Lihat Keunikan dari Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur

0

Tiket Masuk Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur

Pantai Kutang 1
Instagram by @destiawan13

Pantai Kutang Lamongan – Pernah pergi berwisata ke pantai ini? Bagi Anda yang belum, mungkin pertama kali reaksi Anda mendengar nama Pantai Kutang adalah heran, kemudian tersenyum, lalu tertawa lebar. Pantai ini memang memiliki nama yang aneh, unik, lucu, dan tidak biasa. Pantai Kutang berada di desa labuhan, masuk di kecamatan labuhan, kabupaten Lamongan, provinsi Jawa Timur. Tempat ini berlokasi di perairan laut jawa. Sehingga membuat pantai unik ini memiliki ombak yang kecil. Tidak seperti pantai-pantai lain di perairan laut selatan.

Pantai Kutang di Lamongan ini mulai terkenal sebab nama pantainya. Dalam artian bahasa Jawa Timuran, atau dalam bahasa jawa di daerah lain, nama Kutang ini memiliki makna yang sama. Yaitu jenis pakaian dalam wanita. Kata tersebut merupakan nama lain dari bra atau sama juga artinya dengan bh atau breast house dalam singkatan bahasa inggris. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, apa hubungan kata sebutan tersebut dengan pantai ini?

Pantai Kutang 2
Instagram by @nitakustanti

Dahulu, sebelum dikenal oleh banyak orang, Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur biasa digunakan oleh para kawula muda sebagai tempat berkumpul. Entah apa sebab, setiap para pemuda ini, lebih tepatnya para pasangan ini beranjak pulang dari pantai, mereka selalu meninggalkan jejak dengan meninggalkan pakaian dalam ini di pantai.

Masyarakat sekitar Pantai Kutang brondong Lamongan seringkali melihat bra yang ditinggalkan tersangkut atau memang sengaja diletakkan di pohon mangrove di tepi pantai. Oleh sebab itu, pantai ini diberi nama Pantai Kutang. Memang terkesan tidak biasa, namun jangan salah, pemberian nama itu menjadi simpati para wisatawan yang penasaran, seperti apa rupa keelokan pantai pasir putih ini. Jadi, jangan lewatkan juga tempat wisata Lamongan yang satu ini dari daftar wisata Anda di Lamongan ya.

Kunjungi :  25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah Meriah
Pantai Brondong Lamongan
Instagram by @zakisetiawan

Kecamatan labuhan, letak Pantai Kutang ini dekat dengan kecamatan brondong. Masyarakat sekitar yang dekat dengan pantai, menyebut Pantai Kutang Lamongan ini dengan Pantai Kutang brondong.

Saat sampai di Lamongan, tujuan pertama Anda mungkin adalah wisata bahari Lamongan. Tempat wisata yang sudah populer di seantero negeri ini memang mempunyai magnet yang luar biasa bagi wisatawan. Tapi tempat wisata lainnya seperti tanjung kodok, pantai ya’ang di kecamatan labuhan, pantai klayar, dan pantai delegan juga wajib Anda lirik saat berwisata ke Lamongan. Tempat-tempat tersebut menyimpan keindahan yang belum pernah Anda temui sebelumnya.

Senja di Pantai Kutang

Pantai Kutang
Instagram by @destiawan13

Tiket masuk Pantai Kutang Lamongan ini hanya Rp. 2.000. Biaya yang Anda bayarkan adalah sebagai jaminan parkir. Karena, pantai yang tergolong masih baru ini, bisa dikatakan masih alami, belum ada fasilitas memadai atau permanen yang disediakan untuk pengunjung. Tempat parkir yang ada disediakan swadaya oleh masyarakat. Bahkan tempat parkir yang ada pun belum bisa dikatakan tempat parkir yang standar karena area parkir merupakan halaman dari rumah warga sekitar pantai.

Di Pantai Kutang juga tidak terdapat kedai makan atau warung berjualan yang bisa Anda jumpai. Sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman ketika Anda hendak berwisata di Pantai Kutang Lamongan. Dan, jangan lups untuk membawa pulang kembali bekas tempat makanan dan minuman atau apapun yang Anda bawa sebagai bekal untuk tetal menjaga kebersihan dan kelestarian Pantai Kutang. Karena ketenarannya yang belum banyak diketahui ini membuat Pantai Kutang terlihat bersih, air laut masih berombak dengan bersih, tidak ada sampah yang menggenang dan berserakan di sekitar pantai.

Pantai Kutang Lamongan
Instagram by @destiawan13

Meski begitu, Anda dapat menikmati ayunan yang tergantung di pohon mangrove. Pada hari biasa ketika air laut pasang dan menutupi sebagian batang pohon mangrove, memang tidak memperlihatkan keindahan yang begitu menarik. Namun, ketika Anda beruntung dan tiba di pantai ini dalam keadaan air laut surut, Anda akan menemukan surga yang tersembunyi di pantai ini.

Kunjungi :  Wisata Tersohor Pantai Karang Bolong Anyer yang Wajib dikunjungi!

Deretan pemandangan alami nan indah akan muncul dari bagian karang yang selama ini tertutup air. Bebatuan pasir yang terlihat, serta view pantai dan air laut yang terlihat dari bawah pohon mangrove sangat memesona. Batu-batu karang yang menghijau ditumbuhi lumut, serta air yang terlihat hijau di bawah pohon turut menambah suasana asri.

Pantai Kutang brondong
Instagram by @amira_in

Di sinilah latar terbaik saat Anda hendak mengambil foto. Bermain di ayunan dengan suasana sejuk latar belakang pantai yang menawan. Di saat kondisi ini pula, selain bermain ayunan, Anda bisa tidur di atas pohon layaknya di atas hammock. Carilah pohon dengan batang yang cukup besar dan posisi miring, Anda akan dapat bersantai dalam posisi seperti ini. Dedaunan pohon mangrove yang cukup lebat, mampu menjadi payung alami yang dapat menutupi dari pancaran sinar matahari langsung.

Untuk Anda yang ingin berjemur atau menikmati keindahan pasir putihnya, Anda dapat duduk-duduk di tepi pantai. Tekstur pasir yang halus akan membuat Anda semakin menikmati keberadaan Anda di Pantai Kutang ini. Spot ini juga tidak kalah menarik dengan di bawah pohon mangrove. Saat air laut surut, Anda dapat berfoto dengan posisi agak ketengah. Anda yang mengajak serta keluarga dan buah hati, tempat ini sesuai untuk area bermain anak.

Pantai Kutang 1
Instagram by @azis_syairul_bahri

Anda bisa juga menikmati pemandangan langit senja di Pantai Kutang. Anda yang berniat mencari view sunset, Anda bisa melegakan waktu pada sore hari di Pantai Kutang. Meskipun berada di pantai utara, namun Anda bisa menyaksikan matahari yang mulai tenggelam di peraduannya di ujung laut yang terlihat. Hal ini tentu akan menambah kesan tersendiri saat Anda berkunjung ke Pantai Kutang. Warna langit oranye, juga merupakan titik terbaik saat Anda ingin mengambil foto sunset berlatar tempat ini. Warna pasir dan laut yang berubah semakin merah, membuat siapapun tidak ingin melewatkan.

Kunjungi :  18 Tempat Wisata di Serang Banten yang Cocok Untuk Family Trip

Anda yang ingin mencoba mengunjungi tempat wisata perawan ini, Anda bisa mengikuti jalur atau rute yang ada di google map maupun aplikasi peta yang Anda miliki. Anda akan dipandu hingga Anda tiba di tujuan. Jalan yang dilalui mudah dicapai, meskipun ketika berada di desa labuhan, akses jalan yang ada cukup sempit. Patokan untuk Anda agar bisa sampai di pantai ini adalah kecamatan brondong. Dari kecamatan brondong inilah akses mudah menuju kecamatan labuhan ke Pantai Kutang.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */