Pantai Sipelot Malang yang Gratis nan Eksotis

0

Rute Akses Jalan Menuju Pantai Sipelot Malang Selatan

Pantai Sipelot
Instagram by @nisanurislam27

Pantai Sipelot Malang – Penjajah Belanda yang lama tinggal di Indonesia, ternyata tidak hanya meninggalkan aset sejarah berupa bangunan-bangunan tua, monumen, dan hal serupa lainnya, namun juga wisata alam. Ada satu tempat rekreasi di Kabupaten Malang yang terkenal dengan namanya yang berasal dari serapan bahasa Belanda. Hal ini karena tempat tersebut pada zaman dahulu sering digunakan sebagai tempat persinggahan yang nyaman oleh bangsa Belanda ketika menaiki kapal laut. Tempat tersebut bernama wisata Pantai Sipelot Tirtoyudo Malang. Kata Sipelot, diambil dari bahasa Belanda Spelot yang berarti persinggahan. Sebab sering terdengar dan dipakai oleh bangsa pribumi, kata Spelot berubah menjadi Sipelot. Banyak sekali bahasa lokal yang mengambil kata dasar dari bahasa serapan. Kata-kata tersebut menambah kekayaan kosa kata dalam berbahasa di Indonesia.

Berbicara mengenai Pantai Sipelot, dilihat dari cerita sejarahnya, pantai ini sejak dahulu telah memperlihatkan keindahannya. Buktinya, para penjajah turut serta menikmati pesona alamnya. Tidak bisa dipungkiri, sekarangpun, siapa saja, pasti akan terpikat oleh view yang ditawarkan. Hamparan pasir putih kecoklatan, dengan air lautnya yang berwarna-warni menambah semarak suasana pantai. Tampak dari kejauhan, bukit-bukit hijau berjejer menjadi hantaman ombak yang datang. Berkat adanya bukit tersebut, lokasi Pantai Sipelot Malang Selatan menjadi berbentuk seperti teluk. Di belakang pantai, ada kolam alami air payau yang ditumbuhi rumput-rumput air dengan bunga-bunga mekar yang indah. Di sebelah timur, berdiri gagah batuan keras yang ditempeli oleh tumbuhan pohon yang rendah. Nan jauh di mata, ada pemandangan lain yang lebih menakjubkan, yaitu cucuran air terjun setinggi 10 meter yang menghadap langsung ke laut lepas. Warga menyebut air terjun tersebut sama dengan nama pantainya, yaitu Air Terjun Sipelot atau Air Terjun Pantai Sipelot. Ada dua cara untuk bisa mencapai lokasi air terjun. Anda yang hobi berolahraga, tentu cara pertama ini adalah opsi utama. Anda bisa berjalan kaki kemudian menaiki bukit dan turun ke bawah air terjun melalui jalan setapak. Bila Anda mengendarai kendaraan pribadi, Anda bisa menitipkannya sementara waktu di halaman rumah-rumah penduduk setempat sebelum mencapai lokasi bukit. Cara kedua, Anda menyewa kapal nelayan untuk bisa sampai ke tempat seberang. Cara kedua ini menambah biaya sebesar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000. Nah, Anda bisa memilih satu dari dua cara tersebut sesuai budget yang Anda sediakan. Bagi Anda yang hendak menaiki kapal, Anda bisa berlayar sembari melihat pemandangan bawah air.

Kunjungi :  Terumbu Karang Indah di Pantai Kondang Merak Malang
Aktivitas Mantai di Pantai Sipelot
Instagram by @riswandha_putra_pratama

Air Terjun Sipelot berasal dari mata air yang ada di atas bukit. Anda bisa menikmati segarnya mandi air tawar di bawah air terjun. Dasar curahan air terjun cukup dangkal, sehingga cukup aman untuk area bermain. Tingginya yang mencapai 10 meter tersebut tidak tercurah langsung dari atas tebing, melainkan berbentuk landai merayap pada beberapa meter dari panjangnya yang 10 meter. Satu tempat wisata dengan dua keindahan. Wisata pantai yang indah dan air terjun atau coban yang menggoda. Anda bisa menikmati kesegaran dua jenis air yang berbeda dalam satu tempat.

Area Pantai Sipelot terbagi menjadi 3 bagian. Wilayah yang sering digunakan oleh wisatawan untuk “mantai” adalah area kanan dan kiri. Sedangkan bagian tengah dimanfaatkan oleh para nelayan daerah setempat untuk memarkir kapal-kapal mereka selepas menangkap ikan. Terdapat puluhan kapal dengan peralatan menangkap ikan yang terpampang di tempat tersebut. Anda bisa menyaksikan aktivitas para nelayan di tempat ini. Baik pada saat berlayar, menepi kemudian bersama-sama memarkir kapal, dan menaik turunkan hasil tangkapan ikan dari lautan Samudera Hindia.

wisata Pantai Sipelot Tirtoyudo
Instagram by @abdililahdzakiya

Tiket masuk Pantai Sipelot Dampit Malang adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Tarif masuk dikenakan pada saat musim liburan tiba. Biasanya, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan tempat wisata masih swadaya warga setempat. Masyarakat sekitar dengan suka rela menjadi tenaga penjaga tempat parkir yang area parkirnya pun berada pada tanah milik warga. Usaha yang patut diapresiasi. Dengan semangat yang tinggi, warga menjadikan lokasi wisata di tempat tinggal mereka menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi. Selain tempat parkir, ada fasilitas lain yaitu toilet dan musholla. Toilet tersebut juga dibangun secara swabiaya oleh warga. Hal-hal yang masih sangat disayangkan adalah kebersihan pantai. Di beberapa sudut, terdapat tumpukan-tumpukan sampah yang berserakan. Maklum saja, karena pengelolaan tempat wisata Pantai Sipelot masih belum maksimal. Seharusnya, walau tidak ada pihak pengelola secara resmi, kebersihan menjadi tanggung jawab bersama terutama pengunjung. Pengunjung harus dengan penuh kesadaran turut merawat keindahan pantai dengan tidak membuang sampah disembarang tempat. Bila saja ada kerja sama yang baik antara warga dengan pemerintah setempat, pasti Pantai Sipelot ini bisa sepopuler Pantai Balekambang.

Kunjungi :  Surga Dunia di Wisata Guci Tegal yang Sangat Indah

Lokasi Pantai Sipelot berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Karena letaknya yang berada di Desa Pujiharjo, ada pula kalangan wisatawan yang menyebut Pantai Sipelot dengan nama Pantai Pujiharjo. Peta Pantai Sipelot di Malang sudah tersedia di google maps. Anda bisa melihat peta untuk mempermudah menemukan akses jalan menuju Pantai Sipelot Malang Jawa Timur.

Rute ke Pantai Sipelot Pujiharjo melewati beberapa wilayah kecamatan, sebab jarak pantai dengan pusat Kota Malang cukup jauh. Dari arah kota, putar kendaraan menuju selatan arah Kecamatan Gadang. Dari Kecamatan Gadang lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bululawang kemudian Kecamatan Turen, Kecamatan Dampit, dan terakhir Kecamatan Tirtoyudo. Di kecamatan ini, Anda cari arah menuju Desa Pujiharjo. Dari desa ini, rute Pantai Sipelot Tumpel Gading mudah dilalui karena sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda menuju lokasi. Anda disarankan untuk mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan terutama sepeda motor, sebab, area jalan yang sempit serta medan perbukitan yang banyak terdapat tanjakan, turunan, serta kelokan. Untuk menambah “gereget” Anda dalam bertualang, selepas mengunjungi Pantai Sipelot, Anda bisa berwisata ke Pulau Sempu.

Aktivitas “Mantai” di Pantai Sipelot

wisata Pantai Sipelot
Instagram by @
rikamiboo
  • Fotografi

Jangan lupa untuk membawa peralatan untuk kegiatan yang satu ini. Banyak sekali sudut-sudut eksotis yang bisa Anda potret di pantai ini. Dari arah depan dengan pemandangan pasir serta bukitnya yang hijau, bunga-bunga ungu di atas kolam air payau, serta air terjunnya yang menyejukkan mata. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen Anda beserta orang-orang tercinta. Latar foto yang bagus sangat sayang untuk dilewatkan.

  • Snorkeling

Pantai Sipelot mempunyai pemandangan bawah air yang tak kalah indah dengan pantai selatan lainnya. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling di pantai ini. Terumbu karang yang bervariasi serta ikan-ikannya yang muncul tenggelam dari karang seakan mengajak Anda untuk berlama-lama berenang.

  • Berkemah
Kunjungi :  Museum Ronggowarsito di Semarang, Tempat Rekreasi Sekaligus Edukasi

Anda juga dapat melakukan kegiatan perkemahan di Pantai Sipelot. Tempat wisata Malang ini mempunyai pasir yang landai, sehingga bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Selain itu, udara yang tidak terlalu dingin dan ombak yang tidak begitu besar adalah perpaduan tempat yang pas untuk kegiatan bermalam Anda di bawah tenda. Membicarakan acara berkemah, bila Anda menginginkan penginapan di Kabupaten Malang dengan suasana khas perkemahan, Anda bisa berwisata ke Omah Kayu Malang. Penginapan di tempat tersebut dibuat di atas pohon layaknya Anda sedang berkemah karena tempat penginapannya hanya terbuat dari kayu dengan ukuran mini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */