Surganya Wisata Indonesia

Panjat Tebing dan Camping di Pantai Siung Gunung Kidul

0
Panjat Tebing dan Camping di Pantai Siung Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Kegiatan di Obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul

Wisata Pantai Siung
Instagram by @yucup_hanafi

Pantai Siung Gunung Kidul – Apakah Anda seorang yang suka akan tantangan? Ataukah orang yang suka akan menikmati dinginnya malam di depan tenda sembari menyeduh coklat hangat di tepi pantai? Jika iya, maka beruntunglah Anda yang mempunyai hobi tersebut. Wisata Gunung Kidul kaya akan potensi wisata alamnya, berderet jajaran pantai, gua-gua untuk dijelajahi memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang suka menikmati alam.

Ya, Pantai Siung Jogja merupakan sebuah asset pariwisata Jogja yang memiliki keindahan yang luar biasa. Jangan hanya dikira bahwa Gunung Kidul mempunyai Pantai Baron saja sebagai ikon yang sangat dikenal, namun ada wilayah di daerah Gunung Kidul yang menyimpan banyak tempat surgawi yang indah. Banyak terdapat pantai menarik dengan panorama yang unik. Salah satunya adalah Pantai Siung. Pantai yang kini ramai di perbincangkan di berbagai media sosial, sebab selain keindahan pemandangan pantai yang menawan, pengunjung juga di tawari untuk mencoba panjat tebing.

Lokasi Pantai Siung Wonosari yaitu terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 77 km dari kota Yogyakarta dengan memiliki titik koordinat lokasi (GPS): 8°10’55″S 110°40’58″E. Pantai ini juga cukup luas untuk melakukan berbagai macam aktivitas di tepi pantai, mulai dari bermain pasir dan ombak, memancing dan bermain voli pantai. Kondisi pantai ini tidak seramai yang Anda kira dan cenderung sepi sehingga akan sangat nyaman dan tenang bila untuk berlibur bersama sahabat maupun keluarga Anda.

Alamat Pantai Siung di Jogja juga mudah ditemukan, karena pantai ini juga masih satu arah dengan Pantai Indrayanti yang mungkin sudah tersohor dikalangan umum, jadi memungkinkan pengunjung yang ingin berpetualang di Pantai Siung dapat mencapainya dengan mudah. Terdapat beberapa rute untuk mencapai lokasi pantai ini, tentunya jika sudah mengetahui rute arah Pantai Indrayanti yang sudah populer akan mudah untuk sampai di lokasi.

Kunjungi :  55 Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Menuju Pantai Siung dianjurkan untuk mengendarai kendaraan pribadi, pasalnya, untuk kendaraan umum tidak bisa mengakses sampai lokasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda langsung saja mengikuti rute dari Yogyakarta – menuju Jalan Wonosari – Patuk – Pasar Wonosari belok kanan – pertigaan Mulo belok kiri – Pertigaan Siung belok kanan – Pantai Siung.  Jika berangkat sendirian dan ingin backpacker ke lokasinya, Anda bisa naik transportasi umum, yaitu dengan naik bus jurusan Jogja – Wonosari di Terminal Giwangan atau Perempatan Ketandan menuju Terminal Wonosari, sesampainya di Terminal Wonosari perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan desa jurusan Jepitu dan turun di pertigaan Pantai Siung, kemudian melanjutkan dengan naik ojek hingga bibir pantai.

Pantai Siung
Instagram by @widarkohartono

Sejarah Pantai Siung sendiri menurut sesepuh daerah yaitu karakteristik batuan karang yang menonjol seperti “siung” dalam bahasa jawa yang berarti gigi taring, menurut cerita sesepuh setempat, ada sebuah batuan karang yang menjorok kelaut berbentuk seperti gigi kera atau siung, maka pantai ini dinamakan pantai siung.

Nah, ketika akan sampai di lokasi akan terlihat tebing-tebing menujlang lumayan tinggi di bibir Pantai Siung, tebing sebelah timur yang menjulang itu nantinya jika Anda ingin merasakan sensai panjat tebing serta mengasah kemampuan fisik dan mental Anda.

Sesampainya di lokasi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Siung sebesar Rp.3000 saja per orangnya, dan di kenakan biaya parkir Rp.2000 untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Cukup murah bukan? Jadi tunggu apalagi, ajaklah sanak keluarga atau sahabat Anda untuk menikmati keindahan yang tiada tara di Pantai Siung Gunung Kidul ini.

Panjat Tebing di Pantai Siung

Panjat Tebing Pantai Siung
Instagram by @abdulazizassyukri

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2005, telah meresmikan kawasan hobi khusus panjat tebing di tempat ini, para wisatawan mulai berdatangan untuk melihat keindahan Pantai Siung. Berjalan dari waktu kewaktu Pantai Siung  ini mulai berbenah dan semakin terkenal setelah tempat ini digunakan untuk lokasi Asean Climbing Gathering 2005 yang diikuti oleh 250 peserta pemanjat dari 6 negara  yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Perancis dan Jerman.

Kunjungi :  Wisata Keluarga ke Pulau Nusakambangan Cilacap

Setelah adanya perlombaan climbing pada tahun 2005 tersebut, barulah pengunjung serta para climber indonesia maupun mancanegara berdatangan untuk mencoba memanjat tebing di Pantai Siung ini. Tidak hanya itu, tempat ini juga sering digunakan para MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) dari berbagai universitas berkunjung untuk melakukan training atau diklat pada hari Sabtu dan hari Minggu. Oh ya, di kawasan panjat tebing tersebut juga terdapat sekitar 250 track pemanjat dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga banyak orang menyebut pantai Siung ini sebagai the best rock climbing site in Yogyakarta.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba atau mengasah kemampuan fisik dan mental Anda, bisa langsung mendatangi lokasi Pantai Siung Gunung Kidul. Untuk biaya memanjat tebing, Anda bisa koordinasi langsung dengan pengelola wisata setempat, karena biasanya panjat tebing di Pantai Siung sudah termasuk satu paket wisata tour Jogja.

Camping di Pantai Siung

Pantai Siung jogja
Instagram by @berjebrawxx

Pantai Siung Jogja menawarkan banyak sekali kenikmatan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, segarnya biru air lautnya, pasir yang putih di tepi pantai yang cukup luas tentunya sangat menarik jika dijadikan sarana bermain, seperti takrau, volly pantai, futsal pantai dan lain sebagainya. Tentunya sangat asyik jika berkunjung disini bersama sanak keluarga ataupun sahabat-sahabat Anda.

Selain pengunjung bisa mencoba melatih mental dengan memanjat tebing, ada satu hal yang harus dicoba juga, yaitu camping di Pantai Siung. Menikmati hembusan angin laut malam, memasak di depan tenda, membuat api unggun dan bercengkrama bersama teman sembari menyeduh kopi panas mungkin akan menjadi kenikmatan tersendiri yang patut Anda coba. Namun mengingat peralatan camping yang cukup banyak, seperti kompor portable, nesting untuk memasak, matras, tenda dan lain-lain ini tidak disediakan oleh pengelola setempat,  jadi Anda harus mempersiapkan dengan lengkap dan teliti  dari rumah ketika ada rencana berkemah di tepi pantai.

Kunjungi :  11 Tempat Wisata Terindah di Indramayu dan Sekitarnya

Selain ground camp juga ada basecamp yang berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 15 orang. Nah, mungkin jika Anda mendapati teman atau siapa saja orang yang mengalami hal yang tak diinginkan, bertitahu rescue segera atau Anda juga bisa menjadi menyelamat dengan langsung membawa di basecamp tersebut.

Nah, bagi Anda yang ingin berlama-lama di kawasan Pantai Siung, baru-baru ini terdapat penginapan Pantai Siung di sekitaran lokasi. Alternatif bagi Anda jika mengajak keluarga dan mungkin belum siap di ajak camping, bisa Anda menyewa penginapan di sekitaran pantai. Seperti bamboo lengkung Indrayanti Tepus, Gunung Kidul, Rock Garden Homestay, Bamboo Sadranan, Pondok Shafalla yang merupakan salah satu hotel murah di jogja atau penginapan murah di jogja yang memiliki tempat strategis dekat dengan tempat-tempat wisata.

Tentunya sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, harus bangga akan potensi dan kekayaan alam yang sangat melimpah. Soe hok gie pernah mengatakan “ sebagai warga negara indonesia, kita harus tau kekayaan alam yang dimilikinya, dan tidak melulu mengetahui tentang masalah yang ada” mungkin benar adanya, jadi tunggu apalagi, ajaklah sanak saudara Anda keluar menikmati keindahan-keindahan alam di Negeri ini supaya tahu bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa.

Nah, tentu obyek wisata Gunung Kidul lainnya masih banyak sekali  yang patut Anda kunjungi. Selain Pantai Siung, tidak jauh dari lokasi ini terdapat pula Pantai Sepanjang. Tidak hanya itu, spot foto menarik juga terdapat di Pantai Seruni dengan air terjunnya yang menarik. Nah, jika memang Anda ingin melakukan snorkeling, Anda bisa mengunjungi Pantai Sadranan yang juga terletak tidak jauh dari lokasi pantai-pantai tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */