Wisata Keluarga Terbaik Pantai Jatimalang Purworejo

0

Pantai Jatimalang Purworejo – Keeksotisan pantai di Purworejo memanglah tidak dapat diragukan lagi, pasir pantainya yang coklat kehitaman membuat nuansa tersendiri bagi pecinta wisata air yang satu ini, bahkan keberadaannya yang bisa menjadi pembeda dengan adanya ikon tertentu yang pastinya akan membuat pengunjung tertarik untuk datang berkunjung. Sebuah pantai di ujung Purworejo yang berbatasan langsung dengan pantai-pantai di Jogja dan termasuk kawasan Pantai Selatan ini, menjadikan debur ombak yang ada menjadi lebih dahsyat dan menarik tentunya.

Deskripsi, Peta, Fasilitas dan Penginapan di Pantai Jatimalang Purworejo

Deskripsi, Peta, Fasilitas dan Penginapan di Pantai Jatimalang Purworejo
Instagram by @danisufyan64

Pantai Jatimalang itulah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Purworejo yang dijadikan sebagai andalan sekaligus kebanggaan bagi warga disekitarnya. Lokasi Pantai Jatimalang ada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo. Letak Pantai Jatimalang dengan jaraknya dari pusat kota sekitar hanya 17 km dan bila dari Jogjakarta jaraknya kurang lebih 60 km akan memudahkan pengunjung yang datang. Banyak hal yang indah disekitar kita yang kadang kita tidak menyadarinya, seperti halnya keberadaan Pantai Jatimalang. Dulunya hanya pantai biasa yang digunakan sebagai persinggahan maupun dermaga bagi nelayan setelah kegiatan melaut. Tetapi warga sadar betul bahwa tempat ini punya potensinya sendiri sehingga dapat dijadikan objek wisata. Tak heran jika ditempat ini memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang sudah ada sejak wisata ini dibuka dan menjadi nilai tersendiri.

Bahkan fasilitas dan sarana prasarana terus dikembangkan guna menunjang dan mengundang wisatawan untuk terus datang berkunjung. Yang paling terkenal adalah keberadaan kolam air tawar warna-warni di dekat pantai. Selain itu, pemandangan matahari saat sunset dan sunrise disini sangat indah dan memukau, bukan hanya tempatnya yang strategis, didukung dengan pemandangan sekitar yang memang indah dan patut untuk dicoba. Didekat lokasi wisata Pantai Jatimalang terdapat sebuah masjid yang menjadi tempat pangeran Diponegoro singgah untuk menunaikan sholat. Masjid itu bernama Masjid Tiban, karena menjadi tempat petilasan Diponegoro, tempat ini menjadi salah satu peninggalan sejarah yang ada di Purworejo.

Kunjungi :  Pantai Sine Tulungagung, Spot Terbaik Bagi Para Fotografi

Selain itu, sejarah juga mengatakan bahwa Pantai Jatimalang digunakan sebagai lokasi dermaga kapal Jepang yang mengangkut bala tentara Jepang sekitar tahun 1942. Hal tersebut didasarkan pada letak Pantai Jatimalang yang strategis serta dekat dengan perkampungan dan pantainya yang sepi menjadi alasan utama dari hal tersebut. Dan sampai sekarang tidak ada yang tahu persis bagaimana asal usul Pantai Jatimalang.

Peta Pantai Jatimalang Jawa Tengah Indonesia

Peta Pantai Jatimalang Jawa Tengah Indonesia
Instagram by @purworejozone

Banyak jalur yang bisa menjadi alternatif pilihan, jalur tersebut sehubungan dengan pilihan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat mengambil angkutan umum dengan tujuan Purworejo menuju Nampurejo, dari situlah pengunjung akan diantarkan ke lokasi. Sangat mudah bukan? Jika menggunakan kendaraan pribadi langsung bisa mencapai lokasi yang awalnya bisa datang ke Kota Purworejo terlebih dahulu bagi pengunjung luar daerah. Dan bisa langsung mengikuti petunjuk arah yang sudah ada. Atau bagi yang ingin menggunakan aplikasi dalam mencapainya bisa melakukan pencarian dengan cara search dengan menuliskan wisata Pantai Jatimalang Purworejo Map. Selamat mencoba.

Tiket Masuk dan Fasilitas yang ada di Pantai Jatimalang

Tiket Masuk dan Fasilitas yang ada di Pantai Jatimalang
Instagram by @adhe_pra

Sangat murah untuk masuk ke lokasi, pengunjung hanya diharuskan membayar sebesar Rp. 3.000,00 sebagai retribusi untuk hari biasa. Sedangkan untuk hari libur membayar Rp. 4.000,00 dan bisa menikmati keindahan yang ada. Banyak fasilitas yang ditawarkan, mulai dari kamar mandi, kamar bilas air tawar, penginapan pun ada tersedia disini. Bagi yang tidak ingin capek berjalan sepanjang bibir pantai, bisa menyewa ATV sebagai gantinya, dengan sewa Rp. 20.000,00 untuk 15 menit masa penggunaan.

Satu hal yang tidak bisa ditinggalkan, disini juga terdapat warung makan yang menyediakan menu seafood, mulai dari ikan, lobster, kepiting bahkan ada pula menu ekstrim yaitu daging hiu yang diolah menjadi makanan yang lezat tentunya dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Jika penasaran, bisa langsung datang untuk mencicipinya. Jadi bukan hanya keindahan Pantai Jatimalang tapi juga fasilitas yang baik akan memanjakan pengunjung.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja

Seperti halnya objek wisata lainnya, di Pantai Jatimalang juga memiliki fasilitas yang menjadi pembeda dengan pantai lainnya, yaitu keberadaan kolam air tawar di dekat bibir Pantai Jatimalang. Guna dari kolam ini adalah sebagai tempat berenang bagi pengunjung yang tidak berani untuk berenang di ombak Laut Selatan ini. Keberadaannya juga sangat membantu bagi anak-anak yang jelas akan sangat mengkhawatirkan jika berada di dekat pantai.

Kolam yang ada terbuat dari terpal berwarna-warni yang dibuat sedemikan rupa, berjajar dan membentuk suatu sajian istimewa yang sangat unik. Bahkan dari tempat ini, pengunjung dapat melihat ombak yang ada di pantai, Karena memang jaraknya yang cukup dekat. Bagi yang memiliki alergi terhadap air laut, kolam ini bisa menjadi alternatif tersendiri. Foto Pantai Jatimalang Kabupaten Purworejo Jawa Tengah pun kini mulai merajai social media dengan berbagai warna warni yang indah dan memukau membuat deretan gambar Pantai Jatimalang semakin bervariasi.

Ada satu hal yang masih menjadi PR bagi pengelola Pantai Jatimalang, beberapa waktu lalu pantai ini didatangi oleh beberapa buaya yang tidak tahu dari mana asal muasalnya. Banyak kabar yang simpang siur mengenai kebenarannya, bahkan banyak surat kabar yang menuliskan Pantai Jatimalang ada buaya dengan tambahan embel-embel yang tidak sesuai fakta. Pada kenyataannya memang ada buaya, tapi bukan buaya asli dari Pantai Jatimalang. Belum pernah terjadi sebelumnya, diduga kedatangan buaya ini dipicu ombak laut selatan yang beberapa waktu lalu memang tinggi yang menyebabkan beberapa buaya ikut terseret ombak dan sampai di Pantai Jatimalang ini.

Ternyata tidak hanya sebatas itu, diperkirakan buaya tersebut berenang dari arah Barat pantai menuju Timur dan kembali ke Barat lagi. Diketahui bahwa buaya yang ada merupakan jenis buaya muara dengan panjang yang dimiliki sekitar 2,5 meter sampai 3 meter, ukuran yang lumayan besar untuk seekor buaya. Buaya itu terlihat jelas di tepi pantai oleh sepasang remaja yang kemudian berteriak minta tolong dan pengunjung lainpun mulai mendekat dan menjadikannya tontonan.

Kunjungi :  Intip Sisi Tersembunyi dari Sumber Sirah Malang

Karena keberadaan banyak pengunjung yang ingin melihat akhirnya buaya itu merasa tidak nyaman dan kembali ke laut lalu menghilang. Setelah kejadian tersebut, Polsek memberikan himbauan untuk para pengunjung. Selama waktu yang tidak ditentukan, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai dengan alasan keamanan. Dan Polsek menerjunkan beberapa anggotanya untuk berjaga di Pantai Jatimalang ini.

Penginapan Pantai Jatimalang

Penginapan Pantai Jatimalang
Instagram by @rahmiyulih

Bagi yang ingin menikmati sunset dan sunrise jangan panik, karena disini disediakan penginapan yang letaknya tidak jauh dari lokasi pantai. Sebut saja Hotel Plaza, Hotel Pandansari Glagah, King’s Hotel, Wisma Kusuma Hotel dan masih banyak lagi, tapi kali ini akan membahas tentang:

  • Hotel Sanjaya, terletak di Jl. Tentara Pelajar No. 234, Kledung, Karangdalem. Disini terdapat 3 tipe kamar dan 2 ruangan untuk pertemuan. Dimana daya tampung peserta 5 sampai 250 orang. Sedangkan untuk harga kamar tipe 1 Rp. 250.000,00 satu malam dengan fasilitas AC, Air panas, dan Tv. Untuk tipe 2 dan 3 fasilitas sama yaitu AC, kulkas, TV, air panas dengan harga Rp. 300.000,00 dan Rp. 500.000,00 yang membedakan adalah pelayanannya. Untuk informasi (0275) 325855.
  • Hotel Indah, hotel dengan kelas melati ini terletak di Jl. Kolonel Sugiono No. 66 dengan arsitekturnya yang masih mempertahankan bangunan Belandanya menjadi pilihan tersendiri. terletak di dekat Alun-alun akan memudahkan pengunjung. (0275) 321279 atau 089624028571 untuk pemesanan dan informasi. Untuk harga mulai dari Rp. 70.000,00 sampai Rp. 200.000,00.

Wisata Pantai Lainnya di Ketawang

Wisata Pantai Lainnya di Ketawang
Instagram by @dewi_april343

Masih dengan pantai yang ada di Purworejo yang masih masuk dalam tempat wisata Purworejo, kali ini ada Pantai Ketawang yang terletak di Dusun Ketawang, Desa Ketawangrejo. Disini pengunjung akan dimanjakan oleh hamparan pasir hitam yang membentang luas dengan beberapa gazebo yang sengaja dibangun dipinggir pantai dan pesona mercusuar yang berada tidak jauh dari pantai menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional. Sejatinya banyak hal yang bisa kita dapatkan dari sumber daya alam di dunia ini. Tergantung bagaimana kita mengolahnya, selamat berkunjung.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */