Surganya Wisata Indonesia

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Kukup Kemadang Gunung Kidul

0
Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Kukup Kemadang Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Pantai Kukup Wonosari merupakan satu-satunya tempat wisata Gunung Kidul yang kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah di Aquarium Laut atau yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar pantai. Selain itu dilengkapi gua alamnya yang teduh. Jika di Bali ada Tanah Lot, di Gunung Kidul Yogyakarta ada Pantai Kukup yang mempunyai gardu pandang berada di pulau yang terpisah. Pantai Kukup Kemadang Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Pantai Kukup
Instagram by @bulan.septina

Lokasi Pantai Kukup

Pantai Kukup berada di sekitar 1 km sebelah Timur Pantai Baron. Untuk Alamat Pantai Kukup yaitu Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000

Gardu Pandang di Pantai Kukup dari atas

  • Rute Pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti dari Solo:

Dari Jogja Solo pertigaan candi Prambanan belok ke selatan menuju jl Wonosari. Kemudian Ikuti Jl wonosari hingga Kota Wonosari. Dari Kota wonosari ambil kanan sesuai petunjuk arah menuju Jl Baron. Ikuti hingga sampai tempat retribusi. Selanjutnya silahkan ikuti petunjuk arah, karena letak Pantai Kukup Krakal Baron dan juga Pantai Indrayanti sudah tertera pada petunjuk arah yang berada di pinggir-pinggir jalan.

  • Rute Pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti Dari Yogyakarta:

Dari Yogyakarta memasuki ringroad selatan, lalu ke Timur. Masuk jalan Wonosari di perempatan ke dua setelah Terminal Giwangan. Lalu lurus ke timur hingga Jl Wonosari. Rute selanjutnya sama seperti diatas.

Tiket Masuk Pantai Kukup Kemadang Gunung Kidul

Tiket masuk Pantai Kukup sangatlah murah meriah, para pengunjung hanya dikenakan biaya tarif masuk pantai dengan harga Rp 10.000/orang saja. Dengan tiket masuk tersebut sekaligus kamu juga sudah dapat berkunjung ke tiga kawasan pantai lainnya seperti Pantai Kukup. Pantai Sundak, dan Pantai Krakal. Untuk biaya parkir kamu akan ditarik tarif sebesar Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk kendaraan roda dua.

Kunjungi :  31 Tempat Wisata di Purwokerto yang Hits dan Ramai Dikunjungi
Tempat Wisata Pantai Kukup
Instagram by @arief_andrianto

Seperti pantai lain pada umumnya, Pantai kukup juga berpasir putih dan bersih, meskipun tidak begitu luas seperti Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. Di tempat wisata Pantai Kukup memang ada banyak macam biota laut terlebih ikan hiasnya. Banyak yang dijual oleh pedagang di tepi-tepi dari tempat wisata Pantai Kukup.

Ada juga yang dipelihara di gedung aquarium laut dengan tetap dalam satu area dengan Pantai Kukup. Di area Pantai Kukup juga ada suatu pulau karang kecil yang diatasnya ada gardu pandang yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan laut. Pulau tersebut disambung dengan sesuatu jembatan, sehingga dapat menjangkau gardu pandang tersebut. terlebih dahulu kita diharuskan naik ke atas bukit.

Salah satu fasilitas yang ada di tempat wisata pantai kukup di antaranya adalah hotel kelas melati, warung makan, pendopo pertemuan, pondok wisata, serta kios untuk beraneka macam cinderamata. Ada juga pedagang ikan hias, pedagang yang jual beragam camilan dari ikan.

Masyarakat di sekitar Pantai Kukup sebagian masih ada yang melaksanakan upacara sedekah laut dalam kurun waktu yang berbarengan dengan nelayan di pantai baron yang berkesinambungan dengan legenda Pantai Kukup di Jogja.

Berkunjung ke pantai ini, satu hal yang harus anda tau adalah tentang Kolam Renang Pantai Kukup Yogyakarta yang sangat eksotis itu. Anda sudah mengerti kan perihal resort mewah yang menawarkan sensasi berenang sambil melihat keindahan Pantai Kukup dari atas situ. Dijamin deh..anda betah berlama-lama di sini karena fasilitasnya sangat memanjakan anda.

Pantai Kukup Jogja
Instagram by @bhima2105

Nama resort itu adalah Inessya Resort sekarang menjadi trending topic di media sosial instagram. Dengan segala fasilitas yang tersedia, Pantai Kukup sangat cocok dijadikan tempat yang menyimpan sejuta kenangan acara liburan anda bersama keluarga, teman maupun pasangan anda. Jadi, nggak usah jauh-jauh deh.

Sejarah Pantai Kukup Beach Inessya Resort itu berada di bukit antara Pantai Baron dan Pantai Kukup tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Maka selanjutnya disebutlah lokasi itu sebagai Pantai Baron Kukup. Di sini, anda tak hanya menikmati keindahan Pantai Baron, Pantai Kukup maupun pantai sekitarnya saja, bahkan di sini anda dapat menyaksikan keindahan laut pantai selatan Gunung Kidul lainnya.

Kunjungi :  Promo dan Harga Tiket Marcopolo Waterpark Adventure Serpong

Selain itu Anda juga dapat menyaksikan sunrise terbaik di pantai Gunung Kidul tiap waktu. Inessya Resort memiliki kolam renang yang berada di bibir tebing. Di sini selain bisa berenang di kolam renang, anda juga bisa menikmati matahari terbenam tiap harinya.

Serunya lagi, resort ini juga menyediakan area camping. Bagi kamu yang hobi camping ke sini aja tuh asyik lhoo. kamu bisa camping yang unik, anti mainstream, coba deh bayangkan, camping di bibir tebing pantai bagaimana tuh sensasinya.

Di Resort ini juga tersedia aneka sajian untuk keperluan keluarga anda. Jadi selain sebagai tempat penginapan Pantai Kukup, juga tempat berenang, anda juga bisa memesan berbagai sajian makanan yang dapat anda dinikmati bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

Wisata Alam Pantai Kukup
Instagram by @gracetjahyadi_

Melihat keindahan Pantai Kukup dari resort ini cukuplah sudah mewakili segalanya. Memutuskan ke sini adalah pilihan terbaik bagi liburan Anda. Di tempat inilah saat yang tepat untuk anda memanjakan keluarga. Menikmati pemandangan pantai yang begitu eksotis. Saat berjalan menuju ke pantai, kita akan bertemu dengan rute berkelok dan naik turun serta kanan kiri nya tersaji pemandangan dengan pepohonan yang amat hijau menyejukkan itu.

Lokasi Pantai Kukup berada di selatan kota Wonosari, kabupaten Gunungkidul dengan jarak kurang lebih 25 km. Dari kota Yogyakarta menuju ke Pantai Kukup memerlukan waktu kurang lebih 2 setengah jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jalanan menuju Pantai Kukup ini berkelok-kelok serta naik-turun. lantas ingin waspada bila menggunakan kendaraan menuju ke sini. meskipun jalur berkelok-kelok. namun jalur telah bagus. Untuk dapat menuju Pantai Kukup sebagian jalur apabila dari kota yogyakarta, di antara melalui kota Wonosari atau juga dapat melalui panggang. Tempat wisata Pantai Kukup ada dekat Pantai Baron.

Lokasi Pantai Ngobaran Jogja Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang cukup eksotik. Jika air sedang surut, rizki anda untuk melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna coklat ataupun hijau. Hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang akan tampak seperti sawah di wilayah yang padat penduduk jika dilihat dari atas, buktikan deh.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Istana Air Taman Sari Jogja

Rute Wisata Pantai Ngobaran Jogja

Jarak Pantai Ngobaran Yogyakarta bila dari kota Jogja sekitar 65 km, maka telusurilah jalan Yogyakarta-Wonosari (sepanjang jalan akan anda temukan titik-titik yang menjadi ciri khas Gunungkidul) Piyungan > jalan mulai berkelak kelok bahkan menanjak > ada Tikungan Bokong Semar > Hargodumilah > Patuk > Tikungan Irung Petruk (sekarang ada jembatan yang memotong tikungan ini) > Sambi pitu > Hutan Tleseh >Lapangan Udara Gading > Pertigaan Gading ambil Kanan (arah Playen Paliyan > Dari kecamatan Paliyan terus ke arah selatan menuju Trowono > PUSIKLAT TNI AD >hutan SODONG (jalannya menanjak dan berkelok-kelok). Di daerah Sodong ini masih bisa ditemui kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sunset Pantai Kukup
Instagram by @fajar_sulasono

Rute Pantai Ngetun Wonosari Yogyakarta, Pertama kamu harus menemukan SDN IV Tepus yang keberadaannya juga agak tersembunyi di balik semak belukar. Gedung sekolah itu berwarna kuning. Cari amannya, Biar nggak kesasar kamu bisa bertanya ke penduduk setempat.

Setelah kamu menemukan SDN IV Tepus, kamu bisa melewati jalan yang di sampingnya dengan mengikuti jalan beton. Lalu akan sampai pada pertigaan kuburan keramat dan lurus saja.

Rute Puncak Kosakora Gunung Kidul : Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Gading > Wonosari > jl. Baron > Baron > Kukup > Pantai Drini (lanjut dengan berjalan kaki ke arah timur melalui pantai Ngrumput ) > Puncak Kosakora

Bukit Kosakora tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah saja, tetapi di sana kamu juga dapat mendengarkan damainya deburan ombak dan merasakan khasnya angin pantai yang membuat kamu betah berlama-lama. Pelataran puncak Bukit Kosakora cukup luas, dilengkapi pembatas pagar bambu supaya kamu bisa berjalan dan memandang hamparan samudra sejauh mata memandang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */