Wisata Bersejarah Pantai Lombang Sumenep Madura

0

Penginapan di Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura

Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura
by instagram @luthfanaji71

Pantai Lombang Sumenep Madura – Anda berencana untuk pergi berwisata di hari libur mendatang? Belum menemukan tempat yang cocok? Barangkali ulasan tempat wisata di Madura ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang sedang mencari tempat berlibur yang nyaman. Madura? Ya. Jangan menganggap remeh terlebih dahulu. Anda tidak hanya akan disuguhi karapan sapi saja, cuaca panas, dan segala ketidaknyamanan yang selama ini menempel di pulau Madura. Ada beberapa wisata pantai Madura yang bisa dijadikan tempat yang tepat untuk “ngadem”, seperti Pulau Gili Labak, air terjun Toroan di pantai nepa, dan Pantai Lombang. Berkat munculnya tempat wisata alam Madura, kini julukan pulau garam yang gersang berubah menjadi gersang. Seger dan merangsang.

Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura adalah tempat wisata pantai bernilai sejarah yang ada di pulau Madura. Tempat ini cocok sebagai media berlibur dan belajar. Merasakan indahnya pantai sembari belajar sejarah Pantai Lombang di Sumenep Madura dan menambah ilmu pengetahuan alam. Anda yang berwisata beserta buah hati tercinta, Pantai Lombang ini salah satu lokasi yang tepat.

Pantai Lombang di Sumenep Madura
by instagram @cha_notodiharjo

Pantai Lombang di Madura memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru. Keunikan yang ada pada pantai ini adalah adanya pepohonan yang berjejer memagari pantai. Pohon yang tumbuh di area Pantai Lombang adalah pohon cemara udang. Pantai Lombang adalah satu-satunya pantai di Indonesia yang ditumbuhi oleh pohon cemara udang. Tidak seperti pohon cemara pada umumnya. Bila pohon cemara memiliki ketinggian yang menjulang dengan bentuk tegak dan tinggi, pohon cemara udang memiliki bentuk pohon yang agak rendah dan melengkunh seperti udang. Oleh sebab itu, pohon cemara jenis ini diberi nama pohon cemara udang. Pohon-pohon cemara tersebut menghilangkan kesan pantai yang biasanya panas. Udara yang mengalir dari pepohonan membuat suasana pantai ini terasa asri dan sejuk.

Kunjungi :  35 Tempat Wisata di Batang Jawa Tengah yang Mempesona

Pantai Lombang kabupaten Sumenep Jawa Timur Indonesia mempunyai panjang garis pantai hampir 12 kilometer. Keseluruhan bentangan pantai tersebut terisi oleh pasir putih. Terlihat elok dan menawan. Di tepi pantainya, dibangun beberapa bangunan kecil permanen yang bisa digunakan sebagai tempat beristrahat dan duduk-duduk bersama sambil menatap ombak dari kejauhan. Anda juga bisa menikmati bekal makanan atau minuman di tempat ini. Namun tetap saja, kebersihan adalah nomor satu. Jangan tinggalkan apapun di tempat ini kecuali jejak kaki Anda. Sebab, kebersihan pantai adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pengelola ataupun pengunjung saja. Selain duduk bersantai di tempat yang sudah disediakan, Anda bisa duduk langsung di atas pasir. Pasir-pasir yang berada di bawah pohon cemara, nyaman digunakan sebagai alas duduk. Anda juga bisa bermain membangun istana pasir dan aktivitas lainnya seperti menggambar, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengabadikan kenangan Anda di tempat ini dengan mengambil beberapa foto. Bila air laut dalam keadaan surut, Anda bisa melihat penampakan gurun pasir di pantai ini.

Jalan Menuju Pantai Lombang
by instagram @amalianadhila31

Menginginkan suasana lain dan hendak bersentuhan dengan air laut Pantai Lombang? Bisa saja. Pantai Lombang memiliki ombak yang landai dan kedalaman yang dangkal, sehingga aman untuk aktivitas air seperti berenang. Anda yang tidak bisa berenang, dapat menyewa ban pelampung yang disediakan oleh pengelola pantai.

Pantai Lombang ini bukan lagi pantai baru di pulau Madura. Pesonanya yang kian memikat banyak wisatawan dari tahun 2000 ini membuat pembangunan dan pengelolaan pantai semakin maksimal. Hingga sekarang ini, Pantai Lombang termasuk pantai dengan fasilitas yang memadai. Jalan masuk lokasi pantai sudah dibangun sedemikian rupa dengan banyak lapak pedagang yang ada di pinggir-pinggirnya. Anda bisa membeli makanan ataupun minuman ringan untuk dibawa ke lokasi pantai. Jalan masuk ini ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang, jadi Anda tidak akan merasakan panas. Biaya masuk tempat ini sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 saja.

Kunjungi :  Wisata Favorit Keluarga Ya Pantai Delegan Gresik

Sejarah Pantai Lombang

Sejarah Pantai Lombang
by instagram @yustinejustine

Deskripsi Pantai Lombang yang banyak dikatakan oleh ahli sejarah memang benar adanya. Terdapat keterkaitan antara Pantai Lombang dengan Tiongkok. Pada sekitar abad ke-15, kekaisaran tiongkok melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia. Kelompok tersebut membawa puluhan ribu prajurit, ratusan kapal, dan aneka barang seperti, bibit pohon, piring, dan gelas.

Ketika berlayar mendekati Pulau Madura, kapal yang membawa banyak bibit tanaman terhantam badai. Walhasil, bibit tanaman tumpah ruah dan berserakan di mana-mana, salah satunya adalah di Pantai Lombang. Bibit tanaman tersebut lama kelamaan tumbuh subur di Pantai Lombang. Konon, pohon cemara udang yang tumbuh tersebut hanya ada di Indonesia, di Pantai Lombang dan di Tiongkok. Tak disangka bukan? Peristiwa kecelakaan beratus-ratus tahun lalu membawa dampak baik bagi Pantai Lombang ini.

Dahulu, banyak sekali pihak yang menangkarkan pohon cemara udang ini untuk dijadikan bonsai. Bonsai pohon cemara udang terhitung mahal, karena pohon cemara ini termasuk pohon yang langka di Indonesia. Untuk satu pot saja, bonsai cemara udang bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah. Harga yang cukup fantastis. Namun tentu saja, bagi kolektor barang langka, harga mahal tentu sebanding dengan kepemilikan barang. Sekarang pun jika Anda berminat mengoleksi bonsai cemara udang, Anda bisa menemukannya di tempat ini.

Di samping mempelajari banyak hal yang ada di Pantai Lombang, sangat disayangkan bila Anda melewatkan waktu pagi, sore, dan malam hari di Pantai Lombang ini. Panorama sunrise di tempat ini cukup menarik. Terlebih, Pantai Lombang berada di ujung timur pulau Madura. Anda dapat menyaksikan keindahan pagi di pulau garam ini. Pesona sunset juga patut Anda abadikan. Menikmati lukisan warna oren ditemani secangkir kopi, membuat badan terasa lebih rileks. Kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan adalah kegiatan di malam hari. Anda dapat turut serta dalam kegiatan bakar-bakar ikan dan pertunjukan budaya yang digelar oleh masyarakat sekitar.

Kunjungi :  5 Tempat Wisata Alam di Solo Banyak Diminati
Pantai Lombang Madura
by instagram @lulusandika

Untuk bisa menikmati waktu malam, tentunya Anda harus tinggal sementara di hotel Pantai Lombang bangkalan. Memang tidak ada penginapan yang disediakan secara langsung di lokasi pantai, Anda bisa menemukan penginapan Pantai Lombang Madura Sumenep tak jauh dari pantai. Hotel-hotel tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bepergian dari wilayah yang cukup jauh. Beberapa hotel yang bisa Anda tempati di sekitar Pantai Lombang adalah sebagai berikut.

  • Hotel Surabaya

Penginapan ini berjarak kurang lebih 25 kilometer dari Pantai Lombang. Tarif per malam yang dikenakan di hotel surabaya berkisar Rp. 130.000.

  • Hotel Wijaya I dan Hotel Wijaya II

Kedua penginapan ini juga memiliki jarak sekitar 25 kilometer dari lokasi Pantai Lombang. Biaya per malam yang dikenakan kedua hotel cukup murah dan terjangkau. Hanya sekitar Rp. 80.000 an saja. Hotel wijaya merupakan hotel dengan biaya termurah yang bisa Anda tempati dengan lokasi yang cukup dekat.

  • Mitraland Hotel

Tarif per malam mitraland hotel adalah Rp. 100.000. Hotel ini memiliki jarak paling jauj diantara ketiga hotel yang ada, yaitu 26.70 kilometer.

Ketiga penginapan tersebut dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati suasana malam sekaligus bermalam di area dekat Pantai Lombang.

Anda ingin mencoba berwisata ke Pantai Lombang? Mudah saja. Letak pantai ini berada di desa Lombang, kecamatan batang batang, kabupaten Sumenep, provinsi Jawa Timur. Anda bisa datang ke Pantai Lombang dari Surabaya melalui jalur laut dari pelabuhan tanjung perak menuju pelabuhan di kabupaten bangkalan. Rute yang dilalui sangat mudah dan bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat langsung menuju Pantai Lombang.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */