Menaiki Gondola Tradisional di Pantai Timang Gunung Kidul

0

Jalan Menuju Lokasi Wisata ke Pantai Timang

Suasana Pantai Timang
Instagram by @pantaitimang

Pantai Timang Gunung Kidul – Potensi wisata di Indonesia sudah tidak bisa diremehkan lagi. Sebab sektor pariwisata mulai merambah menjadi salah satu daya saing Indonesia. Pariwisata dapat mendorong investasi yang masuk ke Indonesia. Objek wisata Gunung Kidul ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat tersohor keberadaannya. Tidak hanya Bantul saja yang memiliki ikon pantai, Gunung Kidul pun juga sangat banyak potensi wisata pantai yang tentunya lebih menawan dan asyik dikunjungi.

Selain keindahan yang disuguhkan tentu bagi seorang travellers kurang lengkap tanpa adanya tantangan. Memang sudah menjadi daya tarik sendiri bagi mereka untuk mencoba tantangan-tantangan terbaru. Daerah Gunung Kidul bisa dikatakan mempunyai apa yang Anda inginkan, dari bermain tubing, rafting, menikmati pantai sampai menyusuri goa pun bisa dilakukan, tidak hanya itu, panjat tebing, dan surfing pun akan didapati pengunjung. Nah, jika Anda termasuk orang yang suka akan tantangan yang berbeda, bisa Anda rasakan menaiki gondola tradisional di Pantai Timang.

Wisata Pantai Timang
Instagram by @pantaitimang

Wisata Pantai Timang Yogyakarta memang bisa dikatakan masih sangat baru. Keadaan inilah sesungguhnya yang menjadi hal menarik. Keadaan pantai yang masih perawan dan alami akan menambah kenikmatan kita dalam berwisata. Tetapi sekarang, lama-kelamaan keadaan pantai Timang berubah menjadi ramai karena adanya media sosial seperti instagram, youtube dan lain sebagainya, banyak pengunjung yang mengabadikan momen lalu mengunggahnya di media sosial, hal inilah yang membuat tempat wisata-wisata mulai ramai dikunjungi. Namun jangan khawatir karena keasrian serta alaminya lokasi pantai ini sampai sekarang masih terjaga dengan baik.

Letak Pantai Timang Wonosari ini sebenarnya dibagi menjadi dua area yang berbeda,yaitu pada bagian pertama berada di sebelah Timur yang memang merupakan pantai dengan pasir dominan berwarna putih dan sama dengan kebanyakan pantai putih lainnya di Gunung Kidul. Sedangkan pada bagian kedua yang berada pada sisi bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yanng cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Pada pantai berbatu ini pemandangan akan sangat indah karena terdapat batu yang cukup besar berdiri kokoh di pinggir pantai. Batu besar atau pulau tersebut dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang.

Kunjungi :  Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Pantai Jogan
Pesona Pulau Timang
Instagram by @divamaudy

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, begitulah kira-kira apa yang didapat ketika mengunjungi Pantai Timang ini, selain bisa menikmati keindahan panorama laut yang luas dan sejuknya angin laut membuat fikiran tenang dan damai, pengunjung pun bisa memacu adrenalin dengan menaiki kereta gantung atau gondola yang disediakan pengelola. Namun tentu pengunjung harus berhati-hati, sebab  pada bagian bebatuan ini berbahaya jika Anda sembrono atau ceroboh. Batu karang yang lancip dan berada di ketinggian akan sangat berbahaya jika terjatuh, namun Anda harus tetap waspada dan tetap berhati-hati.

Sejarah Pantai Timang sendiri ini dulunya adalah sebagai tempat mencari lobster bagi masyarakat sekitar, oh ya, gondola yang terdapat di pantai ini sudah ada sejak tahun 1997. Dulunya yang membuat gondola ini ada 6 orang, yaitu ada Pak Siswanto, Pak Warno, Pak Sartono, Pak Warsito, Pak Supriyanto dan Pak Tukijan yang memang warga setempat. Nah, mulai tahun 2012 dibuatlah gondola yang sedikit modern ini walaupun masih berbau tradisional untuk para pengunjung agar dapat merasakan menyebrang ke pulau Timang tersebut.

Lokasi Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta ini juga masih berdekatan dengan pantai-pantai lain yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda sudah mengunjungi Pantai Watu Kodok, pantai ini hanya berjarak beberapa Km saja dari pantai tersebut. Jadi jika Anda penasaran bisa mengunjungi Pantai Timang ini. Alamat Pantai Timang sendiri terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Pantai Timang gondola juga masih satu arah dengan pantai Pantai Watu Kodok dan Pantai Jogan, hanya saja pantai ini berada sebelum kedua pantai tersebut. Akses jalan masuk ke wisata pantai ini bisa dikatakan masih kurang baik, karna hanya cor-coran beton dan tanah ketika memasuki area pantai ini. Jika Anda ingin mengunjunginya lebih enaknya membawa kendaran pribadi seperti sepeda motor.

Kunjungi :  85 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jogja Dekat Malioboro

Jalan menuju Pantai Timang Jogja bisa sedikit dijelaskan sebagai berikut. Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam. Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 km. Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung– Pasar Dakbong – jalanan berbatu – Pantai Timang.

Sesampainya di Pantai Timang, pengunjung dikenakan biaya masuk plus parkir sebesar Rp.5000 saja. Dengan harga murah meriah Anda langsung bisa memasuki pantai indah dan pemandangannya yang tentu tidak kalah apiknya dengan pantai-pantai  lainnya. Berjalan kaki menyusuri sisi bagian timur yaitu daerah berpasir, Anda akan menikmati eksotisnya alam sembari ditemani musik untuk melengkapi jalan-jalan menyusuri tepi pantai.

Berjalan-jalan hingga menyusuri bagian Barat, yaitu naik sedikit ke arah bebatuan karang yang cukup tinggi mungkin akan membuat Anda semakin asyik dengan perjalanan Anda. Nah, pada bagian inilah pengunjung akan ditawarkan untuk naik kereta gantung. Harga naik gondola Pantai Timang terbilang relatif murah dibandingkan dengan usaha para penarik gondola tersebut. Ya, kereta gantung ini terbilang cukup ekstrim karena masih berbau tradisional dan ditarik dengan manual oleh para pekerja di wisata ini.

Keindahan Pulau Timang
Instagram by @uwigustigarsetyardi

Seperti yang diutarakan tadi, terdapat dua buah pulau, yaitu pulau Panjang dan pulau Timang. Untuk merasakan sensasi menyebrang ke pulau yang berada di seberang itulah pengunjung di kenakan tarif Rp.150.000 per orangnya untuk biaya kereta gantung Pantai Timang. Jarak luncur dari gantole ini sekitar 98 meter ke arah barat dari Pantai Timang, dengan ketinggian 9-11 meter dari permukaan laut. Tentu saja bukan hal yang mudah, dibutuhkan mental yang kuat bila ingin mencoba menyeberang kesana.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Subang Terbaik untuk Anda dan Keluarga

Cukup menantang bukan? Jadi tunggu apalagi, segera datangi pantai ini dan rasakan sensasinya menaiki kereta gantung tradisional Pantai Timang. Namun bagi Anda yang ingin merasakan keseruannya, jangan membawa anak kecil ke daerah bebatuan ini, sebab terlalu berbahaya jika terjatuh atau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk fasilitas yang disediakan sendiri juga sudah lengkap. terdapat kamar mandi umum dan gubug-gubug yang menyediakan makanan dan minuman serta harga yang murah juga tentunya. Jadi bagi Anda yang lupa membawa makanan silahkan mampir ke dan nikmati quality time bersama keluarga atau teman-teman Anda di gubug yang sediakan.

Obyek wisata Gunung Kidul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, selain wisata pantai terdapat juga wisata Gunung Kidul lainnya yang mungkin patut Anda kunjungi. Bagi Anda yang sudah merasakan sensasi serunya menaiki gondola di Pantai Timang, saatnya Anda mengunjungi Pantai Wohkudu yang masih perawan dan juga belum ramai terjamah manusia. Pantai Wohkudu juga masih satu arah dengan Pantai Timang, namun aksesnya belum sebagus pantai ini, tapi tidak ada salahnya Anda mengunjungi untuk sekedar melepas penat Anda. Terdapat pula Pantai Wediombo dengan lengkapnya aktivitas yang Anda bisa lakukan di sini, seperti mandi di kolam alami, snorkeling dan masih banyak lagi. Juga Anda bisa mampir ke Puncak Kosakora yang juga masih satu wilayah di Gunung Kidul.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */