Surganya Wisata Indonesia

Peta Rute Menuju Pesona Eksotik Pantai Pangi Blitar

0
Peta Rute Menuju Pesona Eksotik Pantai Pangi Blitar
Nilai Artikel Ini

Pantai Pangi Blitar – Banyak sekali tempat wisata pantai yang belum terjamah oleh para wisatawan di daerah Jawa Timur. Padahal, pantai-pantai yang belum dikenal memiliki panorama pantai yang tidak jauh indahnya dari pantai yang sudah banyak dikunjungi. Hal tersebut dipengaruhi oleh belum banyaknya promosi wisata oleh pemerintah daerah setempat. Di samping itu, upaya pemerintah dalam memperhatikan tempat-tempat tersebut belumlah maksimal, seperti menambah fasilitas penunjang yang ada.

Salah satu tempat rekreasi di Blitar yang masih alami dan belum banyak dikunjungi adalah tempat wisata Pantai Pangi. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih. Di tepi pantainya banyak ditumbuhi pohon cemara dengan daun-daun lebat yang rindang, sehingga pantai ini terlihat asri dan sejuk. Saat lelah dengan aktivitas jalan-jalan pantai, berteduh di bawah pohon cemara menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Wisata Pantai Pangi di Blitar
by instagram @ratna_hera

Pesona pantai pasir putih memang selalu memikat. Keindahan Pantai Pangi di Blitar ini dapat dinikmati dari berbagai sudut. Seperti pantai dengan pasir putih kebanyakan. Dilihat dari jauh, gradasi warna air lautnya yang menggoda mulai dari bening di pucuk bibir pantai, hijau toska, biru muda, hingga biru tua turut mewarnai keelokan Pantai Pangi.

Pantai Pangi Kabupaten Blitar dikelilingi oleh perbukitan karang yang menghijau dengan tumbuhan pendek yang menyelimutinya. Ombak-ombak kecil yang menghantam bukit kecil terlihat elok pada satu waktu. Pasir putih yang banyak digemari ini menjadi tempat yang bagus untuk bermain pasir atau hanya sekedar duduk-duduk di tepi pantai. Selain itu, Pantai Pangi juga cocok dijadikan tempat berkemah. Tempat yang masih bersih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Kunjungi :  Wisata Cantik Bukit Bintang Jogja Wonosari Malam Hari
Rute Menuju Pantai Pangi
by instagram @rafikag

Alasan lain adalah adanya sumber air bersih yang mengalir dari sungai. Sungai tersebut berakhir di danau payau yang berada tidak jauh dari pantai. Anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan-kebutuhan Anda selama berkemah. Air ini juga dapat dimanfaatkan sebagai air bilas setelah Anda selesai beraktifitas di pantai, berenang, maupun bermain pasir misalnya.

Pantai Pangi harus menjadi satu dari tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Anda akan menyesal jika tidak mencoba merasakan dinginnya air sungai di Pantai Pangi ini. Meski sebelumnya telah berkunjung ke Air Terjun Tirto Galuh dengan air sungainya yang benar-benar murni, Pantai Pangi juga patut Anda datangi. Atau ingin mencoba sensasi memberi pakan ikan? Anda bisa mencoba kolam ajaib di Candi Penataran yang fenomenal dengan mitosnya.Anda harus pula mengunjungi Pantai Peh Pulo agar kegiatan rekreasi Anda ke kabupaten Blitar semakin lengkap.

Peta Pantai Pangi Blitar Jawa Timur Indonesia

Letak Pantai Pangi Jawa Timur berada di desa tumpak kepuh, kecamatan bakung, kabupaten Blitar Jawa Timur. Lokasi ini dekat dengan tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi seperti pantai tambakrejo dan goa embultuk. Namun karena terletak di wilayah pegunungan dan perbukitan, jalan yang harus dilewati untuk mencapai tempat tujuan tidaklah mudah, belum beraspal, becek dan berlumpur pada musim hujan, serta resiko lainnya seperti tanah longsor, dan lain-lain. Bagi Anda seorang petualang, tentu saja menjelajahi rute menantang seperti ini adalah hal mengasyikkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi Blitar
by instagram @tyaciproet

Harga tiket masuk Pantai Pangi ini Rp. 8.000. Dan nanti Anda juga harus membayar ongkos parkir di tempat penitipan kendaraan. Biaya parkir pun cukup terjangkau. Di tempat ini tidak menyediakan kedai atau warung makanan, jadi, persiapkan di jauh-jauh tempat untuk membeli perbekalan, terutama bagi Anda yang berniat melakukan camping di Pantai Pangi ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, karena Pantai Pangi ini termasuk area bersih dari sampah. Setelah selesai berkativitas, bawa pulang kembali barang dan sampah yang Anda bawa.

Kunjungi :  Denah dan Lokasi Taman Potret Cikokol Tangerang

Rute Menuju Pantai Pangi

Pantai Pangi
by instagram @habibiheryus

Jarak Pantai Pangi dengan kota Blitar Jawa Timur sekitar 40 an kilometer. Jarak ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda lebih disarankan untuk mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Hal ini untuk memudahkan Anda sampai ke tujuan, karena akses kendaraan umum di daerah desa tumpak kepuh Blitar belum ada. Meskipun pada akhirnya Anda tetap harus berjalan kaki untuk bisa menjejakkan kaki di Pantai Pangi.

Dari Blitar, Anda putar kendaraan menuju kecamatan bakung. Jalan yang harus dilalui sebenarnya satu arah dengan jalur menuju pantai tambakrejo dan goa embultuk. Patokan tempat ketika Anda sudah tiba di desa tumpak kepuh adalah kantor kepala desa. Kantor desa tumpak kepuh ini merupakan jalan perempatan. Di sini, Anda akan dihadapkan pada pilihan jalan menuju Pantai Pangi dan go embultuk. Banyak warga sekitar berkata rute Pantai Pangi Blitar selatan adalah jalan yang lurus ke depan (bukan jalan ke goa embultuk).

Ada jalan cepat untuk menuju Pantai Pangi Blitar rute yaitu melalui jalan yang melewati goa embultuk, namun jalan tersebut kini telah rusak berat karena terjangan hujan lebat dan banjir bandang. Anda masih bisa berjalan perlahan-lahan melewati jalur tersebut sampai Anda tiba di tempat penitipan atau parkir kendaraan. Jaga keselamatan barang yang Anda bawa. Jangan lupa pula untuk membayar biaya parkir.

Untuk mencapai Pantai Pangi, Anda harus mengikuti jalanan turunan di sebelah tempat parkir. Anda harus berjalan sejauh 300 meter. Jalur yang disediakan adalah sebuah jembatan. Anda bisa juha tetap mengendarai motor Anda namun harus dengan motor sport karena jalan yang harus dilalui adalah jalur offroad yang cukup sulit. Suara sapuan ombak yang bergemuruh dan suasana sejuk khas pantai siap menyambut kedatangan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */