Intip Nuansa Kuta Pantai Sepanjang Wonosari Gunung Kidul

0

Rute Jalan Menuju Pantai Sepanjang Wonosari Gunung Kidul

Icon Pantai Sepanjang
Instagram by @vitriarisma

Pantai Sepanjang Gunung Kidul – Sinar mentari menghangati pagi di Yogyakarta, memandangi lautan lepas di pesisir pantai dengan gulungan ombak silih berganti. Pasir putih membentang dari ujung ke ujung, memberikan keindahan bagi siapa saja yang melihatnya. Wisata Gunung Kidul memang sangat terkenal akan pantainya bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Jadi tidak heran jika mengunjungi berbagai pantai di Gunung Kidul selalu saja ramai pengunjung.

Tersimpan keindahan yang begitu menawan ketika Anda mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul, Yaitu Pantai Sepanjang Kemadang Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa orang sering menyebutnya dengan Pantai Kuta tempo dulu, sebab memang keindahan panorama pantai di sini memang mirip seperti pantai yang berada di Pulau Bali itu.

Pantai Sepanjang Jogja
Instagram by @ariprtma

Untuk Deskripsi Pantai Sepanjang Wonosari dapat digambarkan sebagai berikut. Pantai ini sebagai salah satu objek wisata yang indah dengan berjejer pohon palem khas pemandangan pantai. Pantai Sepanjang indah nan menawan ini memiliki hamparan pasir meluas dan memanjang, begitupun areanya yang bersih juga tertata rapi. Pada Tahun 2015, pantai ini pernah menjadi tuan rumah untuk perlombaan volly pantai tingkat nasional.

Selain luas dan penjang pemandangan pasir pantai yang menawan, di Pantai Sepanjang pengunjung dapat melihat air lautnya yang begitu biru dan segar seakan ingin berenang di lautnya. Angin sepoi-sepoi pantai dan suara ombak khas alam membuat jiwa tentram dan damai ketika berada di sana. Pasti akan sangat mengasyikan sekali jika berkunjung ke pantai ini bersama teman-teman maupun sanak keluarga, karena pasir pantainya yang luas sehingga bisa leluasa untuk bermain-main atau game sederhana.

Kunjungi :  Pesona Alami dari Pantai Sundak Gunung Kidul

Terik panas matahari memang menyengat di siang hari, tetapi jangan khawatir, sebab jika Anda merasa lelah sesudah bermain atau berjalan-jalan menyusuri tepi pantai, terdapat gazebo yang disediakan oleh pengelola setempat untuk beristirahat atau sekedar menikmati angin semilir pantai. Berada di gazebo akan terasa sejuk, sebab atapnya sendiri terbuat dari alang-alang yang dikeringkan lalu disusun dengan rapinya. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati makanan ringan yang terbuat dari olahan khas laut serta minuman es segar kelapa muda untuk melengkapi nikmatnya berkunjung Pantai Sepanjang.

Rute  Menuju Pantai Sepanjang Jogja

Deskirpsi gambaran pantai sepanjang di atas mungkin membuat Anda penasaran untuk segera mengunjunginya. Jangan khawatir, lokasi Pantai Sepanjang ini mudah untuk dikunjungi. Dengan berbagai rute pun bisa Anda lalui menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Letak Pantai Sepanjang Wonosari ini berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul. Peta Pantai Sepanjang Gunung Kidul menunjukkan bahwa Pantai Sepanjang terletak pada Koordinat GPS: 8°8’12″S 110°34’0″E.

Jalan menuju Pantai Sepanjang Yogyakarta jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta, Anda melajulah ke arah Wonosari, lalu terus saja hingga sampai Jalan Baron, dilanjutkan ke Tanjungsari,  Pertigaan setelah masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur, lalu pintu masuk Pantai Kukup ke timur, sampailah  Anda di Pantai Sepanjang.

Rute kedua adalah dari Yogyakarta,  melaju ke Piyungan, lalu ambil arah Patuk, Anda akan sampai Wonosari, setelah Pertigaan mulo Anda ambil ke kiri, menuju ke Tepus, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Krakal, lalu Anda sampai Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang
Instagram by @@bhima2105

Nah, itulah rute menuju Pantai Sepanjang Jogja. Untuk tiket masuk Pantai Sepanjang Teluk tentunya tidak akan merogoh kocek Anda dalam-dalam. Hanya dengan menyediakan uang sebesar Rp 12.000 saja per orangnya, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai yang ditawarkan dengan suasana yang masih alami ini. Dengan rincian untuk pembelian tiket masuk hanya sekali bayar di TPR Baron atau TPR Tepus per orang hanya Rp.10.000, lalu dilanjut dengan biaya parkir Rp.2.000.

Kunjungi :  Pusat Rekreasi Kesenian Taman Budaya Raden Saleh Semarang

Menyinggung Sejarah Pantai Sepanjang, mungkin menarik juga untuk dibahas. Nama pantai “Sepanjang” ini diberikan karena sesuai dengan lokasi pantainya mempunyai garis tepi pantai terpanjang di antara pantai-pantai yang berada di  Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai bernuansa alami, tropis dan masih sangat asri ini membentang dari ujung ke ujung sepanjang mata memandangnya. Juga pohon-pohon palem berjejer menghiasi bibir pantai membuat pengunjung semakin menikmati penorama khas pantai. Vegetasi yang masih alami juga terlihat di sini, terlihat karang-karang yang masih terawat ketika keadaan pantai pasang surut.

Pemkot Daerah Istimewa Yogyakarta maupun para investor yang merencanakan tempat ini dijadikan sebagai The Next Pantai Kuta. Karena memang dengan suasana indah menawan membuat para pengunjung damai akan eksotisnya Pantai Sepanjang ini. Tetapi mungkin Anda perlu mengetahui, bahwa suasana alami ini lah yang menjadikan Pantai Sepanjang memiliki nilai lebih daripada Pantai Kuta. Walaupun Pantai Sepanjang tidak menyediakan kafe-kafe mewah maupun pengingapan yang berbintang lima, tetapi pada dasarnya terdapat sebuah bentuk kedekatan manusia terhadap alam sendiri.

Wisata Pantai Sepanjang

Mengapa demikian? Karena hal ini dapat dilihat apabila Anda mengunjungi pantai ini lalu mencari karang-karang yang berada di pinggiran pantai maupun di dasaran. Banyak jenis kerang dan bintang laut di sekitarnya. Selain itu, Anda juga dapat menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput laut yang  tertanam.

Akan tetapi mengingat kelestarian alam yang harus dijaga, jangan sampai Anda membuang sampah sembarangan di tepi pantai ataupun di lautnya, dan juga jika bermain-main di laut haruslah berhati-hati karena masih terdapat bulu babi yang bentuknya bundar berwarna hitam dan dipenuhi duri. Penginapan di Pantai Sepanjang indah tentunya tersedia di sekitar kawasan ini, dan gubug-gubug di deretan pantai bisa dijadikan alternatifnya. Karena selain nyaman, fasilitas di sini juga sudah lumayan baik.

Kunjungi :  Spot Puncak Becici Bantul Cocok untuk Fotografi

Nah,jika Anda mengunjungi daerah Kabupaten Gunung Kidul, jangan lewatkan keindahan Pantai Sepanjang yang menawarkan banyak sekali pesona alamnya. Seperti keindahan Pantai Sadranan yang berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul jogja. Air lautnya yang begitu jernih, pemandangan alam pantainya yang indah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Selain keindahan alamnya, juga pengunjung ditawarkan bersnorkeling menikmati kedalaman laut, melihat ikan-ikan bercanda di dalam air.

Memang wisata Gunung Kidul tidak pernah ada habisnya jika di perbincangkan, atau bagi pengunjung sudah menyusuri pantai-pantainya, saatnya menelusuri goa-goa yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Salah satunya adalah Goa Jomblang, rekomendasi bagi wisatawan yang suka akan tantangan, dan menikmati cahaya surga dari perut bumi bisa langsung datang ke lokasi ini. Tidak berada jauh dari Goa Jomblang, pengunjung yang ingin menyusuri sungai serta tubing sembari menikmati keindahan goa bisa mendatangi Goa Pindul yang lokasinya terletak Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun untuk berkunjung ke lokasi goa-goa tersebut, disarankan untuk membawa rombongan. Karena memang kurang asyik jika caving maupun tubing berdua bersama pasangan saja, lebih asyik bersama teman satu kelas, sahabat atau keluarga.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */