Surganya Wisata Indonesia

Tiket Masuk dan Rute Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

0
Tiket Masuk dan Rute Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta
Nilai Artikel Ini

Lokasi Pantai Ngobaran tidak jauh dari Pantai Ngrenehan, bahkan tiket masuk Pantai Ngobaran dengan Pantai Ngrenehan menjadi satu. Sampai ada yang bilang, tidak sempurna rasanya jika menikmati ikan bakar di pantai Ngrenehan tanpa mampir juga di pantai yang bertebing tinggi ini.

Jarak kedua pantai itu kurang lebih hanya 2 kilometer. Tidak jauh bukan? Tanggung ah kalau nggak mampir. Penduduk Pantai Ngrenehan aja sering membicarakan bahkan mampir ke Pantai Ngobaran Wonosari, mengapa anda yang sudah jauh-jauh tidak?

Pantai Ngobaran Jogja
Instagram by @vaeza.m

Pantai Ngobaran Yogyakarta adalah salah satu pantai yang cukup eksotik. Jika air sedang surut, rizki anda untuk melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna coklat ataupun hijau. Hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang akan tampak seperti sawah di wilayah yang padat penduduk jika dilihat dari atas, buktikan deh.

Puluhan jenis binatang laut juga ada di sela-sela karang, mulai dari binatang laut, landak laut, sampai golongan kerang-kerangan. Yang menarik di sini adalah pesona budayanya yang dijamin tak ditemukan di pantai-pantai lainnya. Mulai dari bangunan hingga soal makanan penduduk setempat. Satu yang membuat beda yaitu adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan yang berdiri berdekatan. Inikah bentuk multikulturalisme? Luar biasa.

Alamat Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Wisata Pantai Ngobaran Jogja yaitu:

Rute Pantai Ngobaran ini searah dengan Pantai Nguyahan. Jalan menuju Pantai Ngobaran dan Nguyahan ini bila dari kota Jogja sekitar 65 km, maka telusurilah jalan Yogyakarta-Wonosari (sepanjang jalan akan anda temukan tempat-tempat wisata Gunung Kidul lainnya dan juga titik-titik yang menjadi ciri khas Gunungkidul) Piyungan > jalan mulai berkelak kelok bahkan menanjak > ada Tikungan Bokong Semar > Hargodumilah > Patuk > Tikungan Irung Petruk (sekarang ada jembatan yang memotong tikungan ini) > Sambi pitu > Hutan Tleseh >Lapangan Udara Gading > Pertigaan Gading ambil Kanan (arah Playen Paliyan > Dari kecamatan Paliyan terus ke arah selatan menuju Trowono > PUSIKLAT TNI AD >hutan SODONG (jalannya menanjak dan berkelok-kelok). Di daerah Sodong ini masih bisa ditemui kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Kunjungi :  38 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable
Keindahan Pantai Ngobaran Jogja
Instagram by @bioudablyuou

Sebelum masuk trowono akan melewati telaga Namberan (digunakan untuk cadangan air masyarakat sekitar) > Pasar Trowono ambil arah ke selatan melintasi jalan beraspal yang sedikit nyempit, berkelok-kelok > kelurahan Kanigoro Saptosari. Di kanan kiri jalan ditemui pipa-pipa air minum yang dialirkan ke masyarakat dari sumber air di Ngobaran > Pertigaan (Naah, di sinilah perbedaannya. Jika anda ingin menuju Pantai Ngrenehan berarti belok kiri. Sedangkan jika ingin menuju Pantai Ngobaran maka belok ke kanan).

Rute Pantai Ngobaran dari Klaten yaitu Klaten > Cawas > Karangmojo > Wonosari > Siraman > Pulutan > Wiyoko > Paliyan > Pasar Trowono > Kanigoro > Pantai Ngobaran. Untuk Rute Pantai Ngobaran dari Solo langsung saja menuju Klaten dan selanjutnya ikuti rute yang dari klaten.

Hasil Laut di Pantai Ngobaran Jogja

Para nelayan setempat ada yang berprofesi tetap sebagai pengumpul hasil laut di Pantai Ngobaran, mereka biasanya memperoleh rumput laut atau disebut alga. Hasil itu kemudian diperjual belikan kepada para wisatawan. Jangan khawatir, tentunya penjualan itu tidak semahal harga di pasar. Jadi sangat sangat meriah. Jika berkunjung ke Pantai Ngobaran Yogyakarta hingga sore hari, Anda akan menemui banyak nelayan yang sedang mencari hasil laut. Karena ada berbagai macam biota laut yang dapat ditangkap seperti bintang laut, lobster, landak laut dan hasil laut lainnya.
Aneka jenis alga di Pantai Ngobaran Jogja seperti :

  • Sebagai bahan pembuat kerupuk menggunakan Jenis Simbar yang bisa dibeli dengan kisaran harga Rp. 3000,- s/d Rp. 5.000,-,
  • Ada juga Jenis lumut yang harganya sekitar Rp. 1.500,- s/d Rp. 2.000,-
  • Sebagai bahan pembuat agar-agar dengan jenis Ager yang dijual dengan harga Rp. 1.200,- s/d Rp. 1.500,-.

Keunikan Wisata Pantai Ngobaran Jogja

Di Pantai Ngoabaran ini terdapat 4 tempat ibadah secara berdampingan yaitu:

  1. Pada tahun 2003, dibangunlah Pura sebagai tempat ibadahnya penganut kepercayaan Kejawan yakni penganut keturunan Brawijaya V salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Pura ini dilengkapi dengan patung-patung dewa berwarna putih
  2. Sebelah kiri Pura ada pendapa sebagai tempat peribadatan aliran Kejawen
  3. Hanya jeda jarak beberapa meter saja, akan ditemukan jalan setapak depan pendopo. Di situ anda akan menjumpai sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering dipagari kayu berwarna abu-abu. Beberapa meter dari tempat itu berdiri sebuah Pura tempat peribadatan agama Hindu.
  4. Kemudian didepan Kotak batu itu ada bangunan Masjid yang sederhana dengan beralaskan pasir pantai.
Kunjungi :  32 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah Diserbu Pengunjung

Masjid ini ukurannya kurang lebih 3×4 meter. Lantainya yang langsung dari pasir seolah menyatu dengan alam. Yang paling unik adalah kebanyakan masjid di Indonesia umumnya menghadap Barat. Tetapi, masjid ini justru dihadapkan ke selatan. Bagian depan tempat imam memimpin sholat terbuka hingga langsung melihat lautan. Akan teapi, penduduk setempat tetap memberi tanda di tembok dengan pensil merah sebagai petunjuk arah kiblat yang sebenarnya.

Icon Pantai Ngobaran Jogja
Instagram by @destilucia28

Setelah puas mencari tahu situs sejarah pantai ngobaran dan sekitarnya itu, Anda dapat berjalan turun ke pantai. Jika waktu pagi, pengunjung akan menemui masyarakat pantai sedang memanen rumput laut untuk dijual kepada tengkulak. biasanya mereka menjual rumput laut dengan harga Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per kilo. Hasilnya lumayan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Namun, jika sore, biasanya menemui warga yang tengah mencari landak laut untuk dijadikan lauk makan malamnya.

Untuk bisa dimakan, landak laut harus dikepras dulu durinya hingga rata. lalu Di pecah menggunakan sabit. Baru kemudian dapat mencongkel daging yang ada di bagian dalam landak laut. warga yang mencari landak hanya berbekal saringan kelapa, sabit, ember, dan topi kepala untuk menghindari panas.

Landak laut yang didapat di masak dengan bumbu berupa garam dan cabe lalu digoreng. Menurut penduduk, daging landak laut cukup kenyal dan lezat. Akan tetapi, warga setempat tidak banyak menjual makanan yang unik itu. Tapi kalau anda penasaran ingn mencoba? Anda bisa memesan terlebih dahulu. coba saja meminta pada salah satu penduduk untuk memasakkan.

Patung diPantai Ngobaran Jogja
Instagram by @farid_owotg_55

Pengunjung akan dihamparkan suatu pemandangan yang menakjubkan. Dari atas bukit terlihat ombak yang bergulung mesra membelai karang-karang berselimut rumput laut yang menghijaukan pantai. Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta menawarkan sebuah keindahan dengan pluralisme lingkungan, Ombak-ombak yang ramah memberikan kesejukan bagi rumput-rumput laut yang bersemayam di sana.

Kunjungi :  12 Tempat Wisata di Cimahi Jabar yang Harus Dikunjungi

Selain itu, anda juga bisa menikmati Pantai Ngetun Wonosari Yogyakarta. jalannya, Pertama kamu harus menemukan SDN IV Tepus yang keberadaannya juga agak tersembunyi di balik semak belukar. Gedung sekolah itu berwarna kuning dan menjadi acuan jalan menuju Pantai Ngetun. Cari amannya, Biar nggak kesasar kamu bisa bertanya ke penduduk setempat.

Setelah kamu menemukan SDN IV Tepus, kamu bisa melewati jalan yang di sampingnya dengan mengikuti jalan beton. Lalu akan sampai pada pertigaan kuburan keramat dan lurus saja.

Pantai Ngobaran
Instagram by @indut_bahari

Ada yang menarik juga nih, Lokasi Embung Nglanggeran Jogja berada di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. untuk menuju ke sana bisa lewat Jalan Wonosari ke Daerah Piyungan kemudian Bukit Patuk atau “Bukit Bintang” menuju Perempatan Patuk ke kiri bertemu dengan Desa Ngoro-Oro, ada Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan bertemu Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal sampai pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri akan terlihat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan maka sampailah di Kebun Buah Nglanggeran.

Puncak Kosakora Yogyakarta tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah saja, tetapi disana kamu dapat mendengarkan damainya deburan ombak dan merasakan khasnya angin pantai yang membuat kamu betah berlama-lama. Pelataran puncak bukit kosakora cukup luas, ada pembatas pagar bambu supaya kamu bisa berjalan dan memandang hamparan samudra sejauh mata memandang.

Sebagai wisata yang ada di Gunungkidul, Pantai Ngobaran bukan hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menawarkan keharmonisan dalam keberagaman. Lengkap bukan? Dari keindahan pantai, pesona tempat peribadatan hingga hidangan yang menggoda. Mungkin tidak ada di tempat lain, ayoo tunggu apalagi untuk ke sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */