Lokasi Jalan Menuju Sunset Pantai Ngandong Gunung Kidul

0

Pantai Ngandong merupakan salah satu objek wisata Gunung Kidul yang mempunyai keindahan dan suasana terbilang cukup natural. Lokasinya ada di sebelah timur Pantai Krakal, Pantai Slili, dan Pantai Sadranan dan sebelah baratnya Pantai Sundak.

Pantai Ngandong
Instagram by @ngandongsurf

Wisatawan yang datang ke pantai ini dapat melakukan aktivitas seperti: memancing, ataupun tracking dari pantai sekitar ke Pantai Ngandong dan Pantai Sundak. Di sini anda dapat menyaksikan para petani ataupun nelayan yang sibuk mencari rumput laut di sekitar pantai. Pada peta Pantai Ngandong Wonosari Gunung Kidul terletak di koordinat GPS – lokasi: S8°8’47” E110°36’20”.

Fasilitas yang ada di pantai ini antara lain: Tempat PeleIangan Ikan (TPI), rumah singgah komunitas roader dengan nama “CRAB RESORT” dengan bangunan yang khas dan asri. Ada juga fasilitas area mini off-road. Sedangkan arah Pantai Ngandong Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55881 yang digunakan untuk memancing, anda dapat menuju ke atas bukit karang Timur Pantai Ngandong serta sebelah Barat Pantai Sundak.

  • Rute Pantai Ngandong Jogja yang pertama : Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading ke kanan – menuju Playen – Paliyan – Saptosari – Pertigaan sebelum Masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur – ikuti jalan aspal sampai menemui pintu masuk Pantai Sundak – Lokasi Pantai Ngandong Gunung Kidul
  • Rute menuju Pantai Ngandong kedua : Jogja – Imogiri – Panggang – Saptosari – Pertigaan sebelum Masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur – ikuti jalan aspal sampai menemui pintu masuk Pantai Sundak – Lokasi Pantai Ngandong Gunung Kidul
  • Jalan menuju Pantai Ngandong di Jogja berikutnya yaitu: Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Pertigaan timur Bundaran Tugu BPD ke arah kanan – Jl Kyai Legi – Ikuti terus jalan Lingkar Selatan hingga menjumpai perempatan beloklah ke kanan arah Jalan Baron – Jalan Baron – Pos Retribusi ke kawasan pantai Gunungkidul – Pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron, ke arah Timur – ikuti jalan aspal sampai menemukan pintu masuk Pantai Sundak – Lokasi Pantai Ngandong Gunung Kidul
Kunjungi :  Wisata Inap di Tembi Rumah Budaya Bantul Jogja

Selain pasir putihnya yang halus (sampai ada yang mengatakan mirip pasir putihnya di Raja Ampat), pantai yang letaknya berhimpitan dengan Pantai Sundak dan Pantai Krakal ini termasuk pantai yang landai dan sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air bahkan bagi anak – anak pun tak masalah. Arusnya yang tenang, sangat aman untuk sekedar berenang maupun hanya bermain air. Ada beberapa macam kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Ngandong.

Pantai Ngandong Jogja
Instagram by @andreas_seluas_samodra

Salah satunya adalah Pengunjung bisa berlayar dengan menyewa perahu milik nelayan yang tinggal di sekitar pantai. Oleh masyarakat sekitar, pantai ini dijadikan mata pencarian mulai dari menyediakan fasilitas bagi para wisatawan dan berprofesi sebagai nelayan. Beberapa nelayan sampai menyewakan perahunya untuk keperluan wisatawan. Dengan berlayar di sekitar Pantai Ngandong Gunung Kidul saja dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung, terutamara wisatawan dari luar. Biasanya para nelayan akan membawa pengunjung sedikit menengah ke laut untuk melihat salah satu fenomena langka seperti keluarnya sumber air tawar dari dalam lautan yang tampak seolah-olah seperti air yang mendidih dari dasar laut.

Para pengunjung juga tidak hanya dimanjakan oleh panorama yang begitu asri saja. Mereka juga dapat mencoba memacu adrenalin dengan cara mendaki puncak untuk melihat pemadangan laut dari sisi yang berbeda, yakni sisi atas. Disarankan tetap waspada sebab di puncak masih ada banyak bebatuan yang cukup tajam bahkan bisa saja menggores kulit. Dari atas sini pengunjung bisa melihat indahnya pantai Ngandong, sambil menanti matahari tenggelam di sela – sela perbukitan.

Letak Pantai Ngandong Gunung Kidul berada di sebelah barat Pantai Sundak yang berjarak kira-kira 8 km dari pos restribusi. Alamat Pantai Ngandong ini lebih tepatnya berada di kawasan desa Sidoharjo Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Ngandong, di Pantai Sundak pengunjung dapat memarkir kendaraan terlebih dahulu. baru kemudian berjalan kaki menuju arah Pantai Ngandong sekitar 200 meter sebab tekstur jalanan masih berbatu. Sebaiknya pengunjung tidak menggunakan sandal japit karena ada kemungkinan terselip saat pejalanan terutama saat usai diguyur hujan.

Kunjungi :  40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru
Wisata Alam Pantai Ngandong
Instagram by @dzaky.mubarak_

Wisatawan yang ingin bermalam di pantai, santai saja, ada penginapan di Pantai Ngandong dengan 4 kamar dilengkapi fasilitas AC, dan letaknya tepat di tepi pantai. Sangat strategis sehingga wisatawan yang menginap di sini tidak hanya melihat aktifitas yang dilakukan warga sekitar saja, namun juga dapat merasakan keindahan pantai di saat hari menjelang malam dan saat matahari mulai bersinar

Berkunjung ke Pantai Ngandong, bisa saja menghabiskan waktu sekitar dua jam sampai dua setengah jam. Tidak usah khawatir bosan, anda dapat menikmati pemandangan khas daerah Gunungkidul, pemandangan yang lumayan indah berupa bukit kapur. Sedangkan infrastruktur untuk sampai ke Pantai Ngandong cukup nyaman karena sudah diaspal dengan baik.

Pantai ini langsung menghadap ke arah Samudera Hindia. Oleh sebab itu, sunset Pantai Ngandong yang cantik akan semakin menyempurnakan hari anda saat berada di sana. Ketika matahari tenggelam, langit berubah warna menjadi kuning dan jingga. Pancaran cahaya senjanya turut menyinari pasir-pasir putih di pantai. Bukankah ini pemandangan yang cukup menawan? Inilah sunset terindah di Gunungkidul.

Pesona Pantai Ngandong
Instagram by @pikniknusantara

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat Pantai Drini.

Jalan menuju Pantai Sepanjang Yogyakarta apabila dari Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Per3an masuk kawasan Pantai Baron ke Timur – Pintu masuk pantai Kukup ke Timur – Pantai Sepanjang.

Pantai Parangkusumo merupakan obyek wisata pantai yang berada di Kabupaten Bantul. Jaraknya sekitar 30 km dari sebelah selatan Kota Yogyakarta. Posisi pantai ini berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Tidak ada pembatas yang jelas bila di lihat dari bibir pantainya. Hanya saja, dibagian tepi daratnya terdapat bangunan yang berbeda-beda. Pantai ini secara administratif berada di desa yang sama dengan Pantai Parangtritis, yaitu Desa Parangtritis, Kretek, Bantul Yogyakarta.

Kunjungi :  34 Tempat Nongkrong 24 Jam di Bandung yang Hits
Sunset Pantai Ngandong
Instagram by @blusukangunungkidul

Jadi, untuk menuju lokasi kedua pantai tersebut dapat dicapai dengan melewati sebuah desa bernama Kretek. yakni desa yang letaknya dipinggir jalan Parangtritis. Saat Anda berada di posisi luar kota, ambil rute jalan melalui Jl. Parangtritis, ikuti arah tersebut menuju ke selatan hingga sampai ke Pantai Parangtritis. Rute inilah yang paling cepat dan lancar bagi para wisatawan yang belum begitu mengenal seluk-beluk jalanan di Jogja menuju lokasi Pantai Parangkusumo dan Parangtritis.

Anda harus tau juga tentang Pantai Sadeng Wonosari yang masih satu garis dengan pantai selatan. Lokasinya berada di Desa Songbanyu dan Desa Pucung Kecamatan Girisubo. sekitar 40 km dari Wonosari Gunung kidul Yogyakarta. Tempat ini dan berdekatan dengan Pantai Ngobaran. Di sinilah terkenalnya area pemancingan.

Sebelum memulai berburu atau memancing ikan Jolong di Pantai Sadeng siapkan dulu mental dan segala peralatan yang dibutuhkan. Jam pagi merupakan waktu yang tepat untuk merasakan serunya tarikkan mata kail yang di goyang-goyang ikan jolong di pantai sadeng, khususnya kalau waktu gerimis dimusin penghujan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */