Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Alami Hingga Kini

0

Lokasi Dan Rute Jalan Menuju Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Gazebo Pantai Watu Kodok
Instagram by @re__wahyu

Pantai Watu Kodok Gunung KidulWisata alam Gunung Kidul menjadi ikon baru dunia perpariwisataan Indonesia. Yogyakrta memang tidak henti-hentinya menunjukan pesonanya dikancah dunia. Hal ini membuktikan bahwa potensi pariwisata Indonesia belum seluruhnya terkuak. Ada banyak lagi yang mungkin masih tersembunyi dan menyimpan keindahan yang luar biasa. Keuniknan serta keindahan pantai, semuanya dapat pengunjung nikmati ketika sedang berada di Gunung Kidul.

Menyinggung nama pantai di Kabupaten Gunung Kidul memang banyak yang menarik untuk diperbincangkan, seperti halnya Pantai Slili, keindahan panorama pantai yang apik dan memanjakan mata jika memandangnya, pun juga mempunyai keunikan yaitu tumbuhnya bunga sakura asli. Memang wisata-wisata pantai yang ada di Gunung Kidul mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, tergantung para pengunjung menikmatinya dan memilih destinasi pantai mana yang akan dituju.

Watu Kodok Beach
Instagram by @raspita_sari

Namun bagi seorang penikmat alam tentunya memiliki cita rasa tersendiri untuk menikmati alam, salah satunya mendatangi tempat-tempat yang masih jarang terjamah manusia. Karena tempat-tempat yang masih jarang ramai akan pengunjung mempunyai kenyamanan serta ketenangan dan tentunya sangat asyik bagi penikmat alam sendiri.  Yogyakarta pun terdapat tempat-tempat tersembunyi, tentunya di Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal akan pantainya. Terdapat pantai Wohkudu, yang masih sangat alami dan asri karena bisa dikatakan pantainya masih perawan. Perawan dalam artian masih belum terjamah ramainya manusia yang berdatangan.

Selain Pantai Wohkudu dengan keasrian pantainya, kini terdapat pula pantai yang masih perawan dan tentunya lebih mengasyikan, ya, yaitu Pantai Watu Kodok.  Tempatnya yang lebih indah dan lebih mudah di capai pengunjung ini sekarang mulai ramai diperbincangkan di media sosial. Betapa tidak? Pantai Watu Kodok juga masih jarang terjamah manusia, pantai dengan indahnya pemandangan dan putih pasirnya yang cukup luas ini sangat cocok dijadikan destinasi perjalanan Anda ketika berada di Gunung Kidul.

Pantai Watu Kodok
Instagram by @suryojdb

Lokasi pantai Watu kodok Wonosari  sendiri terletak tidak jauh dari Pantai Sepanjang. Pantai Watu Kodok terletak di sebelah barat Pantai Sepanjang dan hanya dibatasi oleh tebing tipis. Sudah sangat terkenal bahwa pantai-pantai di Gunung Kidul sangat berdekatan posisinya. Hal inilah yang memungkinkan kita berwisata dan berpelesir ke beberapa pantai sekaligus dalam sehari. Namun, tidak akan selesai jika satu hari saja menjelajah pantai-pantai di kabupaten ini.

Kunjungi :  27 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jakarta Selatan

Mengingat pantai ini terletak tidak jauh dengan pantai-pantai indah yang lain, tentunya untuk menuju kemari juga tergolong mudah. Pasalnya jika Anda sudah tahu rute menuju Pantai Sepanjang Anda tinggal menuju saja kearah barat dengan kendaraan Anda, yang nantinya akan mendapati plang bertuliskan Pantai Watu Kodok. Tetapi jika Anda masih kebingungan Anda bisa melihat peta Pantai Watu Kodok di google maps pada ponsel Anda. Nah, jadi jangan khawatir, gunakanlah gadget canggih Anda untuk membantu menemukan lokasi pantai ini.

Alamat Pantai Watu Kodok sendiri berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa menggunakan beberapa rute sebenarnya untuk mencapai lokasi ini, namun akses yang paling mudah Anda bisa melaui jalan Yogyakarta dengan arah tujuan Kota Wonosari, setelah itu dilanjutkan mengikuti rute arah Pantai Baron, sesudah sampainya Anda di gerbang pintu masuk Pantai Baron, Anda ambil arah kanan, di mana jalan tersebut adalah akses jalan menuju Pantai Indrayanti, dari jalan utama tersebut Anda akan menemukan plang petunjuk arah ke Pantai Watu Kodok ini.

Rute pantai Watu Kodok  memang sangat beragam. Anda dapat langsung menuju pantai watu kodok dengan lewat Kecamatan Tepus. Selain lewat Tepus, Anda juga dapat melewati Sambipitu sembari mampir ke pantai-pantai lain. dan bila ingin mampir ke pantai yang lebih beragam, anda dapat lewat Playen. Namun mungkin sekedar informasi, untuk mendatangi Pantai Watu Kodok ini tentunya lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya untuk akses transportasi umum ke pantai-pantai Gunung Kidul memang bisa dikatakan sedikit sulit.

Tentunya untuk mengunjungi suatu wisata atau tempat yang indah kurang lengkap jika belum tahu tentang asal-usulnya. Asal-usul Pantau Watu Kodok Banjarejo Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri pun seperti halnya nama pantainya sendiri. Terdapat bongkahan batu besar yang mana jika dilihat dari salah satu sisi membentuk seperti hewan katak. Karena dalam bahasa jawa “watu” sendiri artinya batu, dan kata “kodok” adalah katak. Menurut warga sekitar juga konon dahulu kala ada katak yang menjelma menjadi batu di daerah pantai tersebut, dan menjadikan pantai ini dengan Pantai Watu Kodok.

Kunjungi :  Curug Lawe Semarang, Air Terjun Eksotis dan Mempesona

Keindahan Pantai Watu Kodok

Pesona Pantai Watu Kodok
Instagram by @muchtaromm

Sesampainya pengunjung di Pantai Watu Kodok Jogja, pengunjung akan disuguhkan panorama keindahan pantai yang tentunya merasakan sejuk angin sepoi-sepoi. Selain itu, biaya yang sangat murah menjadi keunggulan tersendiri bagi pariwisata Gunung Kidul. Untuk menikmati indahnya Pantai Watu Kodok ini, wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp.5000 saja per orangnya, sehingga sangatlah terjangkau. Hal ini membuktikan bahwa berwisata itu tidak harus mahal, dengan budget pas-pasan kita juga dapat menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.
Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah dengan nuansa alami dan masih terbilang perawan, karena memang wisata ini masih baru dan belum terlalu banyak orang-orang mengunjunginya, sapaan ombak yang landai dan lembutnya hamparan pasir putih di pantai ini akan membuat  liburan Anda nyaman dan menyenangkan, terpaan sejuknya angin dan indahnya pepohonan hijau yang berada di pinggiran pantai akan memanjakan mata anda. Dengan suasana yang belum cukup ramai membuat wisata ini terkesan romantis dan cocok untuk berlibur bersama seseorang yang spesial maupun keluarga.

Keindahan Pantai Watu Kodok Jogja tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang berada di Gunung Kidul, pasalnya pantai ini mempunyai tepi pantai cukup luas dengan pasir putihnya yang cocok untuk pengunjung melakukan aktivitas. Pengunjung bisa melakukan aktivitas bermain bola volly,  maupun game-game kecil untuk menikmati keceriaan bersama sahabat-sahabat Anda. Selain itu, jika Anda mempunyai hobi memancing, bawalah peralatan memancing Anda untuk merasakan sensasi mancing ikan di laut. Tidak sedikit pengunjung menghabiskan waktu di pantai ini dengan memancing ikan, karena di sisi bebatuan terdapat spot mancing ikan yang pas jika Anda mau mencobanya.

Mengenai fasilitas yang terdapat di pantai ini sudah cukup memadai, sebab antusias pengelola pariwisata begitu semangat. Terdapat gazebo-gazebo untuk Anda beristirahat ketika merasa lelah berjalan-jalan di pantai, terdapat pula toilet serta warung-warung disekitaran pantai bagi Anda yang ingin memesan makanan atau minuman sebagai pelengkap bersantai di pantai.  Nah, tunggu apalagi, ajaklah keluarga maupun kekasih Anda untuk menikmati keindahan Pantai Watu Kodok Jogja ini.

Kunjungi :  Cara Menuju Lokasi Wisata Kampung Baduy Kanekes Banten

Berdestinasi wisata alam Gunung Kidul tentunya tidak akan habisnya, selain keindahan Pantai Watu Kodok, Kabupaten Gunung Kidul menyuguhkan pantai terlengkap. Bisa dikatakan terlengkap sebab pengunjung bisa merasakan surga wisata, seperti belajar surfing, mandi di kolam renang alami, mendirikan tenda dan masih banyak lagi yang dapat pengunjung lakukan. Ya, pantai tersebut adalah Pantai Wediombo, pantainya para surfer tanah jawa. Ingin merasakan berselancar di pantai tidak repot-repot pergi jauh ke Pulau Bali, sebab Pantai Wediombo sejak tahun 2014 sudah dijadikan tempat perlombaan para surfer indonesia.

Tidak hanya itu saja,pengunjung pun dapat snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Tenang saja, biaya untuk snorkeling relatif murah. Hanya saja pengunjung dikenakan biaya Rp.80.000 per orangnya. Membayar dengan tarif tersebut pengunjung akan diantar agak menengah ke laut menggunakan kapal dan sudah dilengkapi peralatan snorkeling yang lengkap. Alamat Pantai Wediombo sendiri berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 73 Km dari pusat Kota Yogyakarta dan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun jika dari pusat Kota Wonosari sendiri hanya memakan waktu 1 jam dengan jarak tempuh 35 Km. Di perjalanan menuju Pantai Watu Kodok, Anda bisa berhenti di Puncak Kosakora untuk menikmati keindahan sepanjang pantai serta sejuknya angin yang berhembus.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */