Surganya Wisata Indonesia

Lokasi, Sejarah dan Jalan Menuju Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

0
Lokasi, Sejarah dan Jalan Menuju Pantai Watu Ulo Ambulu Jember
Nilai Artikel Ini

Pantai Watu Ulo Jember – Ketika sebelumnya Anda pergi ke Pantai Papuma dengan batu-batu misteriusnya, kini saatnya Anda menjelajah wisata Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur. Pantai Watu Ulo dan papuma Jember tersebut memiliki kisah yang berkelanjutan. Batu-batuan yang ada di pantai pasir putih malikan diceritakan merupakan bagian yang hilang dari Pantai Watu Ulo ini. Hal ini disebabkan lokasi pantai-pantai tersebut yang berdekatan. Sehingga memungkinkan sekali cerita-cerita tersebut benar adanya.

Memang Provinsi Jawa Timur memang terkenal dengan tempatnya yang dipenuhi hal-hal mistis, selain itu, kemampuan orang-orangnya yang konon menguasai ilmu gaib menambah kesan menyeramkan. Salah satu kabupaten yang dimiliki provinsi ini, yang mana terdapat tempat pariwisata yang kaya akan legenda dan cerita-cerita mistis adalah kabupaten Jember. Pantai-pantai selatan di wilayah ini mempunyai sederet kisah yang berhubungan dengan masa lampau. Meskipun terkenal dengan tempat wisata angkernya, banyak obyek wisata Jember yang tetap wajib Anda kunjungi seperti Teluk Love Jember dengan keindahan pantainya yang menyerupai bentuk hati, serta berjumpa dengan aneka satwa dan tumbuhan di Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Watu Ulo Jember
by instagram @art_of_rangga

Pantai Watu Ulo ambulu Jember merupakan pantai dengan pasir pantai berwarna putih namun lebih condong ke warna putih kecoklatan. Tempat yang mencolok di tempat ini adalah keberadaan gundukan batu besar memanjang seperti jembatan yang menjorok ke laut. Ada yang mengatakan bahwa batu ini jika dilihat sekilas mirip seperti ular yang bersisik. Sebenarnya kesan sisik tersebut adalah karena batu yang memanjang terbentuk dari batu-batu kecil yang yang menyusun batu tersebut. Lebih-lebih karena permukaan batunya yang terdapat garis-garis, sehingga memperkuat kesan adanya sisik pada batu.

Batu memanjang itulah yang mendasari penamaan pantai ini dengan nama Pantai Watu Ulo. Watu dalam bahasa jawa memiliki arti batu, sedangkan ulo berarti ular, jika digabungkan, arti Watu Ulo adalah batu ular. Ada beberapa versi cerita legenda Pantai Watu Ulo. Sama saja. Cerita-cerita tersebut mengarah pada terbentuknya batu memanjang mirip ular yang ada di Pantai Watu Ulo di Jember. Ingin tahu bentuk ular raksasa tersebut? Anda bisa melihat foto Pantai Watu Ulo Jember berikut.

Kunjungi :  Explore 31 Tempat Wisata Terbaik di Cilacap Jawa Tengah

Lokasi Pantai Watu Ulo

Lokasi Pantai Watu Ulo berada di Desa Ambulu, Kecamatan Sumber Rejo, Kabupaten Jember Jawa Timur. Pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada hari libur. Pesona ular rakasa di tepi pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kebanyakan dari mereka mencoba sensasi berjalan naik di atas batu coklat tersebut. Anda bisa mengambil banyak foto di tempat ini. Pemandangan menakjubkan dari pantai atu ulo bisa terlihat dari sudut ini.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan selama di pantai ini selain berada di atas batu ular adalah mengunjungi tempat wisata lain di lokasi Watu Ulo. Ada dua goa yang terkenal di tempat ini, yaitu goa jepang dan goa kelelawar. Goa jepang merupakan goa peninggalan zaman penjajahan jepang. Tempat ini kemungkinan besar adalah goa tempat para prajurit jepang bersembunyi selama masa peperangan. Goa ini masih terlihat utuh dengan bangunan beton di tempat masuknya.

Satu lagi tempat wisata yang menarik adalah goa kelelawar. Dinamakan goa kelelawar karena terdapat banyak sekali hewan pengerat jenis nocturnal ini. Anda akan melihat kelelawar bergelayutan di atap-atap goa. Jangan sesekali mengusik mereka ya, Anda bisa terkena serbuan kelelawar yang terbang kesana kemari.

Selepas lelah dari berjalan mengelilingi pantai, Anda bisa beristirahat di warung makan yang berada di tepi pantai. Sajian khas Pantai Watu Ulo adalah es degan. Es degan ini dalam bahasa umum adalah es air kelapa muda. Penyajiannya masih alami dengan menaruhnya di kelapa hijau. Hal ini membuat kesegaran air kelapa tetap terjaga dan menjadi kesan tersendiri tentunya.

Sejarah Pantai Watu Ulo Jember Jatim

Sejarah Pantai Watu Ulo Jember
by instagram @mercyviy

Ada beberapa kisah yang melegenda di masyarakat desa ambulu ini. Kisah-kisah tersebut banyak dipercaya kebenarannya. Di bawah ini uraian singkat tentang kisah terbentuknya batu panjang tersebut yang dicap menjadi asal usul Pantai Watu Ulo ambulu.

Kunjungi :  Pantai Wohkudu Gunung Kidul Lain daripada yang Lain
  • Ular Nogo Rojo

Pada zaman dahulu, konon pantai yang indah ini dikuasai oleh seekor ular yang sangat besar. Ular tersebut oleh masyarakat sekitar dijuluki nogo rojo atau rojo nogo, dalam bahasa indonesia, rojo nogo berarti raja naga. Disebut naga karena ukuran tubuhnya yang besar. Suatu saat, nogo rojo tersebut bertempur dengan warga sekitar ambulu karena berebut kekuasaan. Pada akhir pertempuran, ular berhasil dikalahkan dengan memotong naga tersebut menjadi tiga bagian. Bagan kepala terlempar hingga ke daerah kabupaten banyuwangi, sedangkan yang tersisa di pantai ini adalah bagian badan ular dan ekor ular.

  • Legenda Ajisoko

Ajisoko atau populer dieja dalam bahasa indonesia sebagai ajisaka adalah seorang yang sakti mandraguna. Ia menyebarkan ilmu agama dan ilmu kanuragan kepada masyarakat sekitar Jawa Timur, terutama daerah Jember ini. Ajisaka mengisyaratkan bahwa ilmu yang diajarkannya tidak boleh disebarkan selain melalui ijinnya. Tanpa diketahui, ilmunya didengar oleh seekor ayam betina. Akibatnya, ayam tersebut turut terkena mantra yang sedang diajarkan ajisaka kepada murid-muridnya.

Tak lama setelah itu, ayam betina tersebut tiba-tiba bertelur. Telur yang ditetaskan tidak seperti telur pada umumnya, namun berbentuk lebih besar. Keanehan tidak hanya usai di sini. Setelah dierami dan menetas, hewan yang keluar dari cangkang ternyata bukan ayam melainkan seekor naga. Naga tersebut dapat berbicara, dan yang pertama kali dia cari adalah ayahnya. Naga tersebut berbicara terus layaknya anak kecil, kesana kemari mencari keberadaan sang ayah.

Oleh masyarakat sekitar, naga tersebut diarahkan untuk menemui ajisaka, seseorang yang sakti yang mengetahui tentang asal usul naga tersebut. Berangkatlah ia menemui ajisaka. Ajisaka sama sekali tidak terkejut melihat kedatangan ular naga. Ajisaka menyambut baik kedatangannya dan mengakui naga tersebut sebagai anaknya.

Kunjungi :  Kunjungi Destinasi Tempat Wisata Populer di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Meski demikian, ajisaka tidak mengizinkan naga tinggal bersamanya dalam satu rumah. Ajisaka memerintah anak naga untuk melakukan pertapaan di laut selatan. Sang naga menyanggupi demi rasa hormatnya kepada sang ayah. Ia mulai bertapa. Ular naga bertapa selama beratus-ratus tahun. Kadangkala ketika ia merasa lapar, ia akan memakan apapun yang ada di sekelilingnya. Tak urung karena memang ia seekor naga, ukuran tubuhnya berkembang pesat hingga membesar dan memanjang ke berkilo-kilo meter. Ada legenda yang mengatakan bahwa panjangnya ini sampai di seberang provinsi.

Karena lamanya bertapa tersebut, ular naga sudah tidak berwujud lagi seperti ular karena tubuhnya yang dipenuhi lumut dan membatu. Akhirnya, warga yang tidak mengetahui bahwa benda panjang yang berwarna coklat seperti kayu adalah ular, memotong-motong ular tersebut untuk dijadikan kayu bakar. Ketika dipotong, ular yang dikira kayu tersebut mengeluarkan getah merah seperti darah. Tidak peduli dengan hal tersebut, warga tetap saja memotong-motongnya, hingga bagian ular yang tersisa adalah yang bisa terlihat di tepi Pantai Watu Ulo.

Cerita-cerita tersebut masih menjadi misteri Pantai Watu Ulo. Bisa dipercaya bisa juga tidak ya, karena kisah atau legenda juga merupakan kekayaan budaya di Indonesia.

Jalan Menuju Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember
by instagram @giopramanda

Letak Pantai Watu Ulo berada di 40 kilometer dari pusat kota Jember. Jalan yang harus dilalui untuk menuju pantai ini sangatlah mudah, karena selain sudah beraspal dan sudah banyak lalu lalang pengunjung yang datang, banyak petunjuk jalan yang bisa ditemui untuk mengantar Anda sampai ke tujuan. Anda yang datang dari arah timur, kabupaten Jember bisa dicapai dengan melewati kabupaten banyuwangi. Sedangkan Anda yang berasal dari jawa barat maupun jawa tengah, Pantai Watu Ulo bisa dituju dengan melewati kabupaten lumajang, Jawa Timur.

Tidak ada angkutan umum yang beroperasi sampai desa ambulu. Untuk mempermudah Anda cepat sampai tujuan, Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */