Surganya Wisata Indonesia

Asal Usul dan Rute Menuju Pantai Papuma Jember Jawa Timur

0
Asal Usul dan Rute Menuju Pantai Papuma Jember Jawa Timur
Nilai Artikel Ini

Pantai Papuma Jember – Pantai pasir putih malikan atau lebih populer dengan nama Papuma adalah salah satu pantai yang menjadi daya tarik di kabupaten Jember. Selain karena pantainya yang memiliki keunikan dan hawa mistisnya, lokasi Pantai Papuma Jember Jawa Timur ini, terkenal karena pesonanya yang amat elok.

Tempat wisata di Jember Pantai Papuma ini berada di desa lojejer, kota Jember. Pantai ini termasuk satu dari sekian banyak pantai yang berada di perairan samudera hindia. Ombaknya cukup besar di waktu-waktu tertentu.

Aktivitas di Pantai Papuma
by instagram @sirbelly

Wisata Pantai Papuma Jember memiliki pasir berwarna putih seperti namanya. Di tepi-tepinya, berjejeran pepohonan yang tumbuh subur, sehingga berada di pantai ini membuat badan dan pikiran kembali segar. Bentuk pantai ini lebih menyerupai teluk dengan warna airnya hijau tosca.

Pantai Jember Papuma mempunyai batu-batu karang dengan ukuran yang berbeda-beda. Jika dilihat dari laut seberang, batu-batu karang yang berjejer tersebut berdiri bagaikan pintu gerbang menuju pantai. Dan sebaliknya, karena pantai ini berombak cukup besar, karang-karang yang ada menjadi pelindung pantai dari ganasnya ombak.

Pantai Papuma di Jember
by instagram @sirbelly

Bebatuan karang Pantai Papuma di Jember memiliki nama masing-masing. Ada karang dampar Kencana, kodok, Genteng, kajang, narada, dan Kresna. Namun, Ada juga yang menyebutnya dengan nama lain seperti kajang, nusa barong, Batara Guru, Kresna, dan Narada.

Di tepi pantai, Anda bisa menyaksikan perahu-perahu nelayan yang berjejer saat tidak digunakan untuk berlayar. Anda dapat bermain pasir maupun berteduh di bawah pepohonan yang rindang maupun di bawah payung kursi malas.

Asal Usul Pantai Papuma

Asal Usul Pantai Papuma Jember
by instagram @abe.roberto

Menurut sejarah, nama pantai pasir putih malikan ini diambil dari nama batu karang yang berjejer tak jauh dari bibir pantai, yakni batu malikan. Batu tersebut bernilai sejarah bagi masyarakat sekitat. Karena di tempat tersebut, terjadi beberapa peristiwa pada masa lalu. Disebut pantai pasir putih sebab, pantai ini memang berpasir putih.

Kunjungi :  8 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan

Beberapa peristiwa sejarah yang terjadi di Pantai Tanjung Papuma diantaranya :

Batu malikan merupakan tempat raja mursaud dan mursada memancing ikan. Mereka berdua mendapati ikan raja mina yang terkenal ajaib. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa pertama.

Kejadian kedua, di tempat yang sama, kedua pemuda tersebut diserang oleh seekor ular raksasa penghuni laut. Ular tersebut berhasil dikalahkan oleh mursada dengan menggunakan pedang yang diberikan oleh sang raja mina.

Lokasi Pantai Papuma jatim dan Pantai Watu Ulo yang saling berdekatan, membuat mitos Papuma yang terkesan menyeramkan juga ada di Pantai Watu Ulo. Pantai Watu Ulo dan Papuma berada pada satu garis pantai. Wisatawan kebanyakan berkunjung pada kedua pantai tersebut dalam satu kali perjalanan wisata.

Rute Menuju Pantai Papuma

Tempat wisata Jember yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tiba di tujuan. Kecuali jika Anda sudah mengetahui pasti rute yang harus ditempuh. Hal ini disebabkan, untuk menuju alamat Pantai Papuma tidak banyak petunjuk arah yang bisa Anda temui ketika sudah memasuki kawasan pedesaan. Sehingga Anda harus bertanya berulang-ulang kepada warga setempat ketika menemui persimpangan.

Ada beberapa jalan menuju Pantai Papuma teluk love yang bisa Anda tempuh. Masing-masing jalur yang dimiliki memiliki kelebihan dan kekurangan. Jalur tersebut dibagi menjadi 3. Simak penjelasan singkat di bawah ini :

  • Rute pertama

Rute pertama ini adalah rute dengan medan cukup berat, namun, waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Jalan yang harus dilalui adalah melalui jalur gunung watangan. Jaraknya berkisar 3 kilometer. Karena berada di lereng gunung, jalan yang tersedia belum beraspal dan dinding bukitnya sering mengalami kejadian longsor ketika musim penghujan tiba. Jalur ini akan langsung membawa Anda menerabas dan masuk ke pintu loket masuk.

Kunjungi :  70+ Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Dicari
  • Rute kedua

Rute kedua ini cukup mudah dilewati. Hanya saja, membutuhkan biaya lebih. Jalur kedua ini adalah melalui jalur yang ditempuh untuk menuju wisata pantai watu ulo. Selain kedua pantai ini, Anda harus mencoba mengunjungi Rembangan Jember dan Pantai Payangan. Kedua tempat wisata ini juga memiliki keindahan yang tak kalah menariknya. Pantai watu ulo dan Papuma memang berada pada satu jalur, sehingga Anda bisa mengikuti jalur yang ada. Namun, ketika Anda melewati jalan ini, Anda juga harus membayar biaya masuk ke pantai watu ulo sebesar kurang lebih Rp. 3.000. Jadi, dari pada hanya ‘numpang lewat’ dan membayar biaya masuk, Anda bisa menjadikan pantai watu ulo menjadi destinasi pertama Anda.

  • Rute ketiga

Rute ini bisa dikatakan jalur paling berat yang dapat Anda tempuh. Rute ini merupakan gabungan dari kedua rute di atas. Anda melewati jalur di lereng gunung watangan namun, jalan yang dilalui dekat dengan lokasi pantai watu ulo. Sama seperti jalur pertama, hanya saja jalan beraspal yang sudah disediakan banyak lubang karena telah lama tidak direnofasi. Terlebih lagi, ketika becek, jalan ini sulit dilalui oleh pengendara mobil. Jika kondisi jalan sangat parah, Anda hanya bisa berjalan kaki.

Rute ini memang berat, namun, ketika Anda melewati jalur ini, Anda bisa menikmati perjalanan sambil berwisata alam. Mengamati aktivitas di pepohonan dan hutan yang rimbun, sembari melihat indahnya pantai watu ulo dari atas perbukitan. Hal ini bisa menjadi sensasi tersendiri. Melihat birunya laut dari kejauhan, akan menambah semangat Anda untuk bisa lekas mencapai tujuan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak peta Pantai Papuma Jember berikut :

Kunjungi :  Tempat Wisata Bersejarah Museum Sangiran Sragen yang Sangan Fenomenal
Sunrise Pantai Papuma Jember
by instagram @gunadieko

Harga tiket masuk Pantai Papuma Jember adalah sebesar Rp. 17.000. Harga tersebut bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah, tergantung situasi dan kondisi. Biaya masuk tersebut belum mencakup biaya parkir kendaraan.

Pantai Papuma ini memiliki area parkir yang cukup luas. Anda bisa memarkir kendaraan Anda di tempat yang disediakan. Anda yang ingin menghabiskan waktu di pantai, bermalam, dan menantikan sunrise, Anda bisa mendirikan tenda di pantai ini. Pantai Papuma biasa digunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk outbond dan berkemah.

Namun jika Anda menginginkan tempat yang nyaman atau penginapan atau mungkin hotel, ada beberapa hotel di Pantai Papuma Jember yang bisa Anda coba, seperti hotel Ambulu, cempaka hill hotel Jember, royal hotel and lounge, jc homestay Jember, hotel panorama Jember, dan masih banyak lagi hotel di wilayah Jember yang bisa Anda temui. Jarak rata-rata penginapan tersebut dari Pantai Papuma adalah 30 kilometer. Hanya hotel Ambulu saja yang lokasinya paling dekat, yakni berjarak 10 an kilometer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */