Coba Tantangan Snorkeling Pantai Lenggoksono Malang

Lokasi Snorkeling Pantai Lenggoksono Malang Selatan

Lokasi Snorkeling Pantai Lenggoksono Malang Selatan

Instagram by @wanderlustindonesia

Pantai Lenggoksono Malang – Meskipun berada di kawasan dataran tinggi, tidak hanya pegunungan dan perkebunan saja yang bisa Anda jumpai di Malang. Di balik kesejukan udara pegunungan, tersembunyi keindahan pantai yang dapat dinikmati Anda selama berlibur, salah satunya adalah Pantai Lenggoksono. Pantai ini bisa menjadi referensi jika Anda ingin berlibur menikmati indahnya pantai dengan nuansa pegunungan, menyenangkan sekali bukan?

Lokasi Pantai Lenggoksono

Lokasi pantai ini sendiri berada di Desa Purwodadi, Malang Selatan. Untuk menuju kesana, diperlukan waktu sekitar 3 – 4 jam dari Kota Malang. Cukup jauh memang, namun lokasi ini lebih dekat jika dibandingkan ke Pantai Clungup. Untuk sampai di sana bisa dibilang tidak ada kendaraan umum, jadi Anda harus bersiap untuk menggunakan kendaraan pribadi. Atau jika tidak, Anda dapat menyewa kendaraan dari Kota Malang atau Kota Batu. Jangan lupa pastikan kendaraan yang akan Anda gunakan telah siap sebelumnya baik kondisi kendaraan maupun bahan bakar, karena sepanjang perjalanan Anda hanya akan menjumpai pepohonan hijau yang akan menemani Anda hingga sampai di sana, sehingga Anda akan kesulitan jika harus mengisi bahan bakar di tengah perjalanan.

Rute Menuju Pantai Lenggoksono

Rute Menuju Pantai Lenggoksono

Instagram by @yoviepaidong

Rute Pantai Lenggoksono ini sebenarnya cukup mudah, dari Kota Malang Anda bisa mengambil arah Dampit dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Jika Anda merasa penat dalam perjalanan, tidak ada salahnya Anda untuk transit dan menyegarkan diri di Sumber Sirah yang berada di daerah Gondanglegi, Malang Selatan, sebelum Anda sampai di Dampit. Sumber Sirah ini adalah kawasan wisata sumber mata air tawar, atau yang dalam Bahasa Jawa sering disebut dengan “sumberan”. Di sini Anda dapat berenang dan menikmati keindahan airnya, bahkan terdapat ikan – ikan dan tumbuhan hijau sejenis ganggang yang hidup di bawah air.

Kunjungi :  Harga Masuk Sekolah Alam Kandank Jurank Doank Tangerang

Setelah Anda menyegarkan tubuh dan pikiran, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke selatan lagi hingga sampai di daerah Tirtoharjo yang sekitar 2 jam dari Dampit. Karena perjalanan masih cukup panjang, jangan lupa siapkan bekal yang cukup ya, jangan sampai Anda kelaparan sepanjang perjalanan ini. Jika perlu pastikan perut Anda sudah diisi sebelum melanjutkan perjalanan ke arah selatan.

Atau jika Anda masih kebingungan mengenai rute perjalanan, Anda dapat mencarinya melalui internet dengan memasukkan kata Pantai Lenggoksono maps di mesin pencari yang ada di smartphone Anda, atau melalui GPS. Jika tidak terdapat sinyal, jangan ragu bertanya kepada penduduk setempat, hal itu lebih baik daripada Anda tersesat dan tidak bisa pulang kembali ke rumah. Atau jika tidak, Anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang banyak tersedia di Kota Malang dan sekitarnya yang akan siap mengantarkan Anda menuju lokasi. Jadi, jangan khawatir tersesat ya bila Anda berlibur di Malang dan sekitarnya.

Tiket Masuk Pantai Lenggoksono

Tiket Masuk Pantai Lenggoksono

Instagram by @sikhosara.nova

Untuk tiket masuk Pantai Lenggoksono sendiri bisa terbilang murah sekali, cukup mengeluarkan Rp 5000,00/ orang untuk retribusi, Anda sudah bisa menikmati pemandangan laut dengan pegunungan di sekelilingnya. Selain itu, masih banyak fasilitas yang dapat Anda nikmati, dan sajian khas pantai seperti kelapa muda segar, ikan segar, dan sebagainya. Jika melihat tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya, pantai ini bisa dibilang sangat murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan tiket masuk wahana wisata lainnya, terlebih wahana – wahana modern yang berada di Kota Malang atau Kota Batu. Meskipun murah secara harga, pantai ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lain pada umumnya, dan pantai – pantai lainnya.

Kunjungi :  Lokasi dan Sejarah Wisata Religi Masjid Agung Banten

Wisata Snorkeling

Wisata Snorkeling

Instagram by @agusjunam

Ketika menikmati pantai, agar Anda tidak bosan dengan pemandangan yang begitu – begitu saja, silahkan Anda mencoba untuk snorkeling. Snorkeling Pantai Lenggoksono Dampit Malang ini sangat menarik bagi Anda pecinta wisata bawah laut. Jangan kahawatir bila Anda tidak membawa peralatan snorkeling, karena disana terdapat tempat – tempat penyewaan alat yang dikelola oleh warga sekitar dengan biaya sebesar Rp 25.000,00/ set yang mencakup kacamata, snorkel, dan pelampung. Jadi Anda tidak perlu takut tenggelam ya.

Area snorkeling di Pantai Lenggoksono Malang Selatan ini memiliki kedalaman sekitar 7 meter. Dari atas kapal saja, Anda sudah bisa menikmati indahnya terumbu karang dan ikan yang berenang ke sana kemari. Untuk menikmati keindahan bawah laut, Anda akan diantar oleh nelayan dengan perahu motor yang bisa Anda sewa setiap saat. Satu perahu motor bisa memuat sekitar 6 orang, jadi Anda bisa ramai – ramai menikmati snorkeling bersama teman – teman atau keluarga Anda. Oh ya, satu lagi, nelayan di sini tidak memberikan batas waktu ketika Anda menyewanya, jadi puaskanlah snorkeling selama mungkin dan nikmatilah indahnya suasana bawah laut disana.

Jika kita perhatikan secara seksama, sebenarnya Pantai Lenggoksono ini lebih tepat disebut sebagai gerbang menuju kawasan pantai bagi para wisatawan. Karena pesona keindahan pantai yang Anda cari tidak hanya ada di pantai ini. Dari kejauhan sebenarnya pantai ini sudah sangat indah, ia seakan bersembunyi dibalik pepohonan hijau yang berbukit – bukit, namun ketika Anda sudah sampai di sana, area pantai ini seperti komplek wisata dengan beberapa pantai disebelahnya.

Banyu Anjlok dan Pantai Bolu – Bolu

Banyu Anjlok dan Pantai Bolu - Bolu

Instagram by @mlakumlakutravel

Komplek wisata Pantai Lenggoksono ini di dalamnya terdapat Pantai Bolu – Bolu dan Banyu Anjlok. Ketiganya berdampingan membentuk teluk yang sangat indah bila dipandang. Untuk menikmati Pantai Bolu – Bolu dan Banyu Anjlok, Anda bisa menyewa perahu motor dengan harga kurang lebih Rp 50.000,00/ orang, jika masih terlalu mahal, Anda juga bisa menawarnya. Dengan perahu ini, di tengah perjalanan Anda juga bisa menikmati snorkeling ditengah – tengah laut, dan Anda akan menjumpai suasana bawah laut yang di sampingnya terdapat Air Terjun Banyu Anjlok.

Kunjungi :  24 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Hits Saat Ini

Selain dengan menggunakan perahu motor, rute menuju Pantai Lenggoksono Banyu Anjlok dan Pantai Bolu-Bolu, juga bisa dijangkau dengan berkendara motor. Akan tetapi jika Anda menggunakan motor, Anda tidak dapat menikmati wisata snorkeling di spot terbaik. Dan rasanya sayang sekali jika sudah jauh – jauh datang ke sini namun Anda tidak bisa menikmati secara keseluruhan.

Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Pantai Lenggoksono untuk menuju Pantai Bolu – Bolu dengan menggunakan perahu motor. Ketika Anda sampai di Pantai Bolu – Bolu, nikmatilah suasana back to nature yang sangat terasa di sana. Anda bisa bercengkerama dengan warga sekitar dan menikmati kelapa muda hijau yang dipetik langsung dari pohonnya untuk melepas dahaga. Dan jika Anda memiliki waktu yang cukup luang, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk berkemah di tepi Pantai Bolu – Bolu. Bermalam ditepi pantai dengan ditemani api unggun dan suara desiran ombak bisa menjadi pelengkap malam liburan Anda yang syahdu.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berlibur di Pantai Lenggoksono? Tapi jangan lupa ya untuk tetap menjaga dan merawat alam Indonesia kita. Jangan lupa tetap membuang sampah pada tempatnya dan tidak ikut – ikutan mengotori pantai. Jangan lupa perhatikan keselamatan dan selamat liburan !

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */