Surganya Wisata Indonesia

Aktivitas Menarik Berwisata ke Pantai Wediombo Gunung Kidul

0
Aktivitas Menarik Berwisata ke Pantai Wediombo Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Rute Dan Tiket Masuk Kolam Pantai Wediombo Dan Sekitarnya

Pesona Pantai Wediombo
Instagram by @go.wediombo

Pantai Wediombo Gunung Kidul – Berbicara tentang wisata pantai yang tedapat di Gunung Kidul memang tiada habisnya, deretan pantai membentang di daerah ini pun beragam unik serta asyikya. Spot keindahan pantai tentunya belum lengkap jika tanpa menikmati sunset maupun sunrise. Selain itu tentu tidak ketinggalan pengunjung merasakan segarnya air laut maupun menyelami keindahan bawah laut. Jika Anda berada di Gunung Kidul, akan sangat menyesal jika tidak mengunjungi pantai terlengkap dan indah di Gunung Kidul. Ya, itulah Pantai Wediombo.

Bisa dikatakan pantai terlengkap, karena di pantai ini selain pengunjung bisa menikmati keindahan panorama pantai, juga bisa snorkeling di tepi pantai maupun agak di tengah laut. Menikmati keindahan ribuan terumbu karang, melihat bermacam spesies ikan pun bisa pengunjung rasakan ketika mengunjungi Pantai Wediombo Jogja. Tentunya tidak hanya itu saja, bagi Anda seorang surfer, tidaklah harus pergi jauh-jauh ke pulau bali, karena Pantai Wediombo sejak tahun 2014 pun sudah dijadikan spot selancar atau surfing. Begitu lengkap bukan? Tentu saja iya, sebab memang pantai ini berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul.

Sunset di Pantai Wediombo
Instagram by @go.wediombo

Letak Pantai Wediombo Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta berada di daerah yang strategis, karena di berada di antara tebing dan bukit di belakangnya. Dengan letaknya yang demikian maka banyak keindahan yang akan Anda dapatkan ketika Anda mampir ke Pantai Wediombo ini. Pepohonan yang masih terjaga dan kapal-kapal nelayan yang ada di pinggir pantai akan menambah syahdu suasana pantai. Namun, jangan heran, Pantai Wediombo ini bisa dikatakan menjadi dua bagian, yaitu bagian berpasir, dan bagian berbatu. Nah, di kedua bagian inilah pengunjung bisa menikmati masing-masing keindahannya.

Ombak di Pantai Wediombo memang cukup besar, mungkin jika Anda membawa anak-anak disarankan jangan diajak berenang di bagian yang berpasir, karena daerah itu memang menjadi spot para surfer untuk berselancar menaklukan ombak. Tetapi jangan khawatir, terdapat alternatif untuk berenang yang nyaman dan aman tentunya bagi pengunjung yang membawa anak. Yaitu pada bagian berbatu, terdapat kolam alami di pinggiran tepi pantai dengan airnya yang tenang dan jernih. Kolam alami ini sering dijadikan andalan bagi pengunjung yang ingin meluapkan hasrat berenang atau bermain air di Pantai Wediombo.

Kunjungi :  Asyiknya Bermain di Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wediombo

Lokasi Pantai Wediombo Wonosari ini memang terletak tidak jauh dari pantai-pantai yang lain seperti Pantai Sadranan, Pantai Baron dan lain-lain. Karena memang letaknya juga masih satu wilayah deretan pantai Gunung Kidul. Alamat Pantai Wediombo sendiri berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 73 Km dari pusat Kota Yogyakarta dan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun jika dari pusat Kota Wonosari sendiri hanya memakan waktu 1 jam dengan jarak tempuh 35 Km.

Mengenai nama Pantai Wediombo sendiri yaitu berasal dari bahasa jawa yakni “Wedi” atau “Wedhi” artinya pasir dan “ombo” itu berarti luas.  Bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu pasir yang luas. Namun jangan berfikiran pasir disini seluas pasir Pantai Indrayanti, pasir di pantai ini bisa dikatakan lebih sempit. Namun hamparan pasir luas di Pantai Wediombo dibatasi oleh dua bukit karang besar di kedua sisinya. Hal inilah yang menjadi salah satu keunikan di Pantai Wediombo. Kedua karang raksasa ini menjadikan Pantai Wediombo seolah-olah berada di sebuah teluk yang permai.

Rute menuju lokasi Pantai Wediombo juga terbilang mudah, pasalnya sama seperti mengunjungi pantai-pantai yang lain. Jalan menuju lokasinya pun beraspal halus, perlu diketahui bahwa untuk menuju lokasi pantai ini bisa juga menggunakan transportasi umum. Namun, jika Anda berkenan berkunjung bawalah kendaraan pribadi dengan catatan tetap berhati-hati dalam berkendara, karena akses jalan yang berliku-liku menanjak dan menurun mungkin sedikit jadi perhatian.

Pantai Wediombo
Instagram by @go.wediombo

Bagi Anda yang berangkat dari Solo jangan khawatir, Rute pantai Wediombo dari Solo sangatlah mudah. Anda dari pusat kota Solo silahkan menuju jalan Solo-Jogja. Setelah itu, lurus saja sampai Anda menemui candi prambanan, di perempatan belok kiri sampai perempatan lampu merah selanjutnya. Sesampainya di perempatan selanjutnya, silahkan belok ke kiri dan Anda telah sampai ke jalan Wonosari. Lurus saja sampai ke kota Wonosari dan ikuti petunjuk jalan menuju ke pantai-pantai Gunung Kidul.

Atau jika Anda menggunakan transportasi umum,  dari kota asal Anda carilah bus tujuan Yogyakarta. Sesampainya di Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta Anda berganti bus jurusan Yogya-Wonosari. Sesampainya di Wonosari Anda berganti bus kembali dan menuju jurusan Wonosari-Jepitu. Lalu mintalah pada kernet sopirnya untuk berhenti di pertigaan Jepitu. Setelah itu naiklah ojek ke tempat Pantai Wediombo. Cukup mudah bukan? Jika sudah tahu alamat dan lokasinya, berkunjunglah ke Pantai Wediombo bersama keluarga ataupun sahabat-sahabat Anda.

Kunjungi :  Kunjungi 29 Tempat Wisata di Medan yang Romantis

Sesampainya di Pantai Wediombo, pengunjung hanya dikenai biaya Rp.5000 per orangnya untuk tiket masuk Pantai Wedi Ombo dan sekitarnya. Dengan membayar murah dan tentunya tidak menyiksa kantong, pengunjung sudah bisa merasakan asyik dan segarnya angin sepoi-sepoi pantai dan keindahan yang tiada tara. Mengingat Pantai Wediombo ini adalah pantai terlengkap di Gunung Kidul, terdapat aktivitas yang bisa pengunjung lakukan ketika berada di pantai ini.

Aktivitas Menikmati Pantai Wediombo

Keindahan Pantai Wediombo
Instagram by @go.wediombo
  • Berenang di Kolam Renang Alami

Kolam renang alami Pantai Wediombo memang terdapat di daerah bebatuan ujung Pantai Wediombo. Kolam alami terdapat pada bagian celah-celah batu karang yang membentuk kolam dan sangat bisa bagi pengunjung untuk berenang di sini.

  • Snorkeling di Pantai Wediombo

Bagi Anda seorang penikmat keindahan bawah laut, patut Anda coba untuk snorkeling di pantai ini. Terdapat dua bagian tempat pengunjung untuk snorkeling, yaitu pada bagian permukaan pantai, dan kedua bagian agak menengah. Nah, untuk harga ber snorkeling pada bagian pantai pengunjung hanya membayar Rp.30.000 saja per orangnya. Namun yang ingin mencoba bagian agak menengah ke laut, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.80.000 per orang. Karena untuk sampai di bagian ini pemandu menyediakan kapal.

  • Berselancar di Pantai Wediombo

Tentunya bagi Anda seorang surfer akan sangat menyesal jika tidak mencoba untuk surfing di pantai ini. Sebab di sini juga terdapat pelatihan surfing. Atau bagi Anda ingin mencobanya, Anda perlu membayar sebesar Rp.100.000 per orangnya, itupun Anda nantinya akan diajari cara surfing yang baik dan benar oleh pemandu.

  • Camping ceria di Pantai Wediombo

Nah, bagi Anda penikmat sunset tentunya tidak boleh terlewatkan jika mengunjungi pantai ini. Tentunya dengan camping di pantai ini akan membuat momen yang tidak terlupakan. Tenang saja, bagi yang ingin berkemah mendirikan tenda di Pantai Wediombo diizinkan oleh pengelola setempat. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang tidak mempunyai tenda, Anda bisa menyewa di area pantai ini dengan biaya Rp.35.000 per malam.

Kunjungi :  Sejarah, Alamat dan Akses Menuju Kawah Wurung Bondowoso

Namun salah satu kekurangan di pantai ini adalah letak hotel untuk bermalam terlalu jauh dari lokasi pantai ini jika Anda tidak ingin merasakan asyiknya camping di tepi pantai. Namun jangan khawatir, jika Anda ingin berlama-lama di Pantai Wediombo, terdapat Pondok Lembah Bukit Pantai Wediombo untuk dijadikan alternatif penginapan Anda. Untuk Anda yang lapar, jangan khawatir, terdapat warung-warung  untuk Anda memesan makanan atau minuman sembari bersantai di pantai.

Wisata alam Gunung Kidul memang begitu banyaknya jika harus dibahas, apalagi keindahan pantai-pantainya yang berjejer. Tentu membuat wisatawan maupun penggiat alam bebas sangat menyukai ketika berkunjung di daerah Gunung Kidul ini. Terlebih jika berkunjung ke Pantai Wediombo, pantai yang lengkap dengan fasilitasnya. Berenang, surfing, hingga menyelami keindahan kedalaman laut pun dapat pengunjung lakukan di sini.

Selain Pantai Wediombo, terdapat pantai-pantai menarik lainnya untuk dikunjungi. Seperti Pantai Slili, Pantai Wohkudu, Pantai Siung dan Pantai Kosakara yang masing-masing mempunyai karakteristik dan keunikan berbeda-beda. Jadi tunggu apalagi, ajaklah keluarga Anda maupun sahabat Anda untuk berkunjung ke Pantai Wediombo dan rasakan sensasi perjalanan Anda. Salam lestari!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */