Spot Snorkeling Pantai Nglambor Wonosari Gunung Kidul

0
Pesona Pantai Nglambor
Instagram by @balcazar.co

Pantai Nglambor – Obyek wisata Gunung Kidul kali ini untuk anda penggemar snorkeling, tidak perlu repot-repot membawa bekal atau peralatannya. Di dalam area pantai ini tersedia warung makan yang dikelola oleh penduduk sekitar, juga ada tempat penyewaan alat snorkeling. Jadi, silahkan menikmati snorkeling Pantai Nglambor ini. Untuk setiap penyewaan alat snorkeling anda diharuskan mengeluarkan kocek sebesar Rp 50.000 per jam.

Lokasi Pantai Nglambor Wonosari berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Yogyakarta, pantai ini berjarak kurang lebih 70 km. Sangat mudah untuk ke lokasi pantai Nglambor. Anda tinggal mengikuti jalur menuju Pantai Siung. Setelah memasuki pos Siung, pengunjung akan dikenakan biaya tarif masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Anda akan bertemu dengan pertigaan, beloklah ke kanan ikuti pertigaan tersebut dengan jalur makadam. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus melewati jalanan berbatu sehingga harus pake kaki ke sananya atau dengan mendaki bukit dan naik ojek motor dengan biaya Rp 5.000. Kendaraan beroda empat hanya bisa diparkir pada saat pos awal Pantai Nglambor,sebab akses untuk menuju pantai masih belum diperbaiki.

Apabila pantai sedang dalam keadaan surut, Anda dapat berjalan menuju arah tebing dan karang-karang besar. Akan tetapi, jika air sedang pasang anda harus ekstra hati-hati dikarenakan ombak di Pantai Nglambor terbilang cukup besar.

Snorkeling Pantai Nglambor
Instagram by @meulatipucuk_

 

Rute Pantai Nglambor Yogyakarta jika berangkat dari Jogja adalah kamu harus terlebih dahulu melewat jalan lingkar (ring road) timur hingga menjumpai perempatan jalan Wonosari. Lalu beloklah ke arah timur mengikuti jalan Wonosari sampai tiba di alun-alun Wonosari yang berada di sebelah kiri jalan. Mulailah berjalan pelan sebab kamu harus segera belok ke kanan menuju jalan Baron di pertigaan sebelum kantor Polres Gunung Kidul (jalan menuju terminal Wonosari).

Ikuti jalan tersebut higga menjumpai kantor BRI di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter kemudian akan ada pertigaan, belok ke kiri atau arah timur dan ikuti terus. Nah, sesampainya di sini kamu bertanya aja pada penduduk sekitar di mana lokasi Pantai Nglambor Wonosari atau Kecamatan Tepus desa Purwodadi biar menujunya jauh lebih mudah dan cepat.

Kunjungi :  25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah Meriah

Akan lebih baik, Jika anda yang berdatangan dari luar kota atau baru tiba di Wonosari Gunung Kidul pas waktu sore ataupun malam hari untuk menginap terlebih dulu. Sayang kan jika jauh-jauh datang untuk bebrapa jam saja. Penginapan pantai nglambor dijamin membuat anda kerasan. Di sana memang tidak seperti pantai Indrayanti yang sudah dikelola dengan baik oleh pihak swasta, akan tetapi, kamu bisa mendpatkan hotel di area pusat kota Wonosari.

Nah saat fajar mulai beranjak, bangulah dan langkahkan kaki anda menuju pantai Nglambor. Nikmati kesejukan udara dan ramahnya angin laut yang menyapa bak memberikan senyum cerah pada setiap orang yang mendatanginya. Jadi tak apa lah mencari hotelnya di kota Wonosari, selain murah, kita juga bisa bebas leluasa mencari menu makanan malam dengan harga yang lebih terjangkau.

Anda juga dapat booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (dapat lewat transfer) dengan masukkan kata kunci: “wonosari“.

Wisata Pantai Nglambor
Instagram by @maruli5758

Bersantailah di Pantai Nglambor. Memang untuk fasilitas tempat ibadah seperti musholla belum ada, tapi kamu bisa menemunya di sepanjang jalan menuju pantai. Untuk toilet atau kamar mandi umum juga belum tersedia, tapi kamu dapat menumpang di salah satu rumah warga yang paling dekat dengan pantai. Santai aja, orangnya ramah pake banget, tidak dipungut biaya, hanya saja sebagai ungkapan trimakasih kamu dapat memberikan donasi kepada pemilik rumah seikhlasnya.

Belum tersedianya Musholla, juga toilet ini bukan berarti Pantai Nglambor nggak menarik, tentu keadaan inilah yang menjadikan pantai ini benar-benar masih natural. Pantainya Berbentuk teluk mungil dengan dua bukit yang mengapitnya. Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Tersembunyinya letak Pantai Nglambor ini, menjadikan pantai ini belum banyak wisatawan yang berkunjung. Tetapi justru itulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai milik pribadi. Kamu dapat menikmati keindahannya dengan kondisi dan suasana yang apa adanya. Nyaman, menyejukkan, tanaman di sekelilingnya menjadikan kesan asri yang sungguh mendamaikan.

Kunjungi :  Candi Pawon, Candi Mungil dengan Lubang Anginnya

Untuk tempat parkir di pantai hanya bisa diperuntukkan buat sepeda motor saja. Karena akses jalan masuk ke pantai Nglambor dari jalan aspal yang belum memungkinkan untuk dilewati mobil. Jadi jika kamu berkunjung dengan membawa mobil, maka kamu harus memarkirnya lebih dulu di pinggir jalan menuju jalan masuk pantai. kemudian kamu harus naik ojek dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Pantai yang sangat asri itu, paling asyik untuk dibuat snorkeling. Apalagi harga snorkeling Pantai Nglambor juga tergolong murah. Kamu dapat menyewa paket snorkeling Pantai Nglambor dengan harga Rp.50.000,- per set terdapat snorkel, masker, dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang snorkeling.

Nglambor Beach
Instagram by @akhmadnani

Harga tiket masuk Pantai Nglambor Jogja adalah sebesar Rp. 5.000,- per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yang akan ditarik retibrusi di pos masuk Pantai Siung. Jadi untuk biaya snorkeling di Pantai Nglambor cukup mengeluarkan uang sekitar Rp.50.000,-.

Peta Pantai Nglambor Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, dari pusat kota Jogja dapat langsung menuju Jalan Wonosari kemudian Bukit Patuk menuju Bundaran Siyono sampai pada kota Wonosari ambil arah ke Pantai Siung, TPR Pantai Siung, sekitar 2 km dari TPR, belok kanan dan ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor.

Rute Pantai Nglambor dari Solo adalah yaitu melalui Praci menuju Kecamatan Rongkop/Baran lalu ke Nglindur sampai pada Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (ada Tugu ditengahnya) belok kanan menuju Pasar Jepitu lalu menemui pertigaan Winangun belok kiri arah Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor Jogja
Instagram by @izzudin_akbar

Sebelumnya, telah kita simak sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta bahwa dahulu kala ada seorang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Tatkala itu ia sedang bersemedi, melihat dari celah-celah batu karang yang menjatuhkan banyak tetesan air. Dalam bahasa Jawa, karang disebut juga dengan “paran”. Sedangkan tetesan air itu disebut dengan “tumatitis”, sehingga jadilah nama daerah itu dengan sebutan “Parangtritis” artinya air yang menetes dari batu.

Kunjungi :  Kunjungi Destinasi Tempat Wisata Populer di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Hal ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat bahwa Pantai Parangtritis dipercaya sebagai gerbang masuk kerajaan ghaib di laut selatan. Pantai ini juga dijadikan lokasi berbagai ritual baik oleh keraton maupun warga sekitar.

Salah satu ritual yang biasa dilakukan adalah Labuhan. Dalam ritual ini, juru kunci pantai dan utusan dari keraton akan melarung sesaji ke laut lepas dengan harapan untuk mendapatkan berkah, keselamatan, dan ketenteraman.

Pantai Nglambor
Instagram by @sigit.widiyanto

Labuhan biasa dilakukan pada hari penobatan sultan juga peringatan hari penobatan setiap satu dan delapan tahunnya. Selain itu, ritual ini juga biasa dilakukan pada saat sultan akan menggelar hajatan tertentu seperti saat akan menikahkan anaknya.

Selain Parangtritis, cobalah tegok juga pantai yang juga menjadi wisata kuliner ini, pantai Depok. Lokasi pantai Depok Jogja terletak di Bantul. Tepatnya di Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok. Di sana juga ada kawasan waterpark, sebuah Taman wisata Pasir Putih Depok yang menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

Ada juga Pantai Drini. Jalan menuju Pantai Drini Jogja, jika dari jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang atau Bukit Patuk – Sambipitu – Tahura Bunder – Lanud TNI AU Gading Wonosari – Logandeng – Siyono – Alun-alun Wonosari – Jalan Baron – Pertigaan Mulo lurus – SMKN 1 Tanjungsari – Pos Retribusi – Pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron kiri menanjak – Pertigaan Pertigaan sebelum masuk Pantai Kukup ke kiri – Pertigaan masuk Pantai Sepanjang lurus – perempatan lurus – Pertigaan ke kanan masuk Pantai Drini lihat papan petunjuk.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */