Surganya Wisata Indonesia

Misteri, Sunset dan Rute Menuju Pantai Greweng Gunung Kidul

0
Misteri, Sunset dan Rute Menuju Pantai Greweng Gunung Kidul
Nilai Artikel Ini

Destinasi wisata yang ada Gunung Kidul yang selanjutnya adalah Pantai Greweng. Pantai Greweng Yogyakarta berada di sebelah timur Pantai Wediombo, yaitu Kecamatan Girisubo. Alamat Pantai Greweng berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Untuk fasilitas transportasi umum belum ada. Mobil dan motor aja belum bisa masuk ke kawasan Pantai Greweng. Jika anda membawa kendaraan maka lebih baik diparkirkan di kawasan Pantai Wediombo terlebih dulu. Baru kemudian menuju lokasi Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta. Harus dengan jalan kaki agar bisa sampai ke pantai.

Pantai Greweng
Instagram by @prastyojr_

Jalan ke Pantai Greweng tidak sampai menghabiskan waktu sejam kok, tenang aja, dan nikmati perjalanan.. anda tak perlu khawatir, karena sepanjang jalan akan ada pemandangan indah yang membuat anda nggak merasa bosan sedikutpun.

Perjalanan menuju pantai Greweng, akan ditemani ladang-ladang tanaman juga peternakan warga. Setelah itu anda juga akan sampai pada hutan. Bukan hutan tanaman, tapi hutan batu-batu kapur. Ini menjadi suguhan dari rute Pantai Greweng Wonosari, wajarlah mengapa sebagian orang menamai tempat itu sebagai hutan batu setelah berkunjung ke sana.

Setelah bertemu batu kapur, rute menuju Pantai Greweng selanjutnya akan anda temui sebuah perbukitan di mana anda dapat mengintip birunya laut yang akan anda tuju melalui celah-celahnya. Dengan pemandangan inilah yang nantinya tentu akan lebih menyemangati anda agar segera sampai pada laut. Sebelumnya, anda harus menuruni bukit tersebut lebih dulu. Tetap harus berhati-hati.

Pantai Greweng Jogja
Instagram by @inohutomo

Nah, begitu berada di bawah, anda akan bertemu dengan dua sumber mata air. di sebelah utara sumber airnya dapat digunakan untuk minum, lumayanlah bisa membasahi tenggorokan saat anda tengah haus dalam perjalanan. Sedangkan yang sebelah selatan ada sumber air yang sering digunakan untuk mandi. Anda bisa mandi di situ kalo mau, tapi jangan diminum ya airnya.

Kunjungi :  11 Tempat Wisata di Raja Ampat Papua Barat yang Menakjubkan

Untuk selanjutnya, seketika anda akan benar-benar lupa dengan rasa capek usai jalan.. dikarenakan adanya dua batu karang besar yang mengapit pantai dengan panaroma pasir putihnya yang amat indah. Mata anda akan melek dengan keindahannya..capekpun sirna..Begitulah akses menuju Pantai Greweng Jepitu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk Arah Pantai Greweng yang lebih jelas bisa dilihat di Peta Pantai Greweng.

Serunya lagi, lokasi yang masih sepi ini, justru dijadikan moment yang paling asyik untuk camping di Pantai Greweng. Tak perlu khawatir, sumber air di sebelah utara, dan ikan-ikan yang ada di laut sudah rela anda pancing kok, jadi untuk soal perut aman. Lebih aman lagi jika anda sudah membawa bekal dari rumah.

Anda bisa mendirikan tenda untuk berlindung dibalik malam jika hendak camping di pantai Greweng.

Keindahan Pantai Greweng
Instagram by @yuktravel_id

Keberadaan sumber air tawar ini pulalah yang menjadi alasan bagi anak-anak muda untuk camping. Lanskap menawan yang berbeda pun dapat dijumpai di pantai ini. Anda dapat melakukan sedikit pendakian di bukit bagian kiri pantai. Dari atas bukit ini, Anda dapat melihat pemandangan sunset Pantai Greweng, Samudra Hindia Pulau Kalong dan mengunjungi tanjung kecil, yakni Tanjung Sinden.

Di pantai Greweng juga ada sebuah goa pertapaan. Di sekitar goa tersebut diberi tali pembatas agar tidak ada orang yang sembarang masuk. Jika anda menengok kedalam dari mulut goa, kemungkinan ada nuansa lain yang berbeda dari tempat biasanya. Seperti saat berjalan di rute setapak pantai Greweng juga mungkin ada suasana lain.

Goa ini memang sering dijadikan sebagai tempat bertapa, bahkan sampai sekarang, banyak cerita-cerita mistik yang mengalir dari gua ini. Goa yang juga menjadi habitat landak, tak heran jika anda beruntung, anda bisa bertemu landak saat menjelajahi goa tersebut. Selain itu, juga ada kelelawar-kelelawar yang bergelantungan di sana. Yang menakjubkan juga ketika anda masuk di goa ini, akan terlihat stalagnit dan stalaktit yang mengkristal bagai kilauan permata.

Kunjungi :  Jelajah Gunung Prau Dieng Wonosobo yang Mempesona

Ceritanya, Dulu di goa itu Soekarno pernah bertapa selama 7 hari 7 malam. Bertahan dengan goa yang hanya terdapat meja dan kursi. Dengan pintu masuk yang hanya muat untuk orang dewasa. Konon, siapa aja bisa masuk dalam goa, artinya permintaannya akan ada yang terpenuhi. Bisa dijamin tidak semua orang bisa masuk ke dalam goa. Karena selain sempit, goa ini dipenuhi dengan tajamnya karang.

Misteri Pantai Greweng lain adalah yang berkaitan dengan adanya timbunan pohon yang berada di jalan setapak sebelum mencapai pantai. Konon, di situ adalah pasar alam gaib yang penuh dengan jin. Anda yang merasa, mungkin akan ada hawa aneh di sana, ada yang bilang seperti berada ditempat jauh dan sangat sepi. Padahal ada orang di sana.

Wisata Alam Pantai Greweng
Instagram by @blueid_authentic

Pasar gaib tersebut adalah tempat penunggu Pantai Greweng. Sudah ada pembatas tali rafia di sana yang artinya tidak boleh dilewati. Namun demikian, ada juga pengunjung yang belum mengerti tentang ini.

Di tengah rimbunan pohon tersebut ada sungai yang membelah. Sungai itu berasal dari mata air. Di sini juga berlaku larangan lho sobat, anda tidak diperkennakan mengambil sesuatu dari situ. Sebab, sewaktu-waktu bisa dituntut begitu sih mitosnya.

Lain dari Pantai Greweng, juga ada destinasi wisata Gunung Kidul lainnya sepeti Pantai Seruni. Lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Sama seperti halnya menggali emas, perjalanan menuju Pantai Seruni ini juga tidaklah mudah. Untuk menuju ke sana, anda hanya bisa melaluinya dengan berjalan kaki atau nggak dengan naik perahu. Ada dua akses yang bisa dilalui untuk menempuh pantai ini yaitu dengan melalui bibir pantai atau bukit.

Kunjungi :  49 Rekomendasi Tempat Wisata di Bantul yang Paling Seru!

Kalau sudah sore hari, lewat bibir pantai bukan pilihan yang tepat karena air laut sudah mulai pasang resikonya bisa gede. Walaupun tadinya diharuskan berjalan kaki untuk menuju Pantai Seruni Gunung Kidul ini, anda yang membawa mobil atau motor bisa memarkirkannya di tempat yang paling terdekat. Sebelum akhirnya memutuskan jalan kaki bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Pesona Pantai Greweng
Instagram by @ekokodok_gss

Seperti pantai Greweng, Pantai Seruni Gunung Kidul memang tidak seterkenal pantai-pantai lainnya yang berlokasi di Gunungkidul. Akan tetapi, keindahan yang ditawarkan tak bisa sembarang ditolak begitu aja, bahkan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang sudah populer namanya. Pantai seruni memiliki karang-karang yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai saat air laut belum pasang. panoramanya indah dan menarik sangat bagus untuk dijadikan background foto mengabadikan cerita liburan anda dengan keluarga ataupun teman.

Pantai Nampu merupakan salah satu obyek Wisata pantai yang berada di daerah Wonogiri tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Jarak tempuh menuju Wisata Pantai Nampu dari Kota Wonogiri sekitar 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Wonogiri.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih kemerahan. Di pinggir pantai banyak perahu nelayan yang sedang terparkir yang bisa kita lihat. Lokasi pantai ini berada di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang

Lokasi Pantai Gesing wonosari berada di desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini tidak jauh-jauh banget dari Kotagede. Sekitar 35-40 km jaraknya. Jika anda menggunakan sepeda motor, kira-kira membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk bisa sampai ke sana.

Deretan objek wisata yang semakin melengkapi keberadaan Pantai Greweng, sebuah destinasi wisata pantai gunung kidul yang sangat sayang bila terlewatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */