Surganya Wisata Indonesia

Paket Lengkap Berwisata ke Pulau Kangean Sumenep Madura

0
Paket Lengkap Berwisata ke Pulau Kangean Sumenep Madura
Nilai Artikel Ini

Keajaiban Wisata Pulau Kangean Madura Jawa Timur

wisata Pulau Kangean Madura Jawa Timur
by instagram @arieflanyala

Pulau Kangean Sumenep Madura – Pesona wisata kepulauan memang tiada habisnya. Bentuknya yang kecil namun mempunyai wisata alam yang beragam membuat siapa saja terpikat. Banyak wisata pulau yang ada di Indonesia yang dijadikan rujukan tempat wisata keluarga sebagai sarana hiburan ataupun penelitian. Pulau-pulau yang ada biasanya hanya ditempati oleh beberapa keluarga saja, bahkan ada yang termasuk dalam pulau tak berpenghuni. Dalam tempat lain, ada pulau yang hanya ditempati satu warga yang mendirikan penginapan. Jadi, orang-orang yang tinggal di tempat tersebut adalah pendatang. Salah satu kepulauan di daerah Madura yang menjadi sorotan adalah wisata Pulau Kangean Madura Jawa Timur. Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Madura.

Meskipun masih satu kawasan dengan Madura, namun pulau ini memiliki adat-istiadat dan bahasa sendiri. Menurut cerita, warga Pulau Kangean adalah perpaduan antara orang Jawa, orang asli Kalimantan, warga Bali, orang Sulawesi, serta penjajah-penjajah Belanda yang turut menempati wilayah ini. Karena lamanya bangsa penjajah yang ada, bahasa Pulau Kangean yang banyak digunakan adalah bahasa Portugis. Anda sebagai masyarakat Madura sendiri terlebih Anda wisatawan, tidak akan mengerti arti dari perkataan warga jika Anda berpapasan, kecuali jika Anda datang bersama dengan tour guide.

Pulau Kangean
by instagram @cakfadli85

Di tempat ini, Anda seolah-olah akan dibawa menuju tempat antah berantah yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Tempat yang nyaman, pemandangan alam yang eksotis serta panorama bawah laut yang memukau. Memang kebanyakan pulau-pulau kecil di Indonesia ditinggali oleh beraneka macam biota laut yang indah. Terumbu karang yang masih subur dan ikan-ikan kecil yang menghiasi perairan dengan eloknya. Anda juga bisa menyaksikan keindahan yang luar biasa tersebut di Pulau Kangean.

Pulau Kangean Sumenep Madura memiliki pasir putih yang indah. Tempat yang masih alami ini ditumbuhi oleh berbagai macam pepohonan yang lebat, sehingga suasana terasa sejuk dan asri. Masyarakat sengaja membangun fasilitas di tempat ini dengan bahan-bahan yang alami agar kelestarian tempat ini tetap terjaga. Misalnya saja jalan atau gubuk-gubuk kecil yang masih dibangun menggunakan kayu.

Kunjungi :  19 Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur Paling Populer

Pulau Kangean Indonesia memiliki luas hampir 500 kilometer persegi atau tepatnya pada angka 485 kilometer persegi. Dengan luas yang sedemikian lebar, Pulau Kangean memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tempat-tempat tersebut terbentuk secara alami berpuluh-puluh tahun silam. Anda bisa menghabiskan banyak waktu liburan Anda untuk tinggal di pulau yang penuh dengan eksotisme ini. Hanya dengan mengeksplor Pulau Kangean saja, Anda sudah akan mendapatkan banyak pengalaman berharga, menarik, dan tidak terlupakan. Selain Pulau Kangean sendiri, ada sekitar 60 an pulau kecil yang turut serta menghiasi keberadaan Pulau Kangean ini.

Keajaiban Pulau Kangean

Pulau Kangean Sumenep Madura
by instagram @windarifadhilah

Ada satu hal yang menjadikan Pulau Kangean ini terkenal ajaib. Namun bagi Anda pecinta petualangan dan pecinta alam, tentu semua hal yang ada di Pulau Kangean ini adalah sebuah keajaiban. Pulau kecil yang menyimpan berjuta pesona keindahan alam yang masih alami dan patut untuk dituju. Berikut ini beberapa hal yang bisa dinikmati di Pulau Kangean.

  • Jembatan Ajaib Pulau Kangean Jawa Timur

Diawali dengan adanya jembatan ajaib di Pulau Kangean Jawa Timur. Ada cerita misteri yang terkandung dari sejarah terbentuknya jembatan Pulau Kangean ini. Suatu hari, ada seorang warga sekitar yang berada di tepi pantai pada tengah malam. Ia melihat kilatan cahaya yang turun ke arah laut, mengeluarkan asap, dan memperdengarkan banyak orang yang beramai-ramai seolah sedang mengadakan acara kerja bakti. Keesokan paginya, Ia menceritakan kejadian tersebut kepada tetangga dekatnya kemudian menengok kembali ke pantai dekat kejadian tersebut. Alangkah terkejutnya mereka, tatkala mendapati bebatuan mirip jembatan berada di perairan. Karena masih setengah belum percaya dengan apa yang mereka berdua lihat, akhirnya mereka bersama warga lainnya berbondong-bondong melihat penampakan yang tidak biasa tersebut. Barulah mereka percaya, bahwa jembatan batu tersebut benar-benar ada. Hingga kini, pulau tersebut mashur dengan sebutan Pulau Kangean jembatan ajaib.

Kejadian munculnya jembatan batu misterius tersebut bersamaan dengan munculnya batu karang di perairan Bangkalan. Batu karang tersebut menyerupai batu tangkis. Diduga batu tersebut merupakan pelindung bagi makam yang ada di tempat tersebut. Ada pula yang mengatakan bahwa semua peristiwa yang terlihat merupakan fenomena alam yang bisa dibuktikan kebenarannya, seperti pergeseran lempengan-lempengan bumi. Namun, hal tersebut masih belum bisa dibuktikan dan membuktikan penelitian lebih lanjut.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Anda Kunjungi
  • Pemandian Celgung

Wisata Pemandian Celgung ini merupakan wisata alam yang terbentuk secara alami. Air yang digunakan untuk mandi merupakan air sumber yang berasal dari dalam tanah dan muncul ke permukaan tanah. Warga sekitar melihat penampakan tersebut dengan air somber. Keunikan dari tempat ini adalah ketika air laut pasang, maka terjadilah pertemuan air laut dengan air tawar di pemandian ini. Namun, pertemuan kedua air tersebut seperti pada perairan di Timur Tengah, bertemu, tetapi tetap tidak menyatu.

  • Pemandian Olbek

Hampir sama seperti wisata Pemandian Celgung. Akan tetapi, Pemandian Olbek ini memiliki tempat yang lebih sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan rindang. Banyak yang mempercayai bahwa air di tempat ini ajaib, yaitu dapat menyembuhkan segala macam penyakit, menambah kesehatan, dan menambah awet muda. Banyak pengunjung yang berbondong-bondong membawa pulang air dari pemandian ini.

  • Pulau Mamburit

Pulau Mamburit merupakan salah satu pulau yang ada di kawasan Pulau Kangean. Pulau ini merupakan sudut yang tepat untuk melihat pemandangan di Pulau Kangean dari jauh. Anda dapat melihat letak Pulau Mmburit ini melalui peta Pulau Kangean Madura. Di tempat ini pula Anda dapat melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan diving karena Pulau Mamburit juga mempunyai keindahan bawah laut. Pulau ini dihuni oleh banyak sekali buah sukun. Tahukah Anda buah sukun? Buah ini berbentuk bulat dan memiliki daging buah yang mirip sekali dengan ubi. Cara menikmati buah ini bisa dengan diiris tipis-tipis kemudian digoreng. Tekstur buah ini lebih lembut, namun mempunyai cita rasa yang hampir sama dengan keripik singkong. Bagi Anda pecinta buah sukun, Anda bisa mencoba bertandang ke Pulau Mamburit ini. Dari Pulau Kangean, Anda dapat menaiki perahu nelayan menuju tempat ini. Mencoba sensasi berteduh di bawah pohon sukun dan memandang birunya air laut.

Kunjungi :  42 Tempat Wisata Terbaik di Lombok yang Paling Dikenal
  • Goa Kuning

Goa ini merupakan goa buatan yang ada di Pulau Kangean. Pada zaman dahulu, goa ini dibuat sebagai tempat persembunyian warga sekitar untuk melindungi diri dari para penjajah Belanda. Walaupun hanya sekedar tempat persembunyian, namun di goa ini terdapat beberapa perabotan rumah tangga seperti almari dan tempat memasak yang seluruhnya terbuat dari batu. Sungguh menakjubkan. Barangkali, warga yang tinggal bersembunyi di tempat ini tidak hanya dalam hitungan hari saja, tetapi dalam waktu yang cukup lama.

Sejarah Pulau Kangean Arjasa Sumenep

Sejarah Pulau Kangean Sumenep Madura
by instagram @gilangsatoto

Sebelum dikenal sebagai tempat wisata seperti sekarang, Pulau Kangean ini dulunya dijadikan pulau pengasingan. Pada zaman kerajaan kuno, Pulau Kangean menjadi tempat pembuangan atau tempat pemberian hukuman bagi orang-orang yang melakukan kesalahan besar. Bila diilustrasikan pada waktu sekarang, kemungkinan Pulau Kangean ini sama dengan Pulau Nusa Kambangan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang digunakan sebagai tempat pemenjaraan napi kelas kakap.

Pulau Kangean pada masa lampau merupakan gugusan pulau kecil yang tidak selalu tampak. Pada saat air laut surut, pulau ini akan nampak, sementara ketika air laut pasang, pulau ini akan tenggelam. Oleh karenanya, pulau ini diberi nama Pulau Kangean. Dalam bahasa Madura disebut Ka-aengan, yang artinya terendam di dalam air. Cerita tersebutlah yang menjadi asal usul Pulau Kangean dan sekitarnya.

Anda harus menyaksikan sendiri keindahan pulau nan memesona ini ya. Namun, jangan sampai terlena dan tidak mengunjungi wisata Madura Sumenep lainnya. Masih ada Pulau Nepa dengan kera-keranya yang jinak, Pantai Lombang yang ditumbuhi pohon cemara udang, dan Pantai Siring Kemuning.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */