Tempat Wisata Keluarga Pikatan Waterpark Temanggung

0

Pikatan Waterpark Temanggung – Sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Tengah terdiri dari bukit dan pegunungan. Salah satu daerah yang memiliki kontur tersebut adalah Kabupaten Temanggung. Keberadaannya yang berada di dataran tinggi membuat kabupaten ini berhawa dingin dan sejuk. Temanggung mempunyai banyak koleksi tempat wisata bertemakan alam pegunungan seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Kledung Pass. Jangan sampai Anda melewatkan salah satunya ya, karena ketiga lokasi tersebut merupakan satu paket wisata dengan lokasi yang berdekatan. Bagi Anda pecinta pendakian, Anda dapat mencoba sensasi mendaki kedua gunung kembar tersebut. Sayang sekali jika Anda sudah tiba di Temanggung dan hanya melihat keindahan pesona alamnya melalui internet. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui medan gunung dalam jarak dekat, Anda bisa terlebih dahulu mengunjungi Kledung Pass. Gardu pandang dengan jarak yang amat dekat, sehingga dapat terlihat

Tempat wisata di Temanggung tersebut cocok bagi Anda yang gemar berwisata alam atau pecinta alam. Meluangkan waktu sejenak untuk sekedar bercengkerama dengan alam dan mengenal lebih jauh alam sekitar sangat bermanfaat untuk Anda yang tinggal di perkotaan dan membutuhkan udara segar. Sentuhan angin perbukitan yang menyapu lembut di kulit akan membuat rileks badan yang terasa lelah.

Sejarah, Alamat dan Harga Tiket Masuk Pikatan Waterpark Temanggung

Pesona Gunung Mulai Dari Pucuk Hingga Lereng
Instagram by @ryanaryanto97

Selain gunung, Temanggung juga mempunyai wisata air yang terkenal yaitu Pikatan Waterpark. Tempat wisata ini merupakan waterpark modern yang tetap mengusung tema alam. Dinginnya air pegunungan ditemani semilir angin serta pemandangan hijau dari pohon-pohon kelapa yang tinggi menjulang adalah hal yang ditawarkan wisata ini. Tahukah Anda? Lokasi Pikatan Waterpark Temanggung ini menyimpan cerita sejarah. Mungkin bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Temanggung, masih asinh dengan waterpark ini, namun sedikit terngiang di pikiran tentang nama Pikatan sebagai mark tempat wisata air tersebut.

Kunjungi :  Lokasi dan Sejarah Candi Kalasan yang Ramai Wisatawan

Sejarah Pikatan Waterpark Temanggung

Sejarah Pikatan Waterpark Temanggung
Instagram by @fanndyfand

Taman air ini sebenarnya sudah berdiri sejak zaman kerajaan Mataram Kuno. Tempat tersebut digunakan oleh salah seorang pemimpinnya yang bernama Rakai Pikatan. Nah, nama Pikatan tersebut diambil dari nama belakang pemimpin kerajaan. Tentu sudah tidak asing lagi bukan, nama Rakai Pikatan ini? Mungkin Anda pernah membaca kisah perjalanannya melalui mata pelajaran Sejarah ketika berada di Sekolah Dasar. Dikisahkan Pangeran tersebut sering mandi di kolam atau disebut jembangan pada waktu dahulu. Selain pangeran, para abdi dan masyarakat sekitar pun sering memanfaatkannya untuk mandi dan memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Seiring perkembangan waktu, jembangan tersebut perlahan-lahan dibangun menjadi sebuah kolam renang. Kolam tersebut pada awalnya hanyalah sebuah kolam renang standar yang digunakan sebagai tempat latihan atlet olahraga renang. Tahun demi tahun, pengelola dalam hal ini pemerintah daerah mulai menggarap dan melengkapi tempat tersebut dengan aneka bentuk kolam dan fasilitas sehingga menjadi satu wadah objek wisata seperti yang bisa Anda lihat sekarang-sekarang ini. Untuk mengobati rasa penasaran, Anda dapat melihat dan mengunduh gambar Waterpark Pikatan yang sudah tersebar luas di internet. Untuk saat ini, Anda sudah bisa merasakan berbagai wahana yang disediakan. Walau belum semegah waterpark lainnya yang lebih terkenal, namun keberadaan Pikatan Waterpark ini adalah bentuk promosi yang cerdas pemerintah Temanggung, mengingat belum banyak taman air yang ada di daerah karesidenan ini.

Alamat Pikatan Waterpark Temanggung


Lokasi Waterpark Temanggung ini berada di Jl. Raya Pikatan, RT/RW 005/005, Desa Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Tempat wisata ini mudah dicapai sebab, berada di wilayah perkotaan dengan petunjuk jalan yang memadai serta transportasi umum yang mudah dicari atau dengan langkah yang lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan teknologi GPS. Alamat Pikatan Waterpark sudah terekam dengan jelas di google maps. Dari pusat kota, tempat peninggalan Rakai Pikatan ini hanya berjarak 2.5 kilometer ke arah selatan. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan panorama persawahan dan Pohon Mahoni yang tumbuh subur di tepi-tepi jalan. Benar-benar pemandangan khas dataran tinggi dengan totalitas keasriannya.

Kunjungi :  6 Tempat Wisata Alam di Bogor untuk Sekeluarga

Harga Tiket Masuk Pikatan Waterpark Temanggung

Harga Tiket Masuk Pikatan Waterpark Temanggung
Instagram by @baylaf_

Setelah Anda menempuh perjalanan panjang dari tempat Anda, Anda akan disambut oleh gerbang Pikatan Waterpark. Selanjutnya, Anda dapat memarkir kendaraan di tempat yang disediakan, bila Anda mengendarai kendaraan pribadi. Bagi tempat wisata yang tergolong lengkap, harga tiket yang dikenakan cukup murah dan terjangkau. Pikatan Waterpark buka setiap hari dengan biaya retribusi sebesar Rp. 7.500 pada hari biasa dan Rp. 10.000 pada hari libur atau musim liburan. Tiket Pikatan Waterpark Temanggung tersebut dapat berubah-ubah baik dengan pemberitahuan maupun tanpa pemberitahuan, menyesuaikan kondisi yang ada.

  • Wahana Pikatan Waterpark

Setelah membayar HTM Pikatan Waterpark, Anda dapat dengan sesuka hati menikmati wahana yang disediakan, beberapa wahana yang bisa Anda nikmati diantaranya:

  • Kolam Air

Pikatan Waterpark menyediakan kolam dengan dua ukuran kedalaman. Kolam dangkal dan kolam yang mencapai kedalaman setara orang dewasa. Kolam dangkal diperuntukkan anak-anak. Anda bisa menyewa ban pelampung sebagai pengaman. Bagi Anda yang datang sendiri, bisa berenang di kolam dewasa.

  • Water Slide

Pikatan Waterpark menyediakan slider dengan berbagai bentuk dan warna yang memang sesuai untuk area bermain anak-anak. Jika tidak ingin jauh-jauh pergi ke pantai, Anda yang berada di wilayah Temanggung dan sekitarnya dapat memilih untuk bermain air di waterpark ini. Berputar-putar pada arena slider dengan beriringan bersama teman-teman Anda dapat mengurangi rasa stres.

  • Ember Tumpah

Ember berukuran raksasa yang terus menerus teraliri air, dan pada waktu ember akan terisi penuh, biasanya akan ada bunyi-bunyian seperti lonceng yang mengundang para pengunjung untuk mendekat. Saat air benar-benar penuh, ember akan memuntahkan isinya tepat di atas papan kayu, sehingga air akan memancar ke segala arah. Moment inilah yang biasanya ditunggu oleh para pengunjung, untuk berlarian mendekat, sekedar untuk menikmati guyuran air dari atas papan.

  • Bola Raksasa
Kunjungi :  9 Tempat Makan Enak Murah di Surabaya yang Romantis

Anda yang gemar melakukan kegiatan yang menantang, bisa mencoba wahana ini. Berada dalam bola berukuran besar dan melampung di atas air akan menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang belum pernah mencoba. Tidak perlu khawatir akan keamanan, karena biasanya bola-bola tersebut, diberi tali yang terhuhung ke sebuah tiang. Jadi, ketika Anda selesai bermain, Anda akan ditarik kembali dan keluar dengan membuka resleting bola.

Alamat Pikatan Waterpark Temanggung
Instagram by @bpro5.actioncam

Di samping wahana air di atas, ada satu lagi kolam air tawar yang disediakan untuk budi daya ikan. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan wahana non air seperti flying fox dan panggung hiburan, serta fasilitas lengkap lainnya seperti kamar mandi, tempat ibadah, rumah makan dengan aneka hidangan ikan serta area terbuka yang pas untuk dijadikan tempat outbond. Yang paling penting, fasilitas utama yang disediakan adalah parking area yang cukup luas. Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.

Mari ramaikan tempat wisata daerah dengan mengunjungi dan mempromosikannya melalui media online. Sebab, kekayaan wisata alam juga merupakan kebanggaan dan nama baik bagi kita bangsa Indonesia. Selamat menjemput hari libur!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */