Sejarah dan Rute Jalan Menuju Pantai Nampu Wonogiri

0

Pantai Nampu bukan hanya elok, tetapi juga sangat alami dengan hamparan pasir putih dan pantai yang sangat panjang cocok untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga. Kurang lebih 15 km jaraknya dari Kecamatan Paranggupito. Selain itu, ditepi pantai juga terdapat sumber mata air, sehingga bagi anda yang usai bermain-main di lautan akan menjadi segar dengan kehadiran air itu.

Pantai Nampu Wonogiri
Instagram by @komboungaran

Dikarenakan akses transportasi menuju Lokasi Pantai Nampu ini agak sulit, maka wajar saja jika Pantai Nampu belum banyak di kenal oleh wisatawan. Sangat disarankan untuk Wisatwan yang ingin menikmati keindahan pantai Nampu, usahakan menggunakan kendaraan pribadi karena sudah pasti belum ada transportasi umum yang bisa menuju ke sana.

Rute Pantai Nampu dari Solo kita bisa memulainya dengan pertama perjalanan menuju kota Wonogiri. setelah itu, ada dua jalur alternatif untuk menuju ke kecamatan Paranggupito, yaitu jalur Pracimantoro dan Jalur Baturetno. Kedua jalur ini nantinya akan bertemu di perempatan Giribelah.

Dari perempatan Giribelah kita menuju ke arah selatan. Jarak yang ditempuh untuk menuju pantai kurang lebih 25 KM lagi. Pada umumnya, Pandan tumbuh lebih dari dua meter sehingga membuat pemandangan makin menjadi lebih asri dan sejuk. Kita pun dapat beristirahat di bawah pandan yang rimbun sembari menatap jauh ke laut lepas.

Singkat rutenya rutenya begini dari Solo – Wonogiri – Baturetno – Giriwoyo – Giritontro – Giribelah – Paranggupito – Gunturharjo – Dringo – Pantai Nampu.

Pantai Nampu
Instagream by @komboungaran

Rasa penat dan lelah selama perjalanan pun segera terobati. Untuk menuju bibir pantai, kita harus menuruni berpuluh-puluh anak tangga, karena pantai Nampu berada di bawah tempat parkir.

Jadi, cukup melelahkan memang menuruni anak tangganya, akan tetapi semua itu akan segera terbayar dengan keindahan yang kita dapatkan sesampainya di bibir pantai. Kita dapat bermain dengan putihnya pasir, mencari hewan-hewan laut yang kecil, bermain air, berlari menantang ombak, dan sebagainya. Sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan moment dengan mengambil foto Pantai Nampu Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.

Kunjungi :  Wisata Negeri Diatas Awan Puncak B29 Lumajang

Usai bermain puas di pantai, kita dapat menikmati segarnya Es Degan yang dijajakan oleh penduduk sekitar. Akan tetapi pada hari-hari biasa penjual Es Degan di Nampu sangat minim. Mereka banyak yang berjualan ketika hari-hari ramai, seperti hari Minggu dan hari Libur lainnya.

Pada saat sore hari, biasanya air laut di pantai Nampu mulai surut. Saat itulah semua jenis hewan laut bertebaran. Kitapun bisa turut mencari hewan-hewan laut seperti ikan-ikan kecil, bulu babi, bintang laut, teripang, gurita dan lain-lain.

Pesona Pantai Nampu Wonogiri
Instagram by @blankon_adfuntour

Biasanya penduduk sekitar pantai juga menggunakan kesempatan tersebut untuk mencari gurita. Bukan untuk dijual, tetapi diolah. Mereka mencari Gurita bukan tujuan untuk dijual, tetapi untuk dimasak sendiri sebagai lauk. Dengan berbekal tongkat kecil yang mereka sebut sundlep mereka mencari gurita di balik terumbu dan karang-karang. Jika sedang beruntung sertk penduduk sekitar yang sedang memancing ikan di bibir pantai sebelah timur.

Pantai Nampu Paranggupito Wonogiri merupakan objek wisata yang menjadi sebuah panghargaan bagi pesisir selatan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebuah Pantai yang terletak di dusun Dringo, desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini menjadi satu destinasi wisata bagi warga setempat dan sekitarnya.

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata alam di Wonogiri yang favorit karena pasir pantainya yang putih dan hiasan karangnya yang indah membuat pantai ini sebenarnya sangat menarik. hanya saja, kurangnya fasilitas dari pemerintah setempat, sehingga pantai ini kurang dikembangkan. Jadi wajar jika lokasi ini masih jarang pengunjung. bagi wisatawan pemburu keheningan Pantai Nampu menjadi salah satu solusinya.

Pantai Nampu ini mempunyai tebing batu di sisi pantai sehingga makin membuat nuansa keheningan dan kesunyian itu menguat. Pasirnya putih bersih dengan hembusan angin laut yang tidak terlalu kencang. Ditambah tebing di sisi tadi membuat pantai bagaikan sebuah corong.

Kunjungi :  5 Tempat Wisata Alam di Surabaya untuk Refreshing

Justru Dengan kondisi yang masih sepi itu kita dapat melakukan aktivitas yang bebas. Tetapi tetap masih memperhatikan koridor nilai-nilai sosial yang berlaku lho ya…tetap jaga kebersihan karena pantai ini paling enak dibuat futsal dan main layang-layang.

Sejarah Pantai Nampu

dibalik suasana sepinya itu adalah tutur simbah yang ada di Dusun Dringo Kelurahan Gunturharjo ini mengatakan bahwa tanah di wilayah pantai Nampu bukan kuasa pemerintah setempat karena pada tahun 1979 sudah dimiliki oleh perusahaan Batik Keris

Pantai Nampu Jogja
Instagram by @riski_kawa

Batik Keris itu membeli lahan Nampu mulai dari pantai Nampu itu sendiri hingga pantai Sembukan sepanjang sepuluh kilometer. Jadi pemerintah kesusahan jika ingin memberikan fasilitas untuk pantai tersebut.

Pembelian tanah oleh Batik Keris waktu itu dilakukan dengan cara memaksa, tidak ada tawar- menawar harga layaknya proses jual beli tanah pada umumnya.

Proses transaksinya maksa banget, Waktu itu dilakukan oleh aparat keamanan, masyarakat hanya diberitahu jika pemerintah yang akan membeli lahan tanah tersebut.

Pada saat tengah-tengah proses pembayaran tanah kepada masyarakat, baru kemudian diberi tahu kalau yang membeli lahan mereka itu Batik Keris, bukan pemerintah karena pemerintah tidak ada dana.”

Pantai Nampu dapat ditempuh dengan menggunakan bis ataupun kendaraan pribadi. Jalan menuju Pantai Nampu Gunung Kidul ini cukup mudah.. Di lihat dari Peta Pantai Nampu Wonogiri lokasinya berada di tengah antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pantai yang masih begitu natural ini menjadi tempat pilihan untuk berwisata sepanjang hari tanpa menunggu hari libur.

Jika ditempuh dari arah Yogyakarta Jalan yang sedikit bergelombang dapat dirasakan mulai dari Kecamatan Pracimantoro sampai ke Giritontro. Sedangkan jika ditempuh dari Baturetno kerusakan akan diketahui mulai dari Giriwoyo sampai ke Giritontro.

Kunjungi :  Keindahan Sunset dan Camping di Pantai Kesirat Gunung Kidul
Keindahan Pantai Nampu Wonogiri
Instagram by @riskagalvani

Sementara jalan dari Giritontro ke Paranggupito relatif sempit, banyak tikungan dan tanjakan serta turunan tajam yang curam sehingga sangat di sarankan pengunjung untuk menempuh dengan sepeda motor agar lebih lancar. Namun demikian pemandangan pepohononan jati yang tumbuh di antara bebatuan khas Wonogiri sisi selatan dapat menjadi pengalaman tersendiri.

Anda juga perlu tahu tentang Pantai Wohkudu yang letaknya berdekatan dengan pantai kesirat. Jaraknya dari kota Yogyakarta 65 km dapat di tempuh sekitar 1jam 50 menit dengan kendaraan pribadi. Rute untuk menuju Pantai Wohkudu yang dianggap paling efektif yaitu: Yogyakarta > Ringroad jl.Wonosari > Piyungan > Patuk > Gading (lapangan terbang) belok kanan > pasar Playen > Paliyan > Girikarto > Lokasi Pantai Wohkudu Wonosari.

Jalan menuju Pantai Gesing dapat anda tempuh melalui jalan Imogiri Timur, Kebon Agung, Selopamioro, dan terakhir Panggang.

Rute Pantai Ngandong Jogja : Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading ke kanan – Playen – Paliyan – Saptosari – Pertigaan sebelum Masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur – ikuti jalan aspal sampai menemui pintu masuk Pantai Sundak – Pantai Ngandong berada tepat di barat Pantai Sundak

Sedangkan jika dari Jogja – Imogiri – Panggang – Saptosari – Pertigaan sebelum Masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur – ikuti jalan aspal sampai menemui pintu masuk Pantai Sundak – Pantai Ngandong tepat berada di barat Pantai Sundak.

Lokasi Pantai Ngandong ada di sebelah timur Krakal, Slili, dan Sadranan atau sebelah barat pantai Sundak.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */