Terumbu Karang Indah di Pantai Kondang Merak Malang

0

Penginapan dan Sunset di Pantai Kondang Merak Malang

Penginapan dan Sunset di Pantai Kondang Merak Malang
Instagram by @malang_mbois

Pantai Kondang Merak Malang – Jika kita berbicara mengenai wisata pantai Malang, pantai yang satu ini tidak boleh kita lewatkan. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa yang dapat Anda nikmati bersama teman – teman ataupun keluarga. Nama pantai ini adalah muara, pertemuan air tawar dan air laut dan dahulu banyak dihuni burung merak. Ya, nama pantai ini adalah Pantai Kondang Merak, diambil dari nama burung yang dahulu bermukim disana. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1980 – an burung merak mulai punah akibat penangkapan dan perburuan liar.

Lokasi Pantai Kondang Merak

Lokasi Pantai Kondang Merak Malang Jawa Timur berada di wilayah Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Jarak tempuh untuk menuju ke sana sekitar 60 km dari Kota Malang, atau membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam dengan melalui perjalanan darat. Untuk menuju ke sana kami sarankan Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa kendaraan dari Kota Malang atau Kota Batu karena keterbatasan transportasi menuju arah pantai. Namun Anda perlu waspada karena kondisi jalan menuju pantai selatif sempit dan diapit pepohonan. Atau jika Anda masih awam dengan medan jalanan di Malang Raya, Anda kami sarankan untuk mengajak pemandu wisata yang bisa mengarahkan wisata Anda secara waktu dan tempat.

Untuk menuju ke lokasi pantai ini, terdapat 2 rute peta Pantai Kondang Merak di Malang, yaitu bisa ditempuh melalui Kepanjen, atau bisa melewati Gondanglegi. Lokasi pantai ini memang bersebelahan dengan Pantai Balekambang, serta berdekatan dengan Pantai Bajul Mati, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Goa Cina. Semua pantai tersebut adalah bagian dari pantai selatan yang memiliki ombak yang cukup deras, namun selalu memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan sehingga pantai – pantai ini selalu ramai, terlebih ketika musim liburan. Atau Anda bisa berjalan ke pantai sebelah yaitu Pantai Long Bridge yang tidak begitu ramai dan masih sangat alami layaknya private beach.

Kunjungi :  36 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk
Instagram by @sirojul_huda

Untuk harga tiket masuk Pantai Kondang Merak sendiri dapat terbilang aman bagi kantong Anda. Tiap orang yang memasuki wilayah pantai dikenakan biaya 3.000 rupiah, sedangkan untuk parkir roda dua hanya 2.000 rupiah dan kendaraan roda empat sebesar 5.000 rupiah saja. Sangat terjangkau bukan? Anda tidak perlu khawatir bahwa liburan ke pantai akan menguras kantong Anda. Dari segi fasilitas yang ada pun dapat dibilang cukup lengkap, mulai dari warung, menara pantau untuk melihat sunset, toilet umum, dan tempat ibadah bisa Anda jumpai dan mudah untuk ditemui.

Fasilitas dan Wahana Bermain

Fasilitas dan Wahana Bermain
Instagram by @anampba

Bukan pantai namanya apabila Anda tidak menemukan terumbu karang. Pantai Kondang Merak Malang Selatan ini termasuk pantai yang memiliki terumbu karang yang indah, beserta ganggang laut yang selalu menari mengikuti aliran ombak. Semua dapat Anda lihat secara langsung karena meskipun bagian dari pantai selatan, namun ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Hal itu disebabkan karena adanya lima titik batu karang yang berjajar sepanjang 200 m dari bibir pantai yang menjadi pemecah ombak. Oleh karena itu, pantai ini bisa dibilang aman untuk tempat bermain dan liburan bagi Anda, terlebih yang membawa anak – anak, berbeda dengan Pantai Bolu – Bolu dan Pantai Lenggoksono yang ombaknya masih relatif kencang.

Ketika bermain di Pantai Kondang Merak, jangan lupa untuk mengambil gambar karena pemandangan di sana sangat indah. Adanya karang yang menjulang, bukit – bukit yang tampak hijau, pohon kelapa yang mendayu – dayu dan pasir putih semakin membuat Anda benar – benar merasakan seperti berada di pantai yang sesungguhnya dan serasa milik sendiri. Panorama pantai ini juga sangat luar biasa, garis pantainya dapat dikatakan cukup panjang yaitu sekitar 800 m sehingga Anda cukup leluasa untuk mengeksplorasi pantai ini.

Kunjungi :  Pantai Balekambang Malang yang Tua nan Mempesona

Selain bermain air, bagi Anda yang penggemar wisata kuliner, warung – warung di sekitar Pantai Kondang Merak ini juga menawarkan menu makanan khas laut yang mungkin saja tidak Anda temui di pantai lain. Pantai ini cenderung ramai karena adanya kampung nelayan yang tak pernah berhenti menawarkan ikan segar hasil tangkapan mereka. Bukan hal yang sulit untuk menemukan menu sajian seafood segar seperti gurita yang biasa dibumbu asam manis atau dibakar, kebab ikan, olahan ikan tuna sirip kuning, dan olahan kepala ikan perlu Anda coba supaya membuang rasa penasaran Anda. Dan jangan lupakan sajian wajib dan tidak boleh Anda lewatkan yaitu sate tuna, menu andalan yang harus Anda coba. Semakin penasaran bukan? Tuna segar diolah menjadi sate dan dibakar di tepi laut, kemudian dicampur dengan bumbu yang khas. Rasanya sudah pasti, mantab!

Penginapan dan Sunset

Penginapan dan Sunset
Instagram by @
ferifird27

Jangan lupakan satu hal, Anda wajib untuk menikmati sunset Pantai Kondang Merak Jawa Timur. Pemandangan ketika matahari terbenam sangat mempesona. Memandang langit yang mulai menguning menuju senja, ombak yang begitu tenang, angin laut yang sepoi – sepoi, dan sebuah kelapa segar akan menyempurnakan momen sore Anda untuk menyambut tenggelamnya matahari. Sungguh indah memang. Mungkin Anda tidak akan percaya sampai Anda sendiri datang untuk membuktikannya. Karena sekali Anda menjumpainya, Anda bisa langsung jatuh cinta pada pantai ini dan ingin menikmati liburan di tempat yang sama.

Jika Anda sudah menjumpai gelapnya malam, bukan berarti Anda harus segera pulang. Mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk menginap di penginapan Pantai Kondang Merak karena jarak menuju kota lumayan jauh dan minim lampu jalan. Harga penginapan pun relatif murah dan layak untuk Anda beristirahat setelah seharian menikmati indahnya pantai. Selain itu, dengan menginap, Anda juga memiliki kesempatan untuk menikmati sunrise atau matahari terbit dari tepi pantai. Pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan sunset di sore hari.

Kunjungi :  24 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Hits Saat Ini

Di pagi hari, jangan lupa untuk melakukan aktivitas wajib bagi wisatawan di Pantai Kondang Merak, snorkeling. Ombak yang tenang dan hamparan batu karang yang luas menjadikan pantai ini salah satu pantai terbaik untuk menikmati pemandangan bawah laut. Ketika snorkeling, Anda bisa melihat binatang laut seperti ikan – ikan kecil, lobster, dan gurita yang bersembunyi dibalik karang tanpa harus ke tengah laut. Namun Anda juga perlu berhati – hati karena batu karang ini cukup licin karena berlumut, banyak spons, dan kerang yang dapat membuat Anda terluka jika terjatuh atau tergores karena tidak berhati – hati.

Jadi, Pantai Kondang Merak Malang ini dapat disebut sebagai tempat wisata yang lengkap untuk liburan Anda bersama keluarga atau teman – teman. Harga yang terjangkau, fasilitas yang lengkap, dan panorama yang indah sangat cocok menjadi pelengkap momen liburan Anda. Jangan lupa luangkan waktu yang cukup karena pantai ini sangat luas untuk di eksplor satu per satu. Jangan lupakan juga prinsip yang harus dipegang yaitu untuk ikut merawat alam nusantara ini. Happy holiday!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */