Wisata Keluarga ke Pulau Nusakambangan Cilacap

0

Pulau Nusakambangan Cilacap – Jika Anda berwisata ke Cilacap, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Pulau Nusakambangan. Pulau yang berada dekat dengan Kabupaten Cilacap ini memang menjadi salah satu tempat yang terkenal di Indonesia. Akan tetapi, pulau yang ini terkenal bukan karena keindahan alamnya, melainkan karena terdapat salah satu lapas terbesar di Indonesia.

Sekarah, Misteri dan Letak Pulau Nusakambangan Cilacap

Ya, benar sekali, Lapas Nusakambangan memang dikenal sebagai tempat bagi orang – orang yang pernah melakukan tindakan kriminal besar. Akan tetapi, pulau ini tetap memiliki panorama yang indah, dan terlihat dari Pantai Teluk Penyu atau Benteng Pendem, dua objek wisata yang sangat terkenal di Cilacap. Anda bisa juga mengecek untuk memastikan bagaimana gambar Pulau Nusakambangan di internet atau melalui smartphone Anda, sehingga Anda tidak penasaran lagi bagaimana wujud pulau ini. Akan tetapi, bila Anda masih penasaran, tidak ada salahnya Anda datang langsung ke Nusakambangan.

Letak Pulau Nusakambangan

Bila Anda bertanya – tanya Pulau Nusakambangan terletak dimana, pulau yang satu ini berada di sisi selatan Pulau Jawa. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari Pulau Jawa sehingga untuk menuju kesana tidak perlu memakan banyak waktu dengan menggunakan moda transportasi laut. Maklum saja, karena belum ada jembatan penguhubung yang bisa digunakan kendaraan transportasi darat baik motor maupun mobil.

Secara lokasi, Pulau Nusakambangan ini berada di wilayah Kabupaten Cilacap, akan tetapi tidak termasuk wilayah administrasi Kabupaten Cilacap, melainkan dimiliki oleh negara, tepatnya berada dibawah naungan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Memang dari pusat kota Cilacap untuk menuju kesana tidak terlalu jauh. Di Cilacap sendiri sudah ada Pelabuhan Kapal Feri Wijayapura yang disana terdapat kapal – kapal feri yang siap mengantar Anda menuju Nusakambangan yang disana akan berlabuh di Pelabuhan Sodong Nusakambangan. Lama penyeberangannya sendiri hanya sekitar 5 menit. Tidak terlalu jauh bukan?

Kunjungi :  Keindahan Panorama Perbukitan Kapur Pantai Suwuk Kebumen

Bagi Anda yang belum tahu lokasi ini, untuk lebih jelasnya bahwa Pulau Nusakambangan termasuk wilayah provinsi Jawa Tengah, tepatnya di bagian selatan. Jadi, pulau yang satu ini merupakan salah satu pulau terluar yang masih berada di wilayah Republik Indonesia.

Keunikan Nusakambangan

Keunikan Nusakambangan
Instagram by @ignasryan

Di pulau ini terdapat salah satu lapas terbesar di Indonesia yaitu Lapas Nusakambangan. Oleh karena itu, Pulau Nusakambangan Wikipedia mencatat bahwa penduduk disana total sekitar 3000 orang yang mana mereka adalah pegawai lapas dan keluarganya. Sisanya, ada pula ratusan narapidana yang tinggal di lapas. Jadi memang di pulau ini suasanya terkesan sepi dan tidak terlalu ramai, bahkan beberapa orang menyebut bahwa pulau ini termasuk pulau angker dan banyak menyimpan misteri. Selain lapasnya yang fenomenal, pulau ini juga terkenal memiliki keindahan alam dan potensi wisata yang tidak kalah besar dibanding tempat – tempat lainnya yang bisa Anda nikmati.

Sejarah Pulau Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah

Sejarah Pulau Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah
Instagram by @hikotostudio_photo

Pulau yang satu ini selain memiliki keunikan dan nilai mistis, disisi lain pulau ini juga memiliki kandungan sejarah yang sangat kental. Dahulu kala, pulau ini sering digunakan sebagai tempat ritual, jauh sebelum ketika Indonesia merdeka. Oleh karena itu, disini terdapat berbagai macam tumbuhan dan bunga – bunga bermacam – macam bentuk dan jenisnya. Hal itulah yang menjadi asal usul Pulau Nusakambangan, atau diartikan sebagai pulau penuh bunga, dari kata “kambang” atau “kembang”.

Ketika masa penjajahan sendiri, pulau ini sempat diduduki oleh Belanda dan Portugis. Hal tersebut dapat Anda jumpai di dekat area hutan bakau. Disana Anda akan menemukan seperti prasasti peninggalan Belanda. Selain itu, terdapat pula mercusuar yang di dekatnya terdapat benteng kecil yang didirikan oleh Potugis ketika dulu menduduki Pulau Nusakambangan ini.

Kunjungi :  Hits 22 Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Terbaru

Sekarang Pulau Nusakambangan ini difungsikan menjadi lapas bagi terorris dan bandar narkoba kelas kakap. Bahkan narapidana yang dijatuhi hukuman mati juga dieksekusi di pulau ini. Kita bisa melihat bagaimana peta Pulau Nusakambangan tempat eksekusi mati ini berada. Terdapat dua lokasi disini, yaitu lokasi yang bernama Lembah Nirbaya dan Lapangan Tembak Kepolisian. Kedua lokasi tersebut masih berada di kawasan Nusakambangan.

Nama Lembah Nirbaya memang menjadi pertanyaan bagi banyak orang dimana tempatnya. Sebenarnya, Lembah Nirbaya Pulau Nusakambangan terletak di dekat Lapas Terbuka. Masih di daratan Nusakambangan juga letaknya. Lokasi satu ini adalah tempat area semak belukar yang cukup luas. Oleh karena itu, lokasi yang satu ini dinilai cocok untuk melakukan eksekusi bagi para terpidana mati.

Misteri Pulau Nusakambangan Cilacap

Misteri Pulau Nusakambangan Cilacap
Instagram by @deny.crseven

Dibalik bentuknya yang indah, pulau ini rupanya memiliki berbagai misteri yang tersembunyi dan angker menurut masyarakat sekitar. Pulau ini bahkan juga dikenal sebagai tempat wisata Pulau Nusakambangan angker. Cukup ngeri memang ketika kita mendengarnya, akan tetapi hal seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang memang menyukai nuansa – nuansa mistis dan cerita legendaris.

Kisah misteri Pulau Nusakambangan yang perlu Anda ketahui yang pertama adalah adanya hewan kijang yang memiliki warna emas. Konon, kijang yang satu ini sangat gesit dalam berlari. Selain itu, hewan yang sering dijadikan objek buruan ini kebal peluru timah. Memang sulit dipercaya oleh logika, akan tetapi masyarakat sekitar percaya akan hal itu karena dahulu pernah ada orang yang berburu dan tidak dapat menangkapnya karena semua pelurunya seakan membentur baja, yang padahal itu adalah kulit kijang. Entah benar atau tidaknya, belum dapat diketahui secara pasti memang. Akan tetapi hal tersebut justru membuat wisatawan ingin tahu seperti apa bentuk dan wujud nyata dari kijang berwarna emas ini.

Kunjungi :  29 Tempat Wisata di Pati yang Paling Bersejarah

Selain itu, terdapat kisah seram Pulau Nuskambangan lain yang perlu Anda ketahui. Meskipun pulau ini memiliki daya tarik alam yang sungguh mempesona, Anda perlu berhati – hati bila menjelajahi hutan yang ada di pulau ini. Anda jangan sembarangan masuk tanpa pendamping yang benar – benar mengetahui hutan Nusakambangan secara pasti. Mengapa? Karena di hutan ini terdapat tumbuhan merambat yang juga dikenal dengan “akar mimang”. Tumbuhan tersebut tidak boleh dilangkahi karena terdapat kepercayaan bila melangkahi tumbuhan tersebut, Anda akan berputar – putar seakan tersesat di dalam hutan dan sulit untuk mencari jalan kembali untuk keluar hutan. Oleh karena itu, ketika memasuki hutan ini, sebaiknya Anda membawa peralatan yang bisa dijadikan tanda bahwa Anda sudah melewatinya.

Pulau Nusakambangan Cilacap
Instagram by @deny.crseven

Bagaimana? Cukup menarik bukan? Dibalik keindahannya, Pulau Nusakambangan ini juga penuh dengan berbagai cerita misteri di dalamnya. Bagi Anda yang senang berpetualang, tempat ini sangat cocok bagi Anda. Bagaimana tidak, pulau yang satu ini dikelilingi oleh lautan lepas, dan memiliki hutan yang begitu eksotis. Akan tetapi, memang jika Anda ingin berwisata ke Nusakambangan. Anda harus berhati – hati. Pastikan ada yang mendampingi Anda atau memandu Anda untuk berwisata ke Nusakambangan. Selain karena pulau ini dijaga oleh petugas lapas di setiap sudut, terdapat pula hal – hal mistis yang bisa saja tidak Anda ketahui. Meskipun begitu, jangan lupa bersenang – senang ya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */