Surganya Wisata Indonesia

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Pantai Jogan

0
Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Pantai Jogan
Nilai Artikel Ini

Jalan menuju Pantai Jogan Yogyakarta telah searah dengan salah satu Obyek wisata Gunung Kidul pantai siung. Hanya saja, jalan menuju pantai jogan masih di cor blok tidak seperti jalan menuju menuju pantai siung yang sudah mulus beraspal. Ada yang sudah tau tentang Pantai Jogan?

Air Terjun Pantai Jogan
Instagram by @jalanjalandijawa

Bentar, harus tahu rute Pantai Jogan Wonosari dulu ya. Untuk mencapai Pantai Jogan, bila dengan kendaraan beroda dua memerlukan waktu sekitar dua jam dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst sebagai sisa lautan jutaan tahun silam.

Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, pertanda lokasi Pantai Jogan Jogja sudah dekat, sebab, sekitar 400 meter dari pos itu, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Jalan aspal berganti menjadi jalan setapak yang akan memandu perjalanan selanjutnya. Tambah asyik lagi, anda akan di dampingi dengan dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu dan menjelma menjadi air terjun. Bila musim hujan, akan lebih eksotis penampakannya. Karena pada saat kemarau debit airnya sangat kecil, belum ditambah lagi dengan aktivitas penyedotan air untuk keperluan warga.

Pantai Siung terkenal akan lokasinya yang asyik untuk permainan panjat tebing. Selain itu, sebagai pilihan tempat camping yang paling seru. Anda bisa buktikan sendiri setiap malam minggu atau malam hari libur pasti banyak orang yang mendirikan tenda di tepi-tepi pantai siung.

Jarak dari Kota Wonosari Gunungkidul menuju ke pantai Siung sebenarnya tidak terlalu jauh, kalau anda mengikuti jalur utama atau dimulai dari Wonosari langsung ke arah selatan, sampai pertigaan Mulo ambil jalan arah kiri menuju pantai Siung jaraknya kurang dari 40 km.

Namun demikian waktu perjalanan bisa lebih lama karena jalan menuju ke pantai ini banyak sekali tikungannya, tajam pula mengikuti kontur tanah perbukitan di Gunung Kidul. Anda harus berhati-hati kalau mau berwisata ke Pantai Siung.

Wisata Alam Air Terjun Pantai Jogan
Instagram by @ranitresnawp

Alamat Pantai Jogan Gunung Kidul berada di daerah Tepus. merupakan satu pantai bertipe tebing yang cukup tinggi dan langsung tembus ke laut lepas, sama halnya dengan pantai lain yang berada di daerah gunung kidul. Akan tetapi, pantai ini memiliki satu keunikan tersendiri berupa air terjun di bibir pantai yang tingginya kurang lebih 12 meter.

Kunjungi :  Jelajah 5 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Pantai Jogan Tepus Gunung Kidul ini langsung jatuh ke bawah menghampiri ombak laut. Sungguh pemandangan yang amat harmoni. Sebenarnya air terjun itu berasal dari sungai kecil yang mengalir dari atasnya. Sehingga rasa air terjunnya pun tawar.

Anda ingin menikmati guyuran air dari atas tebing? Berarti harus siap turun ke bawah dulu dengan dua pilihan cara yaitu, pertama melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara ini tentunya memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung peralata agar dapat melakukannya. Kedua, dengan caara menapaki turunan yang licin dan basah. Haduh ngeri, tapi tenang saja, untuk menopang tubuh tersedia kayu-kayu pegangan. Meski begitu, tetap hati-hati yaa. Karenaa jalur Air Terjun Pantai Jogan Tepus Gunung Kidul sangat curam.

Setelah batuan yang curam dan licin itu, ada satu lagi tantangan, anda harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berukuran sekitar 5 mm berwarna transparan. Berjalan dengan kaki telanjang tentu bukan perkara mudah kan. Biasanya penduduk sekitar biasa memanfatkan kepiting untuk diolah, sangat sedap dimakan sama nasi pas waktu musim hujan. Kadang-kadang juga banyak ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering nikmatilah pesona Pantai Jogan di sana.

Lebih dari itu, wisatawan juga dapat menatap lepas ke Samudera Hindia, menyaksikan Poseidon yang melempar gulungan ombak seolah-olah siap melahap, sementara di balik punggung, suara air terjun memekakkan telinga begitu deras. Tak perlu merasa ngeri, keramahan percikan air saat kaki-kaki menjamah kerasnya batuan karang. Saat senja anda juga dapat menikmati ungunya langit.

Wisata Air Terjun Pantai Jogan
Instagram by @meitasina

Menyambut sopan sebelum Anda menyibak tirai air, memasuki peraduan grojogan. Diguyur segarnya air tawar dari sungai-sungai rahasia perbukitan karst. daerah ini memang punya banyak sekali sumber air, yang sayangnya tersembunyi di perut bumi. Tetapi, hal itu tak mengurangi sedikitpun panorama keindahan di berbagai objek wisata Gunungkidul.

Rute Pantai Jogan dari Solo yaitu dari Praci – Kecamatan Rongkop/Baran – Nglindur – Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (ada Tugu ditengahnya) belok kanan – Pasar Jepitu – pertigaan Winangun – belok kiri arah Pantai Jogan – Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung – ikuti jalan kemudian belok kanan – Pantai Jogan.

Kunjungi :  Explore 31 Tempat Wisata Terbaik di Cilacap Jawa Tengah

Rute menuju Pantai Jogan Baleharjo Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu dari Yogyakarta > Wonosari > jl.Baron > ambil arah Tepus > Tepus (ambil arah ke pantai siung) > Purwodadi > Winangun > Pantai Jogan.

Pantai Jogan adalah bak penawar dahaga, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih Gunungkidul. Juga seperti garnishes di piring yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pantai yang amat cocok untuk anda yang ingin merasakan sensasi dari surga pesisir selatan Jogja. Dan untuk warung baru ada satu, tempat parker moto rnya juga kecil.

Lokasi Pantai Jogan Jogja berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai ini di sebelah Barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah Timur nya Pantai Timang.

Pantai Jogan mempunyai ciri khas unik yang tidak dimiliki wisata pantai Gunungkidul lainnya. Dengan air terjun Jogan yang bersumber dari air tawar (sungai) di antara perbukitan karst yang mengalir ke laut. Pantai Jogan hampir tidak mempunyai pasir pantai yang berguna untuk membatasi wilayah daratan dan laut (pesisir). karena itulah laut nya berbatasan langsung dengan tebing.

Jika air laut sedang surut, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dari bawah di antara bebatuan yang ada sedikit pasir. Namun jika air laut pasang, tempat jatuhnya air terjun ikut terendam air laut. Di sisi kanan dan kiri ada tumbuhan pandan yang tepat berada di atas tebing karang. Memanjang dan jaraknya tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut. Dari atas tebing inilah pengunjung dapat menikmati keindahan Jogan Waterfall.

Air Terjun Pantai Jogan Jogja
Instagram by @anyusembiring

Pilihan alternatif wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul paling pas adalah kawasan pantai Jogan. Selain karena pemandanganya yang indah, air terjun yang berbatasan langsung dengan laut sangat jarang ditemui di tempat lain. Lokasi Pantai Jogan dekat atau satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung (kira-kira 200 meter arah Barat Pantai Siung), setelah melewati TPR akan menemuii pertigaan, arah lurus menuju Pantai Siung.

Kunjungi :  Pesona Menakjubkan Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Jika belok ke kanan menuju pantai dan Air Terjun Jogan. Yang menarik lagi, Kawasan pantai Jogan ini biasa dipakai sarana untuk memancing.

Air Terjun Jogan dari Yogyakarta » Jogja » Piyungan » Patuk » Sambipitu » Rest Area Hutan Bunder » Gading » Bundaran Siyono » Alun-alun Wonosari » Baleharjo » Jalan Wonosari Semanu » Perempatan setelah Jembatan Jirak Semanu belok kanan » Pasar Semanu lurus ke Selatan » Panggul » Jalan Girisubo Wonosari » Purwodadi » Jalan Raya Pantai Siung » Pertigaan sebelum Pantai Siung ke kanan » Pantai dan Air Terjun Jogan

Lokasi Pantai Pok Tunggal Wonosari juga masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Pulang Syawal alias Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung. Pantai Pok Tunggal mempunyai panorama yang amat indah dengan dilengkapi hamparan pasir putih dan perbukitan karst. Serta sunset yang indah menambah panorama pantai ini, sehingga banyak gambar Pantai Pok Tunggal sunset bertebaran di media social.

Pantai Watu Kodok Gunungkidul atau tertulis juga Watukodok terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Koordinat GPS S8°8’15” E110°34’27” Lihat Peta Pantai Watu Kodok via Google maps dan rute dari Jogja di akhir posting.

Lokasi Pantai Watu Kodok terbilang cukup mudah untuk di akses kendaraan mobil maupun motor tetapi anda tetap perlu berhati-hari karena untuk mencapai lokasi pantai anda akan menyusuri jalan berbatu dan terjal kira-kira sekitar 500 meter dari jalan utama. Letak Pantai Watu Kodok terletak setelah pantai sepanjang jika arah keberangkatan anda dari Kota Wonosari, jika anda usai mengunjungi pantai baron dan pantai sepanjang anda patut mengunjungi pantai watu kodok pula yang tak jauh dari pantau-pantai tersebut. Obyek wisata lain yang bisa anda kunjungi ialah Pantai Siung Jogja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */