Surganya Wisata Indonesia

Snorkeling di Pantai Sadranan Wonosari Gunung Kidul

0
Snorkeling di Pantai Sadranan Wonosari Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Gunung Kidul

Sunset di Pantai Sadranan
Instagram by @pantaisadranan

Pantai Sadranan Gunung Kidul – Bagi seorang penikmat alam ketika berada di Yogyakarta pasti akan mempunyai niat berlama-lama di daerah ini, terlebih menyinggung Kabupaten Gunung Kidul. Keindahan pagi ketika matahari terbit hingga romantisnya senja menyambut malam pun akan disuguhkan bagi siapa saja yang mengunjungi tempat-tempat di Gunung Kidul. Tidak hanya itu saja, panorama lestari alam hutan purba, deretan pantai membentang luas nan indah, serta asyiknya caving di goa pun akan Anda nikmati.

Berbicara wisata pantai Gunung Kidul, terdapat tempat di mana pengunjung bisa melihat dan menikmati pemandangan terumbu karang di dasar laut, dan cantiknya ikan-ikan berenang yang apik jika dipandang. Ya,Pantai Sadranan nama tempatnya, tempat idaman para traveller muda menikmati alam Indonesia melalui snorkeling. Snorkeling adalah kegiatan menyelami pantai atau bawah laut dengan menggunakan peralatan lengkap untuk menikmati keindahan alam dari kedalaman laut.

by instagram @my4myu
by instagram @my4myu

Melakukan snorkeling di Pantai Sadranan Wonosari Gunung Kidul pengunjung tidak perlu di laut lepas, akan tetapi cukup di sekitar area pantai. Karena memang tempat ini selain airnya yang sedikit dalam, juga gelombang ombaknya tidak begitu terasa atau bisa dikatakan cukup tenang. Tentunya untuk menyelam atau snorkeling membutuhkan alat yang lengkap, seperti pelampung, kacamata renang atau google,snorkel dan lain sebagainya. Pengunjung tidak perlu repot-repot membawa dari rumah, sebab di Pantai Sadranan pengelola sudah menyediakan persewaan peralatan tersebut. Watu Pecah dan Kali Senggoro, yaitu spot yang paling digemari untuk snorkleing. Tentunya akan sangat asyik jika datang ke pantai ini bersama teman-teman maupun sahabat.

Ketika bersnorkeling, Anda dapat melihat indah sekali ciptahan Tuhan yang berada di dalam laut, terdapat beribu terumbu karang yang eksotis serta jenis-jenis ikan cantik, seperti ikan Areng-Arreng, Botana Achilles, Ikan Lepu Morish dan juga Ikan Bontana Kuning yang tentunya memanjakan mata Anda ketika melihatnya.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata di Klaten dan Sekitarnya Paling Populer

Selain menyimpan sejuta keindahan, pantai ini juga memiliki sejuta kenangan, yaitu sebuah Tragedi Pantai Sadranan. Saat itu pada hari rabu pada tanggal 17 Juni 2015 tiba-tiba saja terjadi longsor di Pantai Sadranan ini. Patahan longsor tersebut diberitakan telah menimpa sejumlah pengunjung yang saat kejadian berada di bawah tebing. Tragedi ini memakan 1 korban tewas dan beberapa luka-luka bahkan ada yang patah tulang karena tertimpa reruntuhan tebing. Bisa disimpulkandari kejadian tersebut, bahwasanya kita harus tetap berhati-hati dan senantiasa berdo’a kepada Tuhan dengan diberikan kelancaran saat melakukan wisata atau perjalanan.

Lokasi dan Harga Tiket Snorkeling Pantai Sadranan

Lokasi Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju tempat ini juga terdapat berbagai rute, namun jangan khawatir, beberapa jalur mencapai Pantai Sadranan cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari arah Klaten : menujulah daerah Cawas – lalu menuju Semin – terus saja hingga Watukelir – melewati Karangmojo-Tanjungsari – Pantai Krakal – dan sampailah di Pantai Sadranan. Rute yang kedua jika Anda melewati Kota Jogja : Solo – Klaten (Jln. Solo-Jogja) – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus saja ke timur – lalu Wonosari – Jalan Baron – berikutnya ke Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – Pantai Krakal – sampailah ke Pantai Sadranan.

Jika Anda mungkin kebingungan, bisa menggunakan aplikasi google maps di android Anda untuk menuju ke lokasi ini. Dan untuk harga Tiket Masuk Pantai Sadranan cukup murah yaitu hanya Rp.10.000 saja per orangnya. Namun untuk menikmati Snorkeling di Pantai Sadranan Wonosari Gunung Kidul ini harus menambah biaya yang tentunya relatif murah. Untuk menyewa peralatan snorkeling pengunjung hanya merogoh kocek Rp.25.000 saja, dan Jika Anda ingin mengabadikan momen yang  indah di bawah air Anda hanya menambah Rp.10.000 saja, jadi jika di total hanya Rp.35.000 Anda bisa menikmati keindahan yang tiada tara.

Kunjungi :  Asal Usul dan Jalan Menuju Wisata Pantai Peh Pulo Blitar

Jika sudah mengetahui arah menuju pantai ini, ajaklah teman-teman serta keluarga Anda menikmati keindahan panorama Pantai Sadranan. Namun bagi Anda seorang penikmat alam, tidak ada salahnya mencoba mendirikan tenda di tepi pantai ini, karena tempatnya yang cocok untuk menikmati kesunyian malam bersama kekasih ataupun sahabat-sahabat Anda. Pengelola mengizinkan pengunjung untuk camping, namun yang perlu ditegaskan dari pengelola adalah tetap menjaga kebersihan sesudah menikmati pantai ini.

Pantai Sadranan Wonosari
Instagram by @pantaisadranan

Penginapan Pantai Sadranan sudah bukan menjadi suatu hal yang langka, karena di pantai sadranan sudah terdapat sebuah penginapan yang berada di atas bukit. Sebuah penginapan yang sangat indah dengan pemandangan yang luar biasa dan bisa melihat laut lepas dari penginapan tersebut. Adapula Hotel Di Pantai Sadranan yang bisa dijadikan referensi untuk menginap, yaitu Calida hotel yang terletak sekitar 20 km dari pantai sadranan, Grand Mercure Yogyakarta yakni sebuah hotel bintang 5 dengan jarak 25.0 km Queen off the South beach yang terletak 31.8 km dari pantai, sehingga bisa melihat sunset dan romantisme view pantai selatan yang indah, kemudian ada Tickle hotel dengan radius yang cukup jauh yakni 41.2 km.

Ya, memang Gunung Kidul sangat kaya akan wisata pantainya, berderet puluhan pantai atau bahkan hingga ratusan. Silih berganti berdatangan wisatawan-wisatawan pribumi maupun mancanegara, jadi tak heran jika berkunjung di sini bertemu dengan bule-bule dari berbagai negara.

Selain Pantai Sadranan, terdapat banyak sekali wisata pantai Gunung Kidul yang patut Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Krakal. Pantai Krakal  merupakan salah satu deretan pantai indah di pesisir selatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai yang berada satu lokasi dengan pantai indah lainnya seperti pantai Sadranan, Sundak, Indrayanti ini tidak hanya memiliki keindahan alam pantai yang mempesona namun juga mempunyai koleksi biota laut yang sangat bervariasi. Pada awal bulan di musim kemarau biasanya akan banyak bermunculan beragam ikan yang berwarna-warni bersamaan dengan munculnya lumut seperti ikan Damselfish, Butterflyfish, Bestum, Pogat, Tiger dan jenis ikan menarik lainnya. Tentunya tidak jauh dari tempat wisata Pantai Sadranan berada.

Kunjungi :  24 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Keindahan Pantai Sadranan
Instagram by @pantaisadranan

Alamat Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Pantai Krakal pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti menangkap ikan di sela-sela batu, surfing, dan mendaki batuan karang yang cukup besar untuk menikmati keindahan Pantai Krakal.

Tentunya tidak wisata pantai saja yang ditawarkan untuk berwisata di Gunung Kidul. Jika Anda ingin menikmati senja sore hari yang indah sepulang dari Pantai Sadranan, mampirlah ke Green Village Gedangsari Jogja. Untuk menikmati sembari beristirahat di gazebo-gazebo yang disediakan, pengunjung juga disuguhi pemandangan hijaunya alam Gunung Kidul serta romantisnya pemandangan matahari terbenam di ufuk barat. Tidak ada biaya tiket khusus untuk masuk ke kawasan Green Village Gedangsari, pengunjung hanya membayar biaya parkir sebesar Rp.3000 saja per kendaraan motor dan Rp.5000 per kendaraan roda empat.

Nah, bagi Anda yang suka akan tantangan sembari bermain air, Anda bisa mengunjungi Goa Jomblang. Menikmati cahaya surga dari perut bumi memang saat-saat yang didambakan para pengunjung goa ini. Caving Goa Jomblang juga memacu adrenalin, karena untuk mencapai mulut goanya saja harus turun sekitar 45 meter menggunakan tali serta perlengkapan lengkap bak seorang climber. Tempat yang direkomendasikan juga bagi Anda yang suka bermain air di sungai, tidak adalah salahnya melakukan tubing bersama teman-teman maupun sahabat Anda di Goa Pindul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */