempat sewa peralatan snorkeling di Pulau Panjang Jepara, dermaga perahu wisata, tempat sampah organik dan anorganik, kamar mandi yang sumbernya airnya dari air hujan, persewaan tenda, gazebo dan mercusuar di sebelah Barat Pulau Panjang di Jepara. Masih satu lagi, hampir lupa disini juga sudah ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman yang Anda butuhkan. Jadi jika Anda tidak membawa bekal tidak usah ragu untuk tetap menyeberang ke Pulau Panjang ini.

Penginapan Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah

Penginapan Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah
Instagram by @epulpuad

Untuk penginapan di Pulau Panjang sendiri belum ada, jika ingin menginap harap menggunakan tenda atau sejenisnya, dan untuk penerangan berasal dari diesel jadi harap dimaklumi. Disini masih menjaga keasrian daerahnya, sehingga seandainya dibangun penginapan berupa penginapan go green. Dengan begitu ekosistem alami tidak akan terganggu

Penginapan di Pulau Panjang Jepara yang bisa dijadikan rekomendasi adalah penginapan yang dekat dengan Pantai Bandengan atau Pantai Kartini, karena dua pantai ini yang paling dekat dengan Pulau Panjang. Bisa di Hotel Jepara indah yang sudah bintang 3, Hotel kalingga Star (bintang satu), The Palm Beach Resort, Sunset Beach and Bungalow, Bandengan Beach Hotel dan lain sebagainya. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */