Surganya Wisata Indonesia

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan Ngobaran Gunung Kidul

0
Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan Ngobaran Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Pantai Ngrenehan – Obyek wisata kali ini tidak kalah dengan Tempat Wisata di Wonogiri Jawa Tengah yang kemarin sudah di post. Pantai Ngrenehan Jogja adalah salah satu pilihan alternatif obyek wisata pantai di Wonosari yang cocok untuk mengisi waktu libur anda. Alamat Pantai Ngrenehan Yogyakarta ini berada di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri dibanding Pantai Ngrenehan Ngobaran Nguyahan dan pantai lainnya.

Pantai Ngrenehan
Instagram by @jm_widiyanto

Rute Menuju Pantai Ngrenehan dari Jogja yaitu Jogja – Piyungan – Pathuk – sambipitu – gading (lapangan Terbang) ada pertigaan ambil yang ke kanan arah Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran.

Menurut catatan sejarah, nama Ngrenehan merupakan pemberian dari Raden Fatah alias Raja Demak, seorang putra dari Prabu Brawijaya V. Prabu Brawijaya V sendiri merupakan raja Majapahit yang memerintah pada tahun 1464-1478 M. Ketika itu, Raden Fatah mendatangi kawasan ini untuk mencari ayahnya yang telah melarikan diri dengan membawa dua orang istrinya (Dewi Lowati dan Bondang Surati) dikarenakan enggan memeluk agama Islam.

Akan tetapi, saat tiba di kawasan ini, Raden Fatah tidak dapat menemui mereka. Akhirnya, ia pun mengajak para petinggi-petinggi Kerajaan Demak untuk berembuk (musyawarah) tentang bagaimana cara menemukan orang tuanya. Dari peristiwa inilah kemudian muncul kata “pangrena” yang berarti ajakan. “Pangrena” berasal dari kata reneh yang berarti sini. Oleh masyarakat sekitar, kawasan ini mengubahnya menjadi “ngrenehan” yang berarti kemarilah ke sini. Kata reneh yang diberi awalan “ng” dan akhiran “an” yang berarti menunjuk pada suatu tempat, yaitu Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan berupa teluk yang di sekelilingnya dihiasi perbukitan kapur. Selain itu, pantai ini memiliki panorama keindahan yang akan membuat siapapun terpukau akibat melihatnya. Terutama saat-saat melihat deburan ombak yang menerpa batu karang dan pasir putihnya itu. Anda harus siap melalui perjalanan yang cukup menantang jika ingin menuju pantai ini. Pasalnya letak Pantai Ngrenehan Harus melalui jalanan berkelok-kelok dan ada beberapa tanjakan dan turunan saat melintasinya. Tenang saja, setelah proses perjalanan itu, lelah anda akan tergantikan oleh pemandangan alam pantai yang sangat indah nan bersih itu. Toh, perjalanannya tidak terlalu sulit.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata Terkenal di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi
Pantai Ngrenehan Jogja
Instagram by @pullen.69

Pantai Ngrenehan ini dapat disebut juga sebagai pantai nelayan. Karena di sini anda bisa melihat berbagai aktifitas yang dilakukan oleh para nelayan. Seperti sedang memperbaiki jaring atau perahu mereka. Adakalanya mereka mempersiapkan perahu yang hendak mereka pergunakan berlayar. Atau juga dapat berpapasan dengan mereka saat sepulang mencari ikan. Anda juga dapat membeli ikannya untuk oleh-oleh yang dirumah jika ingin menikmati olahan ikan-ikan segar dari sana.

Lokasi Pantai Ngrenehan Gunung Kidul ini memang tidak langsung di pinggir jalan. Itu artinya, para wisatawan masih perlu berjalan kaki untuk menuju pantai tersebut. Namun demikian, jalan menuju Pantai Ngrenehan Wonosari tidaklah terlalu jauh. Hanya melalui jalan setapak, melewati semak belukar dan pepohonan. Untuk amanya silahkan lihat Peta Pantai Ngrenehan.

Selanjutnya, Anda akan sampai di Pantai Ngrenehan yang ombaknya tidak terlalu besar dikarenakan letak pantainya yang cukup tersembunyi dari hamparan samudra Hindia. Tidak seperti pantai-pantai lainnya di sepanjang wilayah Gunungkidul. Sehingga jika ingin berenang, pantai ini cukuplah aman. Begitu pula untuk menangkap ikan, cenderung mudah untuk dilakukan. Apabila Anda tidak ingin repot-repot menangkap ikan, maka bisa langsung membeli ikan segar di Tempat Pelenangan Ikan (TPI) yang harganya pun sangat terjangkau.

Saat anda berada di pantai ini, di sebelah utara pantai anda bisa menemukan sebuah bukit karang. tersebut terbilang cukup unik karena karang-karangnya sangat mirip dengan koral yang ada di laut. Di bukit tersebut Anda juga bisa melihat banyak cangkang kerang kecil-kecil yang berserakan. Kapan lagi Anda bisa mengunjungi dan melihat bukit karang. Namun jika Anda hanya ingin bermain-main di pantai atau berenang dan bermain air pun juga tetap bisa dilakukan. Apalagi pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga terutama anak-anak. Karena ombaknya yang relatif tenang tentu akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman membiarkan anak-anak bermain air atau berenang pantai ini.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Anda Kunjungi
Tempat Wisata Pantai Ngrenehan
Instagram by @rismaunk

Ombak yang relatif tenang tersebut bisa jadi disebabkan karena adanya batuan di sekitar bibir pantai. Batuan tersebut bisa jadi mampu meredam datangnya ombak. Sehingga begitu sampai di pantai tidak terlalu besar. Pantai ini juga relatif lebih landai dibanding pantai lainnya di Gunungkidul. Keunikan lainnya yang bisa dilihat di pantai ini adalah bentuknya yang seperti teluk. Kemudian dikelilingi oleh perbukitan kapur. Membuat pemandangan yang indah dipandang bila dari kejauhan. Tidak ada salahnya jika anda menyempatkan waktu berlibur di Pantai Ngrenehan Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Komentar Pantai Ngrenehan menurut warga tentang penginapan di Pantai Ngrenehan, sekitar tahun 1997 memang mau diadakan investasi penginapan dan resort oleh orang asing. Berbagai fasilitas sudah dibangun dari gapura, gazebo, hingga ornamen patung dari pahatan batu. Akan tetapi, adanya krisis moneter di Indonesia pada tahun 1998, mengakibatkan proyek tersebut terhenti dan tidak terrealisasi.

Andaikan proyek tersebut terlaksana, dampaknya akan jatuh pada masyarakat tentang pembelian kepemilikan lahan di sekitar pantai dan peralihan mata pencaharian warga yang berprofesi sebagai nelayan. Pembangunan yang berkelanjutan dan beraspek pada ekosistem dan kelembagaan dengan berbasis pada masyarakat oleh bantuan pemerintah dengan bantuan LSM diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir pantai.

Wisata di Pantai Ngrenehan
Instagram by @omarelderrin

Lokasi Pantai Kesirat terletak tak jauh dari Pantai Gesing, tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Terdapat dua jalur yang dapat digunakan untuk sampai pada tempat ini, yaitu melewati Jalan Raya Wonosari (jalur yang biasa ditempuh jika ingin menuju Gunungkidul) atau lewat Jalur Imogiri – Panggang. Untuk akses terdekat sangat disarankan melewati Jalan Rata Imogiri – Panggang lalu lanjut menuju Jalan Raya Panggang – Saptosari.

Kunjungi :  37 Pesona Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Memikat Pengunjung

Sebelum persimpangan terakhir menuju Pantai Gesing, ada gang masuk ke kawasan pemukiman yang bertuliskan Pantai Kesirat ikuti. Akses Pantai Kesirat Jogja ini cukup berliku karena akses yang terbilang seadanya. Untuk mencapai lokasi tebing bibir pantai ini, pengunjung diharuskan siap untuk berjalan kaki melewati jalan setapak.

Pantai Kukup berada di sekitar 1 km sebelah Timur Pantai Baron, tepatnya di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Dari Jogja Solo pertigaan candi Prambanan belok ke selatan menuju jl Wonosari. Kemudian Ikuti Jl wonosari hingga Kota Wonosari. Dari Kota wonosari ambil kanan sesuai petunjuk arah menuju Jl Baron. Ikuti hingga retribusi Baron, Krakal Kukup, Pantai Indrayanti

Wisata alam Pantai Ngrenehan
Instagram by @joko_nugroho

Pantai Krakal dan Kukup berjarak sekitar 2 km di sebelah timur dari tempat wisata Pantai Drini, Dan masih dalam satu jalur dengan wisata Pantai Baron. Sedangkan letaknya tepat di posisi yang bersebelahan dengan Pantai Tliti, lokasinya di Kecamatan Tepus. Hal ini dapat diketahui dari adanya tanda sebuah bangunan batu yang berbentuk setengah benteng.

Rute Pantai Goa Cemara Sewu berikut petunjuk lokasinya :

Jika dari Jogja, ambil arah selatan ke Jl.Bantul. Lurus dan ikuti Jl.Bantul hingga sampai di kota Bantul. Kemudian Lurus terus ke selatan melewati Masjid Agung Bantul. Lalu, ketika sudah berada dibagian selatan Bantul dan sampai di Kretek Abang, beloklah ke kanan sampai anda menemui rambu-rambu ke Goa Cemara. Ikutilah rambu tersebut hingga anda sampai tujuan. sebuah pantai yang terletak di selatan dusun Patihan, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul.

Sesuai namanya, objek wisata Gunungkidul yang satu ini bernama Pantai Ngrenehan. Ngrenehan, Anda tak akan menyesal bila sudah menginjakkan kaki di sini. Selamat berlibur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */