Pantai Wohkudu Gunung Kidul Lain daripada yang Lain

0

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Wisata Alam Pantai Wohkudu
Instagram [email protected]_n.t

Pantai Wohkudu Gunung Kidul – Berkunjung pantai-pantai di Gunung Kidul sepertinya tidak selesai jika dalam kurun waktu satu atau dua hari saja. Ada banyak pantai yang berderet sepanjang kabupaten ini. Membicarakan tentang pantai, tentu tidak asing dengan nama Pantai Baron, Pantai Parangtritis dan lain-lain, karena memang pantai tersebut sudah tersohor di kalangan wisatawan baik lokal maupun asing. Namun jika Anda ingin menulusuri lebih jauh tentang pantai di daerah Gunung Kidu tentunya masih banyak pantai yang masih perawan, atau bisa dikatakan jarang terjamah oleh manusia. Ya, salah satunya adalah Pantai Wohkudu.

Pantai Wohkudu adalah salah satu asset kekayaan potensi wisata pantai Gunung Kidul yang tersembunyi, sebab lokasi Pantai Wohkudu Wonosari ini terletak di celah-ccelah tebing yang menjadikan pantai ini masih perawan atau belum banyak wisatawan berdatangan menjamah keindahannya. Namun dengan adanya tekhnologi canggih saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna media sosial ketika meihat keindahan serta eksotisnya pantai ini menjadi daya tarik untuk mengunjungi Pantai Wohkudu.

Pantai Wohkudu
Instagram by @indoflashlight

Namun dengan sepinya pengunjung inilah mungkin bagi penikmat alam menggugah seleranya untuk mendatangi pantai ini. Sebab para penikmat alam cenderung lebih menyukai tempat-tempat yang belum banyak terjamah manusia, sebab terdapat kesunyian dan ketentraman tersendiri bagi mereka. Begitupun dengan Anda, jika sedang penat akan pekerjaan atau membutuhkan tempat yang indah dan sunyi, datang dan dirikanlah tenda di camping ground untuk bermalam.

Lokasi Pantai Wohkudu Wonosari ini sebetulnya dekat dengan Pantai Kesirat (Gesirat) yang sudah ramai di kunjungi, hanya berjarak kurang dari satu kilometer. Hanya saja lokasi Pantai Wohkudu cukup tersembunyi dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Informasi mengenai petunjuk arah pun belum tersedia sehingga pengunjung Pantai Wohkudu harus bertanya kepada penduduk sekitar. Akibatnya banyak pengunjung yang tidak mengetahui keberadaan Pantai Wohkudu saat berwisata ke Pantai Kesirat yang berada didekatnya.

Perjalanan menuju Pantai Wohkudu melewati jalan setapak tidak semudah yang dibayangkan. Setelah memarkirkan sepeda motor disebuah gubug tanpa penjagaan, pengunjung Pantai Wohkudu harus menyusuri jalan setapak melewati ladang pertanian warga. Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui penuh dengan tanaman liar yang lebat sehingga harus teliti dalam memilih jalan. Bunyi deburan ombak semakin terdengar keras dan angin membawa uap air laut. Jalan setapak yang dilalui mengarah ke dasar tebing atau area tanah lapang yang banyak ditumbuhi tanaman semak. Perlahan-lahan jalan setapak berganti dengan pasir pantai yang berwarna putih. Setelah melewati perjalanan yang lumayan sulit lalu sampailah pengunjung di kawasan Pantai Wohkudu.

Kunjungi :  Taman Kyai Langgeng, Wisata Keluarga Populer di Magelang

Menikmati Keindahan Dan Kesunyian Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu Jogja
Instagram by @hamzah.rory

Pantai Wohkudu diapit oleh tebing karang yang cukup tinggi dan tidak ada jalan naik untuk ke atas tebing. Terlihat masing-masing puncak tebing dipenuhi tanaman khas tepi pantai yang tumbuh cukup lebat dan tidak memberikan celah. Bila beruntung, pengunjung dapat melihat dan mendengar bunyi burung liar yang hidup disekitar kawasan pantai tersebut. Suara alam deburan ombak serta burung-burung berterbangan bebas seakan membuat hari Anda sempurna jika berada di sini.

Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Pantai Wohkudu yang masih tampak alami ini. Bila kondisi pantai sedang surut, terlihat dasar laut yang berupa karang memanjang lebih dari 50 meter ke arah laut dalam. Diantara celah-celah karang tersebut kadang terlihat beberapa ikan kecil yang tersangkut. Beberapa hewan laut lain seperti bubu babi, bintang laut, dan ubur-ubur kadang ditemukan pada lubang karang.

Menjelang waktu sore hari tiba, kawasan Pantai Wohkudu terasa mulai gelap sebagian karena cahaya matahari terhalang oleh tebing di sebelah barat. Waktu paling tepat untuk menikmati keindahan alam Pantai Wohkudu yaitu pada saat menjelang siang hari dan kondisi pantai sedang surut. Namun jika Anda ingin menikmati kesunyian malam dan asyiknya camping, bisa mendirikan tenda di bibir pantai. Mengingat tidak ada fasilitas apapun, jadi Anda harus mempersiapkan perlengkapan camping Anda secara masak-masak dari rumah.

Baru-baru ini memang sudah sedikit ramai yang mendirikan tenda di Pantai Wohkudu, ramainya pengguna instagram memungkinkan menjadi daya tarik para pengguna media sosial untuk mencoba mendatani lokasi ini. Namun, ketika kita mengunjungi wisata manapun, terlebih Pantai Wohkudu ini, setelah berkemah tentu harus memerhatikan sampah yang Anda bawa. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan ambil apapun kecuali foto, itulah pedoman yang harus dipegang para wanadri.

Kunjungi :  Wisata Cantik Bukit Bintang Jogja Wonosari Malam Hari

Rute Menuju Pantai Wohkudu

Alamat Pantai Wohkudu sendri adalah terdapat di Dusun Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letak pantai Wohkudu juga bersebelahan dengan Pantai Kesirat, tepatnya di sisi timur. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, belum ada kendaraan umum, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi.
Rute Pantai Wohkudu Gunung Kidul jika ditempuh dari Yogyakarta adalah melalui Jalan Wonosari atau Jalan Imogiri. Apabila Anda memilih lewat jalan Imogiri, kemungkinan tibanya akan lebih cepat karena jalan tidak seramai jalur Wonosari. Arah Pantai Wohkudu Girikarto Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta jika melalui jalur alternatif adalah sebagai berikut.

Dari Kota Jogja menuju Jalan Imogiri Timur hingga pertigaan Pasar Imogiri kemudian ambil kanan ke arah Selopamioro, kemudian saat menemukan pertigaan ambil kiri. Saat dipertigaan Sungai Oyo tetap lurus ke arah Selopamioro dengan kondisi jalan yang menanjak dan berkelok sehingga harus sangat hati-hati. Setelah sampai di atas bukit, ikuti saja jalan yang ada hingga menemukan papan petunjuk pantai Gesing. Ikuti terus petunjuk tersebut, namun saat bertemu gang Pantai Gesing, lewati saja dan terus ke arah Pantai Kesirat.

Arah Pantai Wohkudu jika melewati Jalan Parangtritis ini terus saja mengikuti Jalur Lintas Selatan. Kemudian di kanan jalan akan ada SD Legundi 1, di perempatan belok ke kanan. Terus ikuti jalan utama hingga tiba di pertigaan yang ada masjidnya dan belok kanan hingga parkiran. Setelah melewati Gang menuju Pantai Kesirat, Anda akan melihat jalan yang terbuat dari cor-coran semen hingga tiba di parkiran. Lokasi Pantai Wohkudu Wonosari tidak tepat di depan parkiran. Anda masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit di jalan setapak yang menurun dan terkadang tertutup semak belukar. Sekali lagi Anda harus berhati-hati, karena terkadang tersembunyi batu karang di balik rerumputan itu. Namun sejak dimulai perjalanan menyusuri jalan setapak tersebut, pemandangan yang dihadirkan sudah sangat menakjubkan.

Kunjungi :  Suasana Hotel Kledung Pass Temanggung yang Asri

Perjalanan menuju pantai tersebut tidak semudah yang diperkirakan, karena terkadang terdapat beberapa persimpangan yang membuat bingung. Apabila Anda telah melalui rerimbunan pohon jati dan area semak belukar, Anda akan tiba di atas tebing. Pemandangan yang terlihat dari atas sana adalah vestigasi khas tepi laut seperti ilalang dan pandan laut. Setelah menyusuri jalan setapak tersebut rute menuju Pantai Wohkudu Yogyakarta pun berakhir.

Jika Anda masih tetap bingung, gunakanlah aplikasi google maps menuju desanya saja, setelah mencapai Desa Girikarto bertanyalah pada penduduk setempat dengan ramah, nantinya akan di berikan petunjuk untuk datang ke lokasi Pantai Wohkudu yang indah ini. Nah, mungkin seperti itulah sedikit informasi mengenai rute menuju Pantai Wohkudu. Bagi Anda yang sedang ingin menikmati ketenangan sembari menikmati alam pantai, datanglah ke pantai ini bersama teman, sahabat, maupun kekasih Anda.

Selain wisata pantai, Wisata Gunung Kidul Wonosari juga banyak terdapat spot foto bagus lainnya. Salah satunya adalah Puncak Kosakora yang terdapat pemandangan indah pantainya. Namun jangan lupa juga mengunjungi Bukit Bintang untuk sekedar menikmati romantisnya malam jika bersama pasangan. Melihat kemerlap kemerlip lampu dan dinginnya malam khas Yogya dapat Anda nikmati di sini. Selain itu, Air Terjun Sri Gethuk mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menikmati panorama alam dan berenang di segarnya sungai Oya. Letak wisata tersebut juga tidak jauh dari Pantai Wohkudu, jadi agendakan jadwal destinasi perjalanan Anda ketika berada di Gunung Kidul.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */