Fasilitas Lengkap dan Jalan Menuju Pantai Teluk Biru di Banyuwangi

0

Sama seperti Pantai Tabuhan, Pantai Teluk Biru Banyuwangi merupakan obyek wisata Banyuwangi yang memiliki keindahan air laut yang berwarna biru dan pemandangan bawah air yang mempesona. Jika Teluk Hijau dikenal karena warna airnya yang berwarna hijau, Teluk Biru ini pun, dinamakan demikian karena air Pantai Teluk Biru berwarna biru jernih. Perairan di dekat batu karang yang banyak pepohonan, air lautnya terlihat sangat jernih seperti di sungai. Di sini lah ikan-ikan kecil hidup.

Ada pula yang menamakan tempat ini sebagai ” Teluk Banyu Biru “. Jangan salah sebut dengan Banyu Biru yang ada di Jawa Tengah ya. Karena tempat tersebut berbeda dengan Teluk Banyu Biru Banyuwangi. Sama-sama tempat wisata air, namun Banyu Biru di Jawa Tengah bukanlah sebuah teluk, melainkan danau.

Sunrise Pantai Teluk Biru
by instagram @backpacker_cakep

Letak Teluk Biru Banyuwangi Muncar yang tersembunyi menjadikan wisata satu ini belum banyak dikenal oleh banyak wisatawan, bahkan masyarakat Banyuwangi sendiri. Padahal, pesona Teluk Biru tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya seperti Pantai Bangsring Underwater, Teluk Hijau Banyuwangi dan Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

Sama dengan Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan dengan surga snorkelingnya, kawasan wisata Teluk Biru di Banyuwangi ini merupakan tempat yang sesuai bagi Anda yang hobi diving. Tidak salah lagi, di sini lah terdapat beraneka kehidupan laut dengan tumbuh-tumbuhan laut, seperti terumbu karang, ganggang, ikan, yang sangat dilindungi. Nelayan muncar bersatu untuk bersama-sama menjadikan tempat ini sebagai wilayah transplantasi terumbu karang. Meski demikian, para nelayan desa Muncar tetap mengandalkan tempat ini sebagai penyambung kehidupan mencari ikan. Teluk biru terkenal dengan ikannya yang mudah didapat.

Wisata Teluk Biru Banyuwangi map berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo. Posisi tepatnya berada di Resort Sembulungan. Kawasan inilah tempat yang dikenal sebagai daerah tangkapan ikan oleh wisatawan dan masyarakat muncar sendiri. Sehingga, terkadang, Pantai Teluk Biru ini disebut juga dengan wisata Pantai Teluk Biru Muncar Banyuwangi. Tambahan kata muncar di sini karena nelayan-nelayan daerah setempat yang aktif mencari ikan.

Kunjungi :  12 Tempat Nongkrong di Jakarta Timur yang Bikin Lupa Waktu

Memang namanya belum dikenal sebaik pantai Teluk Hijau dikalangan wisatawan, namun karena keindahan alamnya, dengan latar rimbunnya pohon-pohon hijau Alas Purwo, tidak menutup kemungkinan jika Pantai Teluk Biru juga akan menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang tujuan wisata Banyuwangi yang satu ini.

Bila Anda gemar memancing, Anda dapat membawa alat memancing maupun jaring dari tempat transit sebelumnya. Anda bisa meminta tolong kepada nelayan setempat untuk mengantar Anda ke tempat ini. Waktu yang baik untuk berlayar ke teluk biru adalah pagi hari. Karena tingkat kekencangan angin yang masih rendah. Anda dapat memancing bersama-sama dengan nelayan muncar. Ikan, bisa menjadi oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang, sepulang berwisata dari Pantai Teluk Biru. Selain itu juga, Anda dapat membeli ikan sesampainya Anda sampai di tempat transit.

Jalan Menuju Pantai Teluk Biru

Wisata Pantai Teluk Biru
by instagram @choirulwildann

Satu-satunya jalan menuju Teluk Biru ini adalah melalui laut. Tidak ada akses jalur darat yang bisa Anda capai untuk sampai disini. Alamat Teluk Biru Banyuwangi Muncar ini masih berlokasi di kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Berwisata ke Teluk Biru sebaiknya dilakukan antara bulan Oktober hingga bulan Mei, sebab arah angin dari wilayah Selat Bali sangat berpengaruh, sehingga cukup berbahaya jika melakukan perjalanan dengan kapal selain kedua bulan tersebut.

Anda bisa memulai perjalanan ke Teluk Biru melalui pelabuhan ikan Desa Muncar dalam satu jam dari kota Banyuwangi. Pelabuhan ikan Muncar merupakan pelabuhan ikan terbesar nomor dua di Indonesia. Dari pelabuhan ini, perjalanan hanya bisa dilanjut menggunakan kapal nelayan tradisional ke Pantai Teluk Biru dalam waktu kurang lebih dua setengah jam. Cukup memakan waktu lama memang, namun jangan khawatir. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut lepas yang indah. Gundukan tanah hijau yang lama kelamaan akan semakin dekat menjadi sensasi tersendiri saat berlayar.

Kunjungi :  Lokasi dan Sejarah Wisata Religi Masjid Agung Banten

Sebelum dikenal dengan nama Pantai Teluk Biru, tempat ini lebih familiar oleh warga dengan nama Selanggrong. Jika Anda hendak berlayar ke pantai ini bersama warga yang akan mencari ikan, sebaiknya Anda katakan bahwa Anda hendak pergi berwisata ke Selanggrong. Karena nama Pantai Teluk Biru justru kurang akrab di telinga warga.

Bila Anda ingin melihat pemandangan matahari terbit dari Pantai Teluk Biru, Anda bisa berangkat menuju tempat ini pada dini hari. Dengan waktu tempuh yang relatif lama, Anda akan tiba tepat pada waktu matahari terbit.

Seperti tempat wisata air lainnya di Banyuwangi, untuk mempermudah Anda dalam melakukan perjalanan ke Teluk Biru, Anda bisa ikut serta dalam paket wisata Teluk Biru bwi. Anda bisa mengajak keluarga serta rekan Anda, atau ikut dalam rombongan lain, sehingga biaya atau tarif yang dikenakan lebih murah alias menghemat biaya.

Komunitas Gemuruh

Gerakan Muncar Rumahku
by instagram @irielluigi

Pada masa dahulu, para nelayan menangkap ikan dengan cara ilegal yakni dengan menggunakan bom atau potasium, namun seiring waktu & banyaknya sosialisasi yang tepat pada penduduk setempat, kegiatan itu mulai jarang dilakukan. Untuk menjaga kelestarian tempat wisata tersebut masyarakat membentuk komunitas bernama Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku).

Perkumpulan tersebut bertugas menjaga kelestarian alam sekitar dengan berbagai macam kegiatan, antara lain penanaman rumah ikan, transplantasi terumbu karang, serta penanaman secara bersama-sama pohon mangrove di tepi pantai.

Fasilitas di Pantai Teluk Biru

Bagi Anda yang suka ‘mantai’, aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di Teluk Biru antara lain :

  • Snorkeling
Snorkeling di Pantai Teluk Biru
by instagram @moeha_han

Snorkeling tentu menjadi kegiatan utama ya. Sebab, di sinilah surga tersembunyi itu berada. Berenang bersama ikan dan bercengkerama bersama terumbu karang yang menari-nari elok mengikuti arus air.

  • Menyelam atau Diving
Kunjungi :  Cantiknya Festival Lampion Monumen Jogja Kembali Malam Hari

Ternyata selain menyenangkan dan memacu adrenalin, ada banyak hal yang tidak terpikirkan sebelumnya dapat kita lihat di bawah laut Pantai Teluk Biru ini. Anda akan dipandu menjelajahi alam bawah Teluk Biru dengan para instruktur selam yang telah mahir.

  • Berenang
Berenang di Pantai Teluk Biru
by instagram @haneztdjantiko

Berenang juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan. Mengambang di birunya laut, sembari menikmati pemandangan dalam air yang indah.

  • Berlayar dengan Perahu
Perahu Teluk Biru
by instagram @artha_maulana01

Anda masih bisa menikmati suasana air teluk dengan menaiki perahu. Lelah dengan aktivitas diving dan snorkeling, kini saatnya Anda dimanjakan oleh kapal kano yang bisa Anda tumpangi di teluk biru. Angin sepoi dan suara air menjadi perpaduan yang pas sebagai sarana menenangkan diri.

  • Bermain Ski Air

Masih kurang puas dengan menaiki kano dan membutuhkan kendaraan yang lebih menantang? Anda dapat memanfaatkan ski air sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi liburan Anda. Pilih kegiatan mana yang sesuai dengan hobi Anda

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */