Pesona Alami dari Pantai Sundak Gunung Kidul

0

Sunrise di Lokasi Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak
Instagram by @trisnoanugrah

Pantai Sundak Gunung Kidul – Mentari muncul perlahan-lahan, menampakkan bias cahaya semangat menyambut pagi hari di Yogyakarta. Siapa insan yang tidak tergiur dengan keindahan sunrise dari ufuk timur, tentunya semua orang menginginkannya. Banyak sekali tempat-tempat di Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunung Kidul untuk menemukan spot apik melihat keindahan sunrise, salah satunya di Pantai Sundak. Walaupun terdapat deretan pantai yang indah di Kabupaten Gunung Kidul, namun Pantai Sundak menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Yogyakarta bagi penikmat alam maupun wisatawan.

Pantai Sundak menjadi tempat wisata pantai yang asyik untuk Anda kunjungi, karena pasir putih di tepi pantainya cukup luas, tebing-tebing atau batuan karang yang melengkapi pemandangan pantai pun masih terlihat eksotis dan masih alami. Jadi akan sangat menyenangkan jika berkunjung di pantai ini bersama sanak keluarga maupun teman perjalanan Anda. Mengingat lokasinya yang cukup luas, tentu banyak sekali aktivitas yang bisa pengunjung lakukan, seperti bermain sepak bola pantai, bermain volly, atau game outbond beramai-ramai sembari menikmati keindahan pantainya.

Lokasi Pantai Sundak Jogja juga masih satu deretan dengan Pantai Krakal, Pantai Kukup dan masih banyak lagi, karena memang Gunung Kidul sudah terkenal dengan kekayaan potensi wisata pantainya. Alamat Pantai Sundak sendiri terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jadi jika Anda sudah mengunjungi pantai-pantai di Kecamatan Tepus tentunya harus mencoba juga menikmati keindahan Pantai Sundak ini.

Sunset Pantai Sundak
Instagram by @kreatifgemilang

Namun dibalik keindahan setiap tempat wisata tentunya memiliki cerita tersendiri, terlebih pantai satu ini. Legenda terbentuknya nama Pantai Sundak juga mungkin menarik untuk dibahas, konon menurut cerita yang terdengar, Pantai Sundak ini berawal dari goa yang bisa Anda lihat disisi pojok Pantai Sundak. Goa ini dahulu kala konon dihuni oleh seekor anjing dan landak. Kedua binatang tersebut berkelahi karena kelaparan, tidak lama kemudian pemilik anjing akhirnya menyadari bahwa binatang peliharaannya hilang secara misterius dan segera mencarinya ke goa itu. Selepas bertemu dengan sang pemilik, lantas anjing pun keluar dari gua dengan membawa sebagian tubuh landak yang digigit rapat-rapat dalam mulutnya.

Kunjungi :  33 Tempat Wisata di Lumajang Populer dan Terkenal

Pemilik anjing pun merasa penasaran dengan keadaan di dalam goa, akhirnya pemilik anjing pun masuk dan menyaksikan mata air tawar sangat jernih, dan hingga kini pun mata air tawar itu masih dijadikan kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat setempat. Dari kisah perkelahian antara anjing dan landak tersebut, kemudian pantai ini akhirnya disebut Pantai Sundak. “SU” merupakan kependekan dari asu (sebutan anjing dalam bahasa Jawa), “NDAK” adalah kependekan dari landak.

Mungkin seperti itulah sekilas sejarah terbentuknya nama Pantai Sundak, untuk jalan menuju ke lokasinya pun cukup mudah dilalui, karena jalan utama sudah beraspal halus memungkinkan untuk sampai ke tujuan tidak susah. Namun, untuk sekedar saran saja, bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Karena untuk akses transportasi umum belum bisa mencapai ke tempat Pantai Sundak. Hanya saja letaknya yang berada di pegunungan membuat jalan yang dilalui berliku-liku sehingga pengunjung harus selalu berhati-hati dalam berkendara.

Jalan menuju Pantai Sundak Yogyakarta bisa dilalui dengan beberapa rute, namun pada dasarnya tetap sama saja seperti mengunjungi pantai-pantai di Tepus. Jika ingin berkunjung ke pantai ini pengunjung bisa melaui rute dari Yogyakarta, Solo, maupun Wonogiri. Nah, jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, ambilah ke arah Patuk, dilanjutkan menuju arah Wonosari, lalu setelah masuk Kecamatan Tepus terdapat plang yang menunjukan ke arah Pantai Sundak.

Lalu jika Anda berangkat dari Kota Solo, rute yang Anda lalaui yaitu menuju ke Semin, selanjutnya menuju daerah Karangmojo, setelah itu ambillah arah Wonosari, setelah sampainya di Tepus Anda bisa melihat plang menuju Pantai Sundak. Nah, yang terkahir jika Anda berangkat dari Kota Wonogiri, menujulah ke arah Rongkop, lalu ke Semin, sesampainya Anda akan berada di lokasi Pantai Sundak. Pada waktu perjalanan, Anda dihimbau untuk tetap berhati-hati. Sebab, perjalanan menuju pantai ini lumayan tajam tikungan yang akan Anda lalui. Sebelum berangkat perjalanan, cek terlebih dahulu perlengkapan berkendara Anda.

Kunjungi :  Pesona Menakjubkan Pantai Siring Kemuning Bangkalan Madura

Menikmati Sunrise di Pantai Sundak

Pantai Sundak Jogja
Instagram by @yogaajipamungkas

Sesampainya di Lokasi Pantai Sundak Jogja,pengunjung dapat melihat panorama keindahan pantai disertai deburan ombak yang lumayan besar. Jangan khawatir, Tiket masuk Pantai Sundak Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta Rp.5000 saja per orangnya untuk parkir, karena tiket masuk di pantai-pantai Gunung Kidul sudah termasuk membayar di pintu utama gerbang masuk wisata. Itupun jika hari besar, jikalau hari biasa pengunjung hanya di kenakan biaya Rp.4000 saja. Cukup murah bukan? Dengan biaya yang tidak merogoh kantong Anda dalam dalam, Anda sudah bisa menikmati keindahan di Pantai Sundak dengan sepuas hati.

Selain itu, menyinggung spot terbaik untuk menunggu indahnya bias cahaya mentari muncul di Gunung Kidul dapat pengunjung nikmati di Pantai Sundak. Ya, pantai ini memang menjadi salah satu dari sekian banyak spot sunrise di Gunung Kidul. Ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan-wisatawan pribumi maupun asing untuk berdatangan menikmati keindahan panorama pantai. Tentunya bagi yang ingin menikmati sunrise haruslah melewati waktu malam terlebih dahulu, mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya dimana akan menginap. Tenang, jika Anda ingin berlama-lama atau hanya bermalam saja, terdapat hotel di Pantai Sundak, berjarak tidak begitu jauh dengan pantainya yang memungikinkan jika nantinya pengunjung ingin menikmati indahnya sunrise.

Menikmati sunrise tidak harus menginap di hotel, bagi seorang traveller tentunya sudah tahu apa yang akan di lakukan. Ya, yaitu dengan camping, mendirikan tenda di tepi pantai ini juga bisa Anda coba sensasinya jika berkunjung bersama teman atau sahabat Anda di Pantai Sundak. Namun, perlengkapan tenda, matras, dan logistik pun harus dipersiapkan matang-matang. Menyambut malam yang dingin diiringi musik sambil bernyanyi ditepi pantai sembari menunggu sunrise bisa dilakukan pengunjung. Tetapi hal yang harus ditekankan bagi setiap wisatawan, yaitu tentu saja kebersihan, petugas jaga pantai ini selalu menghimbau untuk sesudah ber camping untuk tidak meninggalkan sampah sembarangan.

Kunjungi :  Letak, Harga Tiket, dan Destinasi Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Pesona Pantai Sundak
Instagram by @4_kubocahkampung

Fasilitas Pantai Sundak pun sudah bagus, terdapat pondok-pondok atau gazebo yang dibangun di bibir pantai. Berguna untuk pengunjung beristirahat setelah berjalan-jalan menikmati keindahan pantai dan juga bisa untuk tempat bersinggah bersama keluarga. Terdapat juga warung-warung makanan dan minuman bagi Anda yang lapar dan haus, Anda bisa memesan dan menikmati hidangan di gazebo tersebut. Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan, tentu saja disetiap tempat mempunyainya.

Pantai Sundak Sendiri sama halnya dengan Pantai Timang, yaitu dimana kekurangannya pengunjung tidak dapat menikmati berenang di pantainya. Karena mengingat ombaknya yang besar, juga menghempas tebing karang cukup ganas, akan berbahaya bagi pengunjung jika berenang di pantainya. Namun, kelebihan Pantai Sundak pun banyak sekali, seperti menikmati sunrise, bermain bola di pasir pantainya, ataupun jika Anda mempunyai Hammock bisa dibawa kemari dan rasakan sensasi bergelantungan sembari menikmati keindahan pantai.

Beda halnya jika berkunjung di Pantai Wediombo, Anda bisa berenang sepuasnya karena terdapat kolam renang alami di pantai ini. Pantai Wediombo terletak tidak jauh dari Pantai Wohkudu dan Pantai Watu Kodok. Karena pantai-pantai ini masih satu wilayah Wisata Pantai Gunung Kidul, jadi tidak ada salahnya jika sesudah menikmati sunrise di Pantai Sundak, beranjaklah menjelajahi pantai-pantai tersebut untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */