Surganya Wisata Indonesia

Jelajah Surga di Pesisir Selatan Pantai Menganti Kebumen

0
Jelajah Surga di Pesisir Selatan Pantai Menganti Kebumen
Nilai Artikel Ini

Pantai Menganti Kebumen – Pantai Menganti merupakan pantai terindah di Jawa Tengah, mengapa disebut demikian? Karena hamparan pasir putihnya dengan ombak yang terus terpacu untuk mendatangi bibir pantai dengan hiasan puluhan kapal nelayan yang berjajar rapi sepanjang pinggir pantai menjadikan pemandangan disini menjadi lebih indah dan eksotis. Banyak fotografer yang menjadikan Pantai Menganti sebagai tempat untuk mengambil gambar, diantara yang pernah datang berkunjung mengatakan bahwa Pantai Menganti merupakan pantai yang sempurna untuk fotografi share Pantai Menganti Kebumen 2017.

Lokasi, Rute Menuju, Tiket Masuk, Fasilitas, Mitos dan Penginapan Pantai Menganti Kebumen

Lokasi, Rute Menuju, Tiket Masuk, Fasilitas, Mitos dan Penginapan Pantai Menganti Kebumen
Instagram by @pantaimenganti

Keindahan dan kesempurnaan yang ada harus diabadikan, karena memang surganya pecinta foto Pantai Menganti Kebumen. Bukan hanya sekedar itu, keindahan sunset dan sunrisenya pun menjadi buruan bagi pecintanya. Banyak diantaranya yang mendirikan tenda untuk sekedar menikmati malam dan menanti munculnya sang surya, hal semacam itu yang menjadi daya tarik tersendiri di lokasi Pantai Menganti Kebumen. Masih seputar keindahan yang ada, disini dapat terlihat panorama hijau perbukitan dengan tebing karstnya yang dihiasi jalan berliku yang curam. Dikelilingi oleh pegunungan karst nan elok dan pemandangan laut yang terhampar terlihat selama perjalanan merayapi bukit.

Tebing raksasa yang tinggi dan kokoh, menjulang di bagian Barat lokasi Pantai Menganti terbaru, karena kemolekan yang ada bahkan tebing ini disebut Tebing Bidadari. Jajaran pohon kelapa sepanjang pinggir pantai menandakan ciri khas dari pantai pesisir. Banyaknya batu karang yang besar dengan hiasan mercusuar dan Tebing Karangbata menambah syahdu pemandangan yang ada. Di Tebing Karangbata terdapat gubung yang dapat digunakan untuk melihat luasnya Samudra Hindia dan pulau karang yang ada. Bahkan saat musim hujan tiba, tebing bagian Barat akan dihiasi oleh 4 buah air terjun dengan ketinggiannya emncapai 30 meter. Dan ombaknya yang landai membuat pantai ini bisa dijadikan untuk wahana surfing.

Selain itu, masih ada satu hal lagi yang bisa menjadi nilai jual tempat ini. Selain sebagai objek wisata yang memang sudah digandrungi banyak pengunjung, Pantai Menganti juga dijadikan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bagi nelayan yang ada disekitar lokasi dengan peta Pantai Menganti sekarang membuat pemasaranpun menjadi lebih cepat. Bahkan ada beberapa kedai yang menjual hasil tangkapan laut yang segar bagi para pengunjung yang datang. Dan untuk harga yang ada pastilah lebih murah dari yang ada di pasaran dan satu lagi, kualitas hasil laut yang ada sudah terjamin kesegarannya karena diambil langsung dari sumbernya, yaitu laut.

Kunjungi :  Sensasi Wahana Air Water Blaster Semarang yang Menakjubkan

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Alamat Pantai Menganti Kebumen kaskus ini terletak di Jl. Pantai Menganti tepatnya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini terletak 35 km dari kota Gombong, apabila dari Kebumen sejauh 42 km. Untuk jalan ke Pantai Menganti tidak bisa menggunakan kendaraan umum karena tidak ada jalur kendaraan umum sampai lokasi, jadi harus menggunakan kendaraan pribadi. Jalan Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah dalam kondisi baik tetapi berkelok-kelok, karena letaknya yang berada di balik perbukitan karst dan masih merupakan kawasan hutan Kedu Selatan, menjadikan jalan menuju lokasi dapat dikatakan beraspal hotmix karena selain berbelok-belok juga curam. Banyak rute Pantai Menganti dari Purwokerto sebagai salah satucontohnya,untukmemudahkan bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan jalur Pantai Menganti Gombong yang seperti ini harap berhati-hati dan selalu konsentrasi. Diluar itu semua pengunjung patut berbangga hati, karena sepanjang perjalanan akan ditemui pepohonan yang tidak ada hentinya. Dan sepanjang jalan menuju lokasi atau bisa menggunakan peta Pantai Menganti Kebumen sebagai pemandunya.

Rute menuju Pantai Menganti

Rute menuju Pantai Menganti
Instagram by @pantaimenganti

Untuk menuju lokasi, jika berasal dari Kebumen dan Gombong bisa langsung mengambil arah ke Pantai Karang Bolong, lalu mengambil arah Barat lebih tepatnya arah ke Cilacap. Lurus terus sampai nanti menemukan Desa Karangduwur. Nanti ada petunjuk arah yang akan mengarahkan sampai ke tujuan wisata. Jika berasal dari Yogyakarta bisa langsung mengambil jalur jalan Deandles sampai ke Pantai Karang Bolong nanti ambil arah CIlacap dan sampai di Desa Karangduwur ikuti petunjuk arah yang ada.

Jika berasal dari Wonosobo, ada 2 jalur yang bisa dipilih. Jalur yang pertama lewat Banjarnegara, dari Wonosobo menuju Banjarnegara, setelah sampai Mandiraja ambil arah kiri menuju Gombong. Setelah itu ambil jalur Pantai Karang Bolong seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jalur satunya lagi lewat Wadaslintang. Jika melewati jalur ini dari Wonosobo mengambil arah Sawangan lalu kea rah Kaliwiro sampai Wadaslintang terus sampai ke Prembun. Setelah sampai dipertigaan jalan besar ambil arah kanan ikuti petunjuk yang ada menuju ke Pantai Karang Bolong atau arah ke Pantai Ayah. Nanti akan menemukan petunjuk arah menuju lokasi.

Kunjungi :  Pesona Luar Biasa Pantai Gili Labak Sumenep Madura

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Menganti

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Menganti
Instagram by @pantaimenganti

Untuk masuk ke lokasi diharuskan membayar retribusi sebesar Rp. 10.000,00 untuk satu orang, belum termasuk parkir nanti didalamnya. Karena banyak pengunjung yang datang saat malam hari untuk berkemah maka pantai ini buka selama 24 jam. Adapun fasilitas yang tersedia mulai dari tempat ibadah, warung makan, tempat parkir, kamar mandi, penginapan dan TPI. Bahkan terdapat pula penginapan Pantai Menganti di Kebumen.

Penginapan di Pantai Menganti Kebumen

Penginapan di Pantai Menganti Kebumen
Instagram by @pantaimenganti

Meskipun letaknya yang berada di pelosok dan susah dijangkau, tetapi saat ini di dekat Pantai Menganti sudah disediakan penginapan bagi yang ingin merasakan nikmatnya malam dengan suasana sunyi dan sepi. Meskipun begitu, jarak penginapan sampai ke pantai kurang lebih 1 km dari loket pembayaran. Hanya ada penginapan yang dikelola oleh perorangan sepanjang jalur Pantai Menganti Cilacap. Disini ada 5 penginapan yang dibagi menjadi 3 rumah.

Untuk yang 1 rumah dengan 2 penginapan menyediakan fasilitas kamar mandi dalam, double bad, almari, kulkas, dan TV. Sedangkan untuk yang 1 rumah menjadi 1 penginapan sendiri ada fasilitas tambahan yang berupa ruang santai yang luas. Penginapan ini permanen terbuat dari kayu secara keseluruhan, dan dari sini dapat terlihat laut yang membentang luas dengan sebelah Nampak bukit hijau menjulang, udara yang segar dan gambar Pantai Menganti Kebumen part 2. Namun di penginapan ini tidak disediakan makanan, jadi harap membawa makanan sendiri atau bisa membeli di warung makan yang ada di dekat penginapan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu warga sekitar dan memudahkan dalam penataan dan pembersihan penginapan saat selesai penyewaan. Harga yang ditawarkan untuk satu penginapan selama satu malam adalah Rp. 200.000,00. Namun ada yang berbeda dari penginapan yang lain, dimana semakin banyak orang yang menginap maka harganya semakin bahal. Bagaimana bisa? Karena air yang ada di penginapan mengambil dari sumber mata air yang berada di bawah atau dekat Pantai Menganti Ayah Kebumen jadi pengalirannya sangat sulit dan mahal. Oleh karena itu penginapan disini terkesan mahal. Jika tidak berkenan, pengunjung bisa mendirikan tenda di dekat Pantai Menganti untuk menikmati keindahannya.

Mitos seputar Pantai Kebumen Menganti

Mitos seputar Pantai Kebumen Menganti
Instagram by @pantaimenganti

Karena letaknya yang berada satu di kawasan Laut Selatan maka di Pantai Menganti juga berlaku beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, seperti halnya pengunjung tidak diperbolehkan berenang atau mendekati pantai jika menggunakan baju berwarna hijau gadung karena warna tersebut merupakan favorite dari Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa Pantai Selatan. Jika menggunakannya maka kemungkinan besar bisa hanyut terbawa ombak bahkan menurut beberapa orang pintar, akan dibawa ke keraton Nyi Roro Kidul.

Kunjungi :  Lokasi dan Sejarah Wisata Religi Masjid Agung Banten

Tempat Wisata di Kebumen Lainnya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kebumen Lainnya yang Wajib Dikunjungi
Instagram by @pantaimenganti

Selain Pantai Menganti, di Kebumen masih ada satu pantai lagi yang tak kalah indah, Pantai Suwuk namanya. Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Dusun Suwuk, Kelurahan Tambak Mulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Pantai ini menyediakan pemandangan pegunungan disebelah barat dengan bukitnya yang menjulang hingga Pantai Karang Bolong dan Samudra Hindia. Dipantai ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan cara offroad melewati rimbunnya rumput, tanaman pandan, cemara udang dan pasir hitamnya yang luas akan membuat adrenalin terpacu. Disebelah Barat pantai ini ada muara sungai yang bernama Muara Sungai Telomoyo, disini pengunjung bisa memancing. Tetapi demi keamanan bersama, pengunjung tidak diperbolehkan berenang, karena ombaknya yang besar dan bibir pantainya yang curam.

Jika ingin menikmati wahana air yang tenang sambil bersantai, Wisata Jembangan adalah jawabannya. Wisata ini merupakan wisata alam yang menyajikan konsep restoran yang berada diatas telaga hijau. Selain itu disini juga banyak wahana yang ditawarkan, mulai dari kolam pemancingan, tempat bermain anak, perahu air, perahu bebek bahkan ada juga kebun binatang. Selain sebagai tempat bersantai juga menyajikan nilai edukasi secara umum. Dapat dikatakan wisata ini sebagai restoran. Lokasi wisata Jembangan ini ada di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen.

Masih dengan wisata air Kebumen yang lainnya, ada Waduk Sempor. Waduk yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kebumen ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk hal itu sesuai karena ketinggian waduk ini kurang lebih 30 mdpl. Udara yang sejuk juga dipengaruhi oleh banyaknya pohon pinus yang tertanam di sekeliling perbukitan yang berada disebelah waduk. Tempat yang indah untuk memandang sunrise ini juga dijadikan sebagai sarana irigasi guna pegairan sawah disekitar waduk. Sekilas info Kebumen, terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */