Surganya Wisata Indonesia

Pantai Watu Karung Pacitan yang Cocok untuk Peselancar

0
Pantai Watu Karung Pacitan yang Cocok untuk Peselancar
1 (20%) 1 vote

Pantai Watu Karung PacitanWisata alam Pacitan memang sangat menawan, tidak dapat kita pungkiri bahwa kekayaan alam yang ada bisa menjadi investasi untuk masa depan. Bukan sekedar dari sektor pariwisata buatan, tetapi pariwisata alampun kini mulai menjadi idola bagi para pecinta travelling. Bagi Anda yang berdomisili Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Pacitan. Benar sekali, Pacitan adalah kota seribu goa, karena disini terdapat banyak goa yang salah satunya menjadi yang terindah se Asia Tenggara. Bukan hal yang mustahil, karena Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman ras dan budaya, serta kekayaan alamnya.

Rute ke Lokasi Wisata dan Penginapan Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur

Pantai Watu Karung di Pacitan
Instagram by @en_fatoni_aqib

Selain keindahan gua yang menjadi idola, Pacitan juga memiliki wisata pantai yang harus untuk Anda kunjungi, yaitu Pantai Watu Karung. Pantai Watu Karung di Pacitan terkenal dengan sebutan pantai nirwana, keindahannya yang luar biasa dapat menyihir Anda seakan sedang berada di nirwana. Air lautnya yang biru kehijauan dengan pasir putih yang lembut serta hiasan pulau-pulau karangnya akan mempesonakan Anda. Ombaknya yang menjulang tinggi dengan hantamannya yang lembut saat menyentuh bibir pantai akan Anda nikmati.

Banyak yang mengatakan bahwa ombak dipantai ini sangat ganas dan tinggi, karena tinggi ombak yang ada bisa mencapai 4 m dengan alunannya yang indah, karena hal tersebut maka ombak di Pantai Watu Karung dikenal dengan ombak kelas atas. Bukan hanya peselancar Indonesia yang mengatakan itu, tetapi peselancar asingpun sependapat dengan hal itu. Bahkan peselancar dunia, Bruce Iron pernah mencoba berselancar di pantai ini. Dan hasilnya, dia sangat puas dengan ombak yang ada. Hal yang sangat membanggakan bisa mendapat pujian dari peselancar dunia yang satu ini. Bagi para pengunjung yang akan berselancar lebih baik datang saat siang karena gelombang yang ada sedang dalam kondisi tinggi dan pastinya akan memuaskan Anda.

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur
Instagram by @ronnysianturi__

Selain sebagai tempat selancar, pengunjung juga bisa menikmati pasir putih dengan berjalan dibibir pantai, bermain dengan ombak, surfing bahkan memancing. Pantainya yang bersih dengan cahaya matahari yang cukup terik membuat Pantai Pacitan Watu Karung menjadi tempat berjemur favorit bagi para turis. Bukan hanya Bali saja tetapi di Pacitan kita bisa mendapatkan samua keindahan itu.

Kunjungi :  30 Tempat Wisata Alam di Salatiga dan Sekitarnya

Keindahan yang ada tidak hanya sebatas itu, dasar laut dan reef breaknya yang berupa batu karang akan menciptakan barrel yang indah pada waktu tertentu sehingga keindahan yang tercipta akan benar-benar seperti di surga. Dimana saat bukan April hingga Oktober adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Pantai Watu Karung karena angin saat itu dalam keadaan offshore jadi sangat bersahabat bagi Anda.

Seiring berjalannya waktu, bukan hanya wisatawan domestik saja yang datang kesini, tetapi juga wisatawan asing. Seperti yang tadi sudah dijelaskan diatas, bahwa pantai ini menjadi tempat favorit para turis untuk berjemur. Dan biasanya turis hanya mengenakan bikini saja saat berjemur, demi kebaikan bersama maka Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Watu Karung ini menetapkan aturan bahwa bagi semua turis yang ingin berjemur hanya diperbolehkan dititik tertentu, seperti bibir pantai, tempat yang tertutup pepohonan. Hal ini demi menanggulangi pengaruh buruk bagi warga sekitar pantai, apalagi anak-anak. Karena perbedaan budaya yang ada kadang tidak kita sadari masuk dan termodifikasi bahkan meniru tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Hal itu yang menjadi latar belakang pembuatan aturan tersebut.

Lokasi Pantai Watu Karung

Alamat Pantai Watu Karung berada di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Lokasi ini bisa disebut terpencil karena keberadaannya yang sulit dijangkau dengan kendaraan umum. Bahkan bisa dikatakan tidak ada kendaraan umum yang melewati pantai ini, sehingga dapat dikatakan lokasinya terpencil.

Lokasi Pantai Watu Karung
Instagram by @rdhaniaji

Selain lokasinya yang terpencil, jalan menuju lokasi juga sempit dan berlubang, hal ini yang masih menjadi PR bagi pengelola. Dari Pacitan sendiri kurang lebih berjarak 40 km dengan hiasan tikungan tajam dan jalan yang berkelok-kelok. Ada 3 rute menuju Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Yang pertama dari Pacitan bisa langsung menuju kecamatan Pringkuku yang melewati jalan naik turun yang berkelak kelok tidak henti-henti. Jangan heran karena memang kondisi jalan yang seperti itu, nikmati saja karena nantinya akan terbayarkan saat Anda sampai dilokasi. Sesampainya di Desa Watu Karung, Anda akan mendapati Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dengan puluhan perahu yang siap untuk berlayar. Memasuki perkampungan warga, sebaiknya Anda bertanya kepada warga sekitar jika takut tersesat, karena jalan menuju pantai masih belum ada petunjuk arahnya. Anda akan diarahkan untuk berjalan melewati rumah warga sepanjang kanan dan kiri jalan hingga tanah akan tergantikan dengan pasir putih. Itu tandanya Anda sudah sampai dilokasi.

Kunjungi :  32 Tempat Wisata Kuliner di Kota Solo Jawa Tengah

Yang kedua, melewati jalur Pacitan-Solo, Anda bisa langsung menggambil arah Pacitan yang kemudian menuju ke Pantai Teleng Ria dengan pemandangan hutan lebat sepanjang perjalanan hingga di Kecamatan Pringkuku, yang kemudian rutenya sama dengan yang diatas. Ketiga melewati jalan pintas dari Desa Sedeng menuju Watu Karung. Akan ada beberapa petunjuk arah yang akan mempercepat Anda sampai dilokasi, tetapi jangan heran jika Anda akan melewati tanjakan yang tajam dan tidak henti-henti.

Walaupun rute yang harus ditempuh sangat melelahkan, tetapi akan tergantikan dengan kenikmatan alam yang tersaji disepanjang Pantai Watu Karung. Sekedar informasi, bagi para pengunjung diharapkan untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik roda 2 maupun roda 4. Jika menggunakan roda 2 maka bisa langsung sampai dipantai, tetapi jika menggunakan roda 4 maka parkir yang ada disekitar pelataran rumah warga.

Dan untuk masuk ke Pantai Watu Karung, Anda tidak dikenakan biaya alias GRATIS. Dengan fasilitas wisata bahari tentunya, warung makan, kios kerajinan khas Pacitan dan tempat penginapan.

Penginapan Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur

Penginapan Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur
Instagram by @eko_encix11

Untuk Anda pecinta sunset , Pantai Watu Karung dapat menjadi alternative untuk memenuhi hasrat kecintaan Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir, didekat lokasi ada berbagai pilihan penginapan yang nyaman dan aman pastinya. Penginapan Pantai Watu Karung yang ditawarkan adalah resort dan homestay.

Salah satu resort Pantai Watu Karung yang terkenal adalah Istana Omba Eco Resort yang terletak di Jl. Kerapu, Watu Karung dengan biaya satu malam mulai dari Rp. 667.000 sampai Rp. 2.667.000,00. Jika biaya tersebut dirasa terlalu mahal, Anda bisa mengganti pilihan dengan menginap di homestay. Dibawah ini adalah homestay yang ada disekitar Pantai Watu Karung, yaitu:

Kunjungi :  Fasilitas Lengkap dan Jalan Menuju Pantai Teluk Biru di Banyuwangi
  • Pasir Putih Homestay, terletak di Watu Karung, Pringkuku dengan tariff satu kamarnya Rp. 300.000,00 untuk satu malam dan letaknya tidak jauh dari pantai. Info lanjutan 085281023187.
  • Edy’s Homestay, terletak didekat pantai lebih tepatnya di Jalam Watu Karung Pacitan Km.2 menawarkan harga kamar yang murah. Untuk info di No. 085234493576.
  • Sack Stone Homestay, terletak cukup dekat dengan pantai karena hanya berjarak 150 m dari pantai, tempatnya bersih dengan teras yang luas, ditambah fasilitas 4 Kamar dengan kamar mandi dan TV. Ada 2 paket yang ditawarkan, yaitu 1 kamar besar seharga Rp. 250.000,00 dan twin seharga Rp. 125.000,00. Info 082143144441.
  • Homestay Surfing Pacitan (Made’s House) letaknya cukup dekat dengan pantai dan lokasinya yang strategis akan membuat Anda lebih nyaman. Hanya memakan waktu 5 menit untuk sampai di pantai. Tarif satu malam hanya Rp. 130.000,00, tetapi jika Anda menginap selama seminggu akan mendapatkan diskon. Info 085230508695.
  • Watu Karung Prapto Homestay, terletak didekat pantai dengan 4 kamar, dipasang tarif Rp. 200.000,00. Info 085326757012.

Wisata Alam Pacitan lainnya

ombak di Pantai Watu Karung
Instagram by @discoverpacitan

Selain Pantai Watu Karung, Pacitan juga masih memiliki pantai lain yang tak kalah indah, mana saja? Dia adalah Pantai Klayar, yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan menyediakan keindahan pasir putih dan tebing-tebing batu karang yang mengelilingi sepanjang pantai. Pantai Srau yang terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai ini terkenal dengan sebutan perawan nan menawan, karena letaknya yang terpencil dan masih belum banyak dikunjungi, serta pasir putihnya yang membentang dalam keadaan bersih dengan deburan ombak yang tidak terlalu tinggi menambah keindahan pantai ini.

Yang terakhir adalah Pantai Banyu Tibo, dinamakan seperti itu karena disini terdapat air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Satu hal yang membedakan dari pantai yang lainnya, dan air yang jatuh adalah air tawar yang berasal dari sumber air bawah tanah di Pegunungan Kars. Pantai ini terletak di Desa Wisoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Demikian sedikit informasi seputar pantai yang ada di Pacitan. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */