Surganya Wisata Indonesia

Indahnya Wisata Baru Pantai Petanahan Kebumen yang Mempesona

0

Pantai Petanahan Kebumen merupakan obyek wisata yang selalu di datangi di Kebumen. Obyek wisata ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan wisata lainnya. Para pengunjung yang datang nggak hanya berasal dari Kebumen aja, akan tetapi masyarakat luar kebumen seperti cilacap, purwokerto, purworejo dan lainnya juga pada menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini.

pantai-petanahan
by instagram @nanangtribudiharjo

Pantai Petanahan, letaknya berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan. Pantai ini seakan memikat para pengunjung dengan deburan ombak laut biru yang berkejaran. Panas teriknya matahari, nggak serta merta membuat para pengunjung lengah untuk bermain air.

Lokasi Pantai Petanahan Kebumen

Nggak seperti Pantai lainnya yang berada di Wisata Kebumen, para pengunjung yang datang ke Pantai Petanahan akan menikmati hamparan laut selatan ini seolah-olah nggak ada batasnya. Tersihir oleh merdunya suara ombak. Nggak hanya bisa menikmati ombak aja, Guys! Para pengunjung pun bisa menikmati pemandangan disekitar kawasan Pantai yang sekelilingnya terdapat tumbuhan cemara dan pohon pandan. Bagian ini memiliki mitos loh, karena masyarakat Jawa emang nggak akan pernah lepas dari yang namanya mitos.

Para pengunjung dapat duduk bersantai dan juga bercengkrama bersama pasangan, sahabat atau keluarga tercinta sambil menyaksikan keindahan alam Pantai.. Nah, mengingat tadi tempatwisataindonesia menyinggung soal mitos, Pantai ini dikenal dengan pantai yang memiliki kisah cinta yang asyik untuk disimak. Menurut cerita yang ada, dari mulut ke mulut, sekitar tahun 1601, yaitu pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram, Raja yang bernama Sutawijaya, ada seorang anak yang cantik jelita bernama Dewi Sulastri. Rupawannya bak bidadari. Sifatnya pun ramah, Lastri, begitulah panggilannya. Dia merasa jika hidupnya terasa terkekang oleh adat yang ada di sekitar lingkungannya. Sebab, Lastri merupakan anak dari Bupati Pucang Kembar yang bernama Bupati Citro Kusomo yang terkenal dan disegani. Saat itu, jodoh berada di tangan orang tua. Ayahnya mencalonkan Lastri dengan pria bernama Joko Puring, seorang Adipati di Bulupitu. Lastri sendiri menganggap dirinya bukanlah Siti Nurbaya yang bebas dengan mengiyakan perjodohan.

Kunjungi :  28 Daftar Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi
pantai-petanahan-kebumen
by instagram @rizkara_hmawati14

Pada suatu hari muncul pemuda bernama Raden Sujono yang merupakan anak Demang dari Konokusumo yang datang dengan menjadi seorang pembantu. Lastri pun jatuh hati kepada pemuda tersebut. Dia merasa Raden Sujono, merupakan pemuda yang tepat bagi dirinya. Lastri pun melontarkan berbagai alasan agar Raden Sujono dapat diterima sebagai abdi dalem di Pucang Kembar. Ayah Lastri nggak mau mendengarkan anak gadisnya itu. Tapi, bak sinetron masa kini, terbentuklah triangle love antara Joko Puring dan Raden Sujono yang sama-sama mencintai Lastri. Namun semuanya berubah oleh huru hara dan akhirnya Raden Sujono lah yang menjadi pemenangnya dan berhasil mempersunting Lastri. Joko Puring yang merasa kecewa  dan berusaha melakukan kejahatan terhadap Raden Sujono. Namun aksinya itu tercium dan terjadi pertempuran sengit antara keduanya. Joko Puring membawa lari Lastri sampai ke Pantai Karanggadung yang kini dikenal sebagai Pantai Petanahan.

pantai-petanahan-di-kebumen
by instagram @ackbar_fajar

Guys! Pantai Petanahan Kebumen Jawa Tengah ini sekarang sering dipakai untuk bersemedi. Hal ini berkaitan dengan Ny. Loro Kidul.  Tentunya itu sebuah legenda ya, Guys! Mengabaikan hal itu semua, Pantai ini salah satu obyek wisata yang keren lah pokoknya. Wajib dijadikan tempat berlibur saat weekend maupun liburan tahun baru bersama orang tercinta, Guys! Nikmati pemandangan alam serta desiran ombak, bukankah hal itu menyenangkan? Kalian dapat bermain pasir, membuat rumah-rumah pasir, mencari kerang lalu mendengarnya. Bukannya Pantai itu juga merupakan tempat yang romantis? Kalian yang lagi sedang galau? Tenang! Datang aja langsung ke lokasi dan dijamin galau kalian lenyap seketika.

Kunjungi Tempat Wisata di Kebumen Lainnya : 

Jelajah Surga di Pesisir Selatan Pantai Menganti Kebumen
Pesona Alam Goa Jatijajar Kebumen, Surga Dari Perut Bumi yang Indah
Waduk Sempor Gombong Kebumen, Pesona Indah Untuk Selfie Ria
Kunjungi :  Tiket Masuk dan Rute Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */