Surganya Wisata Indonesia

Rute Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

0
Rute Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta
Nilai Artikel Ini

Pantai Pok Tunggal juga masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Pulang Syawal alias Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Pantai Pok Tunggal mempunyai panorama yang amat indah dengan dilengkapi hamparan pasir putih dan perbukitan karst. Serta sunset yang indah menambah panorama pantai ini, sehingga banyak gambar Pantai Pok Tunggal sunset bertebaran di media social.

Icon Pantai Pok Tunggal
Instagram by @henydarliy

Selain pohon duras yang populer sebagai spot foto-foto, bukit karst yang mengelilingi pantai layaknya beteng juga menambah kesan indah dari pantai Pok Tunggal. Uniknya jika bukit karst ini dilihat dari sisi barat maka akan tampak seperti buaya yang moncongnya menghadap ke laut selatan.

Asal usul nama Pok Tunggal sendiri sebenarnya terdapat dua versi. Pertama, berasal dari nama Kelompok Tunggal, yakni kelompok yang merintis dan mengelola pantai ini menjadi obyek wisata hingga seperti saat ini. Sedangkan kedua mengatakan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yang artinya satu satunya sumber mata air. Di tempat ini memang terdapat sumber mata air yang berada di sebelah barat pantai. Tuk ini berada di bawah pohon Ambal yang airnya bersih, dan kini digunakan sebagai sarana kebutuhan sehari – hari masyarakat sekitar.

Ada versi lain juga yang mengatakan, Nama Pok Tunggal sendiri memang diambil karena lokasi pantai yang hanya ada satu pohon langka dan masih berdiri kokoh yakni Pohon Duras (Pok Tunggal). Dan satu lagi yang paling mempesona dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah. Menjadi ciri khas tanah daerah karst. Air inilah yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat.

Pada sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang. Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta sendiri termasuk pantai yang baru. Pantai ini mulai ramai dibicarakan wisatawan sekitar bulan Mei 2012. Oleh karena itu, kebersihan pantai ini masih sangat dijaga. Bahkan demi menjaga kebersihan pantai ini, yang melanggar akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 bila sampai ada yang membuang sampah sembarangan. Dan sejak itu patntai ini menjadi tempat wisata Gunung Kidul yang ramai dikunjungi wisatawan.

Kunjungi :  35 Tempat Wisata di Karawang dan Sekitarnya
Pantai Pok Tunggal Jogja
Instagram by @achmad13jufriyanto

Pemandangan pantai akan menjadi jauh lebih indah manakala menyaksikannya dari atas bukit sebelah barat pantai. Selain itu, dari balik bukit tebing di sebelah timur, Anda juga akan menemui beberapa primata liar yang sedang berloncat kesana- kemari. Anda dapat bebas bergerak, sekadar menikmati pemandangan maupun berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Tempat ini cukup aman untuk berenang karena pasirnya cukup landai.

Banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara membuat pengelola pantai terus melakukan pengembangkan kawasan. Pertama bisa dilihat dari banyaknya warung makan yang berjejer maupun tempat bersantai dan beristirahat mirip dengan gazebo-gazebo gitu. Biaya untuk menyewa gazebo maupun payung sekitar Rp 20.000 dengan kapasitas dua sampai tiga orang.

Untuk penginapan Pantai Pok Tunggal ini juga tersedia bagi anda yang ingin bermalam di pantai. Anda bisa menyewa tenda dome dengan biaya sekitar Rp 60.000 pada penduduk setempat. Beberapa penginapan juga telah tersedia di sini. Di kawasan pantai juga sudah terdapat toilet umum dengan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.
Rute Pantai Pok Tunggal :

Dari pusat Yogyakarta, ke lokasi pantai berjarak sekitar 70 km. Perjalanan ini dapat menghabiskan waktu sekitar dua jam perjalanan apabila ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun rental.

Jalan menuju Pantai Pok tunggal Yogyakarta sudah beraspal. Tetapi ada yang masih berupa jalan tanah berbatu saat kira-kira satu setengah kilometer sebelum pantai. Untuk itu, jalannya sebaiknya harus tetap berhati-hati.

Pantai Pok Tunggal
Instagram by @ajengmeysaa

Rute Pantai Pok Tunggal Wonosari Jogja menggunakan kendaraan pribadi: Yogyakarta – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Atau: Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi.

Kunjungi :  Bukit Langit Kebumen Landscape Alam yang Dapat Memanjakan Mata

Rute Pantai Pok Tunggal dari Klaten – Prambanan – Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari – Patuk – Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Untuk Rute Pantai Pok Tunggal dari Solo sama dengan rute dari klaten.

Beberapa meter dari pos tersebut akan terlihat papan petunjuk arah ke lokasi Pantai Pok Tunggal Wonosari. Nah, usai itu, tinggal ikuti saja petunjuknya hingga tiba di jalan cor kecil atau jalan batu. Maka dai sinilah Pantai Pok Tunggal sudah terlihat. Sejauh ini belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke Pantai Pok Tunggal. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Hanya bisa berhenti sampai di Terminal Wonosari. Dengan bus, keberangkatannya bisa dari Terminal Giwangan Yogyakarta (biayanya sekitar Rp 6.000) dan perjalanan dengan menggunakan ojek biayanya sekitar Rp 20.000 atau tergantung kesepakatan dengan pengemudi.

Wisata Pantai Pok Tunggal
Instagram by @satriyaherlambang

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal jogja dan juga kawasan pantai termasuk biaya parkirnya, cukup jelas sangat murah meriah sekitar Rp 3.000 per motor, Rp 5.000 per mobil dan Rp 15.000 per minibus.

Pantai Pok Tunggal ini memfasilitasi tenda dan penginapan untuk para pengunjung. Untuk persoalan makan dan minum serta tidur tak usah khawatir. Pantai yang dikelola swadana oleh masyarakat ini menyediakan tenda, shelter dan tempat menginap bagi para pengunjung yang ingin menikmati pantai sampai sepanjang hari. Untuk makan juga bisa menyesuaikan harganya. Lengkap dengan api unggun yang disediakan tentu semakin menambah kehangatan. Tapi ingat, jangan pernah merusak ya.

Kunjungi :  7 Tempat Makan Enak di Bandung yang Enak dan Murah

Pembangunan Pantai Pok Tunggal dengan bantuan biaya swadana dari masyarakat sekitar. Padahal dulunya pantai ini mau diambil oleh penyedia resort, namun warga menolak dan tetap akan mengembangkan pantai itu sendiri. Mulai dari jalan akses masuk hingga warung-warung dan kamar mandi semua dikelola pribadi.

Jalur umum dari kota Jogja dari arah jalan Piyungan menuju ke kota Wonosari kemudian ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km ada pertigaan di Desa Mulo (50m setelah kolam renang), jika lurus ke arah Baron. Ambil yang ke kiri Jurusan Mentel – Bintaos – Tepus- Pertigaan Winangun/Nangun {depan Klinik), belok kanan langsung menuju pantai Siung .Total perjalanan dari Wonosari ke lokasi Pantai Siung kurang lebih 40 km, namun waktu tempuh bisa agak lama sedikit karena kondisi jalan di beberapa tempat yang agak sempit, berliku dan naik turun.

Sunset Pantai Pok Tunggal
Instagram by @wayansanubari

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti, sudah termasuk biaya awal ketika pertama kali masuk gerbong pos Retribusi kawasan Pantai yaitu cukup dengan Rp. 10.000,-/orang. Dengan biaya ini, selain pantai indrayanti kamu juga dapat berkunjung ke Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, dan Poktunggal.

Untuk anda penggemar Snorkeling, tidak perlu repot-repot membawa bekal atau peralatannya. Di dalam area pantai ini tersedia warung makan yang dikelola oleh penduduk sekitar dan ada tempat penyewaan alat snorkeling. Untuk setiap penyewaan alat snorkeling Anda diharuskan mengeluarkan kocek sebesar Rp 50.000 per jam dan per set lengkap dengan snorkel, masker, dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang snorkeling. Pantai yang sangat asri itu, memang sangat pas dan paling asyik untuk dibuat snorkeling. Snorkeling Pantai nglambor adalah icon utama dari Pantai Nglambor.

Jadi,nunggu apa lagi. Menghabiskan waktu libur tak lagi bingung sekarang. Di Gunungkidul menjadi surganya objek wisata pantai salah satunya yaitu Pantai Pok Tunggal. Memang hanya cuma setunggal itu pantai yang paling menawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */