Asal Usul dan Jalan Menuju Wisata Pantai Peh Pulo Blitar

0

Pantai Peh Pulo Blitar – Apa yang ada di pikiran Anda ketika disebutkan kata Blitar? Bisa saja yang langsung terlintas dalam angan-angan adalah Air Terjun Tirto Galuh? Atau Anda seorang penjelajah yang pernah menelusuri jejak ke Pantai Pangi dan Pantai Tambakrejo? Tidak salah lagi, tempat yang satu ini cocok untuk Anda penjelajah dan petualang. Ya, Pantai Peh Pulo Blitar Jawa Timur.

Nama pantai ini memang terdengar asing. Belum banyak wisatawan yang pergi berekreasi ke Pantai Peh Pulo. Hal ini memang disebabkan wisata Pantai Peh Pulo Blitar yang konon memang bukan kawasan tempat wisata. Wajar jika pantai ini terlihat kosong. Sama sekali tidak nampak fasilitas di lokasi Pantai Peh Pulo. Jalan menuju tempatnya pun amat tidak bersahabat.

Rute Menuju Pantai Peh Pulo
by instagram @fitridiyan

Tetapi, Anda perlu tahu, dibalik segala kekurangan yang dimiliki, Pantai Peh Pulo di Blitar ini menyimpan banyak keindahan. Jika Anda penasaran, coba lihat pemandangan raja ampat di papua. Pantai Peh Pulo memiliki panorama keelokan pantai yang hampir sama. Pantai dengan pasir putih yang terhampar, dilengkapi dengan pulau-pulau kecil di depannya. Benar-benar raja ampat yang berada di Jawa Timur.

Tempat Pantai Peh Pulo ada di dusun Peh Pulo, desa sumbersih, kecamatan panggungrejo, kabupaten Blitar, provinsi Jawa Timur. Pantai ini mempunyai ombak yang besar seperti pantai selatan pada umumnya. Namun, ada benteng-benteng besar yang menghalangi ganasnya ombak tersebut sampai ke pantai, yakni deretan pulau-pulau kecil yang ada di depan. Secara alamiah, pulau kecil yang ada menjadi pelindung. Anda tidak akan dibuat takut oleh besarnya sapuan air laut.

Asal Usul Pantai Peh Pulo Blitar

Nama destinasi wisata Blitar ini banyak dikatakan oleh warga, Peh Pulo diambi dari nama pulau yang ada di depan pantai ini yaitu pulau peh. Namun, bisa dilihat juga, bahwa pantai ini terletak di desa sumbersih dengan berada di dusun Peh Pulo.

Kunjungi :  Jelajah 22 Tempat Wisata Alam di Pandeglang yang Keren Abis

Wisata Pantai Peh Pulo kecamatan wonotirto menyuguhkan pemandangan berbeda dari kebanyakan pantai yang ada. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan. Namun, bukit-bukit yang ada di pantai ini tidak ditumbuhi oleh pepohonan. Jadi, gundukan tanah yang ada di belakang terlihat seperti padang rumput atau savana. Warna hijau yang mendominasi, tepian pantai dengan warna putih bersih dilanjutkan dengan birunya air laut yang dihiasi pula dengan warna hijau di pulau-pulaunya, terlihat aduhai indah.

Anda bisa mengambil foto dengan latar terbaik di atas bukit. Di tempat ini, pemandangan keseluruhan kawasan Pantai Peh Pulo akan terlihat. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang birunya air laut. Tempat ini pas juga bagi Anda yang gemar mengoleksi foto-foto pemandangan, mengambil gambar dari sudut-sudut pantai sambil mengeksplor wilayah pantai pangi adalah hal yang menarik dan patut dicoba.

Anda jangan lupa untuk membawa serta peralatan berlindung seperfi payung dan topi karena cuaca pantai ini sangatlah panas. Hal ini disebabkan tidak adanya tempat berlindung atau pepohonan yang ada di sekitar. Anda juga harus membawa sendiri bekal yang dibutuhkan. Letak Pantai Peh Pulo yang jauh dari pemukiman dan tidak adanya kedai makanan di pantai membuat Anda harus mempersiapkan sebelum sampai di lokasi.

Lokasi Pantai Peh Pulo Blitar
by instagram @wildanhkm

Pantai Peh Pulo ini digunakan oleh masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan untuk berlabuh dari berlayar mencari ikan. Banyak sekali kapal-kapal nelayan yang berada di pantai ini. Jika Anda ingin turut serta atau melihat para nelayan menangkap ikan, Anda bisa menaiki kapal nelayan di tempat ini.

Tidak seperti pantai lainnya yang berpasir putih, Anda tidak bisa melakukan kegiatan air seperti berenang. Pasir putih yang merata di pantai ini hanya sampai di bibir pantai, selebihnya, Anda akan menemukan kerikil-kerikil di bawah permukaan air. Keadaan ini tentu saja tidak memungkinkan bagi Anda yang ingin berenang. Terlebih karena faktor keamanan. Anda hanya bisa bermain-main kecil di tepi pantainya saja. Jangan sampai celana atau rok Anda basah. Tidak ada kamar mandi atau tempat membilas yang disediakan. Pantai Peh Pulo ini memang tidak ada pengelolaan. Di samping rute menuju tempatnya jauh da sulit, pantai yang elok ini tidak termasuk tempat rekreasi yang dilindungi atau dijaga oleh pemerintah daerah setempat.

Kunjungi :  Wisata Bersejarah Pantai Lombang Sumenep Madura

Jalan Menuju Pantai Peh Pulo Blitar

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah badan yang fit dan kendaraan dalam kondisi bagus serta bahan bakar terisi penuh. Sama sekali tidak ada petunjuk jalan yang mengarahkan Anda sampai ke tempat ini. Anda bisa saja menggunakan internet untuk mendapati peta Pantai Peh Pulo Blitar, namun hasilnya sama dengan nihil. Di google map pun, Anda tidak akan menemukan rute yang tepat. Lokasi Peh Pulo yang dekat dengan pantai serang, membuat petunjuk terdekat hanya sampai di pantai serang. Atau jika ada kendaraan laut yang bisa mengantar Anda dari pantai serang, solusi tersebut adalah hal terbaik.

Perahu Pantai Peh Pulo
by instagram @vickyagata

Rute Pantai Peh Pulo Blitar Jawa Timur ini sejauh 32 kilometer. Waktu yang harus ditempuh kurang lebih 1.5 jam. Dari Blitar, Anda langsung arahkan kendaraan menuju kecamatan panggungrejo. Dari panggungrejo cari alamat desa sumbersih. Anda harus rajin-rajin bertanya alamat Pantai Peh Pulo kepada masyarakat sekitar desa sumbersih. Sebelumnya, Anda harus mengikuti jalur menuju pantai serang. Rute yang harus dilewati untuk bisa tiba di Pantai Peh Pulo adalah jalan tanah dengan rimbunnya hutan hijau. Namun ketika Anda sudah akan tiba di pantai, suasana yang Anda lalui adalah tanah gersang dengan jalanan menurun.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */