Surganya Wisata Indonesia

Panorama Alam Eksotis dari Pantai Klayar Pacitan

0
Panorama Alam Eksotis dari Pantai Klayar Pacitan
Nilai Artikel Ini

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur
Instagram by @pesonaklayar

Pantai Klayar Pacitan – Bila berbicara mengenai tempat wisata di Pacitan, pantai yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda, para traveller sejati. Pantai ini sudah sangat terkenal dikalangan para wisatawan lokal, bahkan mancanegara karena keindahannya meskipun wisatawan dilarang berenang di pantai ini karena ombaknya yang besar, seperti halnya Pantai Soge. Ya, benar sekali, pantai tersebut adalah Pantai Klayar, salah satu pantai terbaik yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Sejarah Pantai Klayar

Sejarah Pantai Klayar
Instagram by @pesonaklayar

Dibalik keindahannya, kita juga perlu mengetahui tentang sejarah Pantai Klayar Pacitan lho. Jika diibaratkan wanita, Pantai Klayar ini adalah sosok wanita cantik yang pendiam, misterius, namun menyimpan ribuan cerita. Bagaimana tidak, banyak sekali objek yang bisa Anda temui dan jelajahi di pantai ini.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Lokasi pantai ini berada di Pacitan Jawa Timur namun berbatasan dengan Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di Desa Sendang, yang masih bagian dari wilayah Kecamatan Donorojo. Jaraknya sendiri sekitar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan. Jika ditempuh menggunakan kendaraan darat, maka akan memakan waktu sekitar 1 jam, mengingat banyaknya tikungan dan jalanan menanjak untuk sampai disana. Meskipun berada di daerah perbatasan, namun pantai ini masih segaris dengan pantai – pantai lainnya yang berada di Pacitan, seperti Pantai Soge, Pantai Teleng Ria, Pantai Buyutan, dan masih banyak lagi pantai – pantai lainnya.

Jalan dan Rute Menuju Pantai

Jalan dan Rute Menuju Pantai
Instagram by @beniprimawijaya

Untuk menuju ke Pantai Klayar, ada banyak rute Pantai Klayar Jawa TImur yang bisa Anda pilih untuk dilalui, semua tergantung dari mana keberangkatan Anda. Dan rute yang paling mudah adalah mengambil rute ke arah Goa Gong atau Sungai Maron Pacitan terlebih dahulu. Jalannya pun terbilang mulus, bahkan hingga di lokasi pantai. Cara tercepat untuk sampai disana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, atau jika Anda tidak ingin ribet, gunakan saja jasa agen perjalanan pariwisata yang dapat mengantarkan Anda menuju pantai ini.

Kunjungi :  Wisata Religi ke Masjid Agung Demak Jawa Tengah

Jika Anda dari Solo, Anda bisa mengambil jalan menuju Pantai Klayar Pacitan melalui Pracimantoro atau Kota Wonogiri, dan diperlukan waktu sekitar 3 – 4 jam. Jika Anda dari Yogyakarta, waktu yang diperlukan untuk mencapai Klayar hampir sama jika Anda melalui Wonosari dilanjutkan ke Pracimantoro. Akan tetapi bila Anda dari Yogyakarta dan memilih rute melalui Solo, Anda memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 5 – 6 jam untuk tiba disana.

Tiket Masuk Pantai Klayar

Tiket Masuk Pantai Klayar
Instagram by @k.vembri

Mengenai masalah biaya masuk, Anda tidak perlu resah akan hal itu, harga tiket masuk Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur ini masih terjangkau bagi Anda. Cukup membayar sebesar 10.000 rupiah per orang, Anda sudah bisa masuk dan menikmati keindahan yang disajikan oleh pantai ini. Selain itu, tarif parkir untuk kendaraan juga terbilang murah, hanya 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tempat parkirnya pun luas, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat parkir.

Fasilitas Pantai Klayar

Fasilitas Pantai Klayar
Instagram by @mocha_anam

Dengan harga yang masih terjangkau, Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di pantai ini. Anda bebas untuk bermain di pasir, tepi pantai, tebing, atau bukit bukit yang ada komplek area wisata. Terdapat pula fasilitas lain seperti toilet umum, ATV atau quadbike, warung – warung makanan, dan kios oleh – oleh. Jika Anda ingin beristirahat, banyak warga sekitar yang menyewakan tikar jika ingin duduk santai, rebahan, atau berjemur menikmati suasana pantai. Kelapa muda segar juga banyak dijajakan di tepi pantai, cocok sekali untuk menemani Anda dalam menikmati indahnya Pantai Klayar ini.

Jika Anda merasa lelah, banyak sekali ojek lokal yang akan membantu Anda untuk berpindah tempat. Maklum saja karena dari tempat parkir ke pantai, jalannya adalah sebuah turunan yang sangat tajam sekali. Ketika berangkat menuju ke pantai mungkin akan baik – baik saja, akan tetapi ketika pulang menuju tempat parkir, menjadi cobaan tersendiri karena Anda harus mendaki jalanan aspal yang menanjak tinggi. Bila Anda sudah sangat lelah, gunakan saja jasa pengantar ojek lokal untuk membawa Anda ke lokasi yang Anda inginkan.

Kunjungi :  Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah

Meskipun pantai ini tergolong berbahaya karena ombaknya yang sangat kuat, namun ketika air laut surut, Anda bisa saja bermain di tepi pantai dengan bermain ombak dengan berdiri diatas karang yang terbentang luas. Akan tetapi Anda harus tetap berhati – hati. Disarankan bagi Anda yang membawa anak – anak, supaya terus mengawasi mereka agar tidak terseret ombak, atau terbawa arus sungai yang mengalir ke pantai.

Wisata Pantai Klayar Pacitan

Wisata Pantai Klayar Pacitan
Instagram by @pesonaklayar

Jika Anda perhatikan dari kejauhan, pantai ini merupakan komplek wisata yang terdapat beberapa objek di dalamnya dan membentuk suatu Peta Pantai Klayar Pacitan. Di sebelah timur terdapat objek wisata yang sering disebut dengan Seruling Samudra, dimana ombak yang begitu kencang menabrak karang sehingga menghasilkan suara yang mirip dengan seruling, akan tetapi seruling yang satu ini ditiup oleh hempasan ombak yang berasal dari samudra.

Selain itu, disebelah barat dan ditengah – tengah wisata Pacitan Pantai Klayar ini terdapat karang yang besar sekali, dan sebagian orang menganggap bahwa karang itu mirip dengan Sphinx yang ada di Mesir. Namun, Anda harus sangat berhati – hati bila bermain di dekat karang – karang ini, karena licin, tajam, dan curam. Selain itu di tepi pantai juga banyak sekali karang kecil yang tajam, jadi Anda memang diharuskan untuk sangat berhati – hati.

Pantai Klayar
Instagram by @nataihzaanfasa

Selain objek wisata diatas, wisata Pantai Klayar Pacitan Jatim tidak hanya berhenti sampai disitu. Ketika senja tiba, Anda juga akan mendapatkan suguhan panorama matahari tenggelam yang sangat indah. Sangat rugi sekali bila Anda sudah jauh – jauh datang dan melewatkan momen tersebut. Akan sangat romantis sekali bila Anda menikmatinya dengan pasangan Anda, untuk mengawal pulangnya matahari, suatu momen yang tidak akan Anda lupakan seumur hidup.

Kunjungi :  22 Tempat Wisata Menarik di Jambi yang Terkenal

Penginapan di Pantai Klayar

Penginapan di Pantai Klayar
Instagram by @fuadnajibw

Bila sudah terlalu malam, Anda tidak perlu khawatir lagi karena banyak penginapan di Pantai Klayar Pacitan dengan fasilitas yang beragam. Terdapat beberapa homestay yang cocok bagi Anda sekeluarga untuk beristirahat, lokasinya juga beragam, bahkan terdapat homestay yang hanya berjarak puluhan meter dari pantai. Harganya sendiri mulai 600ribu rupiah, Anda akan mendapatkan 4 kamar tidur dengan kamar mandi dalam yang terdapat air hangat. Tidak mengherankan bila homestay di pantai ini selalu ramai ketika musim liburan.

Jika Anda kesulitan mendapatkan penginapan karena penuh, Anda juga bisa memesan hotel di Pacitan dekat Pantai Klayar jauh – jauh hari sebelum Anda datang agar mendapatkan penginapan secara pasti. Pemesanan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai situs pemesanan kamar hotel online atau melalui smartphone, selain itu Anda juga memesan melalui biro perjalanan wisata kepercayaan Anda. Jangan lupa siapkan semua yang diperlukan sebelum berangkat ya, dan selamat berlibur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */