Keindahan Panorama Perbukitan Kapur Pantai Suwuk Kebumen

0

Pantai Suwuk Kebumen – Pantai Suwuk memiliki daya pikat pemandangan yang indah sepanjang Barat dengan keberadaan bukit yang berjumlah tiga, bukit tersebut menjulang dengan kokoh. Bukan hanya itu, tetapi keberadaannya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan tentunya Pantai Karang Bolong dengan batasan berupa jajaran pegunungan hijau yang membentang dari Utara hingga Selatan pantai. Untuk mencapai Pantai Karang Bolong cukup menyeberang selama 5 menit saja.

Hamparan pasir hitamnya yang luas membuatnya semakin eksotis, ditambah dengan rimbunnya pepohonna yang ada. Mulai dari pohon cemara udang, tanaman pandan dan rerumputan. Karena kerimbunannya dan pasir hitamnya, disini sering dijadikan sebagai arena offroad bagi para pecintanya. Banyak gambar Pantai Suwuk Kebumen Jawa Tengah di berbagai situs sosial media, hal ini bisa dijadikan sebagai sarana promosi yang baik.

Lokasi, Fasilitas dan Tiket Masuk Wisata Pantai Suwuk Kebumen

Lokasi, Fasilitas dan Tiket Masuk Wisata Pantai Suwuk Kebumen
Instagram by @karangbolong.id

Masih ada lagi yang menjadi incaran wisatawan, Muara Sungai Telomoyo. Sungai ini berada didekat Pantai Suwuk, lebih tepatnya berada di sebelah Barat. Disini menjadi tempat favorit untuk memancing dengan perahu yang disediakan pengelola sebagai sarana tambahan di wisata Pantai Suwuk. Wisata ini murni dikelola sebagai objek wisata dengan nilai edukasi didalamnya. Tidak ada sejarah Pantai Suwuk Kebumen yang dibahas secara khusus, karena pantai ini sudah ada sejak jaman dahulu.

Meskipun begitu, disini tidak diperbolehkan untuk berenang, karena bibir pantainya yang curam dengan kemiringan mencapai 35 derajat membuat pengelola mengeluarkan peringatan tersebut. Hal ini semata untuk keselamatan pengunjung sendiri. Dan ombak yang dimiliki juga sangat ganas, bahkan melebihi keganasan Pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta. Keganasan itu karena pantai ini terletk di kawasan Laut Selatan memang terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan misteri Pantai Suwuk di Kebumen yang ada sama dengan Laut Selatan pada umumnya, tentang Nyi Roro Kidul.

Meski tidak boleh berenang, pengunjung bisa melakukan aktifitas lain, hal itu bisa dilakukan di bibir pantai. Luasnya pasir hitam yang terhampar, membuat bibir pantai ini bisa sijadikan lokasi bermain bola pantai, volley pantai, berkeliling sepanjang pantai bahkan bisa main kejar-kejaran disini. Dijamin asyik Saudara. Bagi yang mau berkeliling pantai tanpa capek, bisa menyewa kuda dan gowes. Gowes itu semacam sepeda ontel biasa tapi berkapasitas 4 sampai 6 orang dengan hiasan lampu yang beranek warna membuat gowes Anda menjadi lebih asyik.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Istana Air Taman Sari Jogja

Dan di Pantai Suwuk masih mengembangkan wisata edukasi lagi, selai pesawat Boeing ada juga kebun binatang yang akan ada di sebelah Barat pantai. Dengan segala fasilitas yang ditawarkan, pastinya pengunjung akan betah berada disini, apalagi jika senja mulai tiba. Pancaran sinar matahari yang mulai menghilang menjadi kenikmatan tersendiri, kita lebih sering menyebutnya sebagai sunset. Dilokasi ini hal itu bisa didapatkan dengan gratis. Cukup menunggu senja hingga malam tiba dapat dipastikan hasil foto Pantai Suwuk Kebumen akan sangat menawan. Pemandangan diatas pegunungan yang memantulkan cahayanya ke arah air laut yang luas, menjadi ciri khas sunset disini.

Lokasi Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Karena terletak di Dusun Suwuk pantai ini diberi nama Pantai Suwuk. Demikian kiranya asal usul Pantai Suwuk Cilacap. Terletak di sebelah Selatan Kota Gombong dengan jarak 22 km dengan waktu yang dapat ditempuh kurang lebih 35 menit. Jika berasal dari Karanganyar sekitar 1 jam perjalanan di sebelah Barat Daya dengan jarak tempuh 35 km. sedangkan dari pusat Kota Kebumen jarakya lumayan jauh yaitu 50 km dengan waktu yang dibutuhkan untuk sampai sekitar 1,5 jam.

Fasilitas di Pantai Suwuk

Fasilitas di Pantai Suwuk
Instagram by @lujhe_prihart

Dengan adanya pemandangan yang indah tidak membuat pengelola begitu saja membiarkan tempat ini tanpa dibuatnya sarana prasarana yang memadai. Disini banyak terdapat kuda yang memang disewa untuk berkeliling lokasi. Bukan hanya itu tapi juga banyak warung makan yang menjual makanan khas Kebumen, mulai dari lontong dan pecel, legen, kacang goring, sate ayam, lanting, peyek udang, gesek, peyek ubur-ubur dan kelapa muda. Masih ada juga toko aksesoris yang menjual aksesoris khas Suwuk, mulai dari aksesoris dari biji jenitri dan batu akik, semua tersedia disini.

Kunjungi :  Pantai Maron Semarang, Tempat Rekreasi Alternatif Relaksasi Pikiran

Masih ada juga area untuk bermain bagi anak, kamar mandi, tempat ibadah, kolam renang, toko oleh-oleh, area parkir yang luas dan yang menjadi daya tarik yang tak kalah menarik adalah dengan adanya Pesawat Boeing 737-200 di pantai ini.

Pesawat di Pantai Suwuk Karang Bolong

Pesawat di Pantai Suwuk Karang Bolong
Instagram by @ramdanjpg

Keberadaan pesawat ini tidak datang secara tiba-tiba, tapi memang merupakan kebijakan dari Dinas Pariwisata yang menghendakinya. Hal itu bertujuan guna menarik minat wisata dan memang sengaja didatangkan. Pesawat ini milik TNI Angkatan Udara dan Merpati Nusantar yang dibuat pada tahun 1986, waktu pendatangan pesawat ini dalam kondisi terbelah-belah atau kepingan pesawat yang kemudian disatukan oleh tenaga ahli hingga seperti layaknya pesawat pada umumnya. Ternyata bukan hanya peswat Boeing 737-200, tapi ada juga helicopter Heli C100 yang diproduksi pada tahun 1987.

Disini pengunjung dapat menikmati suasana menaiki pesawat secara nyata tanpa dipungut biaya yang mahal. Bagi tiap pengunjung diberikan waktu selama 20 menit untuk masuk ke dalamnya. Bukan sebatas itu saja, disediakannya film 3D juga menjadikan tontonan yang menarik, film yang diputar seputar pesawat, dikhususkan untuk anak-anak. Setelah puas menikmati dan berputar mengelilingi pesawat pengunjung bisa langsung berenang yang letaknya tepat dibawah pesawat. Mengasyikkan bukan?

Tiket Masuk Pantai Suwuk Kebumen 2016

Tiket Masuk Pantai Suwuk Kebumen 2016
Instagram by @dzulfikar_arifin

Untuk tiket masuk sendiri hanya membayar Rp. 4.500,00 untuk orang dewasa dan Rp. 2.500,00 untuk anak-anak dibawah 5 tahun. Bagi pengunjung yang ingin menikmati dengan asri pemandangan disini. Datanglah saat hari kerja, karena saat hari libur tiba dijamin pengunjung akan memadati kawasan Pantai Suwuk Puring Kebumen, bahkan sampai malampun masih ramai kunjungan.

Wisata Pantai Kebumen Lainnya

Wisata Pantai Kebumen Lainnya
Instagram by @lidyadwia__

Seperti yang tadi dijelaskan diawal, dari Pantai Suwuk dan Karang Bolong memang memiliki jarak yang tidak jauh, bahkan hanya perlu 5 menit saja untuk mencapainya. Pantai Karang Bolong sendiri merupakan kawasan pantai yang berkontur landai dengan padang pasir yang cukup luas yang dibatasi oleh perbukitan yang terbuat dari batuan sedimen klasik dan berasal dari gunung berapi. Sama seperti Pantai Suwuk disini tidak diperbolehkan berenang karena arus baliknya sangat kuat. Lokasi pantai ini di Desa Karang Bolong, Buayan.

Kunjungi :  Bukit Langit Kebumen Landscape Alam yang Dapat Memanjakan Mata

Selanjutnya ada Wisata Jembangan, wisata yang menjadi popular akhir-akhir ini menyajikan keindahan telaga hijau dengan airnya yang tenang dan jernih serta restaurant yang berada diatasnya. Menjadi nilai jual tersendiri dimana restoran itu berada diatas air dengan view telaga hijau dan jembatan yang ada disisi kanan dan kiri pintu masuk wisata ini. Disini pengunjung bisa mendapatkan kepuasan tersendiri. Dijamin tidak akan menyesal, wisata yang berada si Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno ini juga menyediakan berbagai wahana seperti zona outboand, perahu, kolam pemancingan, bahkan taman bermain anak ada disini.

Satu lagi yang harus diketaui, masih tentang keindahan alam yang hijau, Kebumen menyajikan satu bukit yang indah dan menjadi kunjungan para pecinta fotografi. Dia adalah Bukit Pentulu Indah. Bukit yang berada di Karangsambung ini memiliki lokasi di kawasan hutan pinus dengan beberapa panggung yang sengaja dibuat dipuncak bukit untuk mendapatkan view hijaunya alma dibawah bukit dan pemandangan Sungai Ulo. Selain panggung, pengelola juga menyediakan hammock dan memberikan ijin bagi yang ingin mendiriikan tenda atau berkemah. Karena sunset dan sunrise disini sangat indah, Anda harus melihatnya. Sekian.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */