Keindahan Sunset dan Camping di Pantai Kesirat Gunung Kidul

0

Pantai Kesirat – Wisata alam Gunung Kidul berupa pantai kali ini agak berbeda sedikit dari pantai lain pada umumnya. Biasanya, pantai berhiaskan pasir putih, tetapi untuk kali ini hanya ada jajaran tebing yang lebih biasa digunakan sebagai lokasi rock fishing. Tak hanya itu, wisatawan ingin camping di atas tebing juga nggak masalah kok, justru tambah lebih asyik.

Nama Pantai Kesirat atau Gesirat memang masih cukup asing di telinga wisatawan. Ya, jangankan wisatawan luar daerah, bagi penduduk Gunungkidul sendiri aja nama Pantai Kesirat termasuk jarang didengar. Namun demikian, justru disitulah letak asyiknya, semakin jarang tersentuh semakin utuhlah keindahan itu. Jadi, belum banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sini, bukan berarti bahwa Pantai Kesirat kurang menarik, justru nilai naturalnya yang makin terjaga.

Keindahan Pantai Kesirat
Instagram by @nomaj___

Berbeda dari pantai pada umumnya yang identik dengan hamparan pasir putih, di Pantai Kesirat justru tidak akan menemukan hal tersebut. Kesirat bukanlah pantai berpasir yang landai, melainkan berupa tebing curam yang banyak dan letaknya berbatasan langsung dengan laut dalam. Meski begitu, bukan berarti Pantai Kesirat tidak layak dikunjungi, justru keberadaannya yang di atas tebing itulah yang menarik perhatian wisatawan. Di pantai ini ada sebuah pohon besar yang tumbuh berdiri sendiri di bibir tebing, layaknya pohon di Pantai Pok Tunggal.

Saat berkunjung ke Pantai Kesirat Girikarto Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, itu artinya anda tidak ada niatan untuk bermain pasir, atau ingin berlarian dengan debur ombak. Di luar itu, anda akan temukan rahasia lain atas keindahan pantai yang satu ini. yakni tentang senja. Tempat inilah lokasi yang paling tepat untuk anda menikmati sunset bersama orang-orang kesayangan anda. Dijamin anda akan merasakan ketentraman yang amat dalam. Mengapa senja di Pantai Kesirat seistimewa itu, dikarenakan tidak ada penghalang sedikitpun baik pohonan apalagi bangunan.

Pesona Pantai Kesirat
Instagram by @atikasalm4

Disana tidak jarang akan anda temui banyak pemancing yang sibuk dengan pemancingannya agar mendapatkan ikan maupun lobster. Konon, Pantai Kesirat ini merupakan salah satu tempat rock fishing terbaik untuk menikmati pemancingan di atas ketinggian tebing.

Kunjungi :  32 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah Diserbu Pengunjung

Bagi anda suka beraktivitas di luar ruangan, maka camping di Pantai Kesirat adalah pilihan yang menarik. tersedianya Padang rumput yang cukup luas dan menghadap langsung ke laut lepas menjadikan tempat ini sangat cocok untuk tenda didirikan. Bahkan saat senja tiba, Anda bisa menyaksikan sunset dari balik tenda. Dan ketika menuju gelap meraja, milky way menjadi pemandangan yang sempurna.

Lokasi dan Akses Pantai Kesirat

Letak Pantai Kesirat Yogyakarta terletak tak jauh dari Pantai Gesing, tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Untuk mencapai ke Lokasi Pantai Kesirat terdapat dua jalur yang dapat digunakan untuk sampai pada tempat ini, yaitu melewati Jalan Raya Wonosari ( jalur yang biasa ditempuh jika ingin menuju Gunungkidul ) atau lewat Jalur Imogiri – Panggang. Untuk akses terdekat sangat disarankan melewati Jalan Rata Imogiri – Panggang lalu lanjut menuju Jalan Raya Panggang – Saptosari.

Pantai Kesirat Jogja
Instagram by @alifutomo28

Sebelum persimpangan terakhir menuju Pantai Gesing, ada gang masuk ke kawasan pemukiman yang bertuliskan Pantai Kesirat ikuti. Jalan menuju Pantai Kesirat Wonosari cukup berliku karena akses Pantai Kesirat Jogja yang terbilang seadanya. Untuk mencapai lokasi tebing bibir pantai ini, pengunjung diharuskan siap untuk berjalan kaki melewati jalan setapak.

sama seperti hal nya Pantai Pok Tunggal, Pantai Kesirat ini juga mempunyai satu pohon abadi yang menjadi ikon utama. pohon ini disebut dengan Pohon Gebangkoro. Yaitu Pohon yang merupakan pohon tunggal yang dapat tumbuh di tepi tebing.

Ketika sore menjelang malam, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset Pantai Kesirat yang luar biasa indah. Tak hanya itu saja, pemandangan sunrise di sini juga nyaris sempurna. Pantai Kesirat juga merupakan salah satu tempat yang cocok digunakan untuk prewedding dikarenakan keindahan pantainya yang masih sepi itu. Jika kamu ingin bermalam di pantai ini, jangan harap kamu bisa menemukan penginapan atau warung makan disini, kamu harus membawa tenda dan bekal makanan atau minuman sendiri dari rumah.

Kunjungi :  9 Macam Oleh Oleh Khas Bali yang Unik Buat Pacar

Sebagai salah satu tempat objek wisata yang tersembunyi, Pantai Kesirat ini juga menjadi salah satu tempat yang disakralkan oleh penduduk sekitar. Penduduk akan melaksanakan ngalap berkah di Pantai Kesirat selama satu sekali. Tradisi ini sebagai ungkapan syukur dalam bentuk menjaga keseimbangan alam.

Pantai Kesirat
Instagram by @jamal_km6

Untuk mencapai Pantai Kesirat ini diperlukan waktu sekitar dua jam perjalanan. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi bila ingin cepat datang dan sampai kesini. Disebabkan tidak adanya angkutan umum yang dapat menuju ke lokasi Pantai Kesirat.

Pantai Kesirat dari kota Yogyakarta berjarak 60km dapat di tempuh dengan 1jam 30menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Ada dua rute Pantai Kesirat paling efektif untuk menuju Pantai Kesirat ini sebagai berikut :

  • Rute pertama, Yogyakarta > Jl. Wonosari > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) ambil kanan menuju ke arah Playen > Paliyan ( Pasar Paliyan ambil arah ke kiri) Puslatpur TNI > Saptosari > Lapangan Saptosari > arah pantai Gesing dan Kesirat > ( ambil arah ke kanan menuju Girikarto) > sampai di Girikarto (lurus hingga menjumpai pertigaan kemudian ambil kiri) menuju dusun Nglaos > ikuti terus jalan, ada pertigaan pertama kemudian ambil kanan > Pantai Kesirat.
  • Rute kedua, Yogyakarta > Imogiri Bantul > Siluk > Panggang > Saptosari > ada pertigaan (setelah MTS Yappi Jetis ambil ke kanan arah pantai Gesing dan Kesirat) > Girikarto > dusun Nglaos > (lurus terus) ada pertigaan ambil arah ke kanan > Pantai Kesirat.

Anda yang belum pernah mengunjungi Pantai Kesirat ini mungkin akan penasaran dengan keadaan dan situasi di sana. Kok tanpa pasir ya? Kira-kira indah tidak ?

Jangan salah, memang tidak terdapat pasir di pantai ini, tapi untuk keindahan Pantai Kesirat GK tak kalah saing dengan pantai lainnya. justru itulah yang menjadi daya tarik sendiri. Pantai ini menawarkan pemandangan laut lepas yang dapat kita nikmati dari ketinggiannya. Deburan ombak menggelegar yang menerpa tebing di bawah membuat kita merasa seolah suara alam berdendang menyambut kedatangan pengunjung.

Kunjungi :  Lokasi Jalan Menuju Sunset Pantai Ngandong Gunung Kidul
Wisata Alam Pantai Kesirat
Instagram by @bella_nov_

Pantai Kesirat memiliki hamparan rumput yang cukup luas mkanya banyak traveler melakukan camping di Pantai Kesirat Gunung Kidul untuk menikmati lama keindahan Pantai ini terutama waktu malam.

Pantai Kesirat ini juga merupakan spot paling sering di cari pecinta mancing mania, karena tebing-tebingnya yang tinggi nan curam berhubungan langsung dengan laut lepas ini banyak para pemancing tertarik dengan tempat ini. Banyak para pemancing yang sudah sangat mengenal daerah ini. Banyaknya ikan sehingga banyak para pemancing berkunjung ke daerah ini.

Rute Pantai Goa Cemara Bantul Jogja dari Jogja, ambil arah selatan ke Jl.Bantul. Lurus dan ikuti Jl.Bantul sehingga sampai di kota Bantul. Kemudian Lurus terus ke selatan melewati Masjid Agung Bantul. Lalu, saat sudah berada dibagian selatan Bantul dan sampai di Kretek Abang, beloklah ke kanan sampai anda mendapati rambu-rambu ke Goa Cemara. Ikutilah rambu tersebut hingga anda sampai tujuan.

Sunset Terbaik Pantai Kesirat
Instagram by @zakkiahmada

Lokasi Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron Tempat wisata pantai kukup ada di selatan kota wonosari, kabupaten gunungkidul dengan jarak lebih kurang lebih kurang 25 km. bila dari kota yogyakarta menuju ke pantai kukup ini memerlukan waktu lebih kurang dua jam setengah baik menggunakan kendaraan bermotor roda empat ataupun roda dua. Kali ini untuk sampai ke pantai kukup juga sudah ada angkutan umum.

Pantai Ngobaran Wonosari adalah salah satu objek wisata yang cukup eksotik. Jika air sedang surut, menjadi rizki anda untuk melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna coklat ataupun hijau. Hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang akan tampak seperti sawah di wilayah yang padat penduduk jika dilihat dari atas, buktikan deh.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */