Surganya Wisata Indonesia

Berwisata Keluarga di Pantai Kartini Jepara Jateng

0
Berwisata Keluarga di Pantai Kartini Jepara Jateng
Nilai Artikel Ini

Pantai Kartini Jepara – Wisata bahari di Indonesia memang tak lagi diragukan keindahan dan keragamannya. Banyak wisata yang menyajikan berbagai macam jenis sumber daya bawah lautnya. Keanekaragaman hayati Indonesia memang selalu menjadi incaran bagi pecinta wisata air. Tak khayal, banyak wisatawan asing yang singgah hanya untuk sekedar menikmati keindahan ini. Walaupun terkenal dengan kekayaan alamnya Indonesia juga kaya akan budaya yang biasanya menyertai keberadaan sumber dayanya yang tidak lepas dari nilai edukasinya.

Salah satunya adalah wisata Pantai Kartini Jepara Bulu Kabupaten Jepara Jawa Tengah, yang merupakan pantai di Kabupaten Jepara ini menjadi salah satu tempat wisata yang menyajikan keindahan alam, tetapi juga menyediakan wahana edukasi bagi anak-anak pada khususnya, dan dewasa pada umumnya. Dengan nilai budaya yang masih kental, di pantai ini akan dilakukan acara Lomban tiap tanggal 8 Syawal atau satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri, acara ini akan berlangsung selama satu hari penuh dengan runtutan acara yang disesuaikan dan memang sudah menjadi adat istiadat yang ada di daerah pesisir Jepara ini.

Asal Usul, Alamat dan Hotel di Pantai Kartini Jepara

Asal Usul, Alamat dan Hotel di Pantai Kartini Jepara
Instagram by @ariefgiban

Pantai Kartini merupakan cerminan keindahan alam Pulau Jawa yang disadari atau tidak tempat ini kini menjadi wisata yang harus dikunjungi bagi siapapun yang berkunjung ke Kota Jepara. Pantai ini dikelola oleh Pemkab Jepara sejak dibuka pada tahun 1923. Sejarah Pantai Kartini Rembang, awalnya pantai ini tidak bernama Pantai Kartini tetapi lebih dikenal dengan nama Pemandian karena pada jaman dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat pemandian untuk warga. Dengan luas 3,5 Ha dan letaknya yang strategis menjadikan Pantai Kartini sebagai salah satu tujuan wisata yang menguntungkan, karena menjadi jalur transportasi laut ke Karimun Jawa dan Pulau Panjang.

Pantai Kartini di Jepara ini menyajikan hamparan pasir putih dengan ombaknya yang sedang dan berbagai fasilitas yang akan membuat hari Anda semakin berkesan dan berarti. Mulai dari keindahan sepanjang pesisir pantai, kolam kecek, area parkir yang luas, area Wifi, taman, Spoor mini, dermaga kapal, Kid’s Park, Kura-kura Ocean Park, penginapan yang letaknya dekat dengan pantai, warung akan yang menyediakan makanan khas Jepara dengan banyak pilihan, mushola, catur raksasa, took souvenir yang menjual berbagai kerajinan tangan Jepara. Selain nilai budaya diatas, disini juga menjadi tepat yang memiliki nilai spiritual yang tinggi, dimana sebagian pengunjung datang untuk berziarah di makam Encik Lanang.

Kunjungi :  Curug Silawe, Wisata Air Terjun Recomended di Magelang

Masih ada satu lagi, dari Pantai Kartini ini pengunjung bisa menyewa perahu untuk memutari pantai atau untuk singgah ke Pulau Panjang. Dan bisa juga menyewa kapal untuk menuju ke Karimunjawa. Sebagai tempat wisata, tentunya Pantai Kartini menawarkan beberapa spot foto Pantai Kartini Jepara yang menjadi ciri khas Pantai Kartini. Diantaranya adalah Tugu Kartini, tulisan Pantai Kartini, pesawat TNI AU dan Kura-kura Ocean Park.

Asal Usul Kura-kura Pantai Kartini Jawa Tengah

Asal Usul Kura-kura Pantai Kartini Jawa Tengah
Instagram by @afandi3n

Kura-kura Ocean Park merupakan bagian dari Pantai Kartini terdiri dari 2 lantai dimana di lantai 1 pengunjung bisa menikmati akuarium dengan berbagai macam ikan, beragam spesie kura-kura dan keanekaragamana kerang laut. Untuk lantai 2 terdapat area bermain bagi anak dan bioskop 3D, untuk bioskop sendiri biasanya menayangkan kehidupan alam bawah laut, kehidupan penyu, petualangan bayi dinosaurus dan masih banyak lagi. Untuk masuk lokasi ini pengunjung harus membayar Rp. 17.500,00 untuk satu orang. Jika ingin nonton dibioskop perlu membayar lagi untuk anak-anak Rp. 7.000,00 dan dewasa Rp. 12.000,00. Tetapi untuk mendapatkan gambar Pantai Kartini Jepara gratis bagi pengunjung, bisa diseluruh spot area wisata.

Disamping nilai edukasinya yang tinggi, Kura-kura Ocean Park memiliki misteri dan mitos yang melatar belakangi berdirinya tempat ini. Menurut cerita dari tokoh masyarakat yang diceritakan turun temurun, dahulu terdapat kerajaan bawah laut yang indah, tepatnya dibawah Pantai Kartini. Kerajaan ini berpenghuni bangsa kura-kura, tempatnya yang indah akan mempesonakan siapa saja yang datang. Rakyat yang tinggal dikerajaan sangat damai dan sejahtera. Gemerlap kehidupan laut yang bersih, indah dengan penuh kedamaian membuat kerajaan ubur-ubur menjadi penasaran.

Dikirimkanlah mata-mata yang menyamar menjadi pengunjung, akhirnya dia bisa masuk ke kerajaan hingga pusat pemerintahan. Sang mata-mata merasa takjub dan melaporkannya ke Raja ubur-ubur. Karena keserakahannya, Raja bermaksud merebut kerajaan kura-kura dan menguasai semua harta benda yang ada. Akhirnya dilancarkan serangan ke kerajaan kura-kura, tapi berhasil dipatahkan karena kesolidan semua prajurit dan rakyat.

Merasa diremehkan, Raja ubur-ubur mencari bantuan dari bangsa laut, mulai dari bangsa udang, bangsa kepiting, bangsa lumba-lumba dan masih banyak lagi. Dengan gempuran yang terus menerus, pasukan kura-kura mulai kuwalahan, ibarat kata, mereka harus memerangi semua penghuni laut. Kerajaan mulai hancur dan Raja kura-kura mulai putus asa, dengan sisa tenaga yang ada Raja mulai semedi meminta pertolongan dan keajaiban dari sang Dewa agar kerajaannya dapat diselamatkan.

Keajaiban itu datang, Raja mulai membuka lebar-lebar mulutnya dan mulai emmakan apa saja yang dia miliki, mulai dari pasukan, rakyat, bahkan istananya, semua dimakannya hingga tubuhnya semakin lama semakin membesar. Dengan keadaan seperti itu, kerajaan dapat terselamatkan tapi sayang, sang Raja harus gugur dan terdampar di Pantai Jepara Kartini. Dan begitulah asal usul Kura-kura Ocean Park.

Memahami tentang sejarah Kura-kura Ocean Park, masih ada mitos yang sampai saat ini menjadi perbincangan banyak orang. Beberapa tahun yang lalu ada seorang peramal yang termasyhur, meramalkan bahwa kura-kura itu menangis yang merupakan pertanda akan terjadinya badai hingga tsunami di daerah lokasi Pantai Kartini Jepara. Benar halnya ramalan tu, beberpa hari setelah ramalan itu disampaikan, daerah tersebut mulai hujan, dengan intensitas yang tinggi dan belum pernah terjadi sebelumnya membuat air pasang mulai meninggi dari waktu ke waktu. Bahkan air yang menggenang sudah lebih tinggi dari dinding pantai.

Kunjungi :  Sejarah, Alamat dan Akses Menuju Kawah Wurung Bondowoso

Warga mulai resah dan melalukan segala cara agar bencana itu tidak terjadi. Hingga akhirnya warga berkumpul diruang bawah Kura-kura Ocean Park untuk berdo’a bersama guna keselamatan warga dan daerah sekitar pantai. Doa’a yang dipanjatkan terkabul, hujan mulai mereda dan badai mulai berlalu. Tetapi keanehan terjadi, setelah kejadian itu kepala kura-kura yang dulunya mendongak keatas dengan tatapan kearah depan, kini mengdongak keatas dengan arah kekiri. Hingga saat ini, misteri tersebut belum terpecahkan.

Alamat Pantai Kartini Rembang Jateng

Alamat Pantai Kartini Rembang Jateng
Instagram by @miracleost

Letak Pantai Kartini di Rembang ini berada di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Lebih tepatnya sebelah Baratnya Pendopo Bupati dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 km. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Banyak diantara pengunjung yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan praktis dan efisien dengan bantuan peta Pantai Kartini Jepara yang ada di sosial media maupun situs pencarian. Tetapi banyak juga diantaranya yang memilih transportasi umum untuk menuju lokasi. Dari kota Jepara bisa langsung mengambil jalur barat, sudah banyak petunjuk arah untuk sampai ke lokasi. Harga tiket masuk Pantai Kartini Jepara cukup dengan Rp. 5.000,00 untuk satu orang. Tetapi harga tersebut belum termasuk dengan parkir dan wahana yang ada.

Hotel di Jepara dekat Pantai Kartini

Hotel di Jepara dekat Pantai Kartini
Instagram by @frendy98

Sebagai tempat wisata yang termasyhur, banyak pengunjung yang ingin menikmati keindahan matahari yang tenggelam dari bibir Pantai Kartini, tetapi saat senja tiba mereka bingung untuk melanjutkan perjalanan atau pulang. Tidak usah khawatir, disini terdapat beberapa hotel dekat Pantai Kartini Jepara dengan tarif yang murah, yang biasanya dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 100.000,00. Hotel dan penginapan yang ada diantaranya adalah:

Kunjungi :  42 Tempat Wisata Terbaik di Lombok yang Paling Dikenal
  • Penginapan Mulyo Kartini terletak didekat Pantai Kartini dengan harga permalamnya muali dari Rp. 152.941,00 sampai Rp. 294.11,00.
  • Hotel Segoro, dengan harga Rp. 165.000,00 sampai Rp. 420.000,00 untuk satu malam yang berlokasi di Jl. Ringin Raya No. 02 Jepara. Merupakan hotel kelas Melati 2 dengan 42 kamar yang terbagi menjadi 6 tipe,dan untuk informasi bisa menghubungi (0291) 591982.
  • Homestay Kota Baru Pantai Kartini berada dilingkup pantai dengan harga sewa hotel di Pantai Kartini Jepara 2016 untuk semalam seharga Rp. 100.000,00 sampai Rp. 200.000,00 sangat terjangkau bukan untuk mendapatkan satu kamar, TV, kamar mandi luar dan kipas angin? Dan bisa menghubungi (0291) 595212 untuk informasi lebih lanjut.
  • Samudra Hotel and Restauran, berlokasi di Jl. Pemandian Kartini No. 8 Jepara kode pos 59413. Untuk fasilitas yang disediakan bisa menghubungi (0291) 594750. Sedangkan untuk harga satu malamnya dari Rp. 190.000,00 sampai Rp. 465.000,00.

Demikian beberapa hotel Pantai Kartini Jepara Jawa Tengah, semoga bisa menjadi referens bagi Anda yang ingin menikmati malam di Pantai Kartini.

Masih dengan pesona wisata jepara terbaru yaitu ada satu lagi yang keberadaannya berdekatan adalah Pantai Bandengan dan Kartini. Pantai Bandengan terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara ini memiliki pasir putih dnegan pemandangan airnya yang eksotis. Banyak wahana yang ditawarkan, karena itu pantai ini sering disamakan dengan pantai yanga da di Bali. Kalau sudah begitu, pasti indah bukan?

Selain Pantai Bandengan, wisata air lain yang menjadi andalah Jepara adalah Jepara Ocean Park. Sebuah tempat rekreasi yang penuh dengan wahana air ini terletak di Desa Mororejo, Kecamatan Mlongo. Dengan tema Timur Tengah membuat wisata ini berbeda dengan wisata air ditempat lain, dan hingga saat ini tempat ini menjadi yang termegah. Bukan hanya wahana airnya saja, disini juga terdapat pepohonan yang rindang, sejuk dengan bangunan kubah ditengahnya akan membuat nuansa Timur Tengah semakin terasa. Fasilitas yang dimiliki juga sudah berstandart tinggi dan lengkap. Anda tak perlu khawatir soal itu.

Jika wisata air sudah dikunjungi dan Anda masih belum puas, Anda bisa mengunjungi Benteng Portugis Jepara. Terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, benteng ini menawarkan tulisan sejarah kemerdekaan Indonesia dengan latar belakang laut yang indah dengan taman yang dibjat sedemikian rupa. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */