Surganya Wisata Indonesia

Primadona Baru Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

0
Primadona Baru Pantai Srau Pacitan Jawa Timur
Nilai Artikel Ini

Jalan Menuju Lokasi Wisata Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

Jalan Menuju Lokasi Wisata Pantai Srau Pacitan Jawa Timur
Instagram by @riki_aryan

Pantai Srau Pacitan – Meskipun disebut sebagai negeri seribu goa, Pacitan juga memiliki pantai yang tak kalah indahnya dengan goa yang ada. Salah satu yang menjadi pilihan terbaik adalah Pantai Srau Pacitan Jawa Timur. Pantai Srau sering disebut pantai perawan nan menawan karena keindahannya yang luar biasa ditambah keberadaannya yang belum banyak diketahui khalayak ramai. Membuat pantai ini masih asri dan bersih, tak ada sampah yang berserakan dan kesejukan alamnya akan mengalihkan dunia kita. Jika Anda tidak percaya silahkan untuk datang berkunjung.

Rute dan Lokasi Pantai Srau di Pacitan

Pantai ini terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Karena letaknya di Dusun Srau makan pantai ini disebut Pantai Srau. Akses jalan menuju Pantai Srau Pacitan dalam kondisi baik, dari Pacitan sendiri jaraknya sekitar 30 km. Ada beberapa rute untuk sampai ke lokasi, Anda bisa dari Pacitan, Solo maupun Jogjakarta. Jika kita berada di alun-alun Pacitan bisa menuju arah barat dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi langsung ke lokasi karena banyak petunjuk arah yang telah disediakan. Jika Anda dari Jogja bisa menggunakan kereta api ke Stasiun Tugu atau menggunakan pesawat dari bandara, lalu menyewa kendaraan sampai ke lokasi.

Untuk rute Pantai Srau dari Solo, kita bisa beranjak dari Solo menuju Sukoharjo, setelah itu ke Ngadirojo, lalu ke arah Giriwoyo, diteruskan ke arah Donorojo dilanjutkan ke Punung yang kemudian sampai di Pringkukuh. Dari situ kita menuju desa Candi , lalu mengikuti petunjuk arah yang ada atau bisa bertanya ke warga sekitar, karena pasti akan dijawab dengan baik oleh warga yang Anda jumpai. Jika kita menggunkaan mobil pribadi waktu yang diperlukan sekitar 3,5 sampai 4 jam dengan melewati pegunungan yang cukup sempit dan berkelok-kelok, tetapi tenang saja, jalannya sudah beraspal dan tentunya kanan dan kiri jalan dipenuhi pepohonan yang indah. Yang akan menghibur Anda selama perjalanan.

Kunjungi :  47 Tempat Wisata di Sukabumi yang Mempesona Wisatawan

Keindahan Pantai Srau Paringkuku Pacitan

Keindahan Pantai Srau Paringkuku Pacitan
Instagram by @imemteguh

Pantai Srau Kecamatan Pacitan Jawa Timur ini sudah mulai menjadi primadona, wisata yang menjadi andalan Pacitan ini kini mulai merajai tangga list liburan yang harus dikunjungi saat kita berlibur di Pacitan. Keindahan pantai yang ada, akan memanjakan mata Anda dan pilihan fasilitas yang tersedia akan membuat kunjungan Anda menjadi lebih bermakna.

Pantai ini selain terkenal karena letaknya yang tersembunyi, juga terkenal karena pasir pantainya yang putih bersih. Dan ombaknya yang cukup besar menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat belajar bagi peselancar pemula. Banyak diantaranya wisatawan asing yang menjadikan Pantai Srau sebagai tempat berselancar. Debur ombaknya bisa menjadi tempat yang pas untuk surfing. Tak hanya sebatas itu, keberadaan bukit-bukit karang menambah keindahan Pantai Srau.

Pembagian Pantai Srau

Pembagian Pantai Srau
Instagram by @imemteguh

Sebelah timur menjadi area yang cocok untuk menikmati sunrise. Di sekeliling bibir pantai terdapat kumpulan batuan karang yang mencuat membentuk perbukitan kecil yang elok, ditambah dengan airnya yang jernih dengan dominasi warna biru membuat keindahan yang ada semakin nyata. Warna biru yang ada menandakan bahwa air yang ada sangat dalam, sehingga perlu hati-hati saat berada di pantai. Pasang surut pantai menyebabkan lokasi ini memiliki daerah berpasir yang indah, bukan sekedar batu. Dan kadang ombaknya cukup tinggi.

Pantai Srau Pacitan
Instagram by @yudisyahr

Di bagian tengah dapat memandang luas ke arah laut lepas. Untuk menuju lokasi Anda perlu menyusuri aspal kecil mulai dari pos penjagaan di pintu masuk menuju ke arah barat, nanti Anda akan langsung disuguhi hamparan pantai yang luas menuju laut lepas. Pemandangan batu besar yang berdiri kokoh dan menjulang di tengah laut menambah keindahan panorama di lokasi ini.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Madura Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Sebelah barat Anda akan mendapatkan panorama matahari terbenam dimana diujung paling barat ada anjungan kecil dan juga ada sumber mata air tawar. Dan apabila pantai surut, kita bisa berjalan kearah bukit karang, tempat ini menjadi tempat favorit untuk fotografi, baik selfie maupun modeling. Dan tempat ini terkenal sebagai wisata Pacitan Pantai Srau sunset. Satu lagi, disini juga terdapat sebuah villa yang sudah kosong, kekosongan itu disebabkan karena sang pemilik merasa terganggu oleh keberadaan makhluk tak kasat mata didalam villa. Sehingga villa tersebut terkenal angker.

Seperti yang tadi sudah dikemukakan, letaknya yang tersembunyi, membuat pantai ini seakan menjadi private beach karena memang belum banyak pengunjung yang datang. Dan setelah mengetahui semua keindahan yang ditawarkan, apakah Anda tidak tertarik untuk datang berkunjung?

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Srau

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Srau
Instagram by @dheny_fragma

Untuk harga tiket masuk Pantai Srau sendiri hanya dibandrol dengan harga Rp. 5.000,00 untuk satu orang, murah bukan? Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir. Fasilitas yang ada berupa surfing, camping dan area parkir. Di sini masih jarang terdapat warung, sehingga jika ingin mendapatkan makanan Anda harus keluar dari area pantai. Dan tidak ada penginapan di Pantai Srau Pacitan.

Jika Anda ingin tidur di pantai bisa membawa tenda sendiri. Atau bisa menginap di rumah warga sekitar, karena sebagian warga sudah membuka rumahnya untuk dijadikan Homestay. Untuk tarifnya sendiri beragam, mulai dari Rp. 60.000,00 sampai Rp. 130.000,00 untuk satu malamnya. Bagi yang akan datang ke Pantai Srau dengan menyewa kendaraan, untuk mobil dibandrol seharga Rp. 550.000,00 dan motor Rp. 40.000,00 untuk satu harinya.

Masih dengan wisata di Pacitan, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Di pantai ini kita dapat menikmati pantai pasir yang putih dan batu karang, serta tebing-tebing yang mengelilingi pantai. Masih segaris dengan Pantai Teleng Ria. Jalan menuju pantai ini naik turun dengan pemandangan bukit, gua, stalaktit, stalagmite dan pohon kelapa.

Kunjungi :  Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Varian Wisata Kampung Coklat Blitar 
Pantai Srau Pacitan Jawa Timur
Instagram by @solaubine

Membahas Pacitan tanpa menyebutkan goa yang ada rasanya kurang pas. Salah satu yang menjadi kebanggan Indonesai ada di Pacitan ini. Goa Gong Pacitan merupakan goa terindah di Asia Tenggara yang terletak di Dusun Pulo, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Keindahan stalaktit dan stalagmite yang memiliki kedalaman 256 m, yang terbentuk ratusan tahun yang lalu akibat vulkanik dan gerakan termik ribuan tahun lalu. Disebut Goa Gong karena warga sering mendengar suara gong atau gamelan Jawa dari dalam goa.

Selain keindahan Pantai Srau Pcitan dan beberapa goanya, Pacitan juga memiliki sungai yang terkenal dengan sebutan The Indonesia’s Amazon, adalah Sungai Maron Pacitan yang terletak di Desa Darsono, Kecamatan Paringkuku, Kabupaten Pacitan. Disebut sebagai Amazonnya Indonesia karena di sini kita bisa menyusuri sungai yang ada dengan background panorama alami, yaitu pohon kelapa dan airnya yang jernih dengan kedalaman maksimal 20 meter. Kejernihan airnya juga dimanfaatkan oleh warga untuk kehidupan sehari-hari. Sungai ini berujung ke muara Pantai Ngiroboyo. Waktu yang dibutuhkan untuk susur sungai sekitar 4,5 km dengan waktu 45 menit. Untuk perahu sendiri dapat disewa dengan harga Rp. 100.000,00 sampai Rp. 150.000,00, dengan biaya masuk Rp. 2.000,00. Setiap tahun diadakan lomba dayung di sungai ini. Demikian sedikit informasi yang bisa menjadi referensi Anda untuk berlibur di Pacitan. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */