Sejarah dan Lokasi Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

0

Pantai Parangtritis berada di pesisir selatan Kota Yogyakarta ini termasuk destinasi Wisata di Bantul yang terkenal sampai mancanegara. dikarenakan lokasi pantainya yang cukup strategis, dan tidak terlalu jauh dari kota inilah membuat parangtritis lebih banyak pengunjung dibanding pantai lainnya. hanya dengan waktu kira-kira satu jam dari kota, travellers bisa sampai di sana menikmati pemandangannya. Lebih dari itu, apa sih yang menark dari parangtritis? Sudah tau sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta?

Icon Parangtritis
Instagram by @rickirizmunadi

Sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta

Banyak sekali cerita sejarah maupun mitos yang berkembang di balik nama Parangtritis. Seakan-akan menyimpan seribu cerita yang menarik untuk diketahui selain untuk dinikmati panoramanya. menurut cerita masyarakat, dahulu kala ada seorang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit.

Tatkala itu ia sedang bersemedi, melihat dari celah-celah batu karang yang menjatuhkan banyak tetesan air. Dalam bahasa Jawa, karang disebut juga dengan “paran”. Sedangkan tetesan air itu disebut dengan “tumatitis”, sehingga jadilah nama daerah itu dengan sebutan “Parangtritis” artinya air yang menetes dari batu. Mungkin cerita itu menjadi salah satu asal usul Pantai Parangtritis Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cerita Pantai Parangtritis

Sudah banyak yang tau kan kalau Pantai Parangtritis diyakini menjadi bagian dari perwujudan kesatuan trimurti untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. yakni benda, icon ataupun lainnya yang sangat melekat dengan sisi mistis kota Jogjakarta. Trimurti terdiri dari Gunung Merapi yang mempunyai elemen api, Pantai Parangtritis yang mempunyai elemen air dan Keraton Jogja berperan sebagai penyeimbang keduanya. Yang letak semuanya itu membentuk garis lurus dari utara ke selatan daerah Jogja.

Mitos Pantai Parangtritis

Selain cerita di atas, berkembang pula Misteri Pantai Parangtritis di masyarakat setempat bahkan wisatawan dari luar pun percaya jika Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul.

Kunjungi :  Lokasi, Sejarah dan Fasilitas di Kayangan Api Abadi Bojonegoro
Pantai Parangtritis
Instagram by @vennyrevianty

Selanjutnya, ada satu mitos pantai parangtritis yang telah berkembang bahkan sampai saat ini masih dipercaya dan dijaga. Yakni cerita tentang Nyai Roro Kidul yang amat menyukai benda-benda berwarna hijau.

Sehingga berlakulah saran tetapi mengarah pada larangan di pantai parangtritis untuk wisatawan agar tidak memakai pakaian atau benda-benda yang berwarna hijau saat berada di sana. Hal ini dikarenakan, konon, jika sampai Nyai Roro Kidul tertarik, anda dapat diseret ke laut untuk diajak gabung atau menjadi prajuritnya bila sampai beneran membawa warna hijau.

Terlepas dari semua mitos yang ada, Pengunjung Pantai Parangtritis tetap harus hati-hati karena ombak di sana bisa dibilang sangat besar. Makanya, pengunjung dilarang untuk mandi di pantai karena landscape pantai memang sangat curam dan berbahaya.

 

Deskripsi Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan objek wisata yang paling terkenal di Yogyakarta. Parangtritis mempunyai pemandangan unik yang tidak ditemukan pada objek wisata lainnya yaitu gumuk pasir yaitu gunung-gunung pasir di sekitar pantai. Gumuk ini dikatakan sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Di sini, Anda akan merasa sedang berada di Afrika sebab luasnya lautan pasir dan udaranya yang lebih panas dibanding daerah sekitarnya.

Pantai Parangtritis Jogja
Instagram by @citrabellan

Selain dari pada ombaknya yang cukup besar itu. Potensi yang lura biasa ini hingga parangtritis ini, hingga membuat pihak Pemkab Bantul turun tangan mengelolanya dengan baik, dengan memberi fasilitas penginapan sampai pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Di Parangtritis juga tersedia ATV yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp.100.000, kuda dan kereta kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat cukup dengan RP. 20.000. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat yang pas untuk olahraga udara, tersedia penginapan atau hotel di Pantai Parangtritis, Warung jajanan, Toko kerajinan, Toko kelontong dan lahan parkir yang luas. Tiket masuk Pantai Parangtritis setara dengan tiket masuk Pantai Depok Jogjakarta yaitu sebesar Rp. 5.000,-/orang. Harga yang murah bukan?

Kunjungi :  41 Aneka Tempat Wisata di Blitar dan Alamatnya

Lokasi Pantai Parangtritis

Jarak Malioboro ke Pantai Parangtritis sekitar 28 km. Lokasi ini dapat dicapai lewat sebuah desa bernama Kretek. yakni desa yang letaknya dipinggir jalan Parangtritis. Saat Anda berada di posisi luar kota, ambil rute jalan melalui Jl. Parangtritis, ikuti arah tersebut menuju ke selatan hingga sampai ke Pantai Parangtritis. Rute inilah yang paling cepat dan lancar bagi para wisatawan yang belum begitu mengenal seluk-beluk jalanan menuju wisata Pantai Parangtritis Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Pesona Parangtritis
Instagram by @jaye.molf

Bagi anda para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan berbeda dalam perjalanan menuju Pantai Parangtrits, ambil rute yang satu ini yaitu lewat sisi sebelah tenggara kota Jogja, pemandangannya cukup indah melalui jalan Imogiri dan melewati desa Siluk.

Legenda Pantai Parangtritis

Selain kisah misteri tentang Nyai Roro Kidul, Pantai Parangtritis juga diceritakan sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga setelah Panembahan Senopati usai menjalani pertapaan. Jadi, wajar jika selain sebagai tempat rekreasi, Parangtritis juga menjadi lokasi yang penuh keramat. Tidak sedikit ada pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Pantai ini juga menjadi salah satu tempat berlangsungnya upacara Labuhan dari Kraton Jogjakarta.

Pantai Parangtritis Sore Hari

Di Pantai Parangtritis, bukan hanya ada hamparan pantai yang menawan. Di sana, di sisi utara timur Pantai Parangtritis Anda juga akan menemukan bukit kecil. Pemandangan yang ditawarkan dari atas bukit sangat menakjubkan. Apalagi saat sore, Anda dapat menikmati segarnya hembusan angin pantai sambil menyantap hidangan, jajanan atau manisnya es kelapa muda.

Wisata Pantai Parangtritis
Instagram by @jaye.molf

Anda juga bisa berkunjung ke Bukit Parangndog jika memang menginginkan medan yang lebih menantang. Letaknya di yang terletanya di sebelah timur Pantai Parangtritis. Tepatnya perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Di Bukit ini, disediakan sebuah tempat yang khusus untuk olahraga paralayang dan gantole. Kawasan tersebut mmeang hanya dicapai dengan medan yang cukup berat. Akan tetapi, pemandangan yang ditawarkan memang sangat menawan. Sesampainya di sana, lelah anda akan terbayar lunas dengan pemandangannya yang indah apalagi ketika sang surya tenggelam..anda bisa bayangkan sendiri.

Kunjungi :  Curug Silawe, Wisata Air Terjun Recomended di Magelang
Sunset Terbaik Pantai Parangtritis
Instagram by @rivanohervan

Jadi ingat lokasi Pantai Drini Yogyakarta yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Keistimewaan dari pantai ini yaitu adanya pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya bisa digunakan untuk menangkal ular berbisa..Dibangunlah Mercusuar di atas karang itu. Menaranya sebagai sarana melihat pemandangan rumput-rumput laut yang ada di antara karang-karang laut, dan biota laut lainnya dari atas pulau.

Lain dengan kesakralan di pantai Parangtritis, Lokasi Pantai Wediombo Wonosari yang berada di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul juga ada Kegiatan semacam adat budaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap tahun. Namanya budaya “Ngalangi” yakni upacara prosesi penangkapan ikan dengan cara menggunakan gawar yang terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungwok dan dihalau bersama-sama ke laut.

Di luar mitos dan berbagai cerita yang melekat di balik nama Pantai Parangtritis, objek wisata ini menyajikan keindahan panorama lepas pantai yang landai dengan dataran pasir hitam nan luas. Mempunyai pasir besi hitam yang sangat melimpah membentuk bukit-bukit kecil dengan dihiasi sedikit pepohonan. Keunikan inilah yang hanya ada di Pantai Parangtritis Jogja bahkan telah diakui di belahan dunia.

Ombak yang begitu besar justru menambah keindahan pantai baik di kala siang maupun sore hari. Untuk yang suka berenang di pantai ditahan ya, soalnya berbahaya. Dilarang berenang melewati zona aman sebab korban wisatawan yang tewas tenggelam tidak sedikit. BAHAYA jika mengabaikan larangan-larangan tersebut, yang menjadi taruhan adalah nyawa anda.

Ets tak usah takut, asal anda hati-hati aman kok. Penasaran dengan pantai yang menjadi kebanggaan daerah istimewa ini?

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */