Surganya Wisata Indonesia

Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul

0
Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Pantai SadengWisata Gunung Kidul menyimpan banyak sekali keindahan alam yang memesona, salah satunya adalah Pantai Sadeng Wonosari. Pantai Sadeng ini disebut-sebut sebagai surganya para pencari ikan, dimana merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di DIY dan menjadi pemasok ikan yang bisa memenuhi kebutuhan ikan di Pulau Jawa. Selain bisa menikmati suasana pelabuhan dengan banyak ikan dan nelayan, kita juga bisa bersantai di pantai yang memiliki pemandangan menyejukkan mata ini.

Icon Pantai Sepanjang
Instagram by @vitriarisma

Lokasi Pantai Sadeng Gunung Kidul ini terletak lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Sadeng, dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih dua sampai tiga jam dari kota Yogyakarta. Pantai Sadeng ini terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk dapat sampai di Pantai Sadeng cukup hanya dengan mengikuti jalur menuju kawasan pantai-pantai di sepanjang area Gunung Kidul. Selain itu, Pantai Sadeng juga terletak di sekitar tempat wisata lain yang tidak kalah asyik, yaitu Wediombo, Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Pantai Sadeng tepatnya berada di sebelah timur Pantai Wediombo, hampir berbatasan dengan Kapubaten Wonogiri, Jawa Tengah. Demi kelancaran perjalanan, akan lebih baik apabila membawa kendaraan pribadi, karena wilayah-wilayah ini belum dijangkau oleh kendaraan umum.

Rute Pantai Timang Gondola sejalan dengan menuju Rute Pantai Sadeng Yogyakarta untuk menuju ke pantai – pantai di kawasan Gunung Kidul ini cukup mudah, karena akses jalan menuju area Gunung Kidul sudah dikelola dan dirawat dengan baik. Banyak petunjuk jalan yang mengarah pada pantai ini, jadi tidak perlu khawatir akan tersesat. Banyak rute yang bisa dilewati untuk menuju ke Pantai Sadeng ini, yaitu:

  • Akses dari Yogyakarta. Dari yogya, anda dapat menuju ke arah Wonosari. Apabila telah sampai pada pertigaan Desa Mulo, anda bisa mengambil arah kiri jurusan Mantel. Dari situ anda bisa menuju ke Bintaos, dari Bintaaos ada menuju ke daerah Tepus. Sesampainya di Tepus anda bisa menuju ke pertigaan Pasar Jepitu, lalu dari situ anda bisa belok menuju ke arah Desa Girisubo.
  • Akses dari Klaten. Jika dari arah Klaten, anda bisa menuju ke Semau kemudian ke daerah Giripanggung. Ketika sudah sampai di Giripanggung, anda bisa menuju ke Cuelo lalu ke arah Pertigaan Pasar Jepitu. Sampai di pertigaan pasar ini, jalur yang anda tempuh sama dengan dari arah Yogya.
  • Akses dari Sukoharjo. Apabila anda dari Sukoharjo anda bisa ke arah Praci. Lalu, dari Praci anda bisa menuju ke arah Kecmatan Rongkop. Dari kecamatan ini anda akan menuju ke selatan arah Nglindur. Dari daerah Nglindur anda bisa menuju ke Pertigaan Pasar Ngrancah yang ada tugu di tengahnya. Setelah itu anda belok kanan dan anda bisa menemukan Pertigaan Pasar Jepit.
Kunjungi :  Destinasi dan Jalan Menuju Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Letak Pantai Sadeng Songbanyu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta terletak pada titik koordinat 8°11’31″S 110°47’45″E, sehingga lokasinya berdekatan dengan banyak pantai-pantai di sepanjang area Gunung Kidul, seperti Pantai Baron, Pantai Ngobaran, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sarangan, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Slili, Banyunibo, Pantai Watu Lumbung (Watulumbung), Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, Pantai Ngusalan, Pantai Greweng,Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni, Pantai Ngetun, Pantai Timang, Pantai Jogan, Pantai Nglambor, Pantai Sundak, Pantai Somandeng, Pantai Pulang Sawal (Indrayanti), Pantai Trenggale, Pantai Watulawang, Pantai Siung, Pantai Pantai Sedahan, dan Pantai Sadeng.

Pantai Sepanjang Jogja
Instagram by @ariprtma

Lokasi Pantai Sadeng atau biasa disebut-sebut sebagai Pelabuhan Sadeng berada tepatnya di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sadeng dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan merupakan pelabuhan nasional. Jarak pantai sekitar 50 Km dari Wonosari, sehingga menjadikan pantai Sadeng cukup potensial akan udang laut/lobster dan ikan tuna dan telah banyak yang dikirim ke luar negeri. Tidak hanya tersedi ikan segar, namun juga terdapat ikan yang siap saji. Sebelum mencapai Pantai Sadeng, wisatawan disuguhi dengan pemandangan yang elok dari Telaga Suling yang merupakan lembah yang diyakini pada zaman dahulu sebagai muara sungai Bengawan Solo Purba, dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Mancing di Pantai Sadeng Wonosari

Pantai Sadeng kaya aka hasil lautnya terutama ikan. Oleh sebab itu aktivitas pertama yang cocok dilakukan saat berada di Pantai Sadeng adalah memancing. Banyak sekali jenis ikan yang bisa pengunjung pancing disini misalnya saja adalah ikan kakap, tuna dan juga ikan kerapu. Spot yang sering digunakan sebagai area untuk mancing adalah di dekat dermaga. Pengunjung bisa duduk di dermaga sambl melemparkan kail ikan ke pantai. Sambil menunggu kail disambar ikan, wisatawan bisa menikmati keindahan disekitar dermaga yang sangat indah.

Kunjungi :  Peta Rute Menuju Pesona Eksotik Pantai Pangi Blitar
Pantai Sepanjang
Instagram by @bhima2105

Tiket masuk Pantai Baron tergolong masih terjangkau, sama halnya dengan wisata Pantai Sadeng Jogja. Tiket masuk keduanya tidak berbeda jauh, yakni hanya sekitar Rp.10.000 di pantai Baron dan Rp. 5.000 per Orang untuk wisata Pantai Sadeng. Dengan harga tiket yang murah, bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan kepuasan. Ada berbagai macam aktivitas menarik yang bisa didapatkan di Pantai Sadeng. Aktivitas yang satu ini merupakan aktivitas yang wajib dilakukan bila berkunjung ke Pantai Sadeng, yakni memancing. Hal ini karena di pantai Sadeng kaya akan hasil lautnya terutama ikan. Oleh sebab itu aktivitas pertama yang cocok dilakukan saat berada di Pantai Sadeng adalah memancing. Ada banyak jenis ikan yang bisa pengunjung pancing disini seperti ikan kakap, ikan tuna dan juga ikan kerapu.

Tempat yang biasa digunakan sebagai area memancing adalah di dekat dermaga. Pengunjung bisa sekedar menghabiskan waktu duduk-duduk di dermaga sambil melemparkan kail ikan ke pantai. Sambil menunggu umpan disaut, wisatawan bisa menikmati keindahan disekitar dermaga yang segar dan indah. Lalu, ada pula Wisata Kuliner yang begitu menggiurkan dan siap menggoyang lidah para pengunjung. Makanan-makanan yang ditawarkan kebanyakan berupa seafood dengan bermacam-macam olahan, yakni nasi goreng, sop cumi, kepiting saus tiram dll. Keuntungan yang bisa didapat pengunjung adalah bisa merasakan hasil laut yang masih segar dan fresh. Aktivitas unik dan menarik lainnya yang bisa dijadikan aktivitas menarik adalah menaiki kapal menuju tengah laut. Bagi yang sedang memiliki banyak waktu, bisa dimanfaatkan dengan mencoba aktivitas yang unik ini. Dengan naik kapal ini anda bisa merasakan sensasi arus gelombang laut yang begitu dahsyat.

Kunjungi :  Pendakian Menantang di Gunung Merapi Jawa Tengah
Wisata Alam Pantai Sepanjang
Instagram by @Pantai Sepanjang

Sepanjang malam, wisatawan bisa menikmati perjalanan bersama dengan para nelayan menikmati keindahan laut lepas. Oleh karena medan yang lumayan susah ditempuh, jadi harga sewa kapal ini lumayan mahal yaitu untuk kapal kecil bisa mencapai Rp. 500,000 rupiah dan untuk kapal yang seukuran sekoci mencapai 4 juta dalam semalam.

Sunrise Pantai Sundak terlihat sangat menawan diiringi deburan ombak yang kekuning-kuningan. Pantai ini seolah menggambarkan pesona Gunung Kidul yang todak hanya berupa lahan kering bisa merubah persepsi. Selain itu, Pantai Sundak berdekatan dengan pantai terkenal lain seperti Pantai indrayanti, sadranan, dan krakal, dll. Selain bisa menikmati sunrise, ada pula Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng yang dapat dijadikan destinasi wisata yang tak kalah menarik di Pantai Sadeng ini.

Wisata Pantai Sepanjang
Instagram by @titisangelitalstr

Saat pertama kali datang kesini, memang wisatawan disuguhi dengan pelabuhan. Bagi yang baru pertama kali datang ke Pantai Sadeng akan kebingungan dan mungkin agak kecewa karena tidak menemukan pantai yang diidamkan sebelumnya. Namun, apabila kita bertanya pada warga sekitar atau kita mencari-cari sendiri maka akan menemukan pantai yang dimaksud. Pelabuhan yang ada di Pantai Sadeng ini namanya juga Pelabuhan Sadeng. Pelabuhan Sadeng merupakan pelabuhan ikan yang paling besar yang ada di Yogyakarta. Pelabuhan ini sering disebut dengan Pangkalan Pendaratan Ikan atau PPI. Pelabuhan ini begitu hidup sebab banyak aktivitas nelayan yang bisa dilihat disini. Wisatawan bisa melihat berbagai jenis dan ukuran perahu motor, pondok rumah sampai dengan terminal pengisian bahan bakar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */